Stimulasi Motorik Untuk Usia 3-5 Tahun Dalam Sebulan



Yuuk 30 Hari Mencari Cinta

"Aku sayang umi" itu kata Miqdad sambil mencium saya. Dalam sehari bisa berkali-kali dia mencium saya. Dan saya juga begitu. Rasanya ingin anak ini selalu bisa dicium. Dulu masih bayi eh sekarang sudah pinter cerita. Dulu masih bolak-balik tengkurap eh sekarang sudah ke sana kemari main sendiri. Dan saya akui membesarkan anak-anak tidak cukup hanya dengan cinta. Tapi juga bantu mereka dengan memberi stimulasi terbaik.


Stimulasi pada anak sangat penting terutama pada masa-masa emas dan usia dini. Beberapa literatur sih bilang usia dini itu 0-6 tahun. Dan masa emas itu mulai 0-3 tahun. Apa saja yang distimulasi? Menurut pendapat para ahli tumbuh kembang anak di infodokter.com. ada beberapa aspek yang harus diberi stimulasi. Ada empat aspek dasar kemampuan anak yang perlu diberi stimulasi:

1. Kemampuan gerak kasar, misalnya nih ya: berguling, tengkurap, merangkak, dan berjalan.

2. Kemampuan gerak halus, antara lain: menjimpit butiran mainan atau makanan kecil, menulis, mewarnai, dan menggunting.
3. Kemampuan berbicara dan berbahasa, ini termasuk: menanggapi perintah, mampu mengungkapkan keinginannya secara sederhana dan juga merespon suara termasuk di dalamnya lo.  Meskipun misalnya bicara si kecil belum jelas tetapi dia sudah belajar dengan baik untuk mengungkapkan keinginannya
4.  Dan kemampuan bersosialisasi dan kemandirian, itu termasuk bisa diajak berbincang-bincang atau mengajak teman sebayanya bermain, mau bergantian permainan dan juga mandiri makan sendiri.


Stimulasi Sebaiknya Dilakukan Orang Terdekat


Dan siapa sih yang sebaiknya memberi stimulasi ini. Ternyata oh ternyata para ahli memberi saran bahwa orangtua-lah yang sebaiknya memberi stimulasi pada anak. Karena kedekatan secara genetis, emosional dan juga tradisi dan kebiasaan keluarga. Wah keren ya. Hayuuk ibu-ibu kita rangsang sikecil.
Keluarga kami adalah keluarga homeschooling mandiri. Sehingga stimulasi pada anak-anak dari yang sulung sampai yang bungsu saya lakukan bersama suami dan juga keluarga terdekat. Dan dengan peralatan yang ga mewah-mewah banget. Bahkan seringnya tuh dengan bahan yang ada di sekitar kami aja. Makanya saya suka banget ngumpulin kardus-kardus bekas, plastik-plastik sisa bungkus makanan, kertas bekas yang udah ga kepake, kaleng-kaleng bekas susu dan makanan, dan masih banyak lagi.
Bahkan stimulasi yang kami berikan ke Miqdad (3 tahun) itu banyak yang warisan dari abang-abangnya dulu. Bahkan abang-abangnya ikut menstimulasi Miqdad tanpa mereka merasa ikut menstimulasi. Asyik aja main bareng.
Nah, saya mau sharing nih beberapa stimulasi yang bisa diberikan dalam sebulan. Kita bagi dalam empat pekan ya. Tiap pekan jadwal stimulasinya ganti materi. Kan asyik tuh ibu-ibu. Jadi ibu-ibu yang mau bikin jadwal hariannya juga gampang. Cukup lakukan satu saja permainan per-hari tetapi konsisten ya bu. Sesuaikan dengan kebutuhan anak dan lingkungan ya bu. Utamakan proses bukan hasil. Setiap anak istimewa dan mereka akan menemukan pola mereka sendiri. 

