Latihan Soal Di Roboguru

 


Sejak belajar online diberlakukan mulai tahun lalu, jujur saya mengandalkan banget beberapa penjelasan dari internet. Bahkan anak-anak saya ajak juga membuka google buat mencari jawaban. Thanks God for Google, I think Google is woman, bcoz she is know everything. Huahahaha. Ternyata selain Google sebenarnya malah ada yang lebih spesifik membantu para orangtua dalam menemukan jawaban untuk berbagai permasalahan materi pelajaran, yakni Roboguru. Duuh kemana aja saya?



Jadi Roboguru ini adalah platform belajar online, dimana kita bisa mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan berbagai materi pelajaran sekolah. Semua ada jawabannya di sana lo. Dan ini membantu banget buat anak-anak selama belajar online. Tersedia untuk SD, SMP, SMA sampai soal-soal untuk SBMPTN & STAN. Cara kerjanya juga gampang banget. Tinggal pilih mau mengajukan soal untuk level apa (misal: SD) lalu pilih pelajaran. Dan ajukan pertanyaan deh. Segampang itu. Ini bahkan bisa dilakukan oleh anak-anak SD lo. Dan platform ini bisa diakses dengan gratis alias percume kata Ipin-Upin.



Pembahasan soal di Roboguru juga sangat detail. Ini membantu anak-anak untuk latihan soal secara online. Membantu sekali untuk soal-soal test ujian akhir bahkan soal-soal SBMPTN/STAN. Soal-soal yang kita ajukan juga akan dijawab dengan mengikuti perkembangan soal-soal zaman now.

Untuk Orangtua Menemani Anak Usia SD-SMP

Untuk para orangtua dengan anak usia SD bisa nih memehami materi SD dengan bantuan Roboguru. Bahkan kita bisa mengajak anak-anak untuk mengajukan soal di sana dan sekaligus mendapat jawaban secara langsung. Anak-anak pasti menyukai kegiatan belajar semacam ini. Hari gini mau ga mau memang kita harus memanfaatkan gadget dan internet sebaik mungkin untuk mendapatkan ilmu yang berserak di luar sana. Sekaranglah saatnya para orangtua menunjukkan ‘taring’nya. Jangan perang dulu ya Bu kalau disodori soal matematika kelas 5 SD. Huahaha. Kan bisa ajak anak buka Roboguru dulu baru adu argumentasi hehehe. Ga perlu ngamuk-ngamuk hanya gara-gara soal cerita matematika tema 5. Sayang skincare, mahal soalnya. Cepat berkerut dan bisa darah tinggi juga. Toh, itu hanya soal ujian matematika, bukan akhir dunia. Halagh.

Anak-anak SMA bisa belajar mandiri dengan Roboguru

Anak-anak saya abege memanfaatkan Roboguru untuk mencari jawaban latihan soal-soal persiapan ujian semester. Bahkan mereka juga mulai berlatih untuk soal-soal SBMPTN dari Roboguru meskipun baru duduk di kelas XI.

Latihan soal SBMPTN bersama Roboguru

Platform Roboguru sangat membantu para remaja yang mempersiapkan diri untuk mengikuti test SBMPTN/STAN. Selain bimbel online anak-anak remaja tentu saja butuh latihan soal lebih sering. Kesiapan anak-anak menghadapi soal-soal memang membantu sekali. Apalagi soal-soal test SBMPTN dari tahun ke tahun polanya sama. Jadi latihan soal memang sebuah usaha yang harus dilakoni. Agar tembus PTN impian.

Mumpung awal tahun ajaran baru ini, yuuk ajak anak-anak terbiasa dengan tradisi keilmuan. Mempelajari soal dan mencari solusinya. Semoga anak-anak bisa menghadapi pembelajarn daring dengan baik. Sementara ini wilayah Jogja masih online nih belum ada sekolah tatap muka. Mengingat pandemi covid-Wuhan masih tinggi kasusnya di wilayah DIY. Mari kita sama-sama berdoa semoga pandemi ini segera berlalu. Sehingga kehidupan menjadi normal kembali. Anak-anak bisa belajar dengan normal lagi. Kita bisa beraktivitas dengan normal kembali. Aamiin. Pray for home.

 

 

 

21 komentar

  1. Wah macam google search ya tapi lebih fokus ke pembelajaran sekolah. duh boleh juga nih buat Abang. Ma kasih infonya, Mba. alhamdulillah dapat pencerahan.

    BalasHapus
  2. Aku juga baru nyoba Roboguru dan mikir, hei kemarin ke mana aja kok baru tahu? Hahaha

    Suka sih karena kita dikasih video materi dan konsep soal yang ditanyakan. Jadi sekalian belajar lagi

    BalasHapus
  3. Memang situasi bener2 ngga kondusif ya Mba
    Apalagi dari sisi pendidikan utk anak.
    Duhh, bener2 mengkhawatirkan.
    Tapii, kita memang kudu bisa beradaptasi, dalam situasi kayak gimanapun.
    Dan, Alhamdulillah produk2 RuangGuru sangat berfaedah utk memudahkan anak2 belajar online yak.
    RoboGuru jelass membantu bangettt!

