Review Buku 365 Aktivitas Untuk Anak Cerdas Dan 365 Aktivitas Untuk Anak Pintar

 


Alhamdulillah Miqdad terhitung tertib jika diminta belajar. Biasanya jadwal dia pagi bareng abang-abangnya. Selama ini sih saya lebih sering menggunakan worksheet untuk Miqdad. Beberapa saya print dari website yang memeang menyediakan tamplate worksheet gratis untuk anak-anak pra sekolah. Ada juga yang saya beli dalam bentuk buku jadi. Yang murah-murah aja. Biasanya beli di Toko Buku Airlangga, Kota Gedhe Yogyakarta. dan bisa dibilang progress belajarnya Miqdad bagus lo.



Sekarang ini Miqdad lagi fokus belajar membaca dan juga berhitung terutama penjumlahan sederhana. Nah, senangnya kemarin kami mendapat buku panduan aktivitas untuk anak dari Cikalaksara. Ada 2 buku yang kami gunakan. Yakni: 365 aktivitas untuk anak cerdas dan 365 aktivitas untuk anak pintar. Dua buku ini memang dirancang untuk menstimulasi anak usia 4-7 tahun. Berisi kegiatan yang cocok untuk anak-anak belajar dengan bantuan orangtua. Ilustrasi di dalamnya juga rapi dan lumayan detail.



Ada aktivitas belajar: mewarnai, menebalkan huruf atau angka, menyambungkan angka atau kata dengan gambar, melengkapi kata-kata sederhana, dll. Untuk Miqdad yang sedang belajar membaca, buku ini membantu sekali. Miqdad jadi tahu bahwa tulisan ‘mata’,’hidung’, ‘telinga’, dll dengan benar.



Buat saya worksheet dalam bentuk buku sebenarnya lebih ‘aman’ karena ga mudah tercecer hasil kerjanya Miqdad. Dibandingkan dalam bentuk print-print-an yang biasanya tercecer setelah diisi. Miqdad juga bisa mengulang kembali beberapa pelajaran yang dia sukai. Seperti mewarnai, Miqdad masih terhitung belum rapi kalau mewarnai tetapi dia suka menggambar. Nah, buku ini membantu Miqdad mewarnai dengan urut. Dari yang sederhana sampai yang agak rumit untuk anak seusianya.

Oia, ada beberapa seri yang sejenis dengan dua buku  ini yang telah diterbitkan oleh Cikalaksara. Kebetulan kami juga berniat memesan buku seri lainnya. Teman-teman bisa nih mengecek persedian buku yang ready di www.cikalaksara.com



Harganya terjangkau untuk kualitas buku sebagus ini. Kertasnya terhitung tebal dan ukuran bukunya juga besar. Kualitas cetakannya juga bagus. Tinta yang digunakan juga bukan tinta yang mudah luntur. Aman digunakan oleh anak-anak. Saya bersyukur sekali ketemu penerbit yang concern dengan buku berkualitas untuk mendampingi anak usia pra-sekolah belajar di rumah selama pandemi ini.

Yuk, meskipun di rumah saja anak-anak tetap bisa belajar hal-hal penting. Jujur Miqdad kami batasi untuk mengerjakan worksheetnya. Paling lama hanya 1 jam. Sisanya Miqdad lebih banyak beraktivitas lainnya. Tetapi sesuatu yang meskipun sebentar jika rutin dikerjakan hasilnya insya Allah bagus. Jadi jangan khawatir jika anak belajar hanya 1-2 jam sehari. Sisanya ia juga tetap ‘belajar’ lo. Belajar bergaul, belajar bersosialisasi, belajar tertib ibadah, belajar sopan santun, dll.

Tidak ada komentar

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.