7 Buku Yang Sebaiknya Dibaca Remaja Perempuan

 

buku yang sebaiknya dibaca remaja perempuan

Beberapa waktu lalu si Zoe dapat hadiah. Jadi ada sedikit miss-communication nih ceritanya. Ga ngerti siapa yang menyebar hoax kalau si Zoe ini ulang tahun di tanggal 31 Januari. Karena saya sendiri ga pernah memposting hari ulang tahun anak-anak ke publik. Tanggal ulang tahun anak adalah salah satu rahasia yang tidak akan saya buka ke publik demi keamanan anak-anak. Kalaupun saya buka biasanya cuma tanggal dan bulannya aja tahunnya ditutupin. Makanya kemarin heran, saat ada anak perempuan kelas 3 SD main ke rumah mau titip kado plus surat untuk si Zoe yang baru kelas 4 SD. Wow, anak perempuan zaman now agresif juga yak. Perasaan dulu saya kelas 3 SD boro-boro mau kasih kado dan bikin surat cinta, zaman segitu adanya heboh main gundu. Untungnya si Zoe ga notice sama sekali. Jadilah yang baca suratnya emaknya ini dong. Hahaha. Maafkan ya Nak gadis yang saya lupa namanya itu.


Setelah kejadian itu saya mikir panjang banget. Karena punya satu anak perempuan di rumah. Dan anaknya sekarang udah remaja. Merasa bersalah banget kalau belum mengajarkannya banyak hal dan sekarang anaknya sudah masuk boardingschool. Meskipun sejujurnya selain nasihat panjang dan juga diskusi terbuka dengan anak-anak saya juga mewajibkan mereka membaca buku-buku bagus. Banyak pakar perkembangan remaja yang mengatakan “ Buku yang dibaca remaja itu mempengaruhi banget untuk masa depan mereka”. Jadi memang buku itu penting dalam membentuk karakter anak. Kalau istilahnya Bangtan Boys itu sih " You gave me the best of me, So you'll give you the best of you" eh gitu bukan sih. Hahaha

Nah berikut beberapa buku yang saya sarankan dibaca oleh remaja perempuan ya.

1.     Kitab Sirah Istri dan anak perempuan Nabi, karya DR. Aisyah Abdurrahman. Buku biografi ini wajib dibaca oleh anak perempuan muslim menurut saya. Berisi tentang biografi para istri dan putri-putri Rasulullah. Isinya bagus banget mengajarkan tentang perempuan-perempuan hebat sepanjang zaman.

2.     Bu Guru Aini, Andrea Hirata. Ini novel karya pakcik Andrea Hirata. Berkisah tentang seorang guru matematika yang mengajar matematik di sebuah tempat di pelosok Sumtra sana. Buku ini bagus untuk mengajarkan tentang semangat, ghirah untuk belajar, rasa percaya diri anak, dan semangat untuk belajar untuk anak perempuan.

3.     Malory Tower, Enid Blyton. Buku ini terdiri atas enam seri yang ditulis oleh Enid Blyton sendiri. Kemudian enam buku berikutnya ditulis oleh penulis lain di tahun 2008. Buku asli bercerita tentang perjalanan seorang anak perempuan bernama Darrell Rivers bersama teman-temannya yang bersekolah di sebuah sekolah berasrama khusus perempuan. Ini bagus banget untuk mengajarkan tentang kesetiakawanan dan juga semangat untuk belajar pada anak perempuan.

4.     Hidup Sederhana, Desi Anwar. Ini buku bagus yang ditulis oleh jurnalis Desi Anwar. Tentang renungan sebuah perjalanan hidup. Apa yang sebaiknya kita lakukan sebagai manusia dan sebagai perempuan. Kalau katanya teh Desi " Orang suka belanja itu orang miskin karena dia merasa tidak memiliki segala hal". Hahaha. Langsung uninstall aplikasi Shopee. Huahaha. 

