Tips Bepergian Keliling Indonesia Menggunakan Kereta Api





Sebulan ini saya sudah dua kali mengunjungi Bandung dengan naik kereta api. Karena memang transportasi yang nyaman dan cocok di kantong untuk saya saat ke Bandung kemarin ya kereta api. Alhamdulillah kereta api Indonesia saat ini nyaman banget lo. Nah, tak terasa, sebentar lagi libur panjang telah tiba. Libur akhir tahun yang dipadukan dengan liburan sekolah, tentu menjadi kombinasi yang menarik. Apalagi untuk kamu yang masih berstatus pelajar. Pasti ini akan menjadi sebuah musim libur yang sangat menyenangkan.



Akan tetapi, sudahkah kamu merencanakan tempat terbaik untuk menghabiskan waktu libur kali ini? Apakah kamu akan pergi ke luar negeri dengan pesawat? Atau kamu lebih memilih keliling Indonesia dengan kereta pesan lewat Traveloka?
Sebenarnya, jika kamu memilih untuk berlibur dengan keliling Indonesia kamu bisa menggunakan moda transportasi lainnya. Seperti halnya bis, mobil ataupun pesawat. Namun, bila kamu lebih senang menggunakan transportasi umum, alangkah baiknya bila kamu menggunakan kereta api saja. Sebab dengan menggunakan kereta api, harga tiket yang kamu dapat bisa lebih terjangkau. Tak hanya itu, kamu juga bisa menikmati pemandangan yang indah sepanjang perjalanan dan kamu bisa terhindar dari kemacetan di jalan.

Selain itu, ada tidak sih? Tips untuk bepergian dengan mudah, hemat dan tanpa ribet dengan kereta api? Ingin tahu? Yuk, perhatikan beberapa tips untuk bepergian keliling Indonesia menggunakan kereta api, berikut ini.

Waktu Terbaik Untuk Memesan Tiket Kereta Api
Zaman dulu, mungkin kamu harus langsung datang ke stasiun untuk membeli tiket kereta api. Namun dengan perkembangan teknologi, semua bisa dipermudah. Bahkan, kini kamu bisa memesan tiket kereta api hanya dengan tiduran di kasur tanpa harus beranjak pergi keluar. Hal ini disebabkan banyaknya marketplace yang membantu kamu untuk membeli tiket kereta api. Seperti halnya traveloka yang selalu siap membantu kamu dalam mencari tiket kereta api.


Di marketplace layaknya traveloka, batas maksimal pemesanan adalah 90 hari sebelum keberangkatan. Oleh karenanya, bila kamu sudah memiliki rencana liburan yang matang, alangkah baiknya bila kamu segera melakukan pemesanan tiket dari jauh-jauh hari. Hal ini disarankan supaya kamu tidak kehabisan tiket. Terlebih, jika kamu berencana pergi di musim liburan.
Persaingan perebutan tiket tentu akan sangat sengit bila kamu memesan tiket di hari yang sudah dekat dengan musim liburan. Bahkan kamu pun bisa mendapatkan harga yang sangat tinggi. Harga tersebut bisa naik berkali-kali lipat dari harga yang kamu dapatkan bila memesan tiket jauh-jauh hari.

Siapkan Bekal Makan dan Minum Selama Perjalanan

Bila kamu menempuh rute perjalanan jarak jauh maka kamu sebisa mungkin membawa bekal makan dan minum sendiri. Bahkan bila rute perjalananmu dekat sekalipun, diharapkan kamu tetap membawa bekal. Hal ini dikarenakan, peraturan KAI terbaru melarang pedagang asongan untuk berjualan di gerbong-gerbong kereta ( untuk menjaga ketertiban kereta api ). Sehingga kamu hanya bisa membeli makanan yang disediakan oleh PT KAI. Entah itu dari penjaja makanan yang berkeliling maupun melalui gerbong restorasi. Akan tetapi, tentunya harga makanan yang ditawarkan lebih mahal dibandingkan harga pada umumnya.

