Menjelajahi 3 Perpustakaan Keren Di Singapura Bersama Traveloka XPerience

"Besok mau kemana aja? " Tanya si bapak, semalam sebelum kami berangkat ke Singapura. Jujur berangkat liburan kali ini ga bikin itinerary kayak biasanya. Ini pergi ke Singapura yang ke-3 kalinya (maklum horang kayah, huahaha, ditabok masal). Cuman berdua lagi, udah kayak orang honeymoon aja. Bahkan pesan kamar hotel aja baru beberapa hari sebelum berangkat. Beneran belum ngebayangin mau berkunjung ke mana aja. Untungnya sebelum ke Singapura kami mau melancong dulu sehari ke Melaka. Lumayan lah punya jeda buat mikir itinerary di Singapura. Terlintas pengen pepotoan di Orchard Library.

Setelah dari Melaka kami balik ke Singapura lagi. Turun di perhentian bus di Golden Mile Tower, saya dan suami memilih jalan kaki ke hotel kami di The Great Madras sambil mikir besok mau jalan ke mana aja. Dan kepikiran mau jalan-jalan liat perpustakaan aja. Karena saya dan anak-anak suka banget ngadem di perpus. Mampir ya di tulisan saya tentang perpustakaan di Jogja di sini dan di sini.

3 Perpustakaan Keren Di Singapura

Nah, berikut cerita tentang 3 perpustakaan keren badai yang saya kunjungi saat di Singapura. Masya Allah semuanya bagus dan cantik.

1. National Library Singapore

Kami datang ke sini setelah putar-putar belanja di Bugis. Bawaannya banyak bener. Salah cara nih. Harusnya ke perpustakaan dulu baru belanja. Tapi sudah lah. Oia kami sempat nyasar. Malah masuk ke Bugis Junction. Untung tanya di petugas informasi. Sebenarnya Maps yang kami ikuti bener sih. Cuman berasa ga percaya aja kok gampang banget ternyata nemuin lokasinya. Buahaha, dasar.

Gampang Ditemukan

Pintu masuk National Library Singapore

Perpustakaan ini tepat di pinggir jalan Victoria Street no 100. Dari luar gedungnya udah magrong-magrong gagah bener. Kami masuk ke lobby dan bertanya bagian mana perpustakaan nya. Ternyata gedung sebesar itu ada banyak fungsi selain sebagai perpustakaan. Ada ruang khusus pameran, bagian khusus untuk panggung event semacam book launching. Kebetulan pas kami di sana ada book launching tapi karena terburu-buru kami ga mampir.

Terdiri Atas 13 Lantai

Kami memilih untuk menuju lantai 7 yang disebut sebagai Lee Kong Chiang Reference Library. Terutama untuk buku-buku sains dan teknologi. Ada juga Central Public Library di lantai B1. Kemudian ada Drama Center di L3-5.

Sebelum masuk ruangan kami bertanya ke petugas apakah boleh mengambil gambar. Dan ternyata boleh. Hanya diminta meng-off kan suara kamera. Okelah kalau begitu. Oia sebagai informasi tidak boleh membawa makanan dan minuman ke dalam perpustakaan kecuali plain water. Di depan juga disediakan loker untuk menitip barang.

Perpustakaan Terkeren Yang Pernah Saya Kunjungi

Di dalam perpustakaan saya langsung takjub. Masya Allah. Saya edit deh tulisan saya tentang Grahatama Pustaka Jogja yang pernah diklaim sebagai perpustakaan terbesar se-Asia Tenggara. Ya ampun ga ada apa-apanya dibandingkan National Library Singapore. Ini baru satu lantai lo ya yang saya kunjungi. Buku-buku ditata sesuai index. Buku yang disediakan lengkap. Saya mencari tentang buku-buku bertema social media dan blogging. Dan ketemu. Selain itu saya juga baca koran online. Karena di lantai 7 ini hanya menyediakan koran online saja. Layar monitor touchscreen untuk membaca koran juga lebar. Ada beberapa pilihan bahasa juga. Ya ampun kalau begini bisa seharian saya di sini.

