Tanaman Herbs Yang Bisa Ditanam Dengan Stek



Sejak peraturan social distancing kami sekeluarga juga berdiam di rumah saja. Kecuali si bapak yang beberapa kali keluar untuk urusan kerjaan atau saya belanja kebutuhan rumah seperlunya. Sejak #dirumahsaja banyak kesempatan untuk melakukan beberapa hobby lama. Seperti baca buku dan novel. Bahkan saya bisa menyelesaikan beberapa novel Sandra Brown di sela-sela pekerjaan domestik dan kuliah yang saat ini beralngsung online. Dan yang paling seru mulai berkebun lagi. Kami sampai membeli beberapa keperluan berkebun mencoba untuk serius menanami pekarangan. Meskipun dulu-dulunya saya sudah mulai bercocok tanam. Tetapi sekarang lebih intensif lagi.


Ada beberapa tanaman yang saya tanam di rumah. Dan rata-rata dengan cara stek batang atau pucuk. Dan alhamdulillahnya semuanya tumbuh dan sukses bisa dipanen.
Beberapa tanaman yang bisa distek batang. Antara lain
1.     Kemangi. Saya pilih beberapa batang yang agak tua. Dan langsung saya tancapkan ke tanah. 3-4 hari akan muncul daun baru lo. Kemangi ini harus sering dipetik pucuknya agar rimbun.


2.     Dill. Pilih batang tua. Rendam dalam air 4-5 hari sampai keluar akar baru dipindah ke tanah. Atau bisa langsung tancapkan ke tanah dengan pemberian kompos.


3.     Mint. Pilih beberapa batang tua dan rendam ke dalam air 3-4 hari sampai akar mudanya muncul. Kemudian baru pindahkan ke pot berisi kompos. Daun mint harus sering dipetik pucuk-pucuknya agar rimbun dan banyak daunnya.


4.     Kangkung. Petik beberapa batang dan langsung tancapkan saja ke pot berisi kompos.

5.     Daun katuk. Pilih beberapa batang tua atau batang setengah tua. Langsung saja tancapkan ke tanah.

6.     Basil. Pilih beberapa batang tua dan kokoh. Rendam dulu ke air sekitar 3-4 hari sampai keluar akar muda. Baru deh dipindah ke pot berisi tanah dan kompos.  Dulu pernah saya tulis di https://www.catatansiemak.com/2015/11/menanam-basil-dengan-stek-batang.html
7.     Serai. Pilih bonggol bagian bawah yang ada bagian seperti ruasnya itu ya. Meskipun ga ada akarnya itu kalau ditancepin ke tanah insya Allah akan tumbuh tunas baru lo. Jadi saat mau pakai serai cukup potong bagian putih di atas bonggol sedangkan bonggolnya ditanam.

8.     Kelor. Saat ini kelor termasuk disebut-sebut sebagai super food lo karena khasiatnya yang sangat banyak. Nah, kalau beli kelor ambil daunnya dan pucuknya saja. Sedangkan batang atau rantingnya yang agak keras bisa ditancapkan ke tanah. Sekitar 1 mingguan akan muncul daun baru. Semakin sering dipetik pucuknya daunnya akan semakin rimbun lo.



Dan beberapa lagi tanaman lain. Yang saya tulis itu sudah saya coba tanam di rumah dan berhasil. Nanti kalau ada tambahan saya edit lagi ya.

19 komentar

  1. Kemangi juga bisa, ya. Kapan-kapan nyoba deh kalau ada. Dari yang disebutkan di atas, yang udah ada baru serai dan kangkung.

    BalasHapus
  2. Mamaaaak niih rajin bangeet bercocok tanam, aku saluut. Ku kenal semua yang tanaman yang bisa di stek.Enak yaa bisa panen juga tuh dan langsung dimasaaak.

    Aku nda punya lahan di rumaah (alesyaaaan) padahal malas.
    PAsalnya aku kalo nanem suka mati aja, maaaak. huh..
    Kurang bumbu cinta, keknya.

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah baca ini sudah lama ingin menanam serai dan kemangi tapi ga nemu aja bibitnya. Nemu banyak di kuburan yang suka kelewati kalau pergi tapi bingung mintanya ke siapa..xixixi..Ternyata bisa di stek ya..sip ..sip tinggal nyari pohon daun pandan nih, suka perlu juga ini..

