EMAK SCHOOL jilid 1


Bukan sekolah itu saja yang mendidik hati sanubari itu, melainkan pergaulan di rumah terutama harus mendidik pula!

Sekolah mencerdaskan pikiran namun kehidupan di rumah tangga membentuk watak anak itu. Ibu lah yang menjadi pusat rumah tangga.

Berilah anak-anak gadis pendidikan yang sempurna, jagalah supaya ia cakap kelak memikul kewajiban seberat itu.”

(RA Kartini, dalam surat kepada Tuan dan Nyonya Anton, 04 Oktober 1902)

          Tidak ada sekolah untuk orang tua, yang ada kita para orangtua khususnya para ibu diminta untuk selalu belajar. ....ya teruslah belajar dan berbagi ilmu sehingga selalu bermanfaat.

setelah ikut training Duta Dancow parenting Center yang diadakan di Hotel saphire. saya terpikir membuat sekolah gratis untuk para ibu...awalnya setelah membaca surat RA kartini diatas....ada rasa yang membuncah...ketika sebenarnya begitu banyak ibu,mamak, emak, biyung, ina dan para bunda diluar sana yang ingin berbagi tentang bagaimana mendidik anak mereka menjadi anak luar biasa, anak LIFE READY, anak yang kelak menjadi saksi di akhirat bahwa kita sudah berbuat kebaikan dengan mendidik mereka dengan baik....

dulu ketika hamil dan menyusu saya rajin ikut KP Ibu (kelompok pendamping Ibu hamil dan menyusui yang diadakan disetiap pedukuhan di daerah Bantul)...tapi setelah masa hamil dan menyusui lewat saya agak sungkan untuk datang. padahal banyak hal lagi harus saya pelajari untuk membesarkan anak. sebenarnya ide itu sudah mulai dicicil ketika saya dan teman-teman mendirikan komunitas Jogja Islamic parenting Club. tapi lingkupnya terbatas. nah ketika saya diminta membuat project oleh Team dancow Parenting center bismillah saya ingin mewujudkan ide ini. meskipun ketika nantinya project ini tidak lolos verifikasi (cie) saya dan teman2 tetap akan melanjutkan. karena paling tidak mungkin dari sini kami bisa berbagi sedikit manfaat bagi para ibu yang lain.

bagaimana program ini dijalankan:

1. berbagi penjelasan tentang Anak life ready dan membuat modul tentang stimulasi sederhana yang dapat dilakukan para emak dirumah dengan cara yang gampang, murah meriah, praktis tapi disukai anak-anak.

2. membuat kelompok-kelompok kecil para emak. sebaiknya tidak terlalu banyak. bisa dimulai dari para ibu yang ada di KP ibu, kumpulan arisan, pengajian, para ibu wali murid sekolah anak-anak kita atau kelompok2 kecil disekitar kita. saat ini kami sudah memulainya dengan bergabung dengan KP ibu wilayah banguntapan, pengajian ibu-ibu daerah sribit sendang tirto sleman, dll. ada sekitar 7 kelas yang siap dimulai.

3. apa saja materi kelas tersebut.tentu saja berbagi tentang dunia tumbuh kembang anak, berbagi resep anak sehat, berbagi cara membuat Alat Permainan Edukatif sederhana, dan saling mengevaluasi tahap-tahap tumbuh kembang anak. siapa yang mengisi. tentu saja teman-teman dari Jogja islamic parenting club dan para ahli yang mau bekerjasama dengan kami

4. hanya itu ? tentu saja tidak Mak, modul stimulasi anak akan dibuat untuk satu semester. nanti setiap enam bulan sekali kita ngadain acara gedhe.....bisa disi dengan workshop atau seminar parenting, demo masak, demo kerajinan, dan tidak lupa ada bazarnya juga lhoooooo.....

5. siapa yang boleh ikut?

semua ibu-ibu, emak-emak, bunda-bunda, biyung, ina, para mama-mami, dan semua wanita yang ingin belajar tentang dunia kepengasuhan anak.selain itu kelas ini GRATISSSSSS lho...kita usahakan saling mencukupi bersama anggota yang lain.

2 komentar

  1. ibu memegang peran penting dalam tumbuh kembang anak, namun saya sendiri sebagai seorang ibu belum begitu mengerti bagaimana mendidik anak dengan baik
    pasti banyak ibu2 yang ingin mengikuti kelompok tersebut.
    semoga sukses ^_^

    BalasHapus
  2. amin...mari belajar bersama...tiap anak unik dan mereka pembelajar sejati..jadi nikmati peran kita sebagai ibu :D

    BalasHapus