Tak hanya itu, makanan olahan seperti halnya nasi goreng, bakmi jawa ataupun beragam makanan lainnya, belum tentu memiliki rasa yang lebih enak. Oleh karenanya kamu sangat disarankan untuk membawa bekalmu sendiri. Minimal bawalah satu botol air putih dengan cemilan-cemilan kegemaranmu atau beberapa potong roti. Bahkan, bila kamu ingin benar-benar membawa makanan, kamu bisa membeli nasi padang, nasi rames, ataupun nasi bungkus. Hal ini, tentunya dapat membantu kamu untuk meminimalkan pengeluaran ekstra.



Persiapkan Perlengkapan Lain yang Dibutuhkan

Ada beberapa perlengkapan yang harus kamu persiapkan, ketika melakukan perjalanan wisata dengan kereta api. Salah satu perlengkapan yang akan kamu butuhkan ketika dalam perjalanan di dalam kereta api adalah jaket. Jaket merupakan benda yang sangat penting untuk menjaga tubuhmu dari dinginnya gerbong kereta pada malam hari. Terlebih kini, kereta kelas ekonomi pun telah menggunakan AC. Sehingga, bagi kamu yang kurang tahan dengan dinginnya AC lebih baik membawa jaket yang cukup tebal.


Selain jaket juga earphone atau headset untuk mendengarkan audio. Agar kita tetap bisa menikmati hiburan dari gadget tanpa mengganggu kenyamanan orang lain. 


Itulah beberapa tips yang bisa kamu gunakan ketika memutuskan untuk melakukan perjalanan wisata menggunakan kereta api sebagai moda transportasi utamanya. Bagaimana? Tertarikah kamu untuk liburan keliling Indonesia menggunakan kereta api? Jika, iya jangan lupa untuk memesannya via traveloka. Selain mudah dan cepat dengan memesan via traveloka kamu juga akan mendapatkan harga yang lebih terjangkau ( terutama bila ada promo ).

21 komentar

  1. Udah lama gak travelling pake kereta. Bener banget mbak sekarang PT KAI melarang pedagang masuk stasiun dan kereta. Tapi menurutku sih itu bagus, soalnya aku ngerasain zamannya asongan boleh masuk kereta dulu.

    BalasHapus
  2. Saya dong baru 2 kali naik kereta api, itu pun belasan tahun lalu, saat ke Bandung.
    Yang mana waktu itu kereta api masih sangat jauh dari yang namanya nyaman :)

    Sekarang PT KAI benar-benar berbenah ya Mba, lebih bagus pelayanannya juga :)
    Jadinya bakal lebih asyik juga kalau keliling Indonesia naik kereta api

    BalasHapus
  3. Bepergian dengan naik kereta emang nyaman banget, meski perjalanan jauh tapi tidak terlalu capek. Kita bisa jalan-jalan di kereta bila capek duduk. Pelayanan KAI sekarang juga sudah jauh lebih baik

    BalasHapus
  4. Aku juga rail mania ni..
    Klo bepergian aq lebih seneng naik kereta api
    Pesenny juga lewat traveloka , lbh mudah

    BalasHapus
  5. Ya ampun makin kepingin aku naik kereta api setelah terakhir naik sekitar 20 tahun lalu hehehe

    BalasHapus
  6. Aku senang bepergian naik kereta api mulai level ekonomi hingga eksekutif. Cuma suka bingung aja gitu ketika ke toilet as lagi antre ga tahan kan repot. Tapi pelayanan KA zaman now sangat berbeda, semakin bagus dan kita pun puas. AKu suka beli makanan dan minuman di KA loh :)

    BalasHapus
  7. Bener mba Siti, bawa bekal yang utama. Apalagi bawa anak banyak kayak saya, hehe
    mereka akan duduk manis kalo ada banyak bekal yang saya siapkan.

