Destinasi Wisata Alam Di Semarang, Sejuk Dengan Panorama Yang Jelita

Museum Kereta Api Ambarawa



Awal tahun 2020 lalu kami sekeluarga liburan ke Semarang. Destinasi wisata di Semarang ada banyak sekali pilihannya. Meskipun kemarin waktu ke Semarang waktunya mepet banget. Hanya sempat mengunjungi  beberapa yang paling populer antara lain Lawang Sewu, Kota Tua, Lumpia Gang Lombok, dan juga Klenteng Sam Poo Kong. Sebenarnya selain yang telah disebutkan, banyak juga destinasi lainnya yang patut buat dicoba. Misalnya saja wisata alam di Semarang yang tidak kalah dengan destinasi liburan lainnya di Indonesia.


Perihal transportasi, jangan khawatir kelamaan di perjalanan. Sudah lama ada bandara yang melayani berbagai penerbangan. Namanya adalah Bandar Udara Internasional Jenderal Ahmad Yani. Bagi kamu warga Jakarta, Surabaya, atau lainnya, bisa segera cek harga tiket pesawat terbaru di berbagai aplikasi online seperti Traveloka dan dapatkan beragam kemudahannya.

Untuk wisata alam di Semarang, banyak juga yang bisa jadi tujuan jalan-jalan. Inilah beberapa yang cukup populer dipilih wisatawan.

1. Gunung Ungaran



Bagi para pemula, Gunung Ungaran ini bisa dibilang cukup ramah dan bisa didaki dengan cukup mudah. Namun tentu saja, pergi atau mendaki gunung sangat perlu memiliki fisik yang prima. Ketinggian gunung ini adalah 2.050 Mdpl dan memiliki tiga jalur pendakian. Yakni Basecamp Mawar, Jalur Gedong Songo, dan Jalur Promasan.

Akan ada banyak pemadangan elok yang kamu saksikan. Misalnya saja Kebun Teh Medini jika lewat Jalur Mawar. Di puncak, kamu juga akan semakin mengagumi keindahan alam sekeliling. Pepohonan yang hijau, perkotaan yang terlihat seperti kerlip bintang, dan lain sebagainya. Alamat Gunung Ungaran ini berada di Hutan, Ungaran Barat, Semarang Jawa Tengah.

2. Pantai Tirang

by: jatengtoday


Di Semarang juga ada pantai lho bagi yang ingin wisata basah-basahan. Namanya adalah Pantai Tirang yang berlokasi di Tambakrejo, Tugu, Semarang. Memang benar salah satu pantai yang cukup kondang di Semarang adalah Pantai Marina, namun soal keindahan wisata ini tidak kalah cantiknya. Bahkan bisa dibilang lebih asri dan jernih.

Berbagai aktivitas seru dilakukan di pantai ini. Mulai dari refreshing, memancing, bersepeda, sampai dengan berburu foto cantiknya pantai. Selain itu, harga tiket di sini juga masih murah sekali, yakni Rp. 5.000.

3. Air Terjun Kali Pancur

by ksmtour


Wisata alam ini lokasinya memang cukup tersembunyi, di kawasan Gunung Telomoyo. Atau lebih tepatnya ada di Desa Nogosaren, Getasan, Kabupaten Semarang. Siapa bilang Semarang hanya wisata kotanya? Air terjun ini bisa dikunjungi jika kamu bosan dengan wisata yang biasa. 

Daya tarik utama yang dimiliki oleh air terjun ini adalah memiliki ketinggian 100 meter. Ini merupakan curug tertinggi di Semarang. Cocok banget mampir ke sini karena udara dan lingkungannya yang sejuk dan nyaman. Apalagi Semarang belakang ini memiliki tingkat udara yang cukup panas.

