Embung Salakan Potorono, Yogyakarta





Sebenarnya saya udah ngerti tentang Embung Potorono ini udah agak lama sih. Sekitar awal tahun 2018 kemarin. Tetapi baru hari ini bisa main ke sana. Piknik ke Embung Potorono ini sebagai penebusan rasa bersalah atas keterlambatan piknik ke si Embung ini. Lah wong Pleret kok ya baru main ke ke situ lo. Hahahahaha.


Akhirnya tadi pagi kami nyempetin main ke Embung Potorono berombongan sambil bawa bocah-bocah. Cuman sangu air putih di tumbler sama biscuit Julies. Dan tak lupa nenteng kamera DSLR yang batrenya baru aja diisi full. Kyaaaa, niat banget.

Wisata Embung Salakan Potorono

Salakan, Potorono, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55196
0857-4399-9357
https://goo.gl/maps/F2KeConpA172


Embung Potorono terletak di dusun Salakan, Potorono, Banguntapan, Bantul Yogyakarta. Bisa di cek di google maps dan akan mudah ditemukan. Tidak terlalu jauh sebenarnya dari perempatan Ring Road Kota Gedhe dan Jl. Wonosari.

Untuk Jogging dan Jalan santai Warga


Buat saya dan keluarga Embung Potorono ini tujuan wisata yang nyaman dan menghibur untuk keluarga. Pilihannya bisa pagi hari atau sore hari. Disediakan trap khusus jalan kaki dan jogging. Embungnya juga dipagari meskipun anak-anak tetap harus dalam pengawasan orang tua. Di sekeliling Embung juga ada beberapa penjual makanan ringan sampai rumah makan.


Kita bisa berjalan kaki, jogging, memberi makan ikan karena di telaga diisi oleh ribuan ikan, jajan makanan ringan yang dijual di pinggiran Embung. Kalau pagi dan sore hari udara tidak terlalu panas. Ada space juga buat berfoto cantik untuk dipajang di instagram. Meskipun menurut saya kalau bisa nyari angle yang pas bisa dapat foto cantik banget. Hahahaha. Oia di pinggiran Embung juga disediakan kursi taman dan gazebo-gazebo kayu yang bisa untuk istirahat keluarga.


Jadilah Wisatawan yang Cerdas
Meskipun banyak tempat sampah yang disediakan oleh warga dan aparat desa masih ada beberapa sampah yang dibuang sembarangan. Sedih banget. Bahkan saya sempat menjumput beberapa punting rokok yang jatuh di tepian semen Embung. Sepertinya memang sengaja mau dibuang ke telaga. Duuh, kasihan ikannya. Kadang-kadang ada rasa kesal saat melihat tempat wisata di Bantul yang mulai marak karena semakin ramai tempat wisatanya semakin banyak juga sampah yang bertebaran. Masyarakat kita harus lebih sering nih diedukasi untuk membuang sampah dengan benar. Saya selalu takjub jika bepergian ke Negara-negara maju bukan pada hebatnya mereka membangun kota tetapi pada attitude mereka dalam membuang sampah. Coba aja kalau berani buang sampah sembarangan di pinggiran Sungai di sekitar Merlion, Singapura, bisa langsung didenda belasan juta rupiah. Apa perlu kita membuat sanksi seberat itu untuk menjadi Negara maju?. Hanya kita yang bisa menjawab.
Sudah saatnya kita jadi traveler yang cerdas. Datang ke suatu objek wisata bantu mereka dengan mengabarkannya pada khalayak dan ikutserta menjaga kebersihan dan keasrian alamnya. 

Sedikit Saran
Saran saya sih mungkin bisa ditambah dengan space khusus playground untuk anak-anak yang bisa diisi dengan ayuna, perosotan dan bak pasir. Dan jika memungkinkan diisi dengan perahu bebek-bebekan tapi jangan terlalu banyak. Tanaman perindangnya juga kalau bisa diperbanyak. Pasti tambah asyik untuk wisata keluarga. Jika memungkinkan tarik biaya parkir plus biaya sewa gazebo. Sehingga dana itu bisa membantu pengelolaan Embung Potorono.


Semoga tempat-tempat wisata di Jogja semakin bagus pengelolaannya dan semoga juga warga Jogja semakin cerdas dalam mengelola sampah. Ya Jogja Pancen Istimewa.

30 komentar

  1. Aku sering bolak balik situ...dan belum sempat bener2 piknik. tapi puaslah...sudah turut menikmati. Kalau diperbanyak space playground dan ada bebek2 an di embung, bisa gak mau pulang anak saya, Mak. Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi dekat rumah makNung jadi anak2 ga mau pulang ga masalah sih hahahahaha

      Hapus
  2. Jogja ternyata sekarang banyak tempat istimewanya ya, nggak cuma malioboro aja hihi.
    Aku suka tuh spot lope2 nyaaaaa, cantik banget sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbLi, sekarang banyak tempat wisata alam di Jogja yang bagus2 lo

      Hapus
  3. Waw jadi keingat pantai Seruni suasananya 😊

    BalasHapus
  4. waah, ini mah pegunjung yang disukai sama pengelola tempat wisata karena memberi saram-saran membangun, seoga tempatnya jadi lebih oke lagi ya, dan semakin banyak dikunjungi

    BalasHapus
  5. Jogja semakin mempesona yaa, jadi pengen secepatnya bisa kembali berkunjung di kota ini :)

    BalasHapus
  6. Sore hari menikmati hari di Embung ini kayaknya pas banget. Apalagi sama anak ya mba. Yap setuju banget untuk buang sampahbdi tempatnya jika ke tempat wisata kece kayak gini.

