Mengenalkan Remaja Pada CSR JNE

 




Dalam dunia pengasuhan ada salah satu teori yang bagus banget yang diperkenalkan para ahli tentang membangun jiwa sosial pada anak. Jika merujuk pada teori belajarnya Gardner kita bakalan ketemu dengan kecerdasan sosial. Dan kalau merujuk pada kecerdasan profetik berbasis maqashid syar’i yang digagas pak Kunto Wijoyo kita bakalan ketemu dengan Hifz an-Nasl (kecerdasan sosial organisasional).  Dan kecerdasan sosial ini memang harus dibangun pada diri anak. Agar mereka tahu bahwa kehidupan sebagai manusia dan mahkluk Allah tidak terlepas dari kehidupan orang lain dan lingkunganya.


Kecerdasan sosial pada anak yang dibangun dengan baik akan menumbuhkan empati yang bagus pada jiwa anak. Dan ini harus dibangun sejak dini. Membangun kasih sayang antara saudara di rumah. Kemudian kepedulian pada sekitar. Meminta mereka mengantar makanan ke tetangga itu juga hal sederhana untuk membangun kecerdasan sosial mereka. Untuk anak preteen bisa diajak dengan bergabung menjadi volunteer di berbagai kegiatan kemanusiaan atau komunitas di dekat rumah. Bahkan kami pernah membuat kurikulum khusus remaja yang yang salah satu isinya adalah menjadi volunteer sekian jam per tahun.



Ada beberapa hal yang perlu diingatkan pada si abege saat mereka tertarik bergabung sebagai volunteer di komunitas atau lembaga kemanusiaan. Jangan melarang anak yang pasti saat anak tertarik bergabung. Karena bergabung di komunitas yang peduli dengan orang lain sangat membangun kecerdasan sosial anak. Tak hanya itu kegiatan semacam itu juga mengasah empati dan jiwa kasih sayang anak abege. Mengingat saat ini banyak orang yang ga peduli dengan kerusakan di sekitarnya. Anak juga diingatkan tentang besarnya pahala menyelamatkan kehidupan orang lain. Ini sesuai dengan QS. Al-Maidah ayat 32 “ Barang siapa memelihara kehidupan seorang manusia, maka seakan-akan dia telah memelihara kehidupan seluruh manusia”.

Saat ini banyak lembaga kemanusiaan dan juga komunitas serta korporat yang memiliki CSR yang menjadi bagian dari kepedulian pihak perusahaan terhadap kehidupan masyarakat secara umum.

Berikut beberapa panduan pada abege di rumah saat akan menjadi volunteer kemanusiaan di lembaga kemanusiaan atau komunitas.

1.     Pastikan bahwa komunitas tersebut berlandaskan pada nilai-nilai luhur dan kemanusiaan. Bukan hanya sekedar komunitas kumpul-kumpul tanpa tujuan kebaikan semata.

2.     Minta anak untuk bergabung di berbagai divisi. Ini untuk anak belajar berbagai hal. Di sana mereka bisa mempelajari banyak hal yang tidak mereka dapat di bangku sekolah formal.

3.     Minta anak untuk menceritakan hal-hal yang dianggap mengganggu atau membuatnya tidak nyaman. Obrolan dengan orangtua tentang kegiatan anak tentu saja bisa menjadi pencerahan bagi orang tua bahwa anak mengikuti kegiatan yang baik.

4.     Bantu anak untuk melihat berbagai informasi tentang komunitas dan lembaga kemanusiaan yang mebuat dia bergabung sebagai volunteer.

Saya sendiri memberi berbagai pandangan tentang berbagai komunitas, lembaga kemanusiaan dan CSR yang menurut saya cocok untuk para teen di rumah.


Salah satu CSR kepercayaan saya adalah CSR-nya JNE. Sejak belasan tahun lalu kami sudah bekerjasama dengan CSR-nya JNE. JNE salah satu korporat yang sangat peduli dengan kemanusiaan. Di Jogja sendiri JNE menjadi salah satu rujukan untuk mengirim proposal pengajuan dana untuk semua kegiatan sosial. Makanya saya ga heran saat JNE menjadi bagian untuk mendukung program pemerintah dalam menyalurkan bantuan beras. JNE juga bagian dari program pemerintah untuk mendukung UMKM Indonesia berkembang dan maju bersama. JNE menjadi bagian dari banyak UMKM Indonesia lo. 

JNE sendiri selalu bersikap profesional dan tetap mengedepankan sisi kemanusiaan yang bersikap penuh kasih sayang dan peduli dengan lingkungan sekitar. Ini poin plunya CSR-nya JNE lo. JNE sendiri selalu berkomitmen untuk mengikuti segala prosedur dan ketentuan hukum yang berlaku apabila diperlukan. Ini komitmen yang harus selalu dijaga untuk korporat sekelas JNE yang sudah 31 tahun berkancah di Indonesia.  Dan menjadi bagian dari kebajikan dan #ConnectingHappines masyarakat Indonesia dan dunia.

24 komentar

  1. Super setujuuu bgt Mba Irul.
    Alhamdulillah ada contoh nyata korporasi yg begitu baiikkk bgt.
    Melaju dgn menebarkan kebaikan dan bener² connecting happiness yak

    BalasHapus
  2. Maka kemarin aku termasuk kaget ketika ada berita penguburan beras menyangkut JnE. Selama ini kan JNE selalu oke berita CSRnya. Slalu praduga tak bersalah deh.. lihat update kabarnya.