4. Umbul Sidomukti

by travelspromo


Sebenarnya ini tidak sepenuhnya alam, namun dipadukan juga dengan beberapa wahana permainan. Kebanyakan permainan di sini bertema outbound seperti halnya flying fox, berjalan di atas tali di ketinggian, meluncur menyeberangi lembah dan lain-lain. Jika kamu hanya ingin bersantai saja, bisa berendam di kolam yang berisi mata air dari pegunungan ya. Sejuk, bersih, dan menenangkan.

Jika tertarik untuk jalan-jalan ke sini, langsung saja datang ke lokasinya yang berada di Desa Sidomukti Jimbaran, Bandungan, Semarang. Jam bukanya mulai dari 09.00 sampai dengan 18.00 WIB. Karena akan banyak melakukan berbagai aktivitas outbond, usahakan untuk memakai pakaian dan alas kaki yang nyaman ya.

5. Cemoro Sewu


Alam memang memberikan ketenangan tersendiri bagi siapa yang yang kerap bertandang. Dan saat kamu datang ke Cemoro Sewu ini akan membuat pikiran yang penat perlahan-lahan terurai, bisa kembali berpikir jernih. Alamnya begitu cantik, lanskap di sekelilingnya penuh dengan warna hijau, perbukitan, dan keasrian. Tidak jarang kamu akan mendengar suara hewan di tempat ini.

Bagi kamu yang gemar berfoto, tentunya tempat ini juga sangat tepat untuk dibidik dari berbagai sudut. Langsung saja jelajah ke tempat ini, alamatnya berada di Dusun Jingkol, Sepakung, Banyubiru, Semarang.

Jika sudah selesai berjelajah Semarang, jangan lupa membawa oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Salah satu buah tangan yang paling banyak dijadikan buah tangan adalah lumpia. Bisa Gang Lombok, Mbak Lien, dan lain sebagainya. 

23 komentar

  1. Pernah birthdaytrip ke Semarang karena selain wisata kota, ada juga wisata dengan vibes dan udara dinginnya kaya di lembang, Bandung.

    Alhamdulillah ya, Mba.
    Masih bisa keselip liburan ditahun 2020 sebelum akhirnya pandemi dan ga bisa kemana mana.
    huhuhu.

    BalasHapus
  2. beberapa bulan yang lalu suamik dapat tawaran kerja di Semarang, kubilang ambil aja biar aku bisatinggal di sana juga atau bisa jenguk lah hehehe qadarallahu gak jadi

    BalasHapus
  3. Aku tuh jalan2 ke Semarang pernah juga berkunjung ke Museum Kereta Ambarawa dan Lawang Sewu. Menarik sekali destinasi wisata di sana. Anak2 bisa belajar sambil bermain. Tahu tentang sejarah ga cuma sekadar datang dan makan2 aja. Kangen mampir ke Semarang, belum kesampaian wistaa kota tua di sana :D

    BalasHapus
  4. Iya, terakhir ke Semarang, kaget juga lihat bandaranya udah bagus dan megah.

    Pantai Tirang, bagus ya, tiket masuknya juga murah banget cuma 5000.
    Lumpia semarang, emang nggak boleh ketinggalan buat oleh-oleh. Plus bandengnya juga

    BalasHapus
  5. Anak saya belum pernah dibawa ke pantai dan pengen banget bawa anak ke pantai, tapi sayangnya saya tuh orang gunung, mau ke pantai jauhh hihi.. duh jadi mupeng deh ada wisata pantai tiketnya cuma 5rb :D

    BalasHapus
  6. Belum pernah ke Semarang bareng keluarga nih, Insyaallah kalau pandemi sudah selesai pengen banget traveling ke Semarang bareng keluarga

    BalasHapus
  7. Semarang... aishhh aku baru sekali ke semarang lho mba.. dan waktu itu business trip jadi ngga banyak tempat yang aku eksplore saat di semarang.. semoga next kalo balik lagi ke semarang bisa eksplore lebih banyak destinasi wisatanya yaa.. aamiin

    BalasHapus
  8. Saya belum pernah menikmati jalan-jalan ke Semarang. Pernah ke Kampung Kopi Banaran tapi sampe sana pas hujan lebat, jadinya cuma duduk-duduk di restorannya dan ga menikmati jalan-jalannya. Hiks... Next kalau pulang ke Jogja harus disempatkan melipir sebentar ke Semarang.

