Perhatikan Hal Berikut Dalam Desain Interior Rumah Keluarga Muslim


Selamat menunaikan ibadah puasa ya untuk seluruh muslim se-dunia. Dan waktunya nih mempersiapkan rumah dengan menatanya kembali agar ibadah ramadhan kita menjadi lebih khusyuk dan juga persiapan lebaran juga kan. Sebagai muslim kita punya aturan yang sebenarnya sangat memudahkan dalam menata rumah kita. Desain interior rumah keluarga muslim itu sebenarnya sangat simpel dan tetapi tetap indah. Sebagaimana sebuah hadist, Allah itu indah dan menyukai keindahan. Sesuatu yang tertata rapi dan tidak berantakan tentu saja membuat nyaman. 


Dalam islam sendiri semua aspek kehidupan menjadi bagian dari ibadah dan juga syiar agama. Termasuk penataan rumah dan juga penyediaan barang-barang di dalamnya harus menjadi bagian dari ibadah agar tidak hanya sebagai hiasan saja. Sehingga sebaiknya keseluruhan interior design sudah memenuhi aspek nilai-nilai sebagai seorang muslim. 

Berikut prinsip desain interior rumah keluarga muslim yang harus diperhatikan oleh setiap keluarga muslim

  1. Meminimalisir objek berupa makhluk hidup dalam interior rumah. Dalam hal ini islam melarang penggunaan hiasan yang menggambarkan makhluk hidup berupa manusia dan hewan. Tak hanya itu islam juga melarang memajang patung dan sejenisnya. Kecuali barang tersebut merupakan alat belajar dan bermain anak-anak. 

Sebagai pilihan bisa dipilih hiasan berupa kaligrafi Asmaul Husna atau ayat-ayat qur’an dan hadist nabi dengan syarat bisa dibaca agar berfungsi sebagai pengingat diri bukan hanya sekedar hiasan. Pilihan furniture yang bebas gambar makhluk bernyawa juga jadi pilihan. Bila furniture memiliki ukiran bisa dipilih dengan ukiran tumbuhan atau bentuk geometri. 

  1. Terjaganya aurat keluarga. Dalam hal ini Islam mengatur bagaimana rumah seorang muslim tidak mengekspos aurat keluarga pada orang luar. Apalagi perempuan dalam islam wajib mengenakan hijab. Tentu saja pengurangan dinding kaca yang bisa mengekspos aurat anggota keluarga perempuan di rumah kita. Terpisahnya antara ruang tamu dengan ruang lain agar aurat anggota keluarga muslimah di rumah kita terjaga privasinya. Dihindari juga penataan kamar mandi yang berada di luar rumah agar keluarga tetap terjaga auratnya. Penggunaan tirai pada jendela juga disarankan. Atau bisa juga memilih kaca patri dengan warna khas sebagaimana sering muncul pada ornamen desain di Timur Tengah. 

Bisa dipilih furniture yang bisa memisahkan antara ruang tamu dan ruangan lain. Bisa berupa sekat non permanen atau juga lemari-lemari kayu dengan desain cantik. 

  1. Adanya bilik khusus agara perempuan di rumah tersebut bisa beribadah dengan khusyuk. Sebutkan tempat terbaik bagi para perempuan muslim untuk shalat adalah di dalam bilik di dalam rumah mereka. Sedangkan untuk para lelakinya mereka sebaiknya shalat berjamaah di masjid. 

Dalam hal ini bisa dibuatkan sebuah ruangan khusus untuk shalat bagi muslimah di rumah kita. Atau sebuah pojokan khusus untuk shalat yang bisa dibersihkan dengan mudah dan terjaga privasinya jika ada tamu berkunjung ke rumah. Bisa dipilihkan karpet dengan sebuah rak buku untuk menyimpan al-qur’an dan mukena serta sejadah. 

  1. Pilih warna-warna yang disukai oleh Rasulullah. Dalam hal ini pemilihan warna bisa dijadikan pilihan untuk menunjukkan identitas keislaman kita. Sebagaimana Rasulullah menyukai warna putih dan hijau yang enak dilihat dipandang. Tak heran jika kita berkunjung ke masjid Nabawi kita akan menemukan warna hijau dan putih hampir di semua bagian interior masjid nabawi. 

