Mengajari Remaja Perempuan Mandi Besar Bersama Vitalis Body Wash



Putri saya sekarang sudah mulai beranjak abege. Februari kemarin usianya 12 tahun. Meskipun belum mendapat haidh saya sudah mulai mengajarkan beberapa hal penting yang harus dilakukannya ketika mendapat haidh. Salah satunya saya ajari ‘Mandi Besar’. Mandi besar atau mandi janabah adalah mandi bersih yang wajib dilakukan salah satunya oleh wanita muslimah yang sudah selesai dari haidnya. Dalam Islam mandi janabah ini ada aturannya. Beberapa kali saya juga diminta mengajari para remaja di sekitar lingkungan saya tentang mandi besar ini. Karena ternyata masih banyak anak perempuan remaja yang belum tahu cara mandi besar dengan benar. Padahal mandi besar yang benar menjadi syarat sahnya bersuci seorang perempuan saat selesai haid.


Kebetulan Salma sebentar lagi melanjutkan pendidikannya ke sekolah berasrama saya merasa banget perlu mengajarkan banyak hal. Nah, saya ajari Salma cara mandi besar dengan benar. Agar dia tahu bahwa wanita dalam Islam itu istimewa. Salah satu rahmat Allah kepada wanita haidh adalah aturan tentang mandi janabah ini. Bahwa wanita itu bersih, wanita itu suci. Awalnya saya beri tahu Salma tentang darah haidh. Warnanya, teksturnya (dengan bahasa yang mudah tentu saja), lamanya haidh yang normal dan juga beberapa larangan bagi wanita haidh dalam Islam. Selanjutnya saya ajari dia mandi besar dengan benar.
Oia mulai usia berapa sih normalnya mengajari anak mandi besar ini. Kalau saya sih saat anak-anak menjelang baligh, sekitar usia 9-11 tahun. Dan biasanya sih usia segitu beberapa anak perempuan yang subur sudah mulai mengalami haidh pertama. Berikut beberapa hal yang perlu disiapkan saat mengajari anak perempuan mandi janabah.



    1.     Siapkan air bersih. Ajari anak untuk tidak berlebihan dalam menggunakan air. Islam sangat membenci pemborosan termasuk berlebihan dalam membuang air saat berwudhu atau mandi besar.
   2.     Berniat untuk mandi besar. Berniat cukup di dalam hati
    3.     Mencuci kedua tangan sebanyak tiga kali.
  4.   Ajari anak perempuan membasuh kewanitaannya dengan tangan kiri. Hingga hilang bekas-bekas darah atau cairan yang tersisa. Rasulullah mencontohkan dahulu dengan menggunakan air dan debu. Nah, hari ini para ulama menggunakan sabun mandi sebagai pengganti debu.
   5.   Berwudhu sebelum mandi sebagaimana wudhu saat hendak salat. Ada hadist lain yang mengajarkan bahwa mengakhirkan membasuh kedua kaki setelah usai mandi. Kedua hadist tersebut shahih. Jadi pilihkan yang paling lazim kita gunakan untuk diajari pada anak.
   6.  Membasuh kepala, menguraikan rambut saat mandi, dan menyela-nyela diantara rambut sehingga memungkinkan seluruh bagian kepala tersiram oleh air. Baik pangkal sampai kulit kepala. Ajari anak menggunakan shampoo dengan benar.
     7.     Mendahulukan menyiram bagian kanan baru kemudian bagian kiri.
  •   8.  Diperbolehkan menggunakan sabun mandi yang mengandung wewangian. Saya menggunakan Vitalis varian Fresh Dazzle (skin refreshing) dengan kandungan Jeruk Yuzu dan teh Hijau yang memberikan kesegaran saat mandi dan membuat mood lebih baik. Bagus banget mengembalikan mood setelah haidh lewat.
    9.     Mengguyur seluruh tubuh dengan air sehingga seluruh bagian tubuh basah oleh air. Ajari anak menggosok bagian-bagian yang tersembunyi seperti: ketiak, lutut bagian belakang, sela-sela jari, bagian belakang telinga, pusar dan sejenisnya. Gunakan spons lembut mengandung sabun wangi lembut untuk membersihkan bagian tersebut.
   10.     Bilas sampai bersih seluruh bagian tubuh. Pastikan anak tahu bahwa tidak ada sisa sabun yang tersisa. Bahwa seluruh bagian tubuh basah oleh air.
   11.    Keringkan tubuh dengan handuk lembut. Disunnahkan mengusapkan sejanis kain lembut atau kapas dengan misk ke bagian ke wanitaan. Tetapi mandi menggunakan sabun yang wangi juga sudah mencukupi. Mampu menghilangkan bau tidak sedap dari darah haidh dan keringat khas karena hormonal semasa haidh.

