Lakukan 5 Hal Ini Untuk Menjaga Kesehatan Kulit Secara Alami





Kemarin pas saya lagi membersihkan wajah Miqdad nanya, "Umi umurnya berapa sih Mi? Umi sudah tua ya?" Buahahaha dasar bocah. Please ya Dad jangan bawa kata 'tua'. Ga papa tua yang penting badannya sehat. Kulit glowing. Senyum ceria karena ga punya utang. Hahaha. Makanya kudu rajin merawat kulit. 



Dan sekarang ga hanya kaum wanita saja, pria juga harus menjaga kesehatan kulit supaya tetap terlihat menarik dari segi penampilan. Siapapun pastinya menginginkan kulit bersih dan sehat. Sehingga apapun dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit dimulai dari perawatan kecantikan di klinik mahal, membeli produk-produk skin care yang harganya selangit, dan masih banyak lagi. 


Tahukah Anda? Untuk mendapatkan kulit yang bersih, sehat, dan cantik, sebenarnya tidak memerlukan biaya mahal. Anda cukup melakukan hal-hal sederhana secara rutin, dan mengonsumsi bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di sekitar Anda. Bagaimana cara merawat kulit wajah? Ikuti langkah-langkahnya berikut ini. 


1. Rajin Membersihkan Wajah Pagi dan Malam

Saya sendiri rutin membersihkan wajah. Bahkan terbiasa double cleansing dengan minyak kelapa di awal. 

Biasakan untuk membersihkan wajah dengan pembersih wajah yang mengandung bahan-bahan alami dan bebas paraben. Lakukan hal tersebut dimulai dari pagi hari setelah bangun tidur atau sebelum mandi, lalu sebelum tidur pada malam hari.


Kenapa pagi dan malam? Setelah bangun tidur, ada baiknya Anda membersihkan wajah untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran atau skincare malam yang masih menempel di kulit. Jika dibiarkan maka akan menyumbat pori-pori yang nantinya bercampur dengan bakteri jahat penyebab timbulnya jerawat. 


Begitu pula dengan malam hari. Setelah seharian beraktivitas pastinya ada saja debu, kotoran, atau sisa make up masih menempel. Sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu. 



2. Mengonsumsi Makanan Sehat dan Bergizi 

Yang namanya makanan sehat itu hasilnya bukan cuma untuk badan tapi juga kulit lebih sehat dan glowing. 

Salah satu cara menjaga kulit tetap sehat dari dalam adalah dengan memperbanyak konsumsi makanan sehat dan bergizi seperti buah-buahan dan sayuran segar yang kaya vitamin C dan E. Terdiri dari bayam, kiwi, tomat, kacang-kacangan, dan alpukat. Tidak hanya dikonsumsi, Anda bisa memanfaatkan tomat atau mentimun sebagai masker alami. 


3. Tidur Yang Cukup

Jangan begadang, selain ga nyunnah begadang itu ngaruh banget ke kesehatan kulit. Lebih baik tidur di awal waktu lalu bangun lebih awal. 

Pastikan agar Anda tetap beristirahat dalam waktu yang cukup. Kurang tidur bisa menyebabkan timbulnya lingkaran hitam di bawah mata dan kulit akhirnya menjadi cepat kusam. Idealnya, waktu tidur yang baik adalah 7 - 8 jam. 


Jika Anda seringkali mengalami insomnia atau susah tidur, usahakan menghindari minuman berkafein seperti kopi misalnya. Gantilah dengan susu hangat yang akan membuat Anda cepat mengantuk. 


4. Rutin Minum Air Putih 


Sangat disarankan untuk mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas sehari atau sekitar 2 liter setiap hari. Langkah ini merupakan cara paling sederhana untuk menjaga kesehatan kulit, sehingga kulit tetap terhidrasi dengan baik dan terjaga kelembabannya. Kurang zat cair dalam tubuh bisa menyebabkan kulit kering dan kusam. 