Memulai Stimulasi Dengan Doa Dan Bercerita


Kami sendiri selalu memulai hari kami dengan mengajarkan anak-anak salat dhuha. Jadi anak-anak belajar bacaan dan gerakan salat. Itu membantu banget menstimulasi motorik kasar dan motorik halus si Miqdad. Meskipun kerjaannya Miqdad bagian tengkurap dan menungging aja, hehehehehe. Tapi dia belajar untuk tertib dalam salatnya. Miqdad juga belajar mengucapkan doa dan menstimulasi kemampuannya berbicara. Ada sesi bercerita dan membaca nyaring juga.
Pekan Pertama
Pekan pertama sebaiknya di-isi dengan hal-hal ringan dan dasar dulu. Apa sih hal-hal dasar di keluarga kami. Yakni menjaga kebersihan dan berkaitan dengan bersuci untuk salat. Dan itu identik dengan air, tanah dan waktu siang malam
1.     Bintang-Matahari
Karton hitam-putih-oranye-biru. Gunting bentuk bintang, bulan, matahari. beri double tip di belakang benda langit. Ajari anak menempelkan benda langit sesuai waktunya (siang atau malam). 


2.     Bikin es batu warna-warni
air, wadah es batu aneka bentuk, pewarna makanan. Buat es batu dan beri warna sesuai selera.
Tunggu sampai beku

3.     Mewarnai sawi
sawi putih, pewarna makanan, dan air. siapkan tiga gelas air, beri setiap gelas air warna yang berbeda.
 Rendam sawi putih di dalam gelas. Ajak anak mengamati perubahan warna yang terjadi

4.     Main lilin yuuk!
membuat aneka bentuk menggunakan lilin warna-warni.
Ajari anak membentuk bulatan, tabung, kubus, melinting, dsb.

5.     Mewarnai dan membentuk pasir warna-warni
pasir sintetis, pewarna makanan. Ajak anak mewarnai pasir.
Dan bentuk sesuka hati. Biarkan mereka merasakan tekstur pasir.

6.     Pasang tali sepatu sendiri

gunting karton berbentuk sepatu, beri lubang untuk talinya.
Ajak anak memasang tali sepatu mereka sendiri





  
Pekan Kedua
Bentuk dan warna adalah hal yang disukai anak-anak. Dan itu gampang banget ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Miqdad seneng banget kalau diajak mengenal bentuk. Menata, mengurutkan, memilih benda berdasarkan warnanya, memisahkan, dan menyentuh banyak benda sangat membantu motorik halus dan motoric kasar si kecil. Caranya macem-macem. Berikut contohnya untuk seminggu


1.     Lompat kertas warna-warni

kertas warna-warni ditempel di lantai. Biarkan anak melompat sesuai warna kesukaannya.

2.     Mewarnai stik es krim
sediakan stik es krim dan pensil warna. Berkreasi yuuk!


3.     Bikin ulat yuuk
kain flanel potong bulat sebesar koin beri lubang tengahnya, tali kur dan kancing baju.
Biarkan anak memasukkan tali kur ke dalam flanel seperti memasang kancing baju.

4.     Membuat mozaikku sendiri

gambari kertas sesuka hati, beri potongan kertas warna-warni dan lem kertas. 

5.     Mencocokkan jepit warna-warni

sediakan kardus bentuk bagi empat warna, beri warna yang berbeda. Dan sediakan jepit baju warna-warni. Biar anak mencocokkan penjepitnya.

6.     Bentuk geometri di lantai rumah

gambari lantai bentuk geometri dengan selotip hitam besar. Beri tahu mereka nama-nama bentuk geometri tersebut.
 Biarkan berhari-hari di rumah.

7.       Kalung untuk ibu

sedotan warna-warni yang dipotong 2 cm dan tali kur. Biarkan anak meronce kalung untuk ibu tercinta.





Pekan Ketiga
Abangnya Miqdad itu ada yang suka banget sama angka. Pokoknya tergila-gila sama angka. Di mana ada angka di situ dia betah.
1.     Parkir mobil
buatkan parkiran mobil dari kardus bekas, beri angka di mobil dan kotak parkiran.
biarkan anak mencocokkan angka kotak parkir dan mobilnya.


2.     Angka flannel


3.     Bentuk dan angka flannel


4.     Mencocoki jumlah buah di pohon


5.     Antri yuuuk

Kesukaan Miqdad nih. Mobilnya antri sesuai angka.