    Mandi Besar Dengan Vitalis Body Wash

  

  Mandi besar/ janabah dengan sabun mandi yang wangi merupakan bagian dari ajaran islam. Rasulullah sangat menyukai wewangian. Wanita disukai memakai wewangian saat di rumah dan setelah mandi besar dari haidh ini. Saya mengajari Salma mandi besar dengan  Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash. Ada tiga varian yang bisa dipilih sesuai mood.
    1.     White Glow (skin brihtening) dengan kandungan Licorice dan susu yang membantu mencerahkan kulit.
    2.     Soft Beauty (Skin nourishing) dengan kandungan alpukat dan Vitamin E membantu menutrisi kulit dan membuat kulit lebih lembab alami.
    3.     Fresh Dazzle (Skin refreshing) yang mengandung Jeruk Yuzu dan Teh Hijau yang dikenal mampu mengembalikan mood.

    Oia mandi besar/janabah dengan Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash membuat sensasi mandi parfum yang harum menyegarkan. Apalagi tiga variannya wanginya semuanya mewah dan lembut. Dan Vitalis Body Wash ini aman dan lembut bagi kulit. Dan memiliki sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Sebagai muslimah pasti lebih nyaman menggunakan produk sabun yang halal. Dan Mengajari anak remaja mandi besar menjadi lebih menyenangkan bersama Vitalis Body wash. Alhamdulillah Salma sendiri sangat antusias dengan pelajaran mandi besar ini. Ia bahkan sempat bilang “ Wah mandi besar ternyata asyik ya Mi, mana Vitalis Body Wash wanginya enak banget”. Padahal selama ini kadang Salma itu susah banget disuruh mandi. Paling ga pelajaran mandi besar bersama Vitalis Body Wash membuat dia sadar bahwa mandi bersih dan wangi itu ternyata membuat tubuh wangi dan pikiran juga fresh. 
   
    

 Pengalaman mandi besar yang menyenangkan ini pasti sangat berkesan dan akan diingat anak sampai ia dewasa. Ia akan siap menjadi dewasa saat haidhnya pertamanya tiba. Bahwa ternyata menjadi wanita seutuhnya itu menyenangkan dan merupakan rahmat Allah yang luar biasa. Semoga dengan beberapa arahan yang benar tentang mandi besar/janabah membantu anak-anak kita siap menuju dewasa. Semoga kelak mereka menjadi wanita yang menjaga kehormatan diri dan taat sama Allah.

    NB: 
  sumber tata cara mandi besar/janabah: kitab Fiqih Wanita (DR. Ali bin Sa'id Al-Ghamidi) terbitan Aqwam

57 komentar

  1. Terimakasiiih mak Iroel
    ini langsung tak forward ke grup keluarga buat dibaca cara mandi janabah yang benar

    BalasHapus
  2. Aahh aku baca ini berasa anak remaja lagi, tapi udah haid Maak.

    Iya ya, punya anak abege ini mengingatkan aku waktu Olip pertama haid 13 tahun, mengajarinya sama.
    Cuma jaman dulu blom familiar mandi parfum ini, Mak!

    Cuss ahh, ikutan mandi nih mamk remaja hahahaa

    BalasHapus
  3. Mandi kecil atau mandi besar pakai vitalis bdy wash sama-sama enak ya hehehe. Wah seru banget Mak Irul ngajarin mandi besar buat anak ya

    BalasHapus
  4. Saya juga kadang-kadang masih mager buat mandi. Tetapi, kalau ada sabun Vitalis jadi semangat. Malah rajin aja sekarang mandinya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan males lagi mandi kita harus semangat ya hehehe, nanti kalau Vitalis body washnya habis minta kirimin aja sama Mak Irul :-D

      Hapus
    2. Yuuk semangat mandinya, biar wangi 😄😄😄

      Hapus
  5. Aku kalau mandi besar suka banget berlama-lama apalagi pakai Vitalis yang wangi banget. Ngasih pengetahuan tentang ini tuh wajib banget apalagi kalau mereka mau tinggal di asrama

    BalasHapus
  6. Begitu ya Mba kalau punya anak perempuan sebagai Ibu kita juga wajib mengajarinya mandi besar dengan baik dan benar sampai betul betul kembali suci. Untung ada Vitalis body wash, mandi parfum biar harum

    BalasHapus
  7. Wah, udah gede ya Mbaaa
    Bener nih, kudu diajarin cara mandi besar.
    Pake Vitalis makin enjoyy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makin shalihaat, cerdas, tangguh, baik hati.
      Wis pokoke plek ketiplek ibunya yaaa :)

      Hapus
  8. Aku juga mengajarkan mandi janabah ke putri Yasmin, saat sebelum mendapat haid perdana.
    Dan sampai sekarang kami masih sering sharing tentang beberapa hal juga.