5.     150 cm Life oleh Takagi Naoko. Ini sebenarnya komik esaay oleh Takagi Naoko. Berisi tentang kehidupan perempuan yang tingginya mentok 150 cm. Komik essay ini ditulis dan berisi ilustrasi apik tentang bagaimana Takagi mensiasati kehidupan meskipun tingginya hanya 150 cm. Buku ini termasuk favorit saya juga lo. Dibaca berulang-ulang tetap aja bikin ngakak. Buku ini mengajarkan pada para remaja perempuan bahwa kekurangan fisik itu bukan berarti kita tidak bisa melakukan banyak hal hebat. Kalau dulu temen bule saya pernah komentar tentang tinggi saya yang mentok di 150 cm ini " Small is cute" halagh. 

6.     Eliana Si Anak Pemberani, karya Tere Liye. Ini novel bagian dari serial Anak Mamak terdiri atas lima buku. Nah buku Eliana Si Anak Pemberani ini bercerita tentang Eliana anak sulung mamak dan bapak. Seorang anak perempuan pemberani dan juga cerdas yang dibesarkan di pedalaman Sumatra di kaki Bukit Barisan sana.

7.     Bidadari Dua Negeri, judul asli ‘Mu’minat Lahunna Indallahi Sya’n’ karya professor Muhammad Bakr Ismail. Dan terjemahannya menjadi “ Bidadari Dua Negeri”. Buku yang berisi kisah 37 perempuan dalam sejarah Islam. Ini buku bergizi yang sebaiknya dibaca oleh remaja perempuan.

bidadari dua negeri


Semua buku tersebut bisa ditemukan di toko buku dan dibeli secara online. Mumpung JNE ada promo Imlek nih. Momen Imlek kali ini juga semakin meriah untuk para member JLC (JNE Loyalty Card) yang mengirim paket pada periode promo tanggal 1-9 Februari 2022 yang berlaku di seluruh titik transaksi secara nasional yaitu : pemberian extra poin sebesar 10 poin khsusus untuk member JLC dengan minimum transaksi 450 ribu/ hari (berlaku akumulasi kiriman).

Selama lebih dari 31 tahun, JNE telah menjadi bagian hidup masyarakat Indonesia, karena selalu berupaya maksimal untuk memenuhi kebutuhan pengiriman paket dengan menghadirkan beragam produk layanan atau fasilitas. Oleh karena itu dalam berbagai momen istimewa seperti hari-hari besar, JNE pun turut berpartisipasi dan merayakannya. Sesuai dengan tagline “Connecting Happiness” yaitu mengantarkan kebahagian di setiap langkah dan program sehingga memberikan manfaat untuk masyarakat di seluruh Indonesia



32 komentar

  1. Wah, makasih mbak rekomendasinya. Ini bukunya bagus bagus. Penasaran sama 150 cm life.
    Mumpung belum beli jatah buku buat bulan ini, waktunya belanja, pas banget ada promo JNE

    BalasHapus
  2. Aku suka banget malory Tower, masih punya nih bukunya, Suka sama buku-bukunya Enid Blyton.
    Buat para UMKM atau punya toko online kesempatan bagus nih ya bisa kirim paket dapat poin tambahan lewat JLC

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaupun aku ga ada anak perempuan tapi boleh juga info bukunya siapa tau mau kasih kado ya ke keponakan yang perempuan.
      Malory Tower aku suka juga nih punya bukunua.

      Hapus
  3. Kangen sama Malory Tower...
    Ini tuh seru banget baca buku zaman dulu serasa nonton drama berseri yang rela sampai gak tidur. Huhu~

    Salut sama Siti Hairul yang langsung teringat dengan ananda.
    Betapa tugas orangtua memang gak berhenti sampai akhir hayat.

    Semoga anak-anak bisa tumbuh sesuai dengan fitrahnya dan menjadi generasi Islami yang tangguh.