    BalasHapus
  4. Hihiii, iya ya Mak biasanya kan bertanya sama Mbah Gugel, anak2 jaman now lebih tahu dan gaya deh nanyanya sama Roboguru.
    Salut banget adanya Roboguru sebagai platform belajar online, kita bisa mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan berbagai materi pelajaran sekolah dan kadang emaknya juga ga tau jawabannya. Ya sudah serahkan saja pada ahlinya yaaa,produk2 Ruangguru membantu banget anak2 belajar di rumah.

    BalasHapus
  5. Adik bungsu ku juga suka pakai roboguru ini. Enak ya ada penjelasan detail terkait soal juga. Jadi kalau besok2 nemu soal sejenis bisa ngerjain.

    BalasHapus
  6. wooh roboguru ini platform belajar online untuk mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan berbagai materi pelajaran sekolah ya, jadi kayak nanya sama guru trus dapet deh jawabannya... I C, kreatif juga ya produk ruangguru ini

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah, sekarang semakin banyak platform belajar online yang bisa bantu anak-anak fokus belajar. Tau banget gimana rasanya belajar masa pandemi gini. Boleh nih aku rekomendasiin Roboguru buat adikku yang masih sekolah, mbak.

    BalasHapus
  8. berkat baca postingan ini jadi tahu juga tentang roboguru, kemana aja? hehe. Saya coba rekomendasikan ke teman-teman yang punya anak usia sekolah ah...

    BalasHapus
  9. Benar sekali anak bisa belajar secara mandiri dengan adanya roboguru ini. Makasih informasinya mba :)

    BalasHapus
  10. Selama PJJ ini memang ada kesulitan dalam pelajaran. Biasanya kan bisa tanya langsung ke guru. Anak-anak saya bisa coba, nih. Mereka udah pada SMA. Kalau nanya ke saya trus rasanya menyerah, deh. Pelajaran SMA udah banyak yang susah banget :D

    BalasHapus
  11. wahh ini fitur dari Ruangguru ya mbak
    Roboguru ini bisa sangat membantu anak anak mengerjakan soal yang sulit dipecahkan ya mbak

    BalasHapus
  12. Thanks to Roboguru. Lumayan bantu anakku pas nyari jawaban PR dia semester lalu. Semoga semester ini bisa dibantu oleh Roboguru. Terutama di mata pelajaran yang anakku seringkali mengalami kesulitan untuk memahami (Matematika).

    BalasHapus
  13. Eh gratis? nah ini aku langsung cari tahu lebih banyak tentang Roboguru buat antisipasi menjawab pertanyaan ajaib anak, hihi ... Soal yang susah tinggal difoto trus kirim ke sana?

    BalasHapus
  14. Menjadi orang tua jaman sekarang harus melek teknologi ya Mba Irul. Paling tidak nemenin anak-anak aktif mencari jawaban dari Google yang emang serba tahu, hihihii..
    Nah dengan Roboguru jadi seneng bagi orang tua yang gak paham dengan pelajaran matematika. Anak-anak bisa latihan soal sebanyak mungkin ya Mbak.

    Aku sendiri sebelum pandemi juga suka nyari tahu jawaban di google. Eh nemenin anakku ding, karena mereka lebih pintar dan ngajari aku waktu dulu.

    BalasHapus
  15. Roboguru, Unik juga namanya ya tapi fungsinya sih beneran jadi guru untuk anak-anak kita agar bisa lebih memahami materi pelajaran di sekolah

    BalasHapus
  16. Wah, mbah google ada saingannya nih ahahaha.. Roboguru benar benar membantu orangtua dan murid ya mbk. Aku baru tau lho, habis ini mau aku kasih tau ke Ponakan2ku ah..

    BalasHapus
  17. Thanks God for Google, I think Google is woman, bcoz she is know everything.. Haha. Ngakak aku bacanya.

    Tp ada yg lbh women dibanding google. Tyt robo guru. Mantep nih. Aku blm coba

    BalasHapus
  18. Alhamdulillah ya mak, ini salah satu sisi positif keberadaan teknologi. Bisa membantu anak belajar :D
    Seru banget nih kalau anak2 bisa mandiri belajar dengan roboguru khususnya buat anak SMA bisa latihan soal mandri.
    Kalau anak2 SD mungkin emaknya dulu yang handle dan bisa jadi inspirasi bikinin soal buat anaknya hehe

    BalasHapus
  19. wah ada lagi ya roboguru ini!
    Seneng deh bisa blogwalking jadi banyak pengetahuan baru - untuk PJJ bermanfaat banget

    BalasHapus
  20. Laah saya ketinggalan juga. Baru tau banget tentang Roboguru ini. Duuh jadi pengen balik lagi zaman sekolah dulu biar bisa belajar banyak dari Roboguru.

    BalasHapus
  21. Oh...jadi di Roboguru juga banyak sekali latihan soal yang sangat bermanfaat untuk lebih memantapkan pemahaman materi yaa..
    Fitur menarik dari ruangguru yang sayang banget kalau tidak dimanfaatkan.

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.