Ini Yang Perlu Ada Di Hapemu Saat Melakukan Umroh Backpacker


Saat saya dan suami melakukan umroh backpacker tahun lalu kami merasa terbantu sekali dengan sinyal telepon seluler beserta kuota data internet. Karena kemana-mana kami mengandalkan google maps. Dari awal saat kami memutuskan untuk umroh secara mandiri, kami memasukkan data internet sebagai salah satu kebutuhan wajib selama kami umroh. Bisa dibilang internet saat umroh mandiri itu vital sekali. Karena kami pergi tanpa bantuan pembimbing umroh. Semuanya dikerjakan mandiri. Buat teman-teman yang terbiasa backpacker memang lebih mudah jika memutuskan untukumroh mandiri tanpa travel. Tetapi buat yang tidak pernah melakukan traveling mungkin sebaiknya ada perjalanan khusus dulu sebelum melakukan benar-benar berangkat umroh sendiri. 





Mengingat perjalanan umroh backpacker itu biasanya riskan nyasar. Berikut beberapa tips yang bisa saya bagikan untuk teman-teman. Buat yang ingin melakukan umroh mandiri sebaiknya beberapa hal berikut dipersiapkan sejak jauh-jauh hari. Terutama yang berkaitan pemanfaatan teknologi digital untuk perjalanan sejak dari Indonesia sampai di Arab Saudi dan kembali lagi ke Indonesia

1. Bawa hape yang memadai untuk mengakses internet. Sebaiknya sih bawa power bank juga untuk persediaan saat hape lowbat. Terutama saat di imigrasi. Biasanya kalau perjalanan kita bukan dengan rombongan pihak imigrasi akan bertanya beberapa hal. Jadi kalau diminta tiket balik dan hotel kita bisa menunjukkan buktinya. Dan tetap sediakan print out tiket dan bookingan hotel ya.

2. Unduh aplikasi google translate dan google maps offline untuk di perjalanan. Jujur kami sangat terbantu dengan aplikasi google maps dan google translate ini selama umroh mandiri tahun lalu. Selain bertanya ke orang-orang yang kami temui di jalan.  Meskipun bisa bahasa Arab pasif tetap saja saya gelagapan saat mendengar bahasa penduduk lokal. Rasanya beda jauh dari yang saya pelajari di buku-buku pelajaran bahasa Arab. Google maps juga andalan saya saat kami berziarah ke beberapa tempat selepas melaksanakan ritual umroh. Kami memang sudah membuat daftar tempat-tempat yang ingin kami kunjungi setelah ibadah umroh selesai. Kami menyempatkan diri mampir ke Gunung Uhud, Gua Tsur, dan Gua Hira. Juga berbelanja ke pasar tradisional dengan panduan google maps. Buat saya yang buta arah ini google maps membantu sekali.

3. Gunakan kamera hape sebaik mungkin. Misalnya untuk mengambil foto tanda-tanda jalan saat kita bingung arah saat di Tanah Suci. Sebenarnya saya sendiri sungkan banyak mengambil foto di tanah suci. Bahkan untuk selfie saja rasanya agak ga enak hati. La wong niatnya ibadah hahahaha. Tetapi tetap saja kamera hape bermanfaat sekali untuk di perjalanan. 

4. Gunakan provider Paket Umroh & Haji XL. Sebagai pengguna setia XL tentu saja kami memanfaatkan Paket Umroh & Haji XL ini. Sebelum kami berangkat saya sudah menyambangi gerai XL di Jogja. Kami juga bertanya tentang paket-paket yang disediakan untuk para jamaah umroh. Saya dan suami sepakat mengambil satu paket saja dan digunakan di nomor hape suami. Dan saya mengandalkan tetringan aja ke hape suami.



Alhamdulillahnya Paket Umroh itu membantu banget. Saya agak lupa berapa tepatnya Paket Umroh  XL kami tahun lalu itu. Kebetulan Paket Umroh & Haji XL tersebut dipasang di handphone suami dan saya numpang wifi aja ke si bos. Dan ini membantu untuk komunikasi kami berdua selama di tanah suci. Dan juga untuk tetap keep contact dengan keluarga di tanah air. Biasanya saat memasuki masjid nabawi atau masjidil haram kami terpisah karena salat di tempat yang berbeda. Tetapi untungnya jarak kami berdua tidak terlalu jauh. Sehingga wifi saya tetap aktif. Nanti setelah salat kami janjian ketemuan lagi di gerbang masjid. Romantis banget ya. Hahahaha. Dan kalau waktu dhuha atau sehabis ashar saya video call-an sama anak-anak di Indonesia. Paket umroh & Haji XL ini mantep banget sinyalnya. Tetap stabil buat video call. Selama di tanah suci hampir setiap hari saya vieo call sama anak-anak. 