6.     Beri angka mobilmu
semua mobil Miqdad diberi angka lo :)


7.     Membuat Puzzle Yuuk

sediakan kardus bekas bisa digambari bisa juga kardus bergambar. Potong sesuai selera,
 biar anak menyusun puzzlenya



Pekan Keempat
Alam dan Lingkungan adalah sumber belajar yang ga pernah habis. Di manapun kita tinggal pasti kita punya sumber pelajaran yang berharga. Alam dan lingkungan itu semacam kertas putih yang bisa kita ‘gambari’ apa aja sebagai tabungan pengetahuan untuk anak-anak di masa depan.
          1.     Sembunyi-sembunyian


2.     Telepon kaleng
favorit anak-anak di rumah

3.     Main hujan


4.     Menanam

5.     Membuat marakas sendiri yuuk (alat musik dari botol isi biji2-an)


6.     Belajar tentang hujan yuuk




7.     Meronce Manik
Ini untuk anak yang sudah agak besar. Meronce manik-manik hias










Penuhi Nutrisinya


Sudah diberi stimulasi jangan lupa dengan nutrisinya ya bu. Biasanya anak-anak kalau habis main pasti laper. Padahal mungkin acara bermain sambil belajar mereka sudah selesai tapi waktu makan besarnya masih jauh. Saya biasanya ngasih cemilan dan diusahakan betul adalah cemilan sehat.
Jika tidak sempat membuat sendiri saya mengusahakan membeli cemilan anak yang sehat dan saya awasi betul komposisi dan kehalalannya. Harus ada label halal dan komposisinya memang ditujukan untuk bayi dan balita.


Biscuit bayi Monde Boromon adalah salah satu pilihan cemilan sehat. Monde Boromon adalah salah satu produk dari pemilik brand Monde. Pembuat biscuit terkenal sepanjang masa. Dan Monde Boromon ini adalah biscuit yang dikhususkan untuk anak usia 1-5 tahun. Kenapa pilih Monde Boromon sih?

1.     Gluten free
Terbuat dari pati kentang dan dilengkapi dengan madu sebagai pemanis. Kebayangkan enaknya. Orang dewasa aja doyan apalagi anak-anak. Kayaknya mindset bahwa makanan anak itu biasanya ‘Gak Enak’ itu harus diubah deh. Hahahahaha.
2.     Dilengkapi dengan DHA
DHA adalah kependekan dari docosahexaenoic acid, asam lemak yang termasuk dalam kelompok Omega-3. Komposisi otak terdiri dari lemak yang sekitar seperempatnya dihasilkan oleh DHA. ... Ini adalah nutrisi utama yang membantu otak berfungsi. DHA juga penting untuk perkembangan fungsi mata dan sistem saraf yang sempurna. (Wikipedia).
Nah lo, betapa pentingnya DHA bagi tumbuh kembang anak. Jarang-jarang ada biskuit anak yang dilengkapi dengan DHA.

3.     Membantu stimulasi motorik si kecil
Bentuknya bulat, mudah dijimpit dan digenggam. Memabntu motoric halus dan motoric kasar si kecil. Sikecil akan belajar menjimpit karena menjimpit adalah salah satu keahlian yang harus dikuasai anak-anak.
Selain itu cookies ini langsung lumer di lidah saat terkena air liur jadi menstimulasi dengan baik lidah si kecil. Dan ga membuat tersedak juga. Aman untuk diberikan pada anak-anak.

4.     Mudah ditemukan dan harganya terjangkau
Bisa dibeli di minimarket  dan supermarket di banyak kota di Indonesia. Selain itu untuk ukuran biscuit bayi Monde Boromon Cookies ini harganya masuk akal. Ga mahal banget. Satu kotak isi 6 pack dengan berat @60 gram harganya cuma 12.500 saja. Bahkan sering ada promo dan harganya di bawah itu.

5.     Sudah mendapat sertifikasi halal dari MUI
Saya dan suami termasuk ketat untuk masalah kehalalan produk. Jaminan sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia membuat para orangtua lebih tenang saat memberi cookies ini anak-anak mereka.

Nah itu yang bisa dilakukan ibu-ibu di rumah dalam menstimulasi si kecil juga menecukupi nutrisi mereka. Harapannya sih dengan kasih sayang berlimpah, stimulasi yang tepat dan nutrisi yang seimbang anak-anak akan tumbuh sehat, cerdas dan mampu memberi manfaat bagi lingkungannya dan juga masyarakat dunia. Aamiin.
Sampai jumpa lagi stimulasi lainnya ya ibu-ibu. Pantengin terus blog www.catatansiemak.com saya berjanji nih bagi-bagi stimulasi-stimulasi untuk anak yang sudah kami coba di rumah.

