Yuk Belajar Mech Robot Scratch-Building




Ada yang pernah denger istilah Mech (Robot) Scratch Building? Lagi trend lo sekarang di kalangan enginer dan seniman teknik. Kebetulan si Zoe di rumah suka banget bikin struktur futuristik dengan barang-barang bekas. Nah, ternyata kegiatan seperti itu ada istilahnya dan ilmunya. Mech Robot Scratch Building adalah membangun dan menyususnrobot futuristik dengan barang bekas dalam skala kecil. Tidak ada patokan khusus untuk membuat robotnya. Malah dalam hal ini imajinasi dan kreativitas berperan besar lo. Anak-anak yang terbiasa berimajinasi pasti menyukai kegiatan ini.


Workshop Mech Robot Scratch Building Bersama Al-Birru



Nah, kemarin Sabtu tanggal 22 Februari 2020, Mush’ab dan Zoebair mengikuti workshop Mech Robot Scratch Building for beginner yang diadakan oleh komunitas Al-Birru Jogja. Workshop singkat untuk pemula ini Cuma bayar 40 ribu. Sangat murah dibandingkan ilmu yang didapat anak-anak. Jujur saya udah lama nih nyari komunitas scratch building di Jogja. Dan baru nemu sekarang. Dipandu oleh mentor kak Sillo. Anak-anak diajari menyusun robot futuristik mereka sendiri sesuai imajinasi anak. Untuk awalnya mereka diberi beberapa gambar robot yang sudah jadi. Tetapi kebanyakan anak-anak memilih menyusun robot berdasarkan imajinasi dan kreativitas mereka sendiri.




Untuk model dan detail murni yang bekerja adalah anak-anak. Sedangkan untuk beberapa pengerjaan teknis semisal memotong beberapa bagian bahan dengan cutter atau menyemprot dengan cat anak-anak mendapat bantuan dari mentor.

Bahan Dan Alat Sederhana


Robot mentah, belum dipoles

Bahan dan alat yang digunakan juga sederhana. Mengumpulkan barang-barang bekas semisal: botol-botol plastik bekas susu fermentasi, kaleng minuman bersoda, sikat gigi bekas, earphone bekas, dll. Untuk lemnya menggunakan lem tembak. Dan finishing menggunakan cat semprot dengan warna-warna sesuka anak. Kebanyakan sih warna gelap dan silver sesuai dengan robot masa depan.



Yang pasti anak-anak harus membersihkan semua bahannya. Dicuci bersih dan dikeringkan baru bisa barang-barang tersebut digunakan.

Murni Imajinasi Dan Kreativitas


Saat Zoe membuat robot dr tanah liat

Anak-anak saya happy banget ikut kegiatan ini. Bahkan sesampai mereka di rumah. Zoebair langsung bikin beberapa model lagi. Harus diakui anak laki-laki yang menyukai seni keterampilan seperti scratch building ini hasilnya bagus. Dan menang di DETAIL. Zoebair menyusun robotnya lengkap dengan tombol-tombol mungil yang hanya terlihat jelas jika dilihat dari dekat.

Rencananya, anak-anak akan membuat lebih banyak. Dan bulan Maret ini dikabari akan ada kelas lanjutan khusus Contruction. Melihat minat Zoebair yang memang ke arah logic-mathemathic dan bangunan geometri bisa dibilang kami akhirnya mulai ngeh nih arah minatnya Zoebair ke depan. Insya Allah kami sebagai orang tua akan mendorong dan memfasilitasi minatnya ini. Semoga beberapa bulan lagi kami bisa mengantarkannya untuk bikin pameran sendiri ya khusus Mech Robot Scratch Building ini. Aamiin.

23 komentar

  1. Kudet ya saya karena gak tau kalau ini sedang trend hehehehe. Ini bagus kegiatannya Selain bikin anak jadi kreatif juga memanfaatkan barang-barang yang ada

    BalasHapus
  2. MasyAllah bagus ya mba. Keren ikh komunitas ini. Ini banyak nilai edukasinya ini dan langsung menstimulasi beberapa aspek kecerdasan anak ya. Coba komunitas kayak gini itu banyak ya

    BalasHapus
  3. Super duper kereeennn!
    Mak Irul, aku kok sueneeenggg banget ya, baca update tentang aktivitas putra/i.
    Sangat sangat berfaedah!
    Keep sharing ya Mak kesayangaaannn

