Bahagia Bersama AirAsia Saat Umroh Backpacker

Bepergian ke luar negeri pertama saya adalah ke negeri tetangga. Saat itu kami memanfaatkan promo tiket pesawat Air Asia dan hotel via airasiago. Penerbangan dan hotel untuk 3 malam Jogja-Kuala Lumpur saya dapat di harga 931 ribu. Murah banget kan. Saya dan suami akhirnya menjelajahi Kuala Lumpur sekaligus Singapura. Setelah itu kami ketagihan naik AirAsia. Bahagia Bersama AirAsia ingin kami lanjutkan lagi di perjalanan berikutnya. Dan kami merencanakan umroh backpacker menggunakan Air Asia.

Akhir tahun 2017 saya melihat newsletter yang dikirimkan maskapai AirAsia ke email bahwa akan ada promo free seat Air Asia. Iseng saya mengecek penerbangan Jakarta-Jeddah. Iya, saya mengincar penerbangan untuk umroh. Dan saya menemukan harga 2,75 juta untuk penerbangan Jakarta-Jeddah dan transit di Kuala Lumpur. Iya Air Asia menyediakan penerbangan Flythru Jakarta-Jeddah dan transit via Kuala Lumpur. Saya dan suami akhirnya sepakat. Kami mengambil tiket tersebut.

Pesan Tiket Via Website

Email dan tiket pesawat kami

Saat itu kami belum memikirkan masalah hotel, visa dan lain-lain. Yang terpikir dapat tiket murah aja dulu. Akhirnya kami berhasil issue dua tiket untuk penerbangan Jakarta-Jeddah untuk awal Ramadhan 2018 yakni di bulan Mei 2018. Pemesan via website di airasia.com. Setelah pemesanan kami mendapat confirmasi kode boking via email.

Pembayaran pesanan bisa menggunakan credit card, debit dan gerai alfamart. Kami membayar di gerai Alfamart di Jogja dengan menunjukkan kode boking. Rasanya bahagia banget saat keluar dari Alfamart sambil pegang struk pembayaran tiket pesawat untuk umroh. Dan tak lama konfirmasi pembelian masuk ke email. Satu langkah menuju Baitullah sudah dilewati. Masih tersisa langkah-langkah berikutnya.

Pesan Hotel Dan Mengurus Visa Umroh
Setelah tiket pesawat ke Baitullah kami kantongi kami akhirnya mulai memikirkan visa dan hotel. Untuk hotel kami memesan via AirAsiaGo. Kami dapat hotel di Makareem Ajyad di Makkah dan untuk di Madinah kami dapat Hotel Shofaraa Al-Eiman di Madinah.

View dari hotel

Untuk pengurusan visa sendiri kami meminta tolong seorang kawan di Jakarta. Syarat untuk pengajuan visa umroh untuk mandiri terhitung agak rumit. Karena harus melalui travel agent yang mana travel agent itu harus mengenal jamaah yang akan berangkat umroh. Karena seringnya terjadi penyalahgunaan visa umroh yang digunakan untuk bekerja di Arab Saudi. Kami diminta mengirimkan paspor, buku kuning, booking pesawat dan bookingan hotel selama di Arab saudi.

Masa penantian keluarnya visa umroh sungguh bikin deg-deg an. Tadinya si kawan  khawatir visa kami ditolak karena kami mengirimkan issued tiket Air Asia bukan bookingan maskapai lain. Tapi kami percaya Air Asia berkualitas dan bisa dijadikan jaminan untuk pembuatan visa umroh.

Dan sehari sebelum keberangkatan visa umroh kami dikeluarkan oleh kedubes Arab Saudi di Jakarta. Dimulailah perjalanan umroh backpacker saya dan suami.

Pesawat Air Asia kami berangkat sore hari dari Jakarta menuju Kuala Lumpur. Dan kami transit semalam di Kuala Lumpur. Sebagai informasi Air Asia menyediakan penerbangan Kualumpur-Jeddah setiap hari lo. Berangkat jam 5 pagi dari bandara KLIA2 menuju bandara King Abdul Aziz, Jeddah-Arab Saudi.

