5 Hal penting Sebelum membeli apartemen



Kebetulan rumah kami memiliki halaman lumayan dan ditumbuhi banyak pepohonan. Otomatis perawatannya lebih susah dibandingkan rumah tanpa pepohonan besar. Kebetulan bagian membersihkan pekarangan rumah itu bagiannya anak sulung, dan dia pernah bilang “ Aku mau tinggal di apartemen aja”. Karena dia tahu betul gimana repotnya harus menyapu halaman rumah di kampung. Dari setelah subuh sampai matahari terbit itu halaman belum tentu bersih. Hahaha. Makanya ga heran dia punya cita-cita tinggal di apartemen atau penthouse hahaha. Aamiin


Nah, obrolan kami tentu saja salah satunya bagaimana sih pilihan apartemen yang nyaman. Meskipun di Jogja masih jarang apartemen tapi anak bujang perlu nih diedukasi tentang pentingnya beberapa hal sebelum memiliki apartemen.berikut pertimbangan yang sebaiknya diambil sebelum memiliki apartemen.

1.     Lokasi strategis. Apartemen itu memang diniatkan untuk mendekatklan para penghuni perkotaan dengan tempat kerja mereka. Tentu saja kebanyakan apartemen dibangun di tengah kota. Pastikan lokasinya memang dekat dengan tempat kerja atau pusat pendidikan.

2.     Dekat dengan pusat transportasi. Pilih apartemen yang dekat dengan stasiun atau gerbang tol. Kami pernah berkunjung ke Singapura dan si sulung nyeletuk dia suka banget kawasan apartemen di sekitar stasiun MRT Raffles. Areanya strategis banget katanya. Dan saya mengiyakan. Karena stasiun MRT dekat. Banyak pilihan tujuan MRT. Ini memudahkan banget bagi pemilik apartemen.

3.     Sebaiknya kawasan apartemen asri dan dikelilingi area hijau. Ini penting banget. Karena kita tidak punya space lebih untuk bertanam-tanam di apartemen. Jadi pilihannya sebaiknya sih kawasan apartemen punya pusat hijau untuk menghasilkan oksigen bagi penghuni di sekitar apartemen. Saat ini banyak pengembang apartemen yang sangat mempertimbangkan area hijau ini demi kenyamanan penghuni apartemen. Jadi jangan terburu-buru memutuskan membeli apartemen jika area hijaunya tidak ada karena banyak apartemen yang menyediakan area hijau saat ini.

4.     Menyenangkan lagi jika apartemen tersebut juga dilengkapi area olahraga outdoor seperti jogging track dan kolam renang. Dilengkapi pusat perbelanjaan semisal supermarket atau minimarket. Dan juga memiliki pusat pendidikan untuk anak. Semisal Playgroup, TK, SD dan SMP. Ini membantu banget untuk keluarga kecil yang akan tinggal di kawasan apartemen tersebut.

5.     Dilengkapi pusat hiburan yang edukatif semisal perpustakaan umum, cafe ramah keluarga, dan juga tempat ibadah semisal masjid kecil atau minimal musholla. Wah ini impian banget. Saat ini penghuni apartemen itu beragam jadi kita sendiri bisa memilih apartemen yang menyediakan tempat ibadah. Karena itu hak kita sebagai penghuni.

Apartemen Emerald Bintaro



Nah salah satu apartemen yang bisa dipertimbangkan adalah Emerald Bintaro. Apartemen ini dikembangkan oleh PT Jaya Real Property, Tbk. Terletak di kawasan strategis. Bahkan luasnya mencapai 2,9 hektar lo. Tepatnya terletak di kota mandiri Bintaro Jaya, Pondok Aren Tangerang Selatan. Memiliki akses mudah ke banyak fasilitas pendidikan, kesehatan, perbelanjaan, hiburan dan perkantoran.



Keamanan area partemen juga dijaga sebaik mungkin dengan pantauan cctv 24 jam. Selain ramah lingkungan. Memiliki jogging track dan area taman kota. Dan yang penting dekat dengan 2 gerbang toll (Perigi dan Pondok Aren) serta dekat dengan 2 stasiun KRL (Jurangmangu dan Sudirman). Wah ini impian banget buat saya.

Nah itu sedikit sharing dari saya tentang pilihan apartemen yang pernah kami diskusikan dengan anak bujang di rumah. Meskipun tentu saja anak-anak bujang di rumah punya pilihan sendiri. Tetapi sebagai orangtua saya sudah membekali mereka dengan beberapa pertimbangan tersebut. Semoga bermanfaat juga ya buat teman-teman pembaca blog catatansiemakdotcom.

Tidak ada komentar

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.