Kita bisa memilih warna putih gading untuk ruang tamu dan warna hijau untuk kamar tidur. Warna hijau lembut diakui membuat kita nyaman saat beristirahat. Tak hanya itu warna hijau lembut juga menyegarkan mata lelah lo. Kita juga bisa menambah tanaman hias yang berwarna hijau di dalam rumah kita. 

Saat ini juga banyak furniture yang bisa dijadikan pilihan oleh keluarga muslim. Saya baru saja nih mampir di PEXIO Furniture nih. PEXIO Furniture sendiri adalah sendiri adalah penyedia produk furniture yang berbasis di Bogor dan sudah berdiri sejak 2018. Melayani kebutuhan furniture untuk berbagai kalangan. Mulai dari kursi kantor, sofa, meja dan berbagai macam furniture lainnya. Saya tertarik nih dengan produk sofa dari Paxio nih.


Furniture yang disediakan juga beragam dengan desain yang reliabel untuk kita sebagai seorang muslim. Teman-teman keluarga muslim bisa nih mampir ke PEXIO Furniture yang saat ini sudah melayani via online dan e-commerce di Tokopedia, Shopee, Lazada dan Blibli lo. Yuk belanja furniture untuk persiapan lebaran.


22 komentar

  1. mak ini informasi yang bermanfaat sih,aku jadi keinget ada rencana renovasi rumah secara bertahap dan desain interiornya akan disesuaikan dengan info yang ada di sini

    BalasHapus
  2. mendesain rumah dgn aturan dan koridor value Islam membuat semangat "Baiti Jannati" bener2 teraplikasikan ya mbaaa
    akkk, seneng banget dengan tips yg dijabarkan di artikel ini.

    BalasHapus
  3. Saya pun selalu memikirkan untuk memiliki ruang khusus anak-anak mengaji perempuan. Selama ini kan masih di satu ruangan. Gabung dengan laki-laki hanya dipisahkan oleh partisi. Yah Meski mereka masih anak-anak tapi saya juga ingin membiasakan dan menanamkan itu kepada mereka

    Semoga ada rezekinya. Mohon doanya

    BalasHapus
  4. Masyaallah. Masukan yang bagus banget bagi keluarga muslim saat hendak membangun dan menata rumah, ya

    BalasHapus
  5. Terkadang objek bukan mahluk hidup yang kita pajang pun bisa menjadi sesuatu yang "tak diinginkan" mbak. Pernah ada kejadian seseorang berfoto di sebuah candi, lalu fotonya dicetak, dikasih frame, digantung di dinding rumah. Suatu saat orang tersebut sakit dan sering mengalami hal aneh, setelah dibantu ustad, salah satunya dengan membakar foto di candi itu, sambil baca surat2 dan doa tertentu, keadaan membaik. Badannya sehat lagi, rumahnya aman tentram lagi. Ternyata ada juga hal seperti itu, sehubungan dengan gambar yang dipajang dalam rumah muslim.

    BalasHapus
  6. Emang bener dalam segala hal harus tetap mendahulukan sesuai anjuran agama ya termasuk dalam mendekor rumah yang pastinya akan lebih baik jika mengikuti anjuran rosul termasuk dengan pemilihan warnanya. Putih dan Hijau memang menenangkan dan identik dengan warna muslim karena banyak digunakan di masjid ataupun musholla ya Mbk

    BalasHapus
  7. Sofa di rumah sudah tidak begitu layak lagi untuk diduduki,busanya sudah tidak empuk dan kainnya sudah berubah warna.Mungkin karena umurnya sudah 5 tahun lebih ya.Jadi referensi nih PEXIO Furniture,ada di e-commerce ya mom.Coba aku intip dulu koleksinya

    BalasHapus
  8. Sedikit tahu mengenai hadits itu kalau nggak salah bunyinya gini " Innallaha jamiilun yuhibbul jamaala". Menurutku ini informasi yang sangat bermanfaat banget ya. Saya sangat suka sama rumah yang memiliki tempat ibadahnya sendiri nggak dikamar biasa kita tidur ya.