Bagasi, Meal Dan Asuransi

Nasi lemak Pak Nasser, menu 'Santan' favorit suami

Tiket yang kami beli mendapat bagasi kabin 7 kg untuk masing-masing orang. Karena kami hanya membawa satu koper kami memutuskan tidak membeli bagasi tambahan. Saya dan suami memutuskan hanya membeli meal untuk penerbangan Kuala Lumpur-Jeddah. Sebenarnya bisa membeli bagasi tambahan lo saat issued tiket dengan harga terjangkau.

Untuk meal saya pesan menu Santan di awal issue tiket. Suami saya pesankan Nasi lemak Pak Nasser favoritnya dan saya pesan Chicken Lasagna. Itu sudah sepaket dengan sebotol air mineral. Semua menu Santan Combo Meal telah mendapat sertifikasi halal. Kami juga membawa snack tambahan untuk di pesawat. Dan di pesawat kita juga bisa memesan kopi dan teh. Saat itu kami memesan teh panas dan kopi panas.

Dan saya menganjurkan untuk mengambil asuransi saat melakukan penerbangan internasional. Saat itu kami mengambil asuransi untuk penerbangan Jakarta-Jeddah yang langsung dibayar saat pesan tiket di awal.

Check In Online

Check in AirAsia bisa melalui online. Setelah sampai di bandara kita tinggal menunjukkan email check online untuk ditukar dengan boarding pass.
Kami check in dan mendapat boarding pass langsung untuk dua penerbangan di bandara Soekarno Hatta, Jakarta dan juga sekaligus menunjukkan visa umroh. Jadi saat di Kuala Lumpur kami tidak perlu check in lagi. Kami langsung menuju counter Air Asia dan masuk ruang tunggu. Karena penerbangan dari Kl-Jeddah adalah jam 5 pagi sejak sorenya sudah banyak penumpang yang datang di ruang tunggu AirAsia menuju Jeddah ini. Kebanyakan adalah jamaah umroh. Saya menyarankan teman-teman mengambil hotel capsule di lingkungan bandara KLIA2. Karena kalau mengambil hotel di luar bandara sangat riskan ketinggalan pesawat. Konter AirAsia sendiri sudah buka dari jam 3 pagi untuk penerbangan ke Jeddah ini.

Penerbangan Long Haul Menuju Arab Saudi
Wefie di pesawat menuju Jeddah

Banyak yang mengira pernerbangan kami bakal membosankan. Alhamdulillahnya tidak. Karena kami berangkat hanya berdua tanpa rombongan di pesawat kami bertemu beragam penumpang dari berbagai negara Asia yang juga akan melaksanakan umroh. Saat itu kami mendapat tempat duduk di bagian tengah. Di samping saya Yuri, seorang muslimah asal Bangkok yang juga akan melaksanakan ibadah umroh bersama keluarganya. Dan di depan kami rombongan kecil asal Johor Bahru yang juga akan melaksanakan umroh. Jadi sebenarnya umroh secara mandiri tanpa melalui travel agent itu sangat memungkinkan lo.

Foto sebelum terbang ke Jeddah

Penerbangan 10 jam dari Kuala Lumpur menuju Jeddah itu saya isi dengan membaca Qur’an. Menghafal doa-doa untuk umroh. Dan mengobrol dengan Yuri. Hahahaha. Bertukar sosmed dan bertukar cerita tentang Bangkok dan Jogja. 10 jam penerbangan itu ga kerasa saking excitednya saya dengan tujuan kami yakni Baitullah. Di atas pesawat saya merasa seperti mimpi. Akhirnya kami bisa berangkat umroh mandiri dengan harga tiket pesawat yang sangat terjangkau. Dan masya Allah tidak terbersit sedikitpun rasa khawatir dengan penerbangan kami ini. Pesawat yang digunakan oleh Air Asia untuk penerbangan ke Jeddah adalah pesawat dengan nomor penerbangan D7 700 dengan jenis Airbus A330. Pesawat berbadan lebar ini memang ditujukan untuk penerbangan internasional jarak jauh. Sehingga nyaman dan aman.
Waktu tempuh Kuala Lumpur-Jeddah adalah 9 jam 50 menit. Dan karena perbedaan waktu saat kami berangkat pukul 5 pagi kami tiba di Jeddah pukul 9 lebih 50 menit di pagi hari itu juga.