47 komentar

  1. Maa syaa Allah
    Beruntung mereka punya bunda kreatiff

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua ibu hebat mbak dengan caranya sendiri insya Allah

      Hapus
  2. Seruuuu bangeeett mbaa.
    Kreatif banget bundanya.
    Saya maah malah diajarin anak hal2 kreatif kayak gini hahaha. Monde Boromon Cookies jadi andalan saya buat melatih motorik anak, praktis, cukup ngemil bareng, membiarkan anak makan sendiri udah melatik motoriknya.
    Bayi senang, emak juga waras dan bahagia hahaha.
    Thanks deh buat Boromon :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mbak, kalau bayi seneng dan ibu waras bahagia

      Hapus
  3. Kok sama ya kita, aku juga suka ngumpulin barang bekas buat alat mainnya Aqla, haha. Permainan diatas yang Aqla masih agak kesulitan itu meronce sama nali tali sepatu, g sabar si Aqla.. Kl g berhasil2 dia lempar mainan ya, wkwkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Miqdad juga masih kurang telaten masang tali sepatu

      Hapus
  4. Bagus banget ya Boromon Cookies ini, bisa mencerdaskan anak karena kandungan gizinya yang lengkap.
    Pengen cobain ke anakku ah, semoga aja dia suka.

    BalasHapus
  5. Stimulasi buat anak memang penting, karena itu yang akan membentuk karakter dia ke depan.
    Stimulasi positif akan menjadi basic yang poaposi pula ke depan

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mbak, makanya di rumah saya usahain bener banyak kegiatan yg dikerjakan bareng

      Hapus
  6. Mbak Iruuuuul.. aku save ya linknya. Kreatif banget sih Mbak, dalam 30 hari bisa beda-beda gitu tugasnya. Aku biasanya kreatif cuma beberapa hari aja, selebihnya kayak mandeg idenya T_T

    BalasHapus
  7. Mba kreatif banget. Aku baru tahu nih ada kreasi sawi bisa berubah-ubah warnanya seperti itu. Hehhee.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake bunga lili atau mawar putih juga bisa mbak Alida tapi lebih lama dan bunganya lebih mahal hahahaha

      Hapus
  8. Wah lengkap banget. Ada beberapa yang belum kucoba. Coba ah di rumah .Dulu anak pertama aku serajin itu, kenapa anak kedua ga rajin ya? Hmm

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahahaha tanyakan pada rumput tetangga

      Hapus
  9. Wah keren banget kak Irul ,,sungguh mama yang kreatif ya anak-anak pasti bangga punya mama seperti kamu kak. Btw boromon ini emang enak sih orang dewasa juga suka sama cemilan ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh aku aja suka sama Monde Boromon ini

      Hapus
  10. Stimulasinya oke banget dan bisa juga nih dipraktekin kalau aku udah punya anak bayi. Aku masih PR soal bercerita sama anak. Gak biasa ngedongeng

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku biasanya malah cuman cerita kejadian sehari-hari yang dialami aja dan itu biasanya rame banget anak2 nanggapinya

      Hapus
  11. Jadi teringat sama keponakan aku. Btw, Monde Boromon Cookies ini ternyata murah dan terjangkau sekali harganya. Saya kira harganya mahal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya terhitung murah padahal biskuit bayi

      Hapus
  12. Mbaaaa keren deh sempet bangt bikin bnyk kreativitas bareng anaK2 salut akuh, sehat2 semua .. Blum coba mondeboromon aku br mau beli buat anak2 d rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, mb Utie di toko udah banyak yg jual

      Hapus
  13. Si Kakak udah belajar meronce di sekolah, udah beberapa kali bawa pulang hasil kreasinya di sekolah. Ada rasa bangga dan senang melihatnya berhasil menyelesaikan tugas :)
    Anak-anak emang harus dilatih motoriknya biar lancar ya Mbak. Jangan lupa juga siapin cemilan sehat saat mereka belajar sambil bermain. Duuh itu ide mainannya jadi pengen besok main bareng anak-anak mumpung libur ini. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. si Miqdad masih susah meronce, masih bisa kalau meronce sedotan tapi kalau udah manik2 belum bisa

