Jumat, Desember 14, 2012

Melatih anak belajar tengkurap





Meskipun sudah mempunyai lima anak, dan sudah lumayan terlatih dengan kemampuan anak-anak. tapi saya tetap takjub dengan tumbuh kembang mereka. seperti hari ini bungsuku sudah berusia 4 bulan. dan hooop, dia berhasil tengkurap. dari kemaren rasanya geli melihat doi sampai berliuran untuk bisa tengkurap. sampai termiring-miring. dan jika sudah miring ga mau langsung dibalikin lagi....hihihi lucunya anak-anak itu...mereka benar-benar pembelajar sejati.
INI saya berbagi sedikit tentang kemampuan tengkurap. yang saya ambil dari Kompas.com
Saat bayi sudah bisa tengkurap, orangtua akan merasa bangga. Kemampuan tengkurap diawali dengan kemampuan bayi mengangkat kepalanya dan berguling. Keterampilan ini mulai terlihat ketika bayi memasuki usia dua bulan.

Sebelum menstimulasi keterampilan tengkurap, cermati terlebih dahulu kemampuan bayi mengangkat kepalanya. Bantu bayi mengangkat kepala, caranya menggoyang-goyangkan mainan warna-warni yang berbunyi agar merangsang bayi untuk mengangkat kepala hingga lehernya kuat.

Bila lehernya sudah kuat dan ia mampu mengangkat kepalanya, rangsang bayi untuk berguling. Caranya silangkan paha bayi agar badannya ikut bergerak miring, sehingga memudahkan bayi berguling dan tengkurap.

Letakkan mainan berwarna cerah di dekat bayi, kemudian pindahkan benda tersebut ke sisi lain dengan perlahan untuk memancing kembali bayi berguling dan tengkurap.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar