Selasa, Desember 04, 2012

Natural Favorite Spa at Home





Bakasai ala orang Kalimantan
Dulu sekali, ketika saya masih kecil saya terbiasa dengan perawatan alami ala mamak dan nenek saya. Maklum sebagai orang kampung disebuah dusun pedalaman di Kalimantan Tengah kami terbiasa memanfaatkan fasilitas alam untuk berbagai hal. Ibu saya orang Dayak asli meskipun ketika akhirnya menikah dengan pendatang tetap saja banyak kebiasaan leluhur yang beliau terapkan. Salah satunya adalah Bakasai dan Batimung. Bakasai adalah mengoleskan bedak dingin keseluruh tubuh. Harap maklum suhu didaerah Kalimantan termasuk panas dan itu sangat bertolak belakang dengan kondisi kulit kebanyakan wanita Dayak yang putih bersih.


Bedak dingin sendiri dibuat dari beras yang direndam bermalam-malam tetapi airnya selalu diganti setiap hari. Kemudian pati yang didapat dicampur dengan bahan alami seperti mata kunyit, biji buah langsat beserta kulit kayu nya dan daun muda buah belimbing wuluh. Biasanya setelah bakasai selesai sisa bedak dingin yang masih menempel dikulit akan digosok-gosokkan ketubuh ketika hendak mandi.  Sedangkan Batimung adalah menguapkan tubuh dengan air rebusan berbagai rempah alami. Seperti daun Nilam, akar serai, daun kunyit, daun laos, dan daun pandan. Dulu jika sehabis sakit atau tidak enak badan mamak menutup seluruh tubuh saya dengan selimut tebal (kecuali kepala) yang dibawah kaki saya di letakkan panci berisi rebusan ramuan ini. Memang biasanya tubuh berkeringat namun setelah acara ini usai dijamin tubuh segar dan nyaman banget. Kebiasaan bakasai dan batimung juga dilakukan pada para mempelai yang akan melangsungkan pernikahan.


            Setelah saya beranjak dewasa saya baru mengerti bahwa istilah Bakasai itu sebenarnya adalah Scrubbing dan Batimung adalah sauna. Dan jika dua hal itu digabungkan maka masyarakat modern menyebutnya spa. Dulu ketika saya masih remaja kedua kebiasaan itu masih sering saya lakukan. Ketika saya kemudian pindah untuk kuliah di Jawa kebiasaan itu mulai berkurang. Alasannya sederhana, Pertama, kesibukan saya tidak memungkinkan untuk melakukan itu dan mencari bahan untuk melakukan ritual itu sangat merepotkan dan kedua jika saya melakukannya di salon pasti harus merogoh kocek cukup dalam. Kadang-kadang jika ada waktu utuk membuat bahannya Saya melakukannya atau ketika sehabis sakit dan setelah saya menikah saya melakukan kebiasaan itu setelah melahirkan. Biasanya ibu saya yang membantu membuatkan ramuannya. Saya tinggal pakai saja.



Tetapi kebiasaan itu mulai saya lakukan lagi ketika saya bertemu dengan Sari Ayu Beauty Spa. Saya rutin melakukan Spa dirumah. Sebenarnya spa bermanfaat dalam merawat kesehatan kulit. Apalagi ketika usia saya yang sudah beranjak 30 tahun. Saya cukup tahu diri pada Tuhan yaitu dengan tidak meminta yang aneh semisal selalu muda terus. Sebagai ibu dari lima orang anak saya tentu memiliki waktu terbatas untuk diri saya sendiri. Untunglah Sariayu Beauty Spa hadir memberikan kemudahan sekaligus kemewahan dalam perawatan kulit terbaik dan alami. Karena saya terbiasa dengan penggunaan buah langsat maka saya memilih seri Putih langsat untuk perawatan spa harian saya. Ibu saya saja juga ikut-ikutan memakai produk Putih Langsat lho untuk perawatan kulitnya. Putri saya juga suka melihat ketika saya melakukan Bakasai dan batimung ala Sariayu Beauty Spa ini.

Perawatan Spa Rumahan ala saya tentu dimulai dengan persiapan produk Sariayu Beauty Spa Putih Langsat. Saya melakukannya saat anak-anak sudah saya ungsikan ke tempat ibu ( biar lebih nyaman, qiqiqiqi).

 1. Saya memulainya dengan Scrubbing atau bakasai ala saya dengan produk sariayu. Biasanya saya memakai produk Putih langsat Lulur Spa 2 in 1 with Red Algae. Ini berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit yang sudah lapuk. membantu mengangkat kotoran dan sel kulit mati, serta memacu regenerasi kulit sehingga kulit menjadi bersih dan halus. Dan saya memilih Red algae karena saya cukup tahu diri sebagai emak dengan lima anak tentu saja kulit saya tak sekencang dulu. Nah Red Algae ini berfungsi membantu melembabkan dan mengencangkan kulit kita. Dan minyak esensial mawarnya itu dapat membantu kita untuk nyaman dan rileks. Setelah di lap dengan handuk basah hangat baru dilakukan pemijatan.

2.     Untuk pemijatannya aku pakai minyak urut zaitun yang selain mengandung olive oil juga ditambahkan minyak esensial mawar. Rasanya nyaman benar lho diurut dengan minyak urut zaitun ini. Pegal dan kekakuan otot rasanya sangat berkurang. Apalagi keharuman minyak mawarnya memberi ketenangan yang membuat kita rileks. Oia diluar kebiasaan ini aku juga terbiasa memakai minyak urut Zaitun ini setiap pagi lho. Ini mengikuti kebiasaan nenekku yang dulu sejak pulang haji memakai minyak zaitun setiap pagi di wajah dan leher. Dan aku sudah hampir sepuluh tahun ini menerapkan kebiasan nenekku ini pada wajahku. Biasanya sebelum mandi pagi aku menyempatkan mengoleskan 1-2 tetes minyak zaitun ini kewajah disertai dengan pijatan ringan dari leher ke arah atas.