    BalasHapus
  9. senangnya bisa traveling bareng keluarga ke semarang mbak. bagus skrg ya semarang, banyak destinasi yang patut didatangi. insyaAllah kalau pandemi sudah usai, salah satu yang ingin saya lakukan adalah ke semarang, pengen napak tilas

    BalasHapus
  10. Berharap suatu saat bisa liburan ke Semarang di tempat ini. Nyaman sekali tempatnya. Apalagi dengan panoramanya

    BalasHapus
  11. ahh baca postingan ini makin pengen jalan jalan ke semarang
    ternyata banyak juga ya mbak wisata alam yg sejuk di semarang

    BalasHapus
  12. Aku biasanya bawa oleh2 lumpia mbak lien nih mak kalau ke Semarang.
    Tapi nlom pernah ke tempat2 adem kayak gini euy klo ke semarang

    BalasHapus
  13. Jadi inget udah lama banget gak ke semarang. Nanti kalau pandemi udah beres pengen ajak anak anak ke museum kereta api, cemoro sewu, pulangnya beli lumpia serta tahu baxo

    BalasHapus
  14. Pengin banget aku bisa ke lawang Sewu and ke kota tua euy..Belum pernah soalnya..

    BalasHapus
  15. Memang seru juga pemandangan alam Kabupaten dan Kota Semarang Mak, kulinernya juga enak-enak jadi betah deh main ke sini tetaap promo kota ne deweee hihihi

    BalasHapus
  16. Aduh, indah-indah deh alamnya. Bikin aku kangen main ke alam juga. Huhu semoga pandemi lekas pergi. Kangen rasanya bisa ngajak anak-anak pergi ke alam begini. Sejuuuuk. Refreshing banget.

    BalasHapus
  17. Hal yang paling kurindukan kalo ke Semarang itu kulinernya :)
    Duh jadi kangen pengen ke Semarang lagi :)

    BalasHapus
  18. Adududuuhh..dari beberapa destinasi wisata di atas aku baru sadar kalau banyak destinasi Semarang yang belum kukunjungi. Biasanya wisata di kota sajaa. Harus diagendakan berarti niibh

    BalasHapus
  19. Aku belum pernah ke Semarang nih Maak. Mimpi jalan-jalan lebih banyak di tahun 2020 ini jadi tertunda karena pandemi. Btw itu Cemara Sweu kayak gimana ya, Mak? Semacam hutan cemara kah? Aku suka nuansa alam kayak gunung atau banyak pepohonan soalnya

    BalasHapus
  20. yang penasaran itu kalau saya traveling dan hiking ke sekitaran Gunung Ungaran Mak. Ada candi kan ya di sana? Dan penginapannya juga di kawasan yang sejuk serta banyak pepohonan.

    BalasHapus
  21. Uwaah....kangen banget sama Semarang.
    Biasanya jadi jujugan kalau kami mudik ke Surabaya.
    Rasanya seru juga yaa...ke tempat-tempat wisata alam di Semarang.

    BalasHapus
  22. Wisata alam emang kece-kece di kabupaten Semarang maaak, kalo di kota Semarangnya banyak wisata sejarah yang menarik dikunjungi kaya Kota Lama, Lawang Sewu, Sampookong, dll

    BalasHapus
  23. Tahun ini cita-cita ke Semarang masih belum tercapai Mak. Pengennya sih tahun depan bisa nyempetin ke sana. Semoga ada kesempatan buat berkunjung ke wisata alamnya juga :))

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.