Finally, Arab Saudi

wajah bahagia setelah keluar dari imigrasi Arab Saudi

Oia sebagai informasi untuk penerbangan ke Jeddah ini seluruh awak pesawat menggunakan pakaian tertutup. Dan saat memasuki wilayah miqat, pilot memberi pengetahuan untuk seluruh penumpang agar bersiap-siap mengganti baju ihram dan mengambil niat umroh. Ternyata Air Asia menyiapkan sekali penerbangan ke Jeddah ini. Saat turun dari pesawat entah kenapa saya tiba-tiba menangis. Bola mata berkaca-kaca. Finally, saya akhirnya menjejakkan kaki di Jeddah. Dekat lagi dengan Baitullah.

Wefie di depan imigrasi keluar Jeddah

Saat di imigrasi saya agak khawatir kalau-kalau visa kami ditolak karena kami hanya berdua. Ternyata Alhamdulillah kami diperlakukan sama seperti jamaah umroh yang lain. Ketika petugas imigrasi mengecap paspor saya kemudian mengembalikan paspor, saya mengucapkan terima kasih yang sangat dalam. Terima kasih, akhirnya saya dizinkan untuk ke Baitullah. Saya bertemu dengan suami di bagian luar imigrasi dan kami dijemput oleh pihak muassasah yang diuruskan oleh seorang kawan. Dan kami naik taksi menuju Madinah.

Lovely Madinah

Gerbang kota Madinah

Saat memasuki gerbang kota Madinah supir mobil kami yang berkebangsaan Pakistan berkata “ Hadza Masjid Nabawi ( itu Masjid Nabawi) ” sambil menunjuk menara masjid Nabawi yang sudah terlihat dari jauh. Dan saya menangis tersedu-sedu. Akhirnya kami sampai di kota nabi-Mu ya Allah. Madinah al-Munawarah. Assalamua’alaikum Madinah. Shalallahu ‘alaihi wassalam ya Rasulullah. Akhirnya kami mengunjungimu. Akhirnya kami menghirup kotamu. Alhamdulillah. Terima Kasih Gusti Allah. Terima Kasih AirAsia untuk tiket murahnya. Tidak pernah terbayangkan bisa umroh dengan harga yang sangat terjangkau. Untuk umroh backpacker tahun lalu kami menghabiskan 24 juta saja total berdua dengan suami. Dan berarti masing-masing sekitar 12 jutaan. Masya Allah.

dengan jamaah asal Tuniasia

Dan karena kami umroh mandiri kami juga membaur dengan jamaah umroh asal berbagai negara. Pulang umroh sahabat saya bertambah banyak lo.

dengan jamaah asal Sudan, Afrika

Dan sepulang umroh kami kemudian membuat list berikutnya yakni Al-Aqsa dan Andalusia. Dan kemarin takjub banget saat Air Asia mengumumkan promo penerbangan Jakarta-Madrid. Masya Allah. Andalusia Insya Allah di depan mata.

mampir juga ya di artikel saya ini

57 komentar

1. Waaa kalau umroh mandiri lagi, aku mauuu yaa diajakin.. Air Asia maskapai kesayanganku kalau ke KL dan Sin ��������

BalasHapus
  2. Barakallah Mak Rul... bacanya serasa ikutan merasakanan pengalaman berharga itu.. tak terasa bergulir air mata ni... Insyaallah jika Allah berkehandak, Kami mau jg... semoga sehat selalu kalian

3. MasyaAllah berkah banget mba bisa bersama AirAsia menjalankan ibadah umrah. Pengen juga suatu saat Allah berikan kemampuan dan panggilan kepadaku menuju Baitullah ya mba. Aamin

4. Murah sekali pergi umroh hanya 12 juta padahal kalau pakai travel umroh bisa 25 juta.

Semoga mpo juga bisa umroh dan naik air asia

BalasHapus
  5. MashaAllah mak Irul, jadi kangen juga ke Baitullah. Iya mak sebenarnya bisa ya umroh mandiri asal semuanya dipersiapkan dengan baik

6. Visa sehari sebelum bernangkat baru keluar? Pasti deg-degan ya, Mbak..Syukur semua lancar jaya
    Tapi terbang bersama AirAsia memang bikin bahagia yaa. Harga tiketnya itu terjangkau buat kita-kita.