    BalasHapus
  4. Trima kasih ya infonya. Kelor lumayan cepet pertumbuhannya. Di rumah saya kelornya udah setinggi pagar

    BalasHapus
  5. Selama #dirumahaja ini saya aku belum kepikiran buat berkebun sederhana di pot, kayaknya ini perlu juga dicoba. Soalnya herbs ini kan emang pasti berguna banget. Makasih sharingnya ya mba.

    BalasHapus
  6. aku juga di rumah nanam tanaman herbs mbak, tapi ya itu musuhnya tikus..serai, jhae, kunyit habis di lalap huhu

    BalasHapus
  7. Kalau berkebun berkebun begini jadi mainannya suami saya. Setiap hari pasti menyempatkan waktu untuk ngurus tanaman. Apalagi selama masa pandemi begini, bisa betah banget di halaman

    BalasHapus
  8. Duh, mbak-nya suka baca novel Sandra Brown jugak kayak akuh hehehe
    Aku juga selama di rumah aja udah abis beberapa novel Sandra Brown, Sydney Sheldon dan Nora Roberts nih hahaha.

    Wah, kayaknya ide bagus nih untuk mulai bercocok tanam. Kesiyan juga taman depan rumahku agak terbengkalai nih hehe

    BalasHapus
  9. aaah makasiiih bangeet mak Iru;..aku mau coba aah. Di tengah rumah ada sedikit space untuk bercocok tanaaam dan mau ajak anak - anak juga..Aku suka kemangiii. Jadi tinggal ditanem aja yaaa batangnya

    BalasHapus
  10. Wahhh harusnya kangkungnya diletakkan ke lahan yang lebar yaa biar bisa dapet banyak saat dimasak hehe.. Kalo kecil gitu nnti pas masak jadi secuil hehee.. pengalaman soalnya hahaha, jadi makan kangkungnya cuma secuil

    BalasHapus
  11. Coba belimbing wuluh Mbak. Udah punya? Itu distek juga bisa. Banyak juga manfaatnya buat obat dan juga bumbu sayur

    BalasHapus
  12. Terima kasih infonya Mbak
    Saya udah nyoba mint, kelor, kemangi
    Walau sekarang sih yang ada di rumah tinggal mint dan kelor aja he he
    Kalau mint saya juga udh ga pernah beli alhamdulillah
    Beli 1x di supermarket u props foto, sisanya sy tancapkan ke tanah alhamdulillah ada tunas2 baru dan yang di rumah sdh menjalar kemana2
    Sekarang sedang nyoba nanam lagi di rumah ibu

    BalasHapus
  13. harus kasih tahu mamah nih. Soalnya mamah suka banget sama dunia tanaman. Asyik juga caranya menanamnya mbak.

    BalasHapus
  14. Wuih, kemangi sama mint bisa ya ditanam dengan cara stek. Aku kira kudu dari benihnya. Mau nyoba nanam ah. Soalnya kalo lagi perlu, susah nyarinya.

    BalasHapus
  15. Saya juga sedang giat-giatnya bercocok tanam. Bersama suami sekarang sedang belajar cara menanam hidroponik, memanfaatkan lahan yang ada.

    BalasHapus
  16. pernah aku nanam mint mbak, salah sih ga direndam dulu di air, gak tumbuh di tanah, mungkin sebab belum ada akarnya yaa. thanks infonya ya mbak, bermanfaat banget nih di masa pandemi begini, jadi pengen serius menanam sayuran

    BalasHapus
  17. aku juga berencana tanam2 gini nanti mbak, sementara di belakang rumah sudah ada beberapa rempah, jeruk purut, dan tomat :D

    BalasHapus
  18. Saya juga sedang rajin menanam-nanam nih Mak, baru ketanam jahe, pepaya, cabe, serai, sama kencur. Alhamdulillah sudah mulai meninggi setiap harinya. Tinggal dijaga supaya tidak dicekerin ayam.

    BalasHapus
  19. Dari dulu pengen banget punya daun mint. Karena aku suka mojito, heehe...kalau dikasih daun mint, mantapp!

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.