Meriahnya Lomba Kompetensi Siswa SMK 2019 Di Yogyakarta


Saya terkagum-kagum saat seorang anak SMK menggunting kain mengikuti pola. Wah keren. Apalagi saat karya anak-anak ini ditampilkan di catwalk. Desain karya mereka layak lo disebut busana. saya salut dengan anak SMK. Saya menyaksikan sendiri karya mereka yang dipajang di Jogja Expo Center sebagai rangkaian dari event Lomba Kompetensi Siswa SMK 2019 tingkat nasional yang ke-27 yang diadakan di Yogyakarta.



Bisa dibilang saya lebih prefer ke SMK deh kalau menyekolahkan anak. Karena anak-anak SMk menurut saya nih lebih siap menghadapi dunia kerja. Apalagi zaman digital kayak sekarang dinamika masyarakat tuh cepat banget. Makanya ga heran system pembelajaran online aja bertebaran. Nah, anak-anak SMk ini selain mendapat ilmu dari sekolah mereka bisa menambah keahlian dan kompetensinya mereka melalui online. Tak hanya disitu, jika mereka merasa membutuhkan ilmu yang lebih dalam lagi mereka bisa melanjutkan kuliah. Bayangin lulus sekolah bisa kerja terus kuliah lagi dengan biaya sendiri wah itu keren banget buat anak muda zaman now. Bisa dibilang mereka akan matang dengan perjuangan. Cieee bahasanya buuk.


Nah Lomba Kompetensi Siswa SMK 2019 ini merupakan salah satu ajang kompetensi untuk adek-adek SMK se-Indonesia. Tahun 2019 ini berpusat di kota Yogyakarta. Berlangsung dari tanggal 7 – 13 Juli 2019. Diikuti oleh 378 peserta dari 34 provinsi di Indonesia. Bidang yang dilombakan di LKS SMK 2019 ini adalah IT & Teknologi, otomotif, Pattiserie & Confectionery dan Restaurant Service. Wah keren ya. Semua bidang yang hari ini bakalan laku keras di bursa kerja dan pasar bisnis dunia.


Saya sendiri selain hadir opening ceremony yang diadakan di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta juga hadir di expo-nya di JEC. Opening Ceremonynya berlangsung megah dan meriah lo. Dan para pengisi acaranya juga anak-anak SMK. Menonton fashion show karya adek-adek SMK, melihat mereka berlaga di beberapa kompetensi seperti hair fashion, lomba tata busana, robotic, unit perkayuan dan juga ototmotif. Dan tak lupa saya juga belanja hasil karya  mereka. 




Saya menyempatkan mampir mencoba es rumput laut khas Maluku Utara. Membeli kerupuk cumi khas Kalimantan Utara. Membeli udang papay kriuk khas masyarakat Pangkalanbun. Juga berkeliling mencoba asesoris khas daerah masing-masing.


Dan senang melihat kemampuan anak-anak SMK ini. Mereka terlihat terampil dan percaya diri dengan keahliannya. Nampak mereka menguasa betul apa yang mereka kerjakan. Bahkan saat melakukan uji kompetensi mereka terlihat serius dan konsentrasi padahal di sekelilingnya banyak penonton dan juga para rekan-rekan media.


Dan tanggal 13 Juli kemarin selain penutupan juga diumumkan para juara ajang LKS SMK 2019 ini. Dan juara umumnya diperoleh oleh teman-teman dari provinsi Jawa Tengah. Congratulation Jawa Tengah. Dan selamat juga untuk para peserta. Kalian semua adalah pemenang. Jangan berhenti belajar. Terus tingkatkan kemampuan. SMK BISA!



Untuk informasi event dunia pendidikan jangn lupa mampir di akun Dikdasmen RI           Twitter: https://twitter.com/DikdasmenDikbudI
 Instagram: https://www.instagram.com/dikdasmen_kemdikbud/


16 komentar

  1. Iya ya bun, kalau lulusan SMK itu siap kerja. Mereka bisa kuliah lagi dengan biaya sendiri. Itu lebih luar biasa lagi. Oh iya enak banget kayanya tu makanan khas daerahnya. Aku belum pernah coba semuanya.hehe

    BalasHapus
  2. jadi nyesel, sayang sekali saya gak bs hadir ke Jogja Expo Center dan melihat langsung bagaimana karya dari anak2 berprestasi kita. jaman now lulusan SMK memang jd incaran. skillnya terasah dan bisa berkarya sendiri. keren yak

    BalasHapus
  3. Siswa SMK memang diharapkan untuk memiliki karya yang bisa diterapkan dalam bekerja

    BalasHapus
  4. Waah makin kreatif ya anak - anak SMK, semoga makin banyak juga kegiatan pengembangan diri atau kompetisi lainnya jadi SMK makin semangat dan makin banyak karya yg dihasilkan

    BalasHapus
  5. ak rindu Jogjaa dan kemarin liburan pada akhirnya ga kemana-mana setelah k Semarang pun gagal. Ternyta d Jogja Expo lagi ada kegiatan seru-seruan sama seluruh siswa SMK ya, makin banyak skill dan pertemanan mereka ya

    BalasHapus
  6. Restauran service masuk dalam perlombaan bisa jadi modal dasar mereka ya siapa tahu mau buka usaha resto ke depannya

    BalasHapus
  7. Kayaknya kalau lihat hasil karya mereka, begitu lulus bikin UKM sendiri pun akan bisa, ya? Keren-keren banget hasilnya

    BalasHapus
  8. Dulu Aku ga terlalu tertarik dengan SMK,tapi sejak tau produk produk kece Dr anak anak SMK, merasa takjub Dan appreciated Sama mereka.

    BalasHapus
  9. Suamiku lulusan SMK dulu dan aku gak keberatan kalau misal anak2 mau meniru jejak ayahnya.
    Zaman skrng emang lulusan SMK terbukti bisa bersaing dan siap kerja ya mbak. Kyk lomba2 kompetensi ini misalnya, kita jg akan tau mereka siap bersaing. Kalau mau kuliah pun gampang, tinggal bimbel aja misalnya.

    BalasHapus
  10. wooow ini keren amat sih mbak, aku salut sama kreatifitas anak2 sekarang

    BalasHapus
  11. Kreasi mereka keren, ya, Mbak. Murid SMK pun enggak kalah berpotensi dari murid SMU lainnya. Senang, ya bisa ikut hadir langsung di acara seperti ini.

    BalasHapus
  12. Bagus ya ini memberdayakan anak-anak SMK juga jadi sudah memberikan semangat dan jiwa enterpreneur dari sekarang. Apalagi membangun produk lokal itu sangat penting menurutku.

    BalasHapus
  13. Wah lihat postingan ini jadi inget waktu jaman aku SMK dulu. Dulu kami juga ikut kompetensi juga. Karena aku anak bangunan jadi bikin gambar bangunan dan ada juga yang bikin jembatan di sekolah

    BalasHapus
  14. Biasanya anak-anak SMK kreatif-kreatif banget ya Mba.
    Selamat ya buat yang menang lomba kreatifitasnya.

    BalasHapus
  15. Wiwin | pratiwanggini.net21/7/19

    Iya mba, sekolah yang langsung menjurus memang di SMK. Sisi positifnya, mereka lebih siap terjun ke dunia kerja/wirausaha sejak lulus sekolah.

    BalasHapus
  16. Anak-anak SMK ini kreatif-kreatif kok ya dan mereka bisa langsung kerja karena semangat dan dan inovatif. Apalagi ada kompetisi kayak gini. Bisa memacu semangat mereka.

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.