BalasHapus
  7. Ya Allah Mak ternyata umroh bersama Air Asia itu menyenangkan sekali ya, dengan budget yg alhamdulillah tp kita puas dari pada ikut umroh bersama agen2 travel yg harga nya Wow terkadang ada minus (suka denger cerita teman). Suwun mak sharing nya, kangen nih sama Mak Irul 😘

8. Seru juga umroh backpackeran. Jadi terinspirasi nih. Pastinya lebih berkesan ya, Mbak.

9. AirAsia selalu bisa diandalkan untuk harga yang terbaik.
    Dan ini kembali lagi pada takdir yaa, kak..
    Hihii~
    pengin banget umroh dengan perjalanan yang nyaman bersama Air Asia.

BalasHapus
  10. Bahagia betul bisa umroh, bersama AirAsia ternyata bisa mewujudkannya ya. Keren

11. MasyaAllah,
    mba.. impian saya banget ini umrah backpackeran bareng suami.
    Alhamdulillah ada caranya mba tulis, InsyaAllah saya akan Ikuti tipsnya mba..
    Jazakillah mba, doakan saya juga ya

BalasHapus
  12. Masya Allah mbak seru sekali ya bisa backpacker bareng suami apalagi ada tiket murah dari AirAsia jadi di di makin seru deh

13. Maa syaa Allaah, bahagianya bisa melakukan umrah backpacker bareng suami. Pastinya seru dan berkesan sekali ya Mbak.

14. Mbaaak kenapa aku nangis ya baca ini . Baitullah tetap menjadi cita-cita kami. Cita cita kami umroh backpacker sekeluarga. Dan baca ini aku tiba tiba aja nangis. Semoga next time aku bisa dapat tiket murah kayak gini ya mbak biar umroh bawa anak anak bukan lagi menjadi mimpi.

BalasHapus
  15. nah ini nih salah satu goal tahun depan ke tanah suci dengan bujet mini pakai air asia

16. senangnya... saya jd tahu cara murah untuk umroh, yakni dg naik air asia bersama orang2 tersayang dan kebtanah suci bersama. jd kudu udah pesan tiket dan hotel, baru bs urus visanya

17. Ya ampun, Mbak Irul, saya baca ini, mata saya ikutan berkaca-kaca. Air Asia buat saya terhitung sebagai maskapai yang pramugarinya doyan pake rok mini, tapi ternyata pesawat itulah yang membawa Mbak Irul ke rumah Allah. Luar biasa cara Allah mengirimkan tangan-Nya untuk menjemput Mbak Irul ke rumah-Nya. Semoga Mbak Irul bisa ke Spanyol juga ya. Dan saya juga ingin menyusul Mbak Irul ke Mekkah. Amien.

BalasHapus
  18. Senangnya yg sudah pernah jadi tamu Allah, pgn segera nyusul..
    Btw kemarin wakt umroh, mertua ku juga naik air asia, emang nyaman katanya

19. Wah murah banget mbak biaya umrohnya. Kalau sekarang pakai Travel agent umroh bisa 30 jutaan. Jadi penasaran nih sama cerita selama umrohnya sendiri. Btw aku juga penasaran banget pengen naik air asia soalnya nggak ada di kotaku. Heu

BalasHapus
  20. Alhamdulilah ya perjalanan umroh menjadi makin lancar dengan terbang bersama Air Asia. Semoga daku bisa berkesempatan pergi umroh juga, aamiin

21. Ini lho mbak artikel yg saya cari2. Sdh lama terbersit utk umrah backpacker, tapi blm dapat informasi yang valid. Bisa apa nggak, bagaimana caranya. Ternyata memang bisa ya. Saya juga ikut terharu mbak bacanya. Semoga saya juga dimudahkan untuk bisa umrah backpacker sesegera mungkin, ya Allah aminn

22. Naah pas banget sekeluargaku lagi merencanakan mau umroh backpacker, ternyata bisa juga ya pakai airasia pastinya murah dong harganya

BalasHapus
  23. waa airasia, dari beberapa hari lalu nyari nyari tiket murahnya air asia nih pengen buat liburan awal tahun hehehe, kalo akhir taun kayanya rame banget, jadinya buat awal tahun aja deh ehehhe

24. Pastinya bahagia banget ya kalau bisa umrah pake airasia. Semoga mabrur ya

25. Mbaaak, kok ya pas kebeneran suamiku mau umroh backpacker, pas dirimu nulis artikel ini. Jadi bacanya berdua suami ini, hihih.