5. Rajin Berolahraga 



Satu lagi cara yang efektif untuk menjaga kesehatan kulit adalah rutin berolahraga. Tidak perlu melakukan olahraga yang berat, cukup dengan olahraga ringan seperti sit up, push up, atau berjalan-jalan di sekitar rumah. Dampak yang paling terasa adalah mampu melancarkan peredaran darah, kulit terasa lebih kencang, sehat, dan daya tahan tubuh juga lebih terjaga.


Itu dia beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan kulit secara alami. Jadi, dapat disimpulkan sebenarnya tak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk mendapatkan kulit yang cantik dan sehat. Cukup melakukan beberapa hal yang telah disebutkan di atas secara rutin setiap harinya. Semoga bermanfaat. 


15 komentar

  1. Pagi sebelum mandi biasanya saya bebersih muka. Malam, kl ingat. Hahaha...

    Alhamdulillah dari 5 hal tadi setidaknya 4 yg sudah dijalankan. Olahraga yg belum.

    BalasHapus
  2. Membersihkan wajah itu sering lalai karena merasa di rumah saja. PAdahal gak boleh juga ya.

    BalasHapus
  3. Yang bagian cukup tidur itu salah satu poin yang kadang aku susah lakukan mba hehehe. Maklum siang nginem, malem nguli. Tapi aku berusaha menyeimbangkan diri dan hidup lebih sehat. Thanks for sharing ya mba. Salam sehat!

    BalasHapus
  4. tidur yang cukup ini sungguh penting eh tapi aku malah begadang, huhu ... jarang-jarang kok, mba. Kalo aku kudu tidur siang jadi setelah bangun udah siap menemani anak-anak main.

    BalasHapus
  5. Kesehatan kulit alami membersihkan pagi dan malam masih suka lupa kalau malam. Tapi kalau pagi rutin pake facial wash. Point olahraga selalu ditunggu nih jadi pengen olahraga akhir week end ini

    BalasHapus
  6. Aku jadi ingat berita viral dari Nia Ramadhani, Mbak. Hihihihi. Mau pakai baju murah meriah kalau bdan sehat dan wajah terawat, ya pantas-pantas saja. Modal utama memang soal asupan makanan, olahrgaa, dan perawatan muka ya.

    BalasHapus
  7. Sebenarnya menjaga kesehatan tuh nggak sulit ya mak. Yang sulit itu niatnya untuk bangkit dengan enggak mager itu lohhh:)

    BalasHapus
  8. nah bener, cara yg simple tapi konsisten kayak gini membantu banget ya mbak. Tapi poin olahraga nih mbak yg susah buat aku, banyak magernya, wkwk. Bismillah dah ya

    BalasHapus
  9. ini nih yang sedang aku lakuin mba. cuma dibagian tidur aja aku sering skip. begadang mulu huhuhu. semenjak dirumah aja, jam tidur jadi lumayan ngaco mba hikss

    BalasHapus
  10. Can’t agree more. Those are simple tricks that we can do to keep our healthy skin. I do drink a lot of water

    BalasHapus
  11. Anak-anak kalau aku bilang "Mama ini uda tua...."
    Mereka auto-mewek....karena pendapat mereka, kalau uda tua pasti deket waktunya wafat.
    Huhuu~

    Tips menjaga kulitnya aku ikuuttt...
    Suka kurang minum air mineral aja...tiap hari niih..

    BalasHapus
  12. Saya juga paling utama minum air mineral dan konsumsi buah-buahan. Nah, kalau bersihkan wajah suka lupa mbak hihi

    BalasHapus
  13. Yang belum aku lakukan olahraga mbak, selama di rumah aja kok mager banget yaa

    BalasHapus
  14. Gak heran kalau akhir-akhir nih wajah kucel amat. Perpaduan jarang cuci muka, sering begadang, dan makan asal-asalan. Duh..dasar saya~

    BalasHapus
  15. yang sering aku suka lalai ituuu makan makanan sehat.. huhuhu..

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.