      Hapus
  14. Masa di mana anak-anak masih harus distimulasi motorik halus dan kasarnya juga menjadi moment untuk semakin meningkatkan bonding ibu dan anak ya, Mak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mbak, main bareng itu memperkuat ikatan emosional

      Hapus
  15. Wah, makasih banget sharing stimulasinya mba. Izin buat di contek ya. Selama ini cuma ngebiarin si kecil main sesukanya aja. Dulu pernah bikin jadwal main, tapi sayangnya nggak konsisten. Mau mencoba memulai lagi nih.

    BalasHapus
  16. Buanyaakk sekalii mbak kegiatannya... Keren bisa terkonsep begini setiap pekan ada kegiatan beda2

    BalasHapus
  17. Aku juga sering stok boromon cookies buat ngemil bareng anak2 sambil baca buku atau gambar, enaak..

    BalasHapus
  18. Mbak kepengen banget seperti itu, kegiantannya keren banget buat anak-abak ibu hebat

    BalasHapus
  19. So sweet banget liat fotonya yang pertama. ��
    Aku jadi punya banyak referensi nih Mak buat menstimulasi gerak motorik anak.

    BalasHapus
  20. MasyaAllah anak-anak yang cerdas dan sholeh.
    Semoga sehat-sehat terus ya adek-adekku sayang, bundanya juga.
    Aduh biskuit boromon ini emang juara buat anak-anak karena membantu gerak mootoriknya.

    BalasHapus
  21. Waah seru banget nih permainannya, mak iru kreatif banget ya hingga banyak stok permainan yang bisa menstimulasi anak-anak, boromon cookies kayaknya enak, nih

    BalasHapus
  22. Super creative mbaa.. dan kalau kita mau memang banyak sekali kegiatan yang sejak awal membantu mengembangkan motorik anak-anak ya mba. Sholat adalah latihan terbaik menurutku

    BalasHapus
  23. Lengkaap...
    Seru bangeet, mba.

    Ijin ATM yaa...mba.
    (Amati Tiru dan Modifikasi)

    BalasHapus
  24. Aku dulu cuek sama motorik halus ini. Tapi begitu anak kedua di TK, dan dia susah banget nulis rapi, melipat, menggunting, meronce, dll, aku baru nyadar. Motorik halus ternyata penting banget. Sekarang, di anak ke3 dan ke4, jadi sering main2 yang merangsang perkembangan motorik halus.

    BalasHapus
  25. Aku percaya satu pelukan dan ciuman dari ibu bakal membuat anak bahagia sepanjang hari

    BalasHapus
  26. Luar biasa nih umi Miqdad, super kreatif. Aku dulu kok ga kepikiran bikin aneka mainan gitu ya buat anakku waktu kecil hahahaa... emak sibuk sendiri. Pantesan nih anak-anaknya emak Miqdad pada kreatif semua.

    BalasHapus
  27. Nggak hanya mengandung nutrisi bagus, tapi juga gluten free ya. Boleh dikonsumsi untuk semua anak, bahkan anak berkebutuhan khusus nih

    BalasHapus
  28. Mba, stimulasinya seru dan kreatif. Konsisten lagi. Ikutaaaan ah :)

    BalasHapus
  29. Wah asyiiik inspirasi mainan sebulan penuh xD bisa jadi referensi

    BalasHapus
  30. Aku baru tahu lho ada Boromon Cookies. Hahaha. Faktor karena belum punya anak wkwkwkw. Tapi lumayan bt nambah2 pengenalan sama makanan bt anak2 heheeh

    BalasHapus
  31. Wow banyak ya mainnya di rumah. Itu sayur sawinya nanti dimasak gak setelah direndam pewarna?

    BalasHapus
  32. Wah kreatif. Stimulasi motorik gak perlu peralatan mahal tapi kita bisa bikin sendiri dengan memanfaatkan yang ada di rumah ya mbak? Bahkan biskuit boromon jg bisa dipakai melatih tangan anak :D

    BalasHapus
  33. Simple yaa Bun. Ini ga cuma anaknya tapi ibunya juga takjub, terutama di bagian sawi yang berubah warna 😅

    BalasHapus