Qurban Jelajah Negeri Bersama Syam Organizer



Kemarin ngobrol sama anak-anak mau Qurban dimana tahun?. Tahun lalu kami menitipkan Qurban kami untuk pengungsi Uyghur di Turki. Nah tahun ini Miqdad nyeletuk “ Kita qurban untuk Suriah ya Mi”. Iya Nak, insya Allah. Seperti tahun-tahun sebelumnya kami selalu menitipkan Qurban kami melalui lembaga kemanusiaan. Nah, tahun ini insya Allah kami akan menitipkan Qurban kami melalui lembaga kemanusiaan Syam Organizer. Meskipun tahun 2020 ini adalah tahun yang sulit tetapi Qurban adalah bagian dari syariat islam. Apalagi kami memang sudah membuat tabungan Qurban yang insya Allah disalurkan untuk Qurban tahun ini.


Syam Organizer




Kemarin Kamis, 25 Juni 2020, saya dan teman-teman blogger ikut ngobrol tentang Qurban bersama Syam Organizer. Dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat saya hadir di acara bincang-bincang tentang Qurban Jelajah Negeri. 


Syam Organizer sendiri adalah lembaga kemanusiaan yang konsen mengurus bantuan kemanusiaan untuk negeri Syam. Antara lain Suriah dan Palestina. Negeri Syam sendiri menurut Wikipedia adalah negara-negara yang terletak di : Suriah, Palestina, Libanon dan Yordania. Tahun ini Syam Organizer mengusung tagline “ Qurban jelajah Negeri”. Dimana penyaluran Qurban akan diantarkan ke saudara-saudara kita di Suriah, Palestina, Yaman dan juga Indonesia. Kata Pak Laswadi, project director Syam Organizer, bahwa Syam Organizer menargetkan 2000 mudhohi di tahun 2020 ini. Dan insya Allah akan disalurkan ke Suriah, Palestina, Yaman dan juga beberapa titik di Indonesia.

Negeri Syam 



Kenapa sasarannya negeri Syam. Karena saat ini Suriah dan Palestina dilanda krisis kemanusiaan terburuk abad ini. Jutaan korban meninggal dan juga jutaan anak dan perempuan menjadi pengungsi. Syam Organizer sendiri bekerjasama dengan lembaga kemanusiaan setempat untuk penyaluran Qurban di luar negeri. Sedangkan untuk penyaluran Qurban di Indonesia melalui 22 cabang yang ada di Indonesia. Cukuplah kita berlaku sebagai manusia untuk melihat tragedi kemanusiaan yang terjadi di Suriah dan Pelstina itu sudah melanggar hak asasi manusia. Apalagi jika melihatnya dari kacamata sebagai seorang muslim dimana saudara kita tertindas tanpa ada pertolongan kelak kita akan ikut ditanya di hadapan Allah. 
Saat ini Syam Organizer concern mengerjakan beberapa projek kemanusiaan untuk negeri-negeri Syam seeperti Suriah dan Palestina. Antara lain:
Winter Aid Project
Bantuan untuk menghadapi musim dingin di Suriah dan Palestina. Terutama yang tinggal ditenda pengungsian.
Ramadhan For Sham
Bantuan bingkisan untuk lebaran dan juga hidangan untuk berbuka
Emergency Relief
khusus bantuan saat darurat seperti obat-obatan, tenda dan juga tenaga medis.
Water For Sham
pengadaan air bersih untuk pengungsi. Salah satu projeknya adalah membuat sumur dan kemudian menyalurkan air ke pemukiman penduduk.

Sham Bread Factory
ini concern pada pengadaan pabrik roti berserta operasionalnya.

Save The Children Of Sham
Bantuan pendidikan untuk jutaan anak pengungsi Suriah dan Palestina

Qurban For Sham. Tahun ini mengangkat tema Qurban jelajah Negeri. Dan disalurkan ke negeri Suriah, Palestina, Yaman dan juga Indonesia.