    BalasHapus
  4. Wow, kelas 3 SD sudah nulis surat dan kirim kado...Aku ngalami kebalikannya, saat mau perpisahan kelas 9 SMP, anak sulungku (cowok) nanya,"Ibu boleh kasih kado perpisahan buat si A (cewek) enggak." - karena mereka bakalan pisah SMA. Ya udah aku belikan kadonya dan aku bungkusin - enggak ada suratnya. Meski dalam hati curious juga, tapi kata dia sih temenan doang kwkwk
    Memang pendekatan ke anak bisa lewat buku juga buat ngingetin ya...Seperti list buku untuk anak perempuan yang ada juga sudah kubaca ini. Memang pas ini!

    BalasHapus
  5. Waah makasih info buku yang menarik mau beli aah buat anak gadisku yang menginjak remaja.

    Semua buka tadi belum pernah kami baca.

    JNE makasih diskon2nya adain diskon terus dunk karena saya jualan online seringnya pakai JNe.

    BalasHapus
  6. Beruntung banget nih Zoe punya emak seperti ini. Sampai-sampai buku bacaanpun direkomendasikan. Nah benar banget Mbak, buku yang dibaca saat remaja berpengaruh banget pada kehidupan dewasa kita. Selain Enid Blyton dulu saya juga baca Kho Ping Ho dan DR. Karl May. Agak gedean dikit baca paulo Coleho. Saya pikir cara saya berpikir dan memaknai hidup sekarang banyak dipengaruhi oleh para penulis hebat tersebut

    BalasHapus
  7. Malory Tower masuk wishlistku Setelah dapat rekomendasi dari teman. Katanya memang bagus untuk remaja putri. Kebetulan ponakan yg remaja udah banyak. Ingin hadiahkan buku-buku di atas untuk mereka.

    BalasHapus
  8. Mak refernsi buku anak laki ada ga
    Kalau aku juga pengen diselamatkan dokter beberapa hari pak parfa pak berhenti alualah

    BalasHapus
  9. hahaha bener, anak-anak sekarang beda dengan dulu ya. Waktu SD dulu aku masih suka main engklek, bekel dan semacamnya itu.
    Btw Malory Tower itu termasuk salah satu buku bacaan kesukaanku, sukaaaa semua buku-buku karangan Enid Blyton.

    BalasHapus
  10. Zaman masih mencari news anchor Seputar Indonesia RCTI saya sangat mengidolakan Desi Anwar, wanita smart dan lugas dalam berbicara.Penasaran untuk buku Hidup Sederhana karyanya, bisa dibeli dimana ya kak?

    BalasHapus
  11. dari tujuh buku di sini, 4 sudah aku baca dan bahkan aku juga punya mba... termasuk yang Enid Blyton, Tere Liye, dan Andrea Hirata. Banyak pelajaran penting dan baik yang bisa kita petik yaaa

    BalasHapus
  12. wah makasih banyak loh mbak rekomendasinya. dari ketujuh itu baru 2 yang udah pernah saya baca yaitu kitab sirah istri dan anak perempuan nabi sama eliana karyanya tere liye.

    BalasHapus
  13. Pas bener deh "Connecting Happiness” JNE kalau gini ya..
    JNE beneran selalu mengantarkan kebahagian di setiap langkah dan program sehingga memberikan manfaat untuk masyarakat di seluruh Indonesia, seperti promo di Hari Raya Imlek ini

    BalasHapus
  14. Ah, jadi teringat aku dulu masih kecil sering membaca buku karya Enid Blyton :) Sangat menarik dan ga membosankan. By the way, ada juga ya buku yang ditulis oleh Desi Anwar, Hidup Sederhana. Kepengen baca ah. Oh, jadi buku2 ini bisa dipesan online dan didukung JNE ya pengirimannya? Semoga bakalan ada lagi promo imleknya setelah tanggal 9 Februari hehehe :D

    BalasHapus
  15. Makasih banget rekomendasi bukunya Mak Irul, aku lama ga hunting buku2 untuk para teens aku nih. Boleh juga ya sekalian doborong toh bisa dikirim via JNE yaa

    BalasHapus
  16. Gaak sabar pengen segera baca bukunya dan aku kasih ke anak gadisku.

