Pentingnya SSL Sertificate Untuk Keamanan Website



Sekitar 2 bulanan ini blog saya www.catatansiemak.com kena suspend Facebook dan instagram. Jadi sekarang sementara ini ga bisa share link blog di FB dan IG. Bahkan majang nama blog di profile aja ga bisa. Saya sih curiganya gara-gara terjadi duplikasi konten blog saya oleh sebuah website. Jadi dulu pernah diajak kerjasama oleh sebuah website. Dan dengan oon-nya saya mengiyakan. Sehingga setiap blog saya memposting artikel baru artikel tersebut juga akan muncul di website tersebut. Tadinya saya mikirnya itu bisa meningkatkan jumlah pageviews blog catatansiemak, eh ternyata ga gitu kerjanya. Yang ada adalah terjadi duplikasi konten. Dan otonmatis blog saya kalah sama website tersebut dan dianggap menduplikat website tersebut. Laaaah.



Sekarang sih logo dan kode html website tersebut sudah saya tarik dari blog tetapi tulisan saya yang di website sono tidak bisa dihapus. Karena saya harus log in ke website tersebut dan menghapus artikel saya secara manual. Dan masalahnya saya snediri ga bisa log in ke website tersebut. Nasib.

Kasus ini pelajaran yang sangat berharga nih buat blogger seperti saya. Karena ternyata penting banget menjaga keamanan blog kita. Selama ini saya pengguna SSL gratisan. Mikirnya “ ah buat apa bayar mahal kalau yang gratisan aja udah bagus”. Ternyata itu kurang tepat.


Bertepatan dengan ulang tahun ke-14 Qwords Indonesia me-launching layanan baru SSL Certificate yang bernama Gudang SSL. Dalam hal ini Qwords memfasilitasi para pengguna website termasuk para pengguna blog pribadi untuk mendapatkan Sertifikat Kemanan terbaik dan terhemat. Gudang SSL menyediakan berbagai pilihan SSL dari Certificate  Authority ternama dunia seperti: Globalsign, AlphaSSL, Entrust Datacard, Sectigo, RapidSSL, Symantec, dll dengan harga murah dan terjangkau.


SSL ( Secure Socket Layer) sendiri adalah teknologi keamanan standar untuk mengenkripsi data antara computer dan server. SSL memastikan semua data yang melewati computer ke server aman. Data akan tetap bersifat pribadi dan tidak terpisahkan sehingga aman dari kejaran cyber seperti hacking, phising dan malware.
Apa Pentingnya SSL Certificate Untuk Website
1.     SSL Certificate mampu melindungi data yang sensitive seperti username, password, informasi keuangan (ex: nomor kartu kredit, rekening bank), data pribadi, dsb dari pencurian dan peretasan data.
2.     SSL Certificate dapat meningkatkan kepercayaan pengunjung website kita nih. Visitor akan merasa aman mengunjungi website dan mengisi form data transaksi pembelian.
3.     Website yang telah memiliki SSL Certificate akan dinyatakan sebagai website yang aman oleh browser dan disukai oleh search engine sehingga bagus buat rangking website dan otomatis meningkatkan jumlah pengunjung juga.
Nah itu di atas adalah penjelasan sederhana kenapa kita harus menggunakan SSL Certificate. Paling gampang untuk mengecek apakah website tersebut sudah menggunakan SSL Certifacet adalah dengan mengamati alamat URLnya yakni penggunaan HTTPS dan juga terdapat icon gembok terkunci. Sebenarnya blog saya ini juga sudah https://catatansiemak.com tetapi saya menggunakan SSL gratisan. Bisa dibayangkan kan kehebatan SSL Certificate yang berbayar. Keren pastinya.
Nah saya menyarankan teman-teman menggunakan SSL Certificate dari Gudang SSL. Berikut beberapa alasan kenapa harus menggunakan Gudang SSL
1. Harga hemat, Gudang SSL lebih hemat 30% dibandingkan certificate authorithy lainnya.
2. Bekerja di semua browser. Produk SSL dari Gudang SSl dapat bekerja di lebih 99% mesin browser
3. Garansi 15 hari uang kembali. Qwords menjamin Garansi uang kembali dalam 15 hari jika pelanggan tidak puas.
4.   Kemudahan Pembayaran. Tersedia pembayaran yang memudahkan pelanggan yakni Virtual account. Sehingga ga perlu lagi nih moto-moto struk bukti transferan.sehingga pemesanan bisa lebih cepat diproses.
5. Security warranty. Keamanan data dan transaksi pelanggan terjamin dengan SSL.
6. Layanan 24 jam. Tim support Gudang SSL selalu siap 24 jam melalui live chat, support ticket dan call center.
7. Bantuan instalasi. Proses instalasi SSL certificate pada website dibantu oleh tim ahli Gudang SSL.
8. Gratis Reissue SSl: Gudang SSl memberikan layanan reissue SSL secara gratis apabila private Key SSL kita terhapus.
Nah itu sedikit cerita saya tentang pentingnya SSL Certificate dari Gudang SSL keluaran Qwords bagi website kita. Gimana? Tertarik pasang juga. 