Antara lain penjabaran proyek kemanusiaan Syam Organizer adalah: pengadaan sumur air bersih, pembangkit listrik tenaga surya, pembangunan sekolah Indonesia Juara dan juga proyek apartemen untuk pengungsi karena tidak selamanya mereka tinggal di tenda pengungsi. Dan Syam Organizer sendiri berfokus pada korban perang terutama anak-anak dan perempuan.

Insya Allah Amanah





Kondisi saat ini memang sulit tetapi insya Allah terbuka jalan bagi kita untuk tetap melakukan kebaikan. Mungkin ada beberapa keluarga yang ditimpa kesulitan karena efek pandemi tetapi insya Allah beberapa keluarga yang tetap bisa kuat bertahan. Sekarang waktunya bagi kita untuk berbagi dari rejeki yang kita punya. Jika dilihat dari kacamata ekonomi kita bisalah dibilang lebih beruntung. Karena kita masih memiliki rumah untuk tempat bernaung dibandingkan mereka yang di pengungsian. Kita masih lebih beruntung karena masih memiliki persediaan beras dibandingkan mereka yang berhari-hari belum cukup makan. Kita masih jauh lebih beruntung. Dan rasa syukur yang paling dalam adalah dengan berbagi. Allah sendiri menjanjikan “ Bersedekahlan maka Engkau akan kaya”. Jang takut berqurban. Dan jangan khawatir menyalurkan Qurban kita melalui Syam Organizer. 


Karena lembaga ini sendiri adalah lembaga kemanusiaan resmi yang sudah diakui sebagai salah satu lembaga kemanusiaan yang concern untuk urusan Suriah dan Palestina. Semua penyaluran baik Qurban maupun infak dan sedekah ada dokumentasinya. Bisa dilihat di instagram, https://m.facebook.com/SyamOrganizer/ dan websitenya https://syamorganizer.org/ . Selain itu untuk penyaluran qurban sendiri setiap mudhohi akan mendapat laporan secara tertulis dan dokumentasi foto penyaluran qurban. Masya Allah, kita bisa menyimpannya sebagai pengingat bahwa kita harus sering-sering berbagi nih teman-teman.

Jangan Berhenti Berbuat Baik



Untuk harga hewan Qurban bisa dilihat poster yang saya cantumkan di bawah ini. Harganya sendiri sih tidak jauh berbeda dengan harga hewan qurban di Indonesia. Kebetulan di daerah tempat tinggal kami sudah tercukupi karena daerah kami dikenal sebagai penghasil kambing dan sapi terbaik di Jogja. Sehingga banyak yang kemudian memilih menitipkan qurban melalui lembaga kemanusiaan untuk disalurkan ke daerah dan negara lain. Insya Allah semuanya berkah dan tepat. Yang tidak tepat adalah yang yang mampu tapi tidak berqurban karena bakhil terhadap harta yang dia miliki. Semoga kita tidak termasuk golongan orang-orang yang bakhil. Aamiin.

23 komentar

  1. Cara presentasi Syam Organizer tentang projectnya ini bagus, jadi calon donatur bisa paham apa aja projectnya, dan mana project yang cocok dengan harapan mereka lalu bisa ikut turut berdonasi di dalamnya

    BalasHapus
  2. Kalo lihat kiprah dan rekam jejaknya, SYAM Organizer ini amat sangat kredibel, ya.
    InsyaALLAH ibadah qurban kita juga lebih tepat sasaran dan berkah!
    Selamat berqurban :D

    BalasHapus
  3. Aku salut dengan programnya SYAM ini, apalagi menjelang qurban,dengan jelajah negeri pas banget . Semoga makin banyak yang aware dengan kiprahnya dan banyak yang bersedekah untuk sesama melalui qurban.

    BalasHapus
  4. wahh kebetulan lagi nyari info ttg kurban online. semoga bisa cocok sama syam organizer.