    Btw,
    Klaim mandi parfum Vitalis ini memang terbukti ya.
    Kamar mandi pun semerbak dibuatnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngajarin anak perempuan pasti berkesan banget ya mbak

      Hapus
  9. Wah pengalaman mandi besar pertama ini memang harus diajarkan, apalagi anak perempuan ya mbak. Mandi dengan Vitalis body wash bikin pengalaman melalui masa ini lebih mudah dan ringan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku ga sempat ngajarin anakku nih, dia terpaksa belajar dengan mbak pondoknya. SEmoga ilmu tentang mandi besar yang didapatkannya jauh lebih lengkap.

      Hapus
    2. Mandi janabah ini penting banget ya mbak buat kita sebagai seorang muslim

      Hapus
  10. Alhamdulillah Salma sudah besar ya Mbak...sebentara lagi haid. Dengan diajari sebelumnya anaknya ga bakal kaget nantinya.
    Apalagi sekalian dikenalkan Vitalis Body Was..maki senang pasti karena berasa mandi parfum saja

    BalasHapus
  11. Udah 12 tahun ya..
    Sebelum masukbasrama pastinya Salma sudah dapat ilmu banyak dari ibunya, salah satu tentang mandi besar. Minimal kalau tiba-tiba datang bulan, ia nggak bingung cara mandi besarnya seperti apa. Aku juga pake Vitalis Body Wash, suka yang white gliw, wangi banget tahan lama

    BalasHapus
  12. alhamdulillah nggak terasa ya anak sudah semakin besar dan memang hals eperti ini jangan diabaikan. Mengatur bener anak buat mandi ya mba dan pakai Vitalis ya pilihan tepat

    BalasHapus
  13. Wah kakak udah haid ya, anakku belum nih Mak, terima kasih petunjuknya ya bermanfaat banget..

    BalasHapus
  14. Jadi inget, dulu juga dikasih tau tentang haid dan mandi besar sama jadi pas haid udah enggak bingung...

    BalasHapus
  15. Whaha.. Mmg anak perempuan itu sesuatu ya mba. Anakku perempuan jg, masih 7 tahun n kemarin nyoba vitalis aku. Owalah malah ketagihan dia. Haha

    BalasHapus
  16. Maaak kok bisa itu buku fiqih wanita warnanya samaan dengan botol pink? Hahaha. Kebetulan yang betul banget. Cakep jadinya difoto seperti itu jadi matching.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya suka banget dengan yang ungu yang soft beauty Mbak. Wanginya memang lembut dan nempel di kulit.

      Hapus
  17. Senang banget tentunya ya anak wedok diajari cara mandi besar dengan cara yang mudah dipahami gini. Apalagi disertai penggunaan sabun mandi Vitalis yang udah wangi. Jadi ga perlu pake minyak wangi kan

    BalasHapus
  18. sama nih, anak aku yang di pondok juga kukasihkan sabun ini sebab sudah wangi, pengennya ia bisa rajin dan badannya nyaman setelah mandi

    BalasHapus
  19. Wah makasih sharingnya mbak, walau saat ini saya masih di tahap ngajarin cebok yg bener hehe. Tapi bener nih ntr kudu siap2 ngajarin anakku yang cewek mandi bea juga yg bener sesuai fiqh

    BalasHapus
  20. ya ampun baca ini jadi ingetin aku bentar lagi anakku juga jadi anak abg dan bakal dapetin haid, dan kudu mandi besar, biar moodnya stabil suruh mandi pakai vitalis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama walau anakku masih 5 tahun ytang gadis tapi kudu siap2 sih, kmrn kami udah bicara ttg drmn asal adek bayi dan soal hadi, eh kecepetan gak sih haha, abisnya dia nanya2 gtu. Makanya kdng gak kerasa tiba2 anak dah gede yaaaa

      Hapus
  21. saya non muslim jadi nggak paham mandi besar atau mandi kecil hehehe tp saya juga pakai Vitalis, wanginya enak soalnya hehee

    BalasHapus
  22. Pengalaman pertama mandi wajib pake vitalis biar diinget seterusnya ya mak

    BalasHapus
  23. Pendidikan seperti ini yang harus kita berikan ke anak ya mba.Sebagai bekal masa depannya :)

    BalasHapus
  24. wah seru banget ngajarin anak mandi besar. hihi..
    btw, aku juga pakai vitalis. yang hijau enak wanginya seger bikin semangat beraktivitas.

    BalasHapus
  25. Huhuhuh, baper baca ini, saya dong dulu nggak pernah diajarin mandi besar sama mama.
    Nanti belajar sendiri melalui buku hahaha.
    Padahal zaman dulu mah nggak kayak sekarang, apa-apa tinggal googling.