    BalasHapus
  7. Itu waduk atau sungai ya mba untuk HTM berapa, jogja nggak pernah membosankan ya

    BalasHapus
  8. Tempat wisata di semua daerah memang harus bisa mengelola sampah dg baik. Dan kita sebagai pengunjung juga wajib bantu dg buang sampah pada tempatnya. Aku kalau gak nemu tempat sampah ya simpen di tas

    BalasHapus
  9. kalau saya sih yakin warga jogja udah banyak yang mau ngejaga kebersihan pariwisatanya ini, saya ke jogja dan jalan2 juga ke tempat2 wisata lain , bersih alhamdulillah bikin senang
    lain kali kalau ke sana lagi mau mampir ke taman ini ah

    BalasHapus
  10. jaman kuliah di jogja sering banget main ke embung buat jogging sore sama temen temen kosan hehe baru tau di bantul ada embung juga dulu saya tinggal di jakal.. jadi kangen jogja ih hihi

    BalasHapus
  11. Sambil bawa tikar dan rantangan ke sini enak kali ya mak? Udah kenyang baru pepotoan :))

    BalasHapus
  12. Eh..apakah ini lokawisata baru ya? Saya kok baru denger? Hihi..mungkin akunya saja yg kuper..hihi..
    Suatu saat pas ke Jogja pengen juga main ke sini ah..pepotoan..hehe..

    BalasHapus
  13. Wuuiih, Jogja ternyata banyak memiliki daerah wisata indah, ya. Saran yg jitu juga agar ada arena spesial anak2 biar wisata ini bisa dirasakan benar-benar sebagai wisata keluarga dengan adanya sarana utk anak2 yg memadai.

    BalasHapus
  14. Memang jika emak2 yang piknik yang utama dicari adalah playground dan tempat main anak yang nyaman ya mba. Hehehe

    BalasHapus
  15. Cakep tempatnya mba. Dan aku kalua dekat air begini sukaaaa banget karena adem

    BalasHapus
  16. Tempat yang hijau asri memang mudah mencuri hati.
    Apalagi kalau pergi bersama kesayangan hati.
    Selfie/wefie di sana dan di sini.
    Waktu terasa bergulir begitu cepat, itu pasti!

    BalasHapus
  17. Tempatnya asyik buat piknik.
    Aku juga kesel sama org2 yang ringn buang sampah sembarangan. Smg mereka lekas sadaar.

    BalasHapus
  18. Kereeen ya Mbak, masih alami banget itu.
    Kolamnya luaaas. Itu ada ribuan ikan, bisa utk mancing juga kah sekalian? :D

    Suka gemeess lihat orang yg nyampah, apalagi klo banyak tempat sampah yg sdh disediakan. Duuuh. Mereka gak mikir yaah, hufftt.

    BalasHapus
  19. Jogjaaa~
    Kapan ku main ke kota ini lagi yaa...?
    Kota yang ramah, selalu ada yang baru dan pasti harus dicoba.
    Dari mulai kulinernya hingga wisatanya.


    BalasHapus
  20. Makin ga sabar mau ke Jogja jalan-jalan.
    Wisatanya banyak yang sudah dieksplor dan baru.

    BalasHapus
  21. Aku baru denger tentang Embung Potorono ini. Taman baru ya, Mba?

    BalasHapus
  22. Apik ya buat foto2 di sini, kudu mampir ah kapan2.

    BalasHapus
  23. Masalah sampah ini juga nih yang masyarakat masih banyak yg belum aware ya mak irul. Apa susahnya sih dibereskan lagi, padahal kalo bersih kan enak dilihatnya. Aku paling sebel kalau lihat ceceran makanan kaya nasi , mie di tempat wisata.
    Asyiiik nambah list aku lagi nih buat diajak jalan2 sama mak irul ke Embung Salakan

    BalasHapus
  24. Bakal tambah kece kalau ada playground untuk anak2 ya Mba. Anak2 pasti suka banget.

    BalasHapus
  25. Betul banget. Tambah keren pastinya kalo ada playground utk anak2 tapi banyak pemda yg masih kurang memperhatikan obyek wisatanya

    BalasHapus
  26. Tempat wisata dimanapun harus kita jaga bersama ya mbak..perilaku orang-orang yang suka buang sampah sembarangan ini mudah-mudahan bisa berubah.

    BalasHapus
  27. Wah di Bantul ya deket rumah mertua. Nyoba ke sana ah sama anak-anak

    BalasHapus
  28. Lama tak pulang Yogya, Masyaallah sekarang banyak banget destinasi wisatanya, Instagramable lagi

    BalasHapus

Beautynesiablog

beautynesia blogbeautynesia