    Makasih ya saran judul buku yang cocok buat ABG.

    BalasHapus
  17. Buku-buku yang mba rekomendasiin bagus banget. Apalagi buku Desi Anwar tuh semua selalu bagus. Cara penulisannya juga oke sekali

    BalasHapus
  18. Wah ada bukunya Andrea Hirata, dan aku baru tahu ada judul itu. Buku baru ya? Jadi pengen beli dan baca, biar nanti sama-sama baca dengan anak. Trims untuk info buku lainnya mbak, ya Mbak Siti.

    BalasHapus
  19. Warna-warni indahnya dunia remaja yaa, kak..
    Kudu tetap dijaga fitrahnya dengan kebaikan yakni perbanyak memperkaya bacaan dan imajinasi melalui kisah teladan yang baik dan penuh semangat.

    BalasHapus
  20. Masya Allah... Bukunya keren-leren nih mba. Jujur aja selain yang bernafas rohani, mata saya tertuju pada bukunya Desi Anwar dan malory tower. Superb.

    BalasHapus
  21. Kesindir nih sama Teh Desi, heheh. Langsung lupain belanjaan yg ada di keranjang Shopee dan tiktok.
    Ini aku malah penasaran banget sama karya Andrea Hirata, Bu Guru Aini. Ini harganya berapa ya Mak?

    BalasHapus
  22. Saya lagi baca Guru Aini dan suka banget sama Eliana dan seri anak mamak lainnya...
    Tandain dulu ah, buat inspirasi kado keponakan...
    Kalau rekomendasi buku untuk remaja laki-laki ada enggak?

    BalasHapus
  23. Wah iya, remaja putri juga harus banyak baca buku buku bagus ya mbak
    Biar punya banyak inspirasi

    BalasHapus
  24. terima kasih atas referensinya mak, anak2 aku belum ada kelar baca buku nih, hehehe. nnati ditagih lagi deh tugas bacanya, hahaa

    BalasHapus
  25. Wah, bagus ini buat anakku yang remaja. Dia juga penggemar Andre Hirata dan Tere Liye, satu lagi aku tambahin ya, buku bagus buat remaja perempuan karya Tere Liye yang Serial Anak Mamak

    BalasHapus
  26. masya Allah rekomendasi bukunya bagus semua dan mupeng pengen punya bukunya deh. aku belum banyak ada buku dari daftar itu semua

    BalasHapus
  27. Ibunya hebat jadi anaknya nular Suka baca buku yg keren Hiks Aku lagi remaja boro2 nih baca buku2 yg Ada di atas... Sehat2 selalu sekeluarga y mba... Aku mau rekomendasiin Juga buat anak ku yg Perempuan

    BalasHapus
  28. Yg pernah kubaca baru Malory Tower by Enid Blyton :D
    Aku jd mengingat2 buku apa aja yang aku baca pas masih muda ((MUDA)) dulu :P
    Mau juga donk dikirimin buku, pakai JNE mumpung diskon hahaha

    BalasHapus
  29. Pengen baca juga buku 150 cm life itu mbak, penasaran, soalnya aku juga termasuk yang mentok di tinggi 155cm beda dikit sih hahahaha dan bidadari 2 negara. Cus langsung cari info dimana bisa beli buku itu mumpung lagi diskon pengiriman yaa. Makasih infonya mbak

    BalasHapus
  30. Aku belum baca semua bukunya. Meski aku bukan remaja tapi tertarik banget pengen baca bukunya. Paling penasaran sama 150cm life. Seru nih buku kayaknya. Untung ada promo dari JNE. Pesan buku online bisa murah nih ongkirnya.

    BalasHapus
  31. Wah wah keren bukunya aku bisa rekomendasiin ke adikku nih yang doyan baca2 buku begini

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.