    Padahal mandi besar penting banget ya, apalagi ngajarinnya pakai vitalis bodywash, lebih semangat deh si anak gadis :)

    BalasHapus
  26. Baca ini jadi reminder buatku belum ajarin nih mba mandi besar hehehe btw aku juga pake vitalis loh di rumah suka sama wanginya

    BalasHapus
  27. anak kecil aja tau ya, sabun mandi yang wanginya enak :)
    penting banget ya diajarkan mandi besar ini untuk anak yang mulai beranjak dewasa :)

    BalasHapus
  28. Baca tulisan Mba jadi auto koreksi mandi janabah ku kalo2 ada yang terlewat. Hihihi. Makasih ya Mak diingatkan. Kenapa aku jadi gugup ya, takut ga bisa ngajarin anak nanti, bismillah mudahan bisaa

    BalasHapus
  29. Baca tulisan ini mengingatkanku buat mulai belajar cara mengajari anak bersuci dari haid. Ya meskipun 8-10 tahun lagi, tapi kurasa aku juga harus siap-siap. Makasih ya Mbak <3

    BalasHapus
  30. Pas mandi besar gini favorit banget saat menggosok-gosok bagian tubuh dengan spon yang lembut. Apalagi diteman dengan sabun mandi yang wangi seperti vitalis ini. Makin semangat deh ya.

    Thanks Mbak untuk edukasi mandi besarnya.

    BalasHapus
  31. Jadi teringat pas pertama kali haid dulu, btw mengajari anak sejak dini sebelum waktunya haid emang perlu biar nanti gak keteteran. Ooya aku paling suka Vitalis Perfume Moisturizing Body Wash dengan varian Soft Beauty

    BalasHapus
  32. Jadi ikutan seneng seneng haru gini aku bacanya Mbak Iroel. Sebentar lagi ananda uda mau asrama ya. Salut aku, sedemikian lengkap persiapan skill sehari-harinya yang sudah diajarkan ya Mbak.

    BalasHapus
  33. Pastinya pengalaman mandi besar yang tak terlupakan ya mak, anak perempuan memang sedari dini diajarkan mengunakan sabun wangi untuk bersih-bersih agar menjadi kebiasaan yang baik :)

    BalasHapus
  34. Wah ini bener anak harus diajarin cara mandi besar yg benar.. Aku dulu telat tau cara mandi wajib yg benar kak krena org tua ga concern masalah ini.

    Luar biasa deh..

    BalasHapus
  35. Wah, pastinya si abege suka deh kalo mandi besar dengan Vitalis ini ya. Abisnya bikin wangiii. Pas banget deh kalo abis menstruasi, bebersih dengan Vitalis. Dapet bersihnya, dapet wanginya, dan dapet segernya. :)

    BalasHapus
  36. Wah anaknya ABG mbak dan memang mengajari banyak hal positif itu menyenangkan, apalagi kalau mandi dengan Vitalis Body Wash semakin menyenangkan karena aroma parfum yang tahan lama dan baik untuk kulit pula.

    BalasHapus
  37. wah bener juga mba. selama ini aku belum kepikiran untuk kaya gimana nanti ajarin anak perempuanku mandi besar hehe. makasih lho sharingnya btw aku juga pakai nih vitalis body wash nya.

    BalasHapus
  38. Mandi kesegaran dan parfum dengan vitalis ini parahh mba wkwkw
    parah nggak mau bikin aku mentas, hehehee saking asiknya dan wanginya

    BalasHapus
  39. Alhamdulillah saya sudah melalu tahapan ini, Kebetulan sebelum anak mengalami haid, ilmu dari sekolahnya sudah banyak, jadi saya tinggal mengawal saja hehehe

    BalasHapus
  40. MashaAllah mbak, seneng ya punya anak perempuan yang sudah remaja.. anakku keduanya laki laki dan masih kecil hehe.. mandi masuk dalam kebersihan diri ya mbak, maka penting mengajarkan anak apalagi yang sudah remaja untuk senantiasa membersihkan badannya dan sabun mandi vitalis selain wangi dan cocok untuk kulit remaja

    BalasHapus
  41. Nah, iya jadi PR ibunya juga ya mengajari putri remajanya untuk mandi besar agar lebih sempurna ibadahnya. Alhamdulillah vitalis body wash bisa jadi salah satu pendukung mengajarkan anak agar selalu menjaga kebersihan diri.

    BalasHapus
  42. Vitalis body wash wanginya awet. Bisa dipakai seluruh keluarga, termasuk remaja. Terimakasih sudah diingatkan tata cara mandi janabah :)

    BalasHapus
  43. Wah mak Irul sudut pandangnya ke mandi janabah
    Pas banget nih mandi janabah pake Vitalis dengan parfum wangi
    Bakalan seger banget

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.