Terbuka Untuk Umum Dan Gratis

Penampakan lobby

Oia perpustakaan buka setiap hari dari Senin-Ahad pukul 10 pagi sampai jam 9 malam. Dan sering pada hari libur ada pertunjukan semacam pameran buku dan seni serta launching buku. Masuk perpustakaan ini gratis ya ukhti-ukhti. Ini untuk menjawab pertanyaan via DM instagram yang nanyain apakah masuk sini berbayar. Selain numpang ngadem eh membaca kita juga bisa meminjam buku. Dengan syarat memiliki tanda keanggotaan. Oia sepertinya ada syarat khusus untuk warga negara asing. Tapi kalau mau numpang foto-foto eh membaca mah gratis-tis. Sebenarnya ada perpustakaan yang khusus bagi anak-anak. Dilengkapi dengan fasilitas story telling juga. Tapi kami ga sempat masuk ke bagian ini. Besok deh kalau ngajak anak-anak main ke sini lagi.

2. Orchard Library

Mencari lokasi perpustakaan ini udah kayak nyari gebetan yang soleh, kaya, tampan dan setia. Susah. Huahahaha. Ya Lord. Kami sampai muter-muter di area Orchad yang kiri kanannya isinya toko branded semua. Bawaannya jadi pengen belanja aja. Untung lah tekadku kuat dan bulat kalo ga udah mampir belanja aja bukan ke perpus.

Perpustakaan Dalam Mall

Sebagai informasi perpustakaan ini ada di dalam mall Orchard Gateaway ya sodara-sodara. Turun di MRT Somerset terus naik ke atas menuju L4. Karena di sanalah perpustakaan itu berada. Kalau nyasar tanya ke petugas informasi yang sayang nya susah bener nyari kotak bertuliskan 'Information' di dalam mall.

Saat naik ke lantai yang dimaksud kita jangan muter ke kiri tapi ambil ke kanan ke sebuah lorong gitu. Terus aja masuk, mentok sampai ketemu itu perpustakaan. Depan perpustakaan itu ada konter khusus para pecinta kartu gaming itu loh. Banyak orang disitu yang main kartu.

Perpustakaan Yang Sangat Instagramble

Masuk ke Orchard Library ini kayak masuk ke toko buku modern. Ga keliatan kalau ini perpustakaan. Ga ada petugas jaga di depannya. Terdiri atas dua lantai. Lantai pertama tepat pintu masuk berisi buku-buku non fiksi dan ilmu pengetahuan populer. Mulai dari label Lifestyle, Sains, Visual, Space, Food, dll. Buku-buku di sini kebanyakan adalah buku-buku kekinian populer.

Lantai bawah surganya Fiksi

Kemudian saya turun ke lantai bawah. Nah sering kan liat rak buku bergelombang yang difoto dari atas. Nah di sinilah foto tersebut diambil. Ya Allah perpustakaan ini surga bagi para pecinta buku-buku fiksi. Lantai bawah isinya 'FICTION' semua. Sudah kayak hidupmu aja hahahaha. Perpustakaan ini rekomended. Buat yang mau berkunjung ke Singapura please ya, masukkan tempat ini ke dalam daftar kunjung kalian. Percaya deh sama saya tempat ini wajib didatangi minimal sekali seumur hidup. Meskipun kalian bukan pembaca buku kalian pasti suka masuk perpustakaan ini.

Desain Modern

Tampilan depan Orchard Library

Di desain modern dan sangat ergonomis serta cantik banget difoto. Mau diambil dari sudut manapun tempat ini akan selalu sesuai dengan komposisi fotografi. Para fotografer akan betah di dalam sini untuk mengambil gambar.

Buat pecinta novel maka perpustakaan ini adalah lautan yang susah nyari tepinya. Saya sendiri langsung nyari buku-buku nya JK Rowling dan Dr. Karl May. Sayangnya saya ga menemukan karya-karya nya Karl May karena bagian dengan index 'May' sedang di pindahkan untuk penataan ulang. Huhuhuhuhu, sedihnya tidak bisa berfoto dengan buku bersampul kisah si Winnetou dan cinta pertama saya abang Old Shatterhand. Di lantai bawah ini juga disediakan fasilitas audio untuk mendengarkan kepingan CD berisi novel- novel fiksi. Jadi buat orang yang tidak suka baca bisa dengerin novel di sini. Enaknya.

Perpustakaan ini buka setiap hari Senin-Ahad jam 10.00-21.00 waktu Singapura. Masuknya juga gratis dan bisa meminjam buku juga dengan syarat tertentu. Ntar kalau kalian ke sana bisa ya tanya-tanya ke petugas.