    BalasHapus
  4. Wah keren banget ini mba. Baru tahu ada komunitas ini dan suka banget anak juga punya hobi yang pas dan didukung orangtua ya

    BalasHapus
  5. Waaa seru juga nih Mech Robot Scratch Building ini. Aku kok mau ikutan juga, hahahaha. Dulu kadang suka bangun apa gitu, tapi dari kayu karena potongan kecil di rumah ya banyak banget. Paling sering ya bikin rumah-rumahan beserta perabotannya

    BalasHapus
  6. Wah pengen lihat hasil karya Zubair, Alde juga senang menyusun dan bikin beginian Mak, bisa coba ya belajar mech scratch ini

    BalasHapus
  7. Ada ponakan yg suka aktivitas robot ini. Cuma yg tampilan nyeni begini aku bahkan baru tahu. Bagus banget ngelatih sense of artnya anak-anak juga

    BalasHapus
  8. Acara yg bagus banget nih. Jarang-jarang lho ada acara Workshop Mech Robot Scratch Building di kota lainnya. Bahan yang digunakan juga simple dan mudah karena menggunakan barang-barang bekas.

    Semoga Zoebair kelak menjadi ilmuwan atau pencipta robot yang bisa bermanfaat untuk masyarakat.

    BalasHapus
  9. Wah ini mainan yang bener2 bisa meningkatkan kreatifitas anak nih. Anakku jg suka yg merakit2 gitu :)

    BalasHapus
  10. Wuih, seru banget ini. Kalo aku ajak anakku bikin-bikin beginian, mereka pasti suka. Mana bisa pake bahan bekas apa aja ya. Wah, kudu nih luangin waktu.

    BalasHapus
  11. Bikin robot gini tuh butuh banyak konsentrasi yah, seneng deh liat anak - anak yang seneng dan mau belajar build robot gini.

    BalasHapus
  12. Positif banget ini kegiatannya Mbak. Membuat anak-anak tambah pintar dan mempunyai imajinasi yang tinggi terhadap robot yang akan dia ciptakan sendiri.

    BalasHapus
  13. Kreatif. Di sini coba aku cari juga ah. Kalau yg les model robotik ada banyakk

    BalasHapus
  14. Udah lama banget ga tau dunia robotika. Dulu banget ikut kelas robotika cuman ga ditelateni jadi ilmunya ga ada yg nyantol huhuu

    Semoga komunitas ini bisa menaungi anak2 yg memiliki bakat atau tertarik dg dunia robotika

    BalasHapus
  15. Asyik ya, Zoe bisa bergabung di komunitas yang keren! Komunitas ini sudah ada di daerah lain apa belum? Anak saya kayaknya suka deh merancang robot seperti itu. Dia pernah juara 2 kompetisi merakit robot.

    BalasHapus
  16. Menarik banget kelasnya ini. Tapi cuma buat anak2 aja ya mak? Kalau yang udah emak2 gini pengen ikutan juga gmn? ada kelasnya?

    BalasHapus
  17. Bagus ini ya, ketrampilan yang butuh konsentrasi dan minat terhadap bangun geometri. Sekaligus juga memanfaatkan limbah agar memiliki nilai lebih, tidak hanya dibuang ke sampah aja.

    BalasHapus
  18. Wah seru banget ya mbak ada acara pelatihan buat anak-anak. Bayarnya murah lagi cuma 40 ribu. Sangat bermanfaat buat anak anak yang hobi bikin robot

    BalasHapus
  19. Wah acaranya seru ya ternyata, kreatif banget bikin robotnya. Jadi pengin kapan2 ajak Piki ke sini.

    BalasHapus
  20. Pernah lihat flyernya. Yang ngadain komunitas HS juga sepertinya. Keren ya...ga kelihatan kalau dari barang bekas .

    BalasHapus
  21. Wah keren bangeeetttt bisa bikin robot sederhana gitu. Later on in the future, pasti bakal dicari banget sih Mak yang punya skill kek gini. Semoga makin semangat belajarnyaaaa :D

    BalasHapus
  22. asyik banget ada acara beginian mbak, kalau anakku sih kelihatannya masih suka susun lego dengan bentuk robot-robot gitu. ini bisa bikin robot pakai bahan daur ulang, kereen deh

    BalasHapus
  23. Di Semarang sudah ada belum ya? Si K hobi banget bebikinan robot. Pengen aku ikutin, siapa tahu emang bakatnya ada disana.

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.