    BalasHapus
  8. Eh saya banget nih. Sebelum naik kereta api, biasa nya saya beli dulu minum dan Snack di minimarket. Lalu beli nasi di warung Padang hehehe... Jatuhnya emang lebih murah. Lagian rasanya cocok di lidah saja dibandingkan dengan nasi paket di KA.

    BalasHapus
  9. Moda transportasi favoritku juga kereta api, murah, nyaman, dan anti macet. Ditambah sekarang sistem pemesanan dan pembayarannya makin mudah. Terus di Traveloka gitu juga suka ada promo diskon tambahan kalau pesan kereta jadi makin murah harganya.

    Mana stasiun kereta sekarang juga makin nyamaaann. Vendor-vendor yang jualan makin beragam dan lengkap.

    BalasHapus
  10. Kereta api itu moda transportasi favorit keluargaku. Setidaknya setahun 2 kali aku naik kereta api. Oya, pemesananan tiketnya juga kadang suka di travelok, lumayan suka ada diskon atau promo gitu hehehe...

    BalasHapus
  11. Udah sering sih naik kereta api dari Jakarta ke Jatim hehe :D
    Seneng kalau berangkat siang tu bis aliat pemandangan, apalagi kertea sekarang ya bagus dan resik ya mbak. Cuma sayangnya skrng baru bisa dilihat H-30. Sering beli di traveloka jg lbh gampang.

    BalasHapus
  12. Suamiku jarang mau jalan-jalan naik kereta api, apalagi jauh. Kadang aku suka pengen ngerasain pergi naik kereta jauh gitu, eh kemarin pas ada trip dari Disporapar Jateng nyobain juga naik kereta api jauh ke Pekalongan. 😁

    BalasHapus
  13. Enakan naik kereta lebih cepat dari pada bus. Kereta api sekarang lebih aman dan nyaman untuk bepergian

    BalasHapus
  14. Naik kereta api ini favoritku banget kalau harus melakukan perjalanan ke Jogja atau Surabaya. Seruuuu dan paling senang karena saya bisa lihat hamparan sawah menghijau atau menguning.

    Kereta api lintas Sumatera nih yang masih sangat ingin saya coba. Doakan kapan kapan terlaksana bareng partnwr saya ya.

    BalasHapus
  15. Naik kereta api ini favoritku banget kalau harus melakukan perjalanan ke Jogja atau Surabaya. Seruuuu dan paling senang karena saya bisa lihat hamparan sawah menghijau atau menguning.

    Kereta api lintas Sumatera nih yang masih sangat ingin saya coba. Doakan kapan kapan terlaksana bareng partnwr saya ya.

    BalasHapus
  16. Saya sekeluarga juga sekarang lebih sering naik kereta kalau mudik karena lebih cepat, dan nyaman juga ternyata

    BalasHapus
  17. pesan tiket jauh2 hari bikin lebih leluasa dan gak bikin kepikiran kehabisan tiket. saya juga suka naik kereta. kapan yaaa naik kereta lagi sekeluarga

    BalasHapus
  18. Belum pernah melakukan perjalanan jauh menggunakan kereta api, liburan kali ini mau coba deh perjalanan wisata dengan kereta api

    BalasHapus
  19. Waah.. Padahal awal tahun kemarin udah naik kereta, tapi sekarang kangen lagi eyy.. Semoga tahun depan bisa kesampaian naik kereta lagi.. Aamiiiin

    BalasHapus
  20. Industri kereta api di Indonesia semakin bagus ya mba, dan tentunya semakin nyaman. Saya jadi kangen mau naik kereta api. Sudah lama nggak naik kereta api~ Semoga proyek kereta api yang rencananya akan dibangun di Bali bisa terealisasi :D

    BalasHapus
  21. Naik kereta api tut tut tut, paling seneng berkereta api pagi di jalan, jadi smpi tujuan blm capek.

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.