3. Esplanade Library

Untuk teman-teman pecinta seni dan musik wajib datang ke Esplanade Library ini. Perpustakaan yang berada di pusat seni Singapore tepatnya di Gedung Esplanade ini memang mengangkat tema seni dan musik. Isi perpustakaan ini juga sangat musik banget.

Perpustakaan Khusus Seni

Buku-buku dan jurnal ilmiah bertema seni disediakan lengkap di sini. Selain buku dan jurnal juga disediakan piringan dan CD musik berbagai periode. Pecinta The Beatles bisa menemukan CD album The Beatles lengkap di perpustakaan ini. Kita juga bisa mendengarkan fasilitas audio dengan kualitas suara yang sangat memadai. Headset nya empuk tanpa gemericik sedikitpun.

Sering Ada Pertunjukan Seni

Selain menyediakan loker dan juga wifi kencang, perpustakaan ini menyediakan panggung untuk pertunjukan seni dan musik. Bahkan saat kami berkunjung ke sana baru saja ada perform anak-anak yang menampilkan seni musik biola.

Menemukan perpustakaan ini juga mudah. Masuklah lewat pintu utama Esplanade kemudian menuju lantai dua. Ikuti saja papan petunjuk. Atau tanya ke petugas informasi di dekat pintu masuk. Sama enna dua perpus sebelumnya. Perpustakaan Esplanade ini buka setiap Senin sampai Ahad dari jam 10 pagi sampai jam 9 malam. Dan gratis terbuka untuk umum.

Traveloka Xperience

Karena 3 perpustakaan di atas bukanlah tempat wisata yang populer untuk dikunjungi di Singapura maka ga heran datang ke tempat-tempat tersebut butuh usaha. Bahkan sempat bertanya ke beberapa orang lokal yang mereka juga ga tahu tempatnya.

Seringnya saya benar-benar mengandalkan google maps dan tanya sana-sini. Untung nya sebelum berangkat saya udah pesan paket internet M1 dan kartu EzLink via Traveloka Xperience. Penting banget memiliki dua kartu tersebut saat berkunjung ke Singapura. Memudahkan untuk apdet informasi yang membutuhkan internet dan juga sebagai kartu pembayaran MRT dan bus. Nah selain menyediakan tiket pesawat dan Hotel ada fitur seru nih di Traveloka. Fitur Xperience sendiri adalah salah satu fitur baru di aplikasi Traveloka. Menyediakan berbagai layanan yang berkaitan dengan perjalanan. Ada 12 layanan di Traveloka Xperience ini. Yakni: Atraksi, Bioskop, Event, Hiburan, Olahraga, Spa & Kecantikan, Taman Bermain, Transportasi, Tur, Pelengkap Perjalanan, Makanan & Minuman, Dan Kursus & Workshop.

Kartu internet M1

Saya pesan beberapa hari sebelum berangkat. Untuk kuota sebesar 100 GB hanya dibanderol 122 ribu. Bisa internetan sepuasnya. Saya dan si bapak bisa tetringan wifi. Internet nya lancar. Bisa diandalkan untuk googling dan Google maps nya sangat membantu.

Cara Membeli

Cara pembelian juga gampang. Pilih fitur Traveloka Xperience, kemudian pilih ‘pelengkap perjalanan’. Pilih kartu SIM yang kita inginkan. Saya kemarin beli MCard 100 GB Data $12. Setelah konfirmasi pembelian saya mendapat kode voucher via email.

Cara Menukarkan Voucher

Tukarkan kode voucher di gerai Cheers

Kemudian kode voucher ini saya tukarkan di bandara Changi. Keluar pintu kedatangan setelah imigrasi belok ke kiri nah di deretan kios-kios itu ada gerai Cheers. Tunjukkan kode voucher yang kita miliki nanti pelayan gerai Cheers akan memberikan kita SIM Card tanpa pembayaran apapun lagi. Dan mereka akan meminta paspor kita untuk registrasi dan kartu langsung bisa digunakan.

Kartu EzLink

Tukarkan kode voucher di konter Changi Recommends

Ez-Link card adalah kartu pembayaran untuk transportasi MRT dan bus kota selama di Singapura. buka aplikasi Traveloka kemudian pilih Xperience. pilih ‘transportasi’ lalu pilih ‘Singapore’. akan ada banyak tawaran pass untuk kereta dan bus. Pilih yang Kartu Ez-Link Singapura.
Setelah konfirmasi pembayaran kita akan mendapatkan kode voucher yang akan dikirimkan via email.