Wis sekarang aku ndak khawatir mau umroh bakcpacker setelah baca tulisanmu. TFS. Barakallah, Mbak.

26. duh aku merinding dan berkaca-kaca mak
    alhamdulillah dipermudah Allah ya umroh backpackernya
    air asia memang oke banget ya!
    semoga aku segera bisa menyusul untuk umroh juga

BalasHapus
  27. Kalau ke silangit belum ada pesawat air asia. Mudah-mudahan semakin banyak jangkauan penerbangannya ya.

28. Air Asia ini masih jadi andalan banget untuk bepergian domestik atau luar negeri, terakhir kemarin aku dari Kuala Lumpur naik Air Asia. Nah kalau yang penerbangan jauhnya belum pernah nyobain, boleh juga dicoba sepertinya.

29. Subhanallah mba aku sampai merinding bacanya :") baru tau ada ya.. aku juga punya niatan buat Umrah kesana.. pengen banget. Melihat dan merasakan langsung Rumah Allah SWT dan tanah tercinta. Semoga 2020 terlaksanakan ya.. amin

BalasHapus
  30. ALhamdulillah ya mbak bisa pergi umroh dengan budget minim. Air asia emang paling jago bikin kita bahagia.

31. Udah lama nih ga nyobain naik air asia, padahal lumayan terjangkau dan pelayanannya oke yah hihi.. Kapan2 naik air asia lagi deh..

32. Seru banget ya kayaknya umroh backpacker begini. Lebih seru daripada umroh reguler. Mana pake Air Asia pula. Fasilitas Maksimal dengan harga yang relatif terjangkau. 👌

BalasHapus
  33. Masya Allah ternyata umroh mandiri itu dimudahkan ya mbak. Btw aku baru tau kalo bisa pesan hotel via AirAsiaGo, boleh nih untuk referensi

34. Maa syaa Allah luar biasa sekali mba, niat untuk ibadah, dan perjalanan lancar. Bahagia pasti ya bisa ke rumah Allah. Apalagi dengan tiket yang terjangkau.

35. MasyaAllah aku pengen kesana juga, btw noted sharingnya Ka kebetulan aku lagi nyari info-info seputar Umroh nih hehe

BalasHapus
  36. Suami juga umroh backpKer pakai airasia mba. Dan memang tetap harus melalui travel agent untuk pembuatan visanya. Aku rencananya mau ikutan ngajak anak-anak sekalian. Doain ya Mba.

37. Terima kasih sharingnya ya mba, saya langsung berdoa semoga bisa ke tanah suci secepatnya AMin Ya Rabb

38. wuah senangnya bisa umroh dengan AA, alhamdullilah banget yah mba. aq juga merasakan senangnya dapat tiket pp murah dari AA tahun lalu sekeluarga liburan ke BALI. semoga cita-cita next liburan kita bisa pakai AA lagi yah mba

BalasHapus
  39. wooow! langkah2nya wajib saya ikuti nih. saya kira ke tanah suci harus selalu ikuti apa kata travel agent termasuk masalah pilih maskapai pesawatnya loh. nunggu promo air asia juga ah

40. Aku juga kalo kemana2 lebih suka terbang pake Air Asia. Murmer sih tiketnya. Btw, kalo umroh emg berapa hari kak? Kok bs cuma bawa 1 koper doank berdua? 🙀

41. Masya Allaah seru bgt pengalamannya umrah backpacker ya Mbak. Kalo pake maskapai air asia emang ngebantu bgt ya krn kan maskapai budget

BalasHapus
  42. Alhamdulillah barokallah Mak ya umrohnya bareng suami. Semoga keberkahannya sampai kepada anak cucu. Sehat dan bahagia selalu

43. Barakallah yaaa, duh saya jadi ingin umroh juga, semoga Allah mudahkan dan ijinkan saya bisa menginjakkan kaki di sana, aamiin.

44. ALhamdulillah kakkk bisa pergi umroh, apalagi dengan budget yang tidak terlalu besar. Pasti bahagianya makin double2

45. Asyiknya biaa jalan-jalan sekaligus ibadah ya mbak

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.