Harga Paket Umroh & Haji XL juga
terjangkau. Mulai dari 149 ribu. Dan cara daftarnya juga gampang banget. 
1. Sebelum berangkat: Aktifkan Paket Umroh dan haji dengan menekan *123*747# atau buka aplikasi myXL di ponsel kemudian pilih paket yang kita pilih. 
2. Saat kedatangan di tanah suci. Biasanya penerbangan untuk umroh dan haji turun di bandara King Abdul Aziz Jeddah dan bandara Pangeran Muhammad bin Abdul Aziz, Madinah. Nah saat turun dari pesawat  pastikan data roaming di ponsel dalam keadaan aktif.
3. Cek penggunaan paket: Tekan *123*747# atau buka aplikasi myXL di ponsel untuk mendapatkan informasi terkait penggunaan roaming selama di luar negeri. 
Syarat dan Ketentuan paket Umroh & Haji XL
1. Layanan internet harian dapat langsung digunakan tanpa melakukan aktivasi terlebih dahulu. Seperti kami dulu saat turun dari pesawat hape kami langsung aktif data internetnya. Pesandari keluarga via Whatsapp langsung masuk berombongan. 
2. Pelanggan harus mengaktifkan Paket Umroh & Haji XL terlebih dahulu. Kalau kami dulu mengaktifkannya saat di bandara Soekarno Hatta. 
3. Harga Paket Umroh & Haji XL sudah termasuk PPN 10%
4. Kita bisa membeli lebih dari satu paket UMroh & Haji XL lo. Dan nantinya kuota akan diakumulasi.
5. Untuk mengecek data dan melakukan aktivasi tekan *123*747# atau buka aplikasi myXL
6. Saldo akan dipotong langsung setelah aktivasi berhasil dan masa aktif paket akan dihitung saat kita tiba di Arab Saudi
7. Saat bonus kuota dan telepon habis kita akan kembali ke tarif dasar. Jadi sebaiknya tetap mengisi saldo pulsa untuk jaga-jaga. Tetapi pengalaman kami tahun lalu. Kuota kami masih sisa banyak lo. Ternyata di sana kami ga boros banget pake data internet.

Oia Paket Haji dan Umroh XL tersedia juga di online store lo. Antara lain di : traveloka, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Blibli, Kaskus, JD.ID, Sepulsa dan Ayopop apps. Atau langsung saja Tanya-tanya ke gerai XL-nya langsung. Bahkan tahun lalu saya langsung diberi nomor kontak costumer service petugas XL untuk urusan japri-japri jika terjadi kendala dengan paket internet kami. Saya percaya betul bahwa pihak XL juga tidak main-main dengan pelayanan untuk jamaah Umroh dan Haji Indonesia. 

Nah, itu sedikit cerita saya. Buat teman-teman yang mau melakukan perjalanan umroh secara mandiri atau backpacker kalau ada kendala boleh ya tanya-tanya sama saya. Insya Allah dengan senang hati saya bantu kalau bisa saya bantu. Dan satu hal jangan ragu untuk beribadah umroh selagi muda. Urusan rejeki pasti ada jalan. Yang penting niat ikhlas minta sama Allah agar dimudahkan urusan. Apalagi sekarang urusan visa umroh lebih mudah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Semangat.



15 komentar

  1. Berbekal info dari Budhe Irul nih.. semoga bisa melaksanakan umroh backpacker juga. Aamiin

    BalasHapus
  2. Aku puingiiiinnn suatu hari nanti umroh backpackeran jugaaa
    soale kalo dipikir2, lebih enak kita atur schedule sendiri, ketimbang ikutan jadwal travel, apalagiiii kalo travelnya tdk mumpuni dan kredibel ya Mba.
    Thanks muchhh sharing-nyaaa

    BalasHapus
  3. Terima kasih infonya. Buat bekal persiapan kalo ntar umroh

    BalasHapus
  4. Masha Allah menginspirasi sekali. Jadi semangat ini mbk ngumpulin buat bekal.umroh. ternyata dengan tekad dan niat umroh backpaker menyenangkan juga ya mbk waktunya ditentukan sendiri.

    BalasHapus
  5. MAsyaAllah aku selalu merindukan bisa melakukan perjalaan umrah mba. Selalu ngangenin dan penuh berkah insyaA;ah. Liat fotonya aja udah terasa ada disana mba

    BalasHapus
  6. Mbak, ini umroh backpacker tapi pas umrohnya tetep bareng grup atau bener bener sendiri semua Mbak?

    BalasHapus
  7. masya Allah serunya umroh backpacker bersama pasangan :) selain ilmu ibadah yang harus dikuasi, provider internet jg harus kencang ya. makasih infonya mba, semoga kalau nanti umroh bs pakai xl jg :)

    BalasHapus
  8. Saya juga pakai paket XL haji umroh ini Mak sewaktu ibadah ke Tanah Suci. Alhamdulillah komunikasi dengan keluarga lancar. Kami juga umroh bacpacker tapi tetap disediakan mutowwif dan guide oleh penyelenggara jadi nggak kebingungan.

    BalasHapus
  9. Kabar gembiraaaa, ternyata masih possible umroh sendiri gak pake tour yaaa. Alhamdulillah. Mba mau nanya, pengurusan visa beneran mudah kah? Gak ditanya-tanya soal tour dll? Apa kalau mau haji, juga bisa kayak gini ya?

    BalasHapus
  10. Wah senang sekali bs umroh backpacker an bareng suami ya.. Saya pengen banget nih..beli visa umroh nya ttp via travel ya mba...?

    BalasHapus
  11. Backpaker ya mbak, seru banget pasti bisa umroh dan backpaker. Btw keren banget XL ini mendukung dengan segala aplikasinya.

    BalasHapus
  12. Duh duuhh gimana yang udah ga muda dan belum umroh umroh nih maakk... Mohon bantuan doanya dong agar bisa segera nyusul datang ke Baitullah ya.

    BalasHapus
  13. Huhuhu mssih menunggu panggilannya sehingga bisa ke tana suci, baik umroh atau haji
    Berharap sebelum mati sudah ke sana dulu

    BalasHapus
  14. semuanya bermanfaat bangeet ya mba dan aku berdoa biar bisa segera umraaaah nih..Hiks belum sampai - sampai jugaa

    BalasHapus
  15. Doakan semoga saya dan suami juga bisa menginjakkan kaki ke tanah suci yaa, Mba 😊

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.