3. Kemudian ketika mandi baru dibasuh dengan facial foam Putih langsat yang membersihkan sisa lemak dari minyak zaitun dan juga ekstrak langsat nya membantu mencerahkan kulit wajah. Facial foam Putih langsat ini sangat nyaman dan tidak membuat kulit wajah kering lho. Kulit wajah terasa lembab dan lembut bukan kering kesat. Dan untuk mandi aku menggunakan sabun sariayu Lulur kencana untuk kulit lembut dan lembab serta memiliki keharuman yang tahan lama. Bagi saya mandi dengan sabun sariayu Lulur Kencana seperti ritual batimung ala saya. Harumnya awet. Tubuhnya menjadi bersih dan segar.




4. Setelah tubuh bersih dan segar saya langsung mengoleskan Putih langsat Body Lotion yang mengandung ekstrak buah langsat yang membantu mencerahkan kulit. Bermanfaat untuk memberikan nutrisi bagi kulit agar kulit tetap halus dan lembut. Selain itu produk ini mengandung minyak esensial bunga melati yang romantis lho. Rasanya pikiran kita menjadi lebih rileks dan selalu untuk berfikiran positif. Yang itu sangat bermanfaat untuk mengisi aktivitas kita seharian. Bahkan body lotion Sariayu mengandung Tabir surya yang bermanfaat melindungi kulit kita dari pengaruh buruk sinar UV. Saya juga terbiasa menggunakan Putih Langsat body lotion ini menjelang tidur. Saya memanfaatkannya untuk aroma terapi. Karena keharumannya membuat tubuh lebih rileks sehingga tidur lebih lelap. Bahkan saya juga suka mengoleskannya ke kaki dan tangan suami saya.




Nah spa yang mulai saya lakukan setelah melahirkan adalah Breast Care Spa. Spa yang satu ini sangat bermanfaat banget untuk ibu-ibu yang sudah pernah hamil dan melahirkan. Dulu saya dibuatkan ibu saya masker dari daun kacang panjang tetapi sejak saya tahu Sariayu mempunyai produk Breast Care Spa saya beralih ke produk Sariayu. Breast Care spa ini sangat banyak manfaatnya lho. membantu kekencangan otot disekitar payudara, melancarkan ASI bagi ibu yang menyusui bahkan bisa mengurangi radang payudara karena biasanya ketika awal-awal masa menyusui payudara terasa sangat kencang dan sakit. Nah pijatan ringan sangat diperlukan. sehingga tubuh lebih nyaman dan rileks dan itu membantu produksi ASI yang melimpah. Oia Breast care Spa ini paling nyaman dilakukan sendiri dirumah lho. Harap maklum karena ini termasuk 'benda' sensitif jadi lebih enakan jika kita sendiri yang melakukannya


                   Itulah perawatan spa rumahan ala saya yang menggunakan rangkaian produk Sariayu Martha Tilaar Beauty Spa. Beruntung rasanya saya dimudahkan dengan hadirnya produk ini. Harganya yang sangat terjangkau, bahannya yang alami dan aman bagi kulit dan cocok bagi kebanyakan kulit wanita asia. Benar-benar produk cerdas dan bermanfaat. Dan hasil yang diperoleh pun sangat luar biasa. Kulit yang lembab, lebih bersih, sehat dan cerah serta kenyal dan membantu menghilangkan bau badan yang kurang sedap. Selain itu produk ini sangat mudah didapat. Jadi bisa dilakukan dirumah dengan cara yang sederhana dan mudah. Silakan anda mencoba sendiri dirumah. Saya jamin anda ketagihan setelah melakukannya sendiri. Benar-benar My Sweet favorite Spa. Dan sekedar pemberitahuan, untuk produk Spa diatas tidak lebih dari 60 ribu perak dan bisa dipakai berkali-kali.
            Saya juga menyukai hampir semua produk Sariayu. Selain alami sehingga lebih aman bagi kulit produk Sariayu juga disesuaikan bagi kulit wanita Asia. Sebagai seorang Muslimah kehati-hatian saya terhadap kehalalan sebuah produk memantapkan diri saya memilih Sariayu karena telah mendapat sertifikasi Halal dari MUI. Bagi saya berhias saya niatkan untuk ibadah sehingga saya ingin disetiap berhias saya bernilai ibadah. Dan tentu saja saya juga senang dengan bonusnya yaitu kulit cantik, halus dan terawat. Sambil menyelam minum air mungkin begitu maksudnya. female.kompas.com/read/2012/08/14/11074866/Kosmetika.Halal.Jadi.Kebutuhan.Perempuan

          Tulisan ini saya ikutsertakan dalam lomba blog Create Your Own spa Blog competition yang informasinya saya peroleh dari Fashionese Daily. Dan Sodara-sodara sekalian ini adalah Kompetisi blog pertama yang saya ikuti jadi harap maklum jika saya begitu bersemangat :D....

Dan untuk mendapatkan lebih banyak informasi tentang Rangkaian produk Sariayu Beauty Spa silakan kunjungi Facebook Fanpage  sariayu Martha Tilaar  http://www.facebook.com/sariayu.MT dan juga di akun Twitter @SariAyu-MT

1 komentar:

  1. saya masih rutin pakai bedak dingin mbak, krn sulit ditemukan skrang harganya duhh mahaall. saya pernah beli 10 biji 10 ribu jadi sebiji seribuuu dong hiks ;(

    BalasHapus