    BalasHapus
  3. Program Corporate Social Responsibility (CSR) ini merupakan usaha yang harus dilakukan oleh perusahaan sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan untuk memberdayakan dan meningkatkan lingkungan sosialnya.

    BalasHapus
  4. Selalu kagum dengan komitmen perusahaan besar dalam membuat berbagai program CSR yang penuh manfaat bagi masyarakat, terutama JNE yang udah konsisten dengan semua program CSR nya yaah

    BalasHapus
  5. Remaja juga perlu dikenalkan dengan program CSR ya Mbak Biar mereka ngerti dan kecerdasan sosialnya (EQ) nya juga berkembang 🥰 Terima kasih sharingnya Mbak Irul

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali. Terkadang kita asyik dengan diri kita sendiri tapi lupa menanamkan kepedulian terhadap sekitar ke anak -anak.

      Hapus
  6. Sebagai emak yang punya anak abege, inspiratif nih tips mengenalkan mereka pada CSR. Makasih sharingnya, Mak
    Btw, senangnya ya jika lembaga kemanusiaan, komunitas juga korporat jika memiliki konsistensi program CSR sebagai wujud kepedulian pihak terhadap kehidupan masyarakat secara umum, seperti yang dilakukan JNE selama ini.

    BalasHapus
  7. Sudah 31 tahun ternyata JNE di Indonesia. Memang saya juga salut ama program CSRnya JNE seperti pembinaan UMKN, beasiswa SMK dan program lainnya

    BalasHapus
  8. JNE emang nggak perlu diraguin lagi sih perihal program CSR nya. Jadi saya kaget ada pemberitaan mengenai penguburan beras yang dilakukan JNE kayak nggak mungkin banget gitu

    BalasHapus
  9. Gak semua anak tergerak dan memiliki rasa empati yang baik di lingkungan sosialnya. Dan mengingat JNE dengan setiap program besarnya di bidang CSR, tentu bisa menjadi contoh bagi kita semua untuk berbuat sesuatu yang berarti bagi lingkungan.

    BalasHapus
  10. Perusahaan yang baik harus berkaitan dengan 3 P ya mbak
    Profit, People dan Planet
    Makanya CRS itu penting banget buat perusahaan

    BalasHapus
  11. Saya yakin isu soal sembako yg menyerat JNE itu hanya kesalahpahaman. Toh Bu Risma menteri sosial juga udah memberikan jawaban ha

    BalasHapus
  12. Waah bermanfaat banget, CSR menyasar kegiatan remaja. JNE okee banget nih semoga kasus beras bisa di klarifikasi segera supaya tidak tjd penurunan kepercayaan masyarakat kepada JNE (gusti yeni)

    BalasHapus
  13. Menarik jg nih idenya, utk melibatkan anak sebagai volunteer di komunitas. Bisa kasih banyak pengalamam dan melatih sosialisasi anak ya.. Kalau utk anak usia SD bisa diterapkan jg ga mak? Enaknya di komunitas yg gmn?

    BalasHapus
  14. baca tentang volunteering untuk remaja kok ingat zamanku SMA ikutan sebuah yayasan. Memang masa itu masanya tertarik ikut kegiatan di luar sekolah yang sifatnya sukarela, berbagi dengan orang lain. Alhamdulillah ibu mendukung selama tidak mengganggu pelajaran.

    BalasHapus
  15. JNE salah satu corporat yang program CSR-nya banyak ya mbak? Gak hanya aktif jalan sendiri namun juga berkolaborasi baik dengan sektor swasta maupun digandeng oleh pemerintah. Salah satunya yang soal beras2 kmrn. Moga ke depannya kerja samanya bisa lbh baik lg

    BalasHapus
  16. Mengenalkan CSR kepada remaja ini seperti menumbuhkan rasa sosial kepada sesama, program CSR JNE banyak yang sudah terealisasi

    BalasHapus
  17. CSR JNE memang sudah maksimal sekali dalam menjalankan setiap program yang dibuat
    Makanya kalau ada isu tuh perlu dikonfirmasi agar tidak sekadar mengikuti isu yang belum tentu valid.

    BalasHapus
  18. Bagus juga nih cara mengajari anak untuk memiliki kecerdasan sosial. Nantinya ketika dewasa akan bermanfaat sekali nih.

    BalasHapus
  19. Wah, baru baca ada ide cemerlang nih. mengenalkan sistem CSR ke anak muda bisa banget ini membantu membangun jiwa sosial anak agar kelak mereka sudah siap bersosialisasi di manapun berada.

    BalasHapus
  20. Kegiatan voluntering bagus ya untuk mengajari anak peduli pada sesama, menambah relasi dan kepercayaan diri juga. Iya, kegiatan CSR JNE membantu masyarakat sekitar untuk maju ya

    BalasHapus
  21. bagus ya programnya JNE, patut ditiru programnya karena sesuai dengan teori perkembangan pada anak remaja.

    BalasHapus
  22. Sejak dulu pakai jasa JNE kalau mengirimkan barang. Senang kegiatan JNE ini berdampak bagi orang banyak termasuk remaha yang super kece ya!

    BalasHapus
  23. Mengenalkan program JNE kepada remaja perlu ini, kece sekali kegiatannya, aku sudah lama menggunakan jasa JNE dalam mengirimkan barang

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.