14 komentar

  1. Mpo mau Tanya kalau ini bisa di pasang di blogspot atau khusus wordpress buat jaga jaga aja.ssl biaya setahun berapa ?

    BalasHapus
  2. Berati kalau ssl gratisan itu kurang aman dong ya? Kalau kita udah pasang ssl bisa ya pindah ke ssl punyanya qword yang sudah certificate.

    BalasHapus
  3. Blog saya nggak pernah saya instruksikan untuk dipasangi SSL, tapi tahu-tahu nemu aja bahwa blog saya udah https. Kayaknya hosting tempat saya bernaung itu yang kasih SSL gratis.

    BalasHapus
  4. Gudang SSL ini memang penting banget mbak untuk menjaga keamanan website kita, mungkin saya perlu berlajar banyak lagi untuk cara kerjanya. Btw ada diskon 30% boleh juga itu mbak.

    BalasHapus
  5. Saya juga pernah mba di banned FB dan IG, sekitar hampir 3 bulan lamanya. PH iya saya juga pernah double konten-konten gitu, tapi sudah saya hapus juga kodenya ternyata berpengaruh ya mba ke blog

    BalasHapus
  6. Aq baru tau banyak ttg Qwords nih, keren yah ada garansi 15 hari, aku jd pengen pindah hosting nih hahah tp yg pling pntg pelayanan SSLnya yg luar biasa!

    BalasHapus
  7. Ini solusi biar blog ttp aman ya..

    Klo aq dulu SSL nya dipasangin hostingnya

    BalasHapus
  8. Penting juga ya website harus di lindungi dengan SSL,kalo untuk biaya pasanganya berapaan mba dan setiap tahunnya juga harus di perpanjang juga ya

    BalasHapus
  9. Ini khusus wp kan ya, kak...?
    Qwords memberikan pelayanan terbaik agar website aman.

    BalasHapus
  10. Oh iya yang lambang gembok hijau itu ya.. Cuma memang belum terpikirkan sih mau pakai SSL ini baru bisa mengubah dari yang http ke https

    BalasHapus
  11. boleh juga tuh diskon 30%nya mb, tapi btw blogku tuh udah belum ya SSLnya? *auto-ngecek*

    BalasHapus
  12. Baru tahu perbedaan antara ssl gratisan dan yang berbayar. Berarti unguk mengenali ssl berbayar gampang banget ya Mbak. Tinggal liat saja selain pake https, apakah di urlnya ada tanda digembok atau tidak. Btw sejauh ini saya baru pake jasa layan qwords untuk domain saja

    BalasHapus
  13. Aku juga masih pake yang gratisan nih. Belum seberapa mudeng dengan penggunakannya soalnya, hehe. Ntr kalo ada seminar tentang ini aku mau ikutan, ah.

    BalasHapus
  14. Perlu banget nih dipelajari.
    Aku belum membuat SSL sertificate untuk keamanan blog aku.
    Kira-kira ada step by step nya gak ya.

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.