Kuliah Bahasa Arab Di Usia Menjelang 40








Kalau ditanya bagaimana kabar Resolusi 2019 saya? Alhamdulillah baik-baik saja. Lah piye Tho karepe, hahahaha. Tapi ada satu resolusi 2019 saya yang terwujud yakni kuliah lagi di jurusan bahasa Arab. Jujur kuliah bahasa Arab ini buat saya semacam hutang yang harus dibayar. Dan lega rasanya akhirnya saya bisa belajar bahasa Arab dengan serius.


Meskipun setelah kuliah saya merasa jurusan Pendidikan Bahasa Arab ini ga pas buat saya harusnya saya masuknya fakultas Adab ya bukan fakultas tarbiyah. Jadi rencananya saya tahun 2020 nanti mau pindah kampus ke Ma’had Aly Ali bin Abi Thalib UMY Yogyakarta. Nah, sekarang saya lagi ngejar persiapan untuk masuk Ma’had Aly. Saya ngambil kelas pendek Bahasa Arab. Dan rasanya senang banget bisa belajar bahasa Arab. Kalau dulu kan belajar bahasa Arabnya tuh disambi-sambi kuliah di UGM. Sekarang pure belajar bahasa Arab. Dan rasanya terharu banget bisa mempelajari lagi fi’il, fai’il, ishm, menghafal mufrodat dan menulis Arab. Antusiasnya beda dengan kuliah zaman di UGM dulu. Yang sekarang itu motivasinya beneran karena ingin belajar agama lebih baik.


Alhamdulillah saya menikmati betul belajar bahasa Arab ini. Ga pernah ngeluh kalau dikasih tugas. Setiap tugas saya kerjain. Bahkan ga disuruh aja ta kerjain kok tugasnya. Hahahaha. Rajin bener Mak. Apalagi ustadzah yang mengampu bahasa Arabnya enak kalau ngajarin. Padahal orangnya masih muda. Hafidzah pula. Masya Allah. Dan teman-teman satu kelas menyenangkan semua. Pada kompak kalau dikasih tugas. Pada semangat belajar. Semangat ngerjain tugas. Saling ngasih suport kalau ada yang agak lola hahahaha. Teman semaja saya namanya Bety. Mahasiswa UGM jurusan MIPA semester akhir. Dan kami berdua itu kompak bener. Sering bacanda juga kalau pas selo di kelas. Berasa kembali jadi mahasiswa lagi nih sayanya.
Doain ya saya istiqomah belajar bahasa Arab ini. Salah satu motivasi terbesar belajar bahasa Arab adalah


 “Sesungguhnya Kami telah jadikan Al-Quran dalam bahasa Arab supaya kalian memikirkannya.” (QS. Yusuf [12]: 2)

2 komentar

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.