    BalasHapus
  5. masyaAllah bagus yaa kurban jelajah negeri ini
    jadi distribusi daging kurban makin luas dan merata ke seluruh wilayah

    BalasHapus
  6. Nggak terasa sudah mau dekat lebaran Haji lagi. Tahun ini kami belum memutuskan mau qurban di mana. Selama ini juga belum pernah lewat lembaga, biasanya kami salurkan pada teman yang menyelenggarakan pemotongan di daerah pedesaan. SSyam Organizer sepertinya bisa dicoba untuk tahun ini. Sekalian belajar wqrban via lembaga.

    BalasHapus
  7. Saya senang dengan konsep qurban seperti ini. Jangkauannya bisa lebih luas. Sehingga bisa merasakan nikmatnya berbagi

    BalasHapus
  8. Qurban online lebih simple tanpa manfaat luas dan tepat sasaran.

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah ya disaat seperti sekarang ini ada Syam Oraganizer, apalagi melihat projeknya lumayan itu. Bisa sangat membantu sekali ini ya mak.

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah program kurbannya keren ya hingga ke daerah dan negeri berkonflik, pasti lebih butuh..lembaganya juga terpecaya jadi tenang..

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah ada solusi berkurban di tengah pandemi yang bisa meneruskan sampai ke pelosok negeri ya mak.

    BalasHapus
  12. Insya Allah, kurban tahun ini lewat Syam Organizer, Mas Iwan pas tahu ini, langsung tergerak mau berdonasi :)

    BalasHapus
  13. I support and love this program. But we are already Quran this year with mosque team. Maybe next time. Can join it.

    BalasHapus
  14. Cakep ini. Saya juga baru tahu soal Syam Organizer ini. Semoga keberadaan bisa semakin memperluas jangkauan ke masyarakat yang membutuhkan.

    BalasHapus
  15. Syam organizer benar" membantu bagi yang mau kurban di tempat yang jauh dan terkendla jarak. Alhamdulillah sekarang sangat terbantu

    BalasHapus
  16. Teknisnya gimana yaa, kak...?
    Suka sekali sama programnya dan tertarik ikut. Tahun-tahun sebelumnya, kami berkurban bersama tetangga saja dan dibagikan ke lingkungan sekitar tempat kami tinggal.

    BalasHapus
  17. Ku baru tau ada penyediaan air dan roti ini. Kalau donasinya dikirim buat ini terutama air, amal jariyahnya bakal terus ngalir dong ya, Mak Irul? Kereeeen

    BalasHapus
  18. Miqdad pinter bangett, sih. Aku baru tahu ada program qurban lintas negara gini, Maakk. Semoga makin banyak yang bisa berqurban lewat lembaga kemanusiaan ini, yaa.

    BalasHapus
  19. Dengan adanya lembaga kemanusiaan seperti Syam Organizer, jadinya distribusi qurban bisa lebih tepat sasaran. Pernah rasan-rasan sama teman ttg "penumpukan" hewan qurban di suatu tempat padahal di lokasi bahkan tak ada hewan qurban. Kehadiran Syam Organizer ini bahkan bisa membantu penyeluran qurban hingga ke sauadara muslim di luar negeri yang jauh lebih membutuhkan. Semoga program-program Syam Organizer semakin nyata berkembang dan berkah ke segala penjuruh arah

    BalasHapus
  20. Mantap ya mba konsep qurbannya menyalurkan jelajah negeri hingga ke negara syam..semoga makin mudah ya dan banyak yang berqurbannya

    BalasHapus
  21. Semoga kurban kita bisa sampai di tangan mereka yang benar - benar membutuhkan yaa mak

    BalasHapus
  22. Tidak ragu juga kalo dengan yang amanah ya mba. Semoga aku juga bisa dimampukan untuk berqurban

    BalasHapus
  23. Enggak terasa sebentar lagi udah idul adha ya mak iroel. dan saatnya kita berqurban. Bagus banget program ini, selama ini tahunya berqurban dan dibagi untuk tetangga saja tetapi ternytaa bisa kita berikan untuk saudara kita di Syam juga

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.