Cara Menukarkan Voucher

Cara penukarannya gampang. Setelah keluar dari imigrasi bandara Changi ambil ke kiri. di bagian depan ada counter Changi Recommends. Tunjukkan kode voucher dari email kita. Nanti akan ditukarkan dengan kartu Ez-Link. Kartu Ez-Link ini tidak perlu diregistrasi. Langsung bisa digunakan. Kemarin saya membeli dua kartu Ez-Link seharga 198.376 rupiah. Satu kartu Ez-Link di Traveloka Xperience senilai 98-an ribu. Sedangkan jika beli langsung di Singapura seharga $12. Lebih murah beli di Traveloka Xperience.

Cara Penggunaan

Masing-masing berisi $10. Saldo menetap $5 dan saldo yang bisa kita gunakan untuk membayar MRT/bus senilai $5. Jika saldo kita habis bisa kita top-up kembali di stasiun MRT. Di mana di setiap stasiun MRT ada mesin penjualan kartu otomatis yang berfungsi juga sebagai pembayaran top-up saldo Ez-Link. Ikuti aja petunjuknya di layar. Oia kalau malas bayar di mesin ini bisa juga top-up di gerai-gerai Seven-Eleven yang banyak tersebar di Singapura. Cara menggunakannya juga gampang tinggal di tap saja di pintu masuk stasiun yang kita tuju. Begitu saat keluar tap kan lagi kartu kita di mesin pintu masuk stasiun.

Nikmti Traveling Seru Bersama #XperienceSeru

Nah, gampang kan kalau mau blusukan ke Singapura. Dijamin liburan kita lancar jaya, insya Allah. Saya sih menyarankan beli ke-2 kartu tersebut via Traveloka. Karena sampai di Singapura kita tinggal nuker voucher aja di gerainya di bandara Changi. Dan harganya lebih murah beli via Traveloka daripada beli langsung di sana. Dijamin perjalanan kita bakalan tambah seru dengan #XperienceSeru dan menyesal tidak mencoba lebih banyak layanan dari Traveloka Xperience ini. Besok lagi mau mencoba atraksi, hiburan dan kursus & workshop di luar negeri dari #XperienceSeru nya Traveloka ini. aamiin.

Dan kalian para mamak, mau nyobain yang mana nih? Ayuk liburan, kerja mulu, kaya kagak, eh. Hahahaha.

74 komentar

1. wogh, bahkan utk sim card di negara Singapore pun bisa dibeli via traveloka xperience? Aduh asik banget! harganya bisa lebih murah pulak drpd beli langsung

BalasHapus
  2. Tadi lihat foto-fotonya di IG mak Irul. Eh, ke blog dapat cerita lengkapnya 😍 Bagus banget perpustakaannya. Coba banyak perpustakaan bagus kaya gitu di sini yaa

1. Mak dirimu pasti seneng banget masuk ke perpus ini. Kece banget

3. Buaguuuusss dan mantuuulll banget perpusnyaaaa
    aku mauk main ke Singapur bareng Travelokaaa
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

BalasHapus
  4. Masyaallah perpustakaannya kek gitu bagusnya, aku bisa ga pulang2 tuh mbak. Asli baru tau ada perpus sekece itu di singapore, jd pengen ke sana aku mbak huhuhu

5. Kece sih Mba tour antar perpustakaan gituu, jadi merasa gimana gitu udah ke ke3 tempat itu tapi belum pernah ke perpusnya. Nanti kalau ke sana mampirin ah :)

1. Kemarin mikirnya biasa aja perpusnya ternyata luar biasa

Hapus
  6. Yaa Allah...kerennyaaaaaa. Boleh mupeng gak sih, perpus sekece ini ada gitu di Bondowoso. Wkwkwk

BalasHapus
  7. Ya ampun, perpustakaannya bikin ngiler... Pengen nginep aja di sana boleh ga, hihihi...

8. Ya ampun perpustakaannya bikin betah ya, cakep banget lebih mirip toko buku desainnya. Anakku pasti bahagia banget disini

9. Ya Allaah mak Irul, itu perpustakaan Orchad Librarynya keren bangeeet... Duh kapan ya bisa kesampean kesanaa.
    Dan aku br tau lho kalo di Traveloka Xperience visa beli Singapore Ez-Link Card.