    BalasHapus
  9. Iya nih bener, aku juga ngga ada gambar atau objek makhluk hidup di rumah. Adanya ikan beneran di ruang tamu wkwkwk. Emang sih aku juga memilih warna tembok putih atau ijo.Bikin seger.

    BalasHapus
  10. karena rumah kecil, jadi keluarga saya kalau terima tamu di teras mbak hihi, jadi kalau ada tamunya pak suami, kami yang perempuan tetap nyaman aja di dalam rumah.

    Sofanya pexio ini bagus banget, bisa buat duduk dan rebahan, ada laci buat penyimpanan juga. berfungsi ganda nih jadinya

    BalasHapus
  11. wah jadi kepikiran ingin ganti warna cat jadi hijau lembut gitu, biar lebih tenang yah . Dan Masya Allah warna kesukaan RAsulullah.

    BalasHapus
  12. MasyaAllah Mak sungguh menulisnya detail sekali. Point pointnya di atas sangat aku setujui. Termasuk utama untuk obyek yang makluk hidup seperti patung pun tak ada dirumah

    BalasHapus
  13. Pexio furniture bikin saya tertarik dan kepo pengen melihat koleksinya. Tatanan rumah dalam islam bener sekali diberi sekat supaya aurat keluarga terjaga. Yang terbuka dihindari takutnya ada tamu cowok sedangkan emak lg dirumah tanpa hijub pintu terbuka pula😌.

    BalasHapus
  14. Kalau rumah yang kita tinggali sudah sesuai dg anjuran agama, rasanya nyaman di tempati. Dan catatan penting buat saya nih. Jangan memasang foto atau gambar yang bernyawa lagi di dinding.

    BalasHapus
  15. MashaAllah~
    Ternyata ada beberapa point yang harus diingat ketika akan memberikan sentuhan terbaik untuk desain interior rumah.
    Dan semua panduannya sudah diatur dalam Islam. Betapa detil dan indahnya..

    Furniture yang terbaik, sebaiknya memilih di PEXIO Furniture yang kini bisa didapatkan di ecommerce terpercaya.
    Dengan warna-warna kalem dan menenangkan, siap ciptakan ruangan yang bikin betah untuk beribadah di dalamnya.

    BalasHapus
  16. Nyaman banget mak ruangan yang disharenya, emang ya, kita sebagai keluarga muslim harus memperhatikan furniture di rumah ya dan jangan banyak patung benda hidup. thanks pengingatnya mbak.

    BalasHapus
  17. masya Allah rumah yang nyaman bagi muslimah adalah enggak langsung terlihat dari luar, agar kalau enggak pakai jilbab enggak kelihatan. Dulu, zaman sekolah sering banget saudara nyelonong aja masuk rumahku sebel deh belum nyari jilbab pula hiks...

    BalasHapus
  18. Furniture Pexio cakep-cakep ya bergaya minimalis dan modern tapi tetap terasa homey, aku masih banyak foto dan patung nih di rumah harus ditata lagi biar lebih islami..

    BalasHapus
  19. ah iya um, noted banget sih ini ketika planning untuk renovasi rumah dan mulai design interior rumah. Harus diperhatikan banget untuk tidak memajang patung gitu, aku jg udah bebersih untuk yang "mentol" kayak gitu di rumah

    BalasHapus
  20. Wah nyaman banget mbak desain interior yang ditulis disini
    Jadi pengen someday bisa mengubah rumah dengan desain interior secantik ini

    BalasHapus
  21. Langsung mau liat perabotan di pexio ini sapa tau ada kepengen buat ngubah2 perabotan di rumah

    BalasHapus
  22. Selalu suka lihat desain interior untuk rumah minimalis. Kebetulan belakangan lagi suka juga nonton di youtube. Perabotan di Pexio banyak yang unyu-unyu yaaa

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.