1. Dirimu kalo ke Orchard library pasti takjub banget

Hapus
  10. Wah waktu aku ke singapura aku pake kartu STP, gak pake ez link,dan harganya mayan hiks ^^ cpba waktu itu beli ez link di traveloka aja ya

BalasHapus
  11. O emji maaak, sumvaah diriku mupeng beraaat sama postingan ini, udah ditandai semua perpustakaannya! <3
    Sukaak informatif banget cara pembelian untuk sim card dan tiket mrt ini, berguna banget untuk yang pertama ke Singapura. Memang dah murce beli di Traveloka Xperience ini, saya sudah pernah beli tiket nonton sirkus, dpt diskon dong dan nggak ribet mesti antri.

12. Wow... paket komplit deh traveloka xperience. The best, pokonya. Semoga bisa ke Singapura, membantu banget mba infonya

BalasHapus
  13. Duh mbak, mupeng banget menjelajahi ketiga perpustakaan di Singapura itu mbak. Moga keturutan deh bisa ke sana lagi. Pernah ke Singapura, suamiku masuk office, jadi kapok dia

14. Keren banget perpusnya mak iruuuul. Aku pingin kesana juga kalau ke sg nanti. Pingin foto2 kalau ga ada waktu utk baca. Hahahaha

1. Masuk aja dulu ya mak, bacanya kemudian hahahahaha

Hapus
  15. MasyaAllah perpustakaan nya luar biasa banget mba, nyaman lagi. Dan yang bikin aku seneng di dalam mall juga tersedia perpustakaan.. Btw traveloka experience juga menjual SIMcard juga ya? Aku baru tau loh, memudah kan banget deh kalau mau liburan ke LN

Balasan
    1. Lebih murah beli via traveloka xperience sih harganya daripada beli di Singnya

16. Waakkaka~
    Kalimat terakhirnya nampol banget, kak..
    Iyaya...travelling itu harus...rus...rus!

Balasan
    1. Asik nongki di perpus itu mantengin buku-buku everywhre.
      Tapi kalo bukunya berbahasa asing, eeeemm...hiihii...kendala lagi.

2. Ayuuk liburan jangan nge drakor, eh kerja mulu #kaboooor

17. Kemarin juga niatnya jalan2 ke natuonality library, Mba. Soalnya baca review di blog lain ada playground dan kids corner. Tapi ga jadi, krn waktunya mepet banget.

Besok berarti klo ke sing beli ez link dr traveloka aja yaa. Murah.

BalasHapus
  18. wuih perpus ada 13 lantai? saya gak bakal pulang2. ngedon dari pagi sampai malam pokoknya, haha. kapan yaaa ke sana

1. Aku aja takjub pas naik eskalatornya, ini beneran perpus kan

Hapus
  19. aih keren banget deh ini perpustakaannya mba semoga ntar di Cimahi ada yang begitu :D btw eta yah kerja mulu kaya nggak kok ketawa yah :D

1. Aamiin, berharap perpus di Indonesia juga berbenah ya mak

Hapus
  20. Ya Allah ini yg terlupakan saat ke Singapura kemarin.. rencana pengen ke perpustakaan Singapura huhu..hrs diremed jalan2 ke Singapura nya nih..hehe..

BalasHapus
  21. Aku pernah ke national library...duluuu waktu masih sekolah disana. Belum sebagus sekarang. Kita bisa pinjem buku sebanyak2nya semampu kita baca. Ini kalo ke orchard library kayanya aku gak buat baca deh tapi foto2...siapa suruh bikin library kecakepan hahaha

1. Oh gitu ya, boleh pinjam buku sepuasnya nih kalo gitu

Hapus
  22. Traveloka xperience juga bisa kasih rekomendasi di luar Indonesia ya.. duh kemana aja ya saya.. selama ini taunya booking hotel aja.. tapi sekarang fiturnya udah semakain banyak dan dengan fitur traveloka Xperience ini jadi tambah seru yak.. aku ke SG belum pernah main ke perpustakaanya lho

1. Iya nih traveloka xperience tambah banyak pilihan

Hapus
  23. Perpustakaannay keren banget, ada kesan modern dan sangat bersih. Juga nyaman kayak di mal saja. Beda dengan perpustakaan yang biasa saya lihat secara langsung. Jadi pengen amin ke sana. tetapi belum tentu saya akan kuat baca bukunya, ha ha. Bisa kalap pengen abnyak baca buku tapi tak mungkin baac semua da teramat sangat menggoda.
    Saya suka konsep perpustakaan zaman sekaarng di Singapura, tempat ternyaman untuk ruang publik.
    Pakai Traveloka Xperience dimudahkan banget dalam perjalanan, ya.

1. Wah mbak dirimu kalo ke sini bakalan betah seharian

Hapus
  24. Adududu..keren banget perpustakaannya.. aduh saya bakalan betah kalau ke sana. TFS mba, jadi tahu ttg perpus2 keren ini..

BalasHapus
  25. Kalau ada ke Singapura kudu banget nih injak Perpustakaannya juga. Keren banget ya Perpustakaan di sana Mbak, saya liatnya aja jadi mupeng. Btw ternyata lewat Travelola Xperience kita juga bisa beli paket data untuk luar negeri udah gitu murah pula. Bener2 memudahkan perjalanan kita ya.

26. Lihat buku-bukunya bikin ngiler! Pengen bawa pulang, tapi banyak bahasa inggrisnya ya. Aku kan masij belajar

Itu kartu internet kalau di LN memang penting ya. Apalagi kalau dapatnya yang harga terjangkau kaya di Traveloka Xperience

BalasHapus
  27. Keren banget ya perputakaannya, instagramable gitu terus lantainya juga banyak ya sampai 13 gitu. Semoga secepatnya bisa ke Singapura juga. Amin.

28. Ini yang selalu kelewat kalau ke Singapura. Huhu. Mengunjungi perpustakaan-perpustakaannya. Padahal di sana itu lautan ilmu. Kudu nyediain waktu minimal 2 harian kalau saya mah. Nggak bisa cepat-cepat kalau udah di perpustakaan. Pasti mager dengan tumpukan buku di meja. Bakal kalap.

29. traveloka memang memudahkan yah, keren banget ada perpustakaan di dalam mall

1. Mallnya aja megah apalagi perpustakaan nya mak

Hapus
  30. Ya ampun aku ke Singapura kenapa nggak kepikiran untuk ke perpustakaan sekece gini? Smoga ada kesempatan lagi buat balik dan mampir ke sini

BalasHapus
  31. Suasana perpustakannya nyaman dan modern banget ya Mbak, langsung hilang kesan kutu bukunya. Berasa nongkrong di tempat kekinian saja, betul kata Mbak "instagramable".

32. mantul mbak Irul, aku belum pernah ke Singapure, malah ini jadi pengen ke perpustakaannya sana, mau nabung ah, ceki ceki dulu di travelokanya

33. Aku gak kepikiran mau ke perpustakaan pas ke Singapura, padahal keren-keren gini ya perpustakaannya apalagi kalo pascal llihta nih pasti dia juga mau ke sana. Itu Orchad Library keren banget mak Irul

BalasHapus
  34. mbak, ya ampun aku sampai takjub banget dengan perpustakaan di singapura. beneran keren pak banget. jadi pengen deh wisata perpustakaan khusus ke 3 perpustakaan ini ya, biar puas kelilingnya.

35. Wah keren banget mbak bisa ke Perpustakaan Singapura, memang kalau ada Traveloka Xperience makin mudah ya mbak, aku kaget itu murah banget 122 ribu dapat 100 GB wow, mau coba kalau jalan lagi mbak.

36. Duh keren karena sudah coba aplikasikan Traveloka Xperience langsung di Singapura
    Aku masih dalam tahap planning aja nih

BalasHapus
  37. konsep koran onlinenya keren tuh mba, jadi eco friendly, nggak perlu cetak banyak, edisi yang udah lewat pun kayaknya masih bisa dibaca ulang ya keren

38. Eheeuu itu perpusnya kok keren2 ya Mak? Pantesan temanku betah banget tinggal di Singapore. Dia bekerja sebagai interpreter dan hobinya baca. Surga banget buat orang yg hobi baca.

39. Unik perjalanannya ini. Aku beberapa kali ke Sing, tapi belum pernah pulak singgah ke perpusnya. *tutup muka cantik* Makasih rekomendasinya, Mak Irul. Salut sama pemerintah Sing yang memperhatikan kebutuhan membaca penduduknya.

BalasHapus
  40. Masya Allah indah banget perjalananya ya Mbk, ikut bangga deh dengan semua kisah di perpustakaannya. Betah deh di sana kalau aku hehe...keren deh Mak Irul.

41. Wah keren banget ya perpustakaannya. Kalau di Indonesia entah yang datang untuk membaca banyak atau tidak. Atau mungkin malah sengaja datang H
    Hanya untuk selfie :D

BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.