Hutan Pinus Imogiri, Lahan Konservasi sekaligus Hutan Wisata

 

hutan pinus Songgo Langit

Salah satu yang patut disyukuri oleh warga Jogja adalah melimpahnya wisata alam di Jogja. Mulai dari pantai, sungai, hutan sampai pegunungan. Tinggal pilih. Salah satu favorit keluarga kami adalah menghilangkan penat ke hutan pinus di kawasan Imogiri. Bahkan Barack Obama saja terpukau dengan keindahan hutan pinus di Jogja dengan melakukan kunjungan ke Hutan Pinus Pengger beberapa tahun lalu. Tak heran mengingat hutan pinus di kawasan Jogja memang layak dikunjungi. 


Hutan pinus sendiri merupakan salah satu jenis hutan yang ada di Indonesia. Hutan pinus (Pinus merkusii L.) merupakan hutan yang terdiri atas kumpulan tanaman pinus. Pinus sendiri memiliki klasifikasi: Kingdom : Plantae Divisio : Pinophyta Classis : Pinopsida Ordo : Pinales Familia : Pinaceae Genus : Pinus Species : Pinus merkusii (van Steenis, et al., 1972). Pohon pinus, cocok tumbuh di tanah asam, berpasir, dan memiliki serapan air yang baik. Kawasan hutan tersebut dapat ditemukan di daerah dataran tinggi dan bersuhu 18⁰ C hingga -3⁰ C. Pohon pinus sangat mudah beradaptasi, bahkan terhadap perubahan cuaca ekstrim. Sebenarnya selain pinus ada beberapa pohon keras lain di hutan pinus di Jogja. Antara lain: pohon kayu putih, pohon mahoni, dan pohon keras jenis lain.

Hutan Pinus di Jogja salah kawasan hutan yang melimpah di Jogja. Tak hanya diambil manfaatnya seperti kayu dan getahnya tetapi juga sebagai tempat melepas penat bagi warga sekitar dan para turis. Hutan Pinus di kawasan Imogiri luasnya mencapai lebih dari 500 hektar ini dipenuhi banyak pepohonan tinggi, sehingga menambah kesejukan suasana di tempat wisata. kepemilikan lahan hutan pinus tersebut adalah hutan milik negara yang pengelolaannya diberikan pengelolaannya oleh masyarakat sekitar .yang diatur oleh pemda setempat. Sudah seharusnya memang semua pihak terlibat dalam menjaga kelestarian hutan. Semua  harus #BersamaBergerakBerdaya #UntukmuBumiku 

hutan pinus Imogiri


Hutan pinus tersebut dibagi dalam beberapa titik yang menjadi beberapa tempat wisata. Beberapa titik hutan pinus tersebut kemudian dijadikan hutan wisata. Antara lain: Hutan Pinus Mangunan, Hutan Pinus Pengger, Hutan Pinus Songgo Langit, Hutan Pinus Dlingo, Hutan Pinus Puncak Becici, Hutan Pinus Lintang Sewu, dan Hutan Pinus Bukit Asri. Semuanya berada di kabupaten Bantul.

Sebagai hutan wisata tentu saja hutan pinus di Jogja tetap memegang peranan penting sebagai pelindung dan penghasil oksigen untuk Jogja. Hutan pinus di kawasan Jogja merupakan kawasan hutan yang memberi banyak manfaat.

1.     Penjaga konservasi lahan

2.     Memberikan dampak untuk kesegaran dan keasrian lingkungan

3.     Sebagai lahan tumpang sari bagi masyarakat sekitar. Terutama untuk tanaman palawija dan pakan ternak. Mengingat kawasan Imogiri Bantul Yogyakarta banyak yang menjadi peternak sapi pedaging.

4.     Tempat wisata alam bagi para turis dalam negeri dan mancanegara.

Sejauh ini belum pernah tercatat adanya kebakaran lahan di hutan pinus Jogja. Ini merupakan kerjasama yang bagus dari masyarakat sekitar, pemda setempat dan juga para pengunjung untuk menjaga lahan konservasi. Isu kebakaran hutan memang isu yang dekat dengan masyarakat yang tinggal di daerah tropis. Mengingat kondisi temperatur kita yang lebih hangat dibandingkan dengan negara sub-tropis. 

Berikut beberapa hutan Pinus favorit keluarga kami di kawasan Imogiri ini

1.   Hutan Pinus Songgo Langit. Hutan Pinus ini masih ada di lingkungan Hutan Pinus Imogiri dengan medan yang lebih tinggi. Tak heran disebut dengan nama ‘Songgo Langit’. Perjalanan menuju puncaknya ga main-main. Tetapi pemandangannya sepadan dengan perjalanan menuju ke sana.



2.   Hutan Pinus Lintang Sewu. Hutan Pinus ini lebih cocok untuk berburu sunset dan bintang di malam hari. Tak heran banyak yang berkunjung ke hutan pinus ini untuk memotret  sunset dan berburu bintang malam hari. Karena memang landscape nya lebih tinggi dan luas cocok untuk memotret bintang dan bulan.

sunset di Hutan Pinus Lintang sewu


Saya bersyukur hutan pinus di Jogja dijaga dengan baik. Tidak dieksploitasi berlebihan. Dan tidak diubah mengikuti selera pengunjung. Beberapa titik memang dijadikan spot foto tetapi tidak meninggalkan bentuk asli hutan pinus. Hanya ditambahi beberapa bagian sebagai pengaman dan pelindung bagi pengunjung.

hutan pinus Songgo Langit


Sebagai warga Jogja kami punya tanggung jawab untuk menjaga keaslian hutan pinus yang sudah dikenal sampai ke mancanegara ini. Harapannya ada lebih banyak lagi riset dan penelitian yang dilakukan di kawasan hutan pinus di Imogiri ini. Karena hutan pinus ini merupakan kekayaan plasma nutfah yang berharga milik Indonesia. Tak hanya itu memberi manfaat dalam menjaga kondisi alam tetap asri dan sejuk terutama untuk masyarakat Jogja. Yuk #BersamaBergerakBerdaya #UntukmuBumiku  berdaya menjaga hutan! 

 

 

24 komentar

  1. pernah nih saya kesini,
    banyak spot buat foto2nya

    BalasHapus
  2. Lokasi wisata alamnya pun gak jauh jaraknya dari kota ya, Mbak. Kalau saya tinggal di sana, kayaknya bakal sering bolak-balik. Enak banget bisa ngadem di hutan seperti itu.

    BalasHapus
  3. Cakep banget mak Irul foto-fotonya!
    Aku beberapa kali ke Yogya daaaan...belom pernah mampir ke hutan pinus (njaluk disentil) padahal tiap liat postingan hutan pinus, judule : mupeng!

    BalasHapus
  4. Senangnya jadi warga Jogja, punya banyak pilihan hutan pinus yang bisa dikunjungi dalam rangka rekreasi untuk mendapatkan view, suasana, maupun udara yang lebih segar dan menenangkan. Salah satu yang disebutkan oleh Mbak Siti sudah pernah aku kunjungi beberapa tahun silam.

    BalasHapus
  5. Mbaak aku pernah ke sini beberapa tahun lalu termasuk photo juga di jurang tembelan. Daerah bantul dan khususnya imogiri memang banyak pilihan hutan pinus untuk wisata sih aku udah ke beberapa tempat juga di sana. Dataran tinggi kayak gitu harus dijaga memang hutannya, makanya masuk wilayah konservasi ya

    BalasHapus
  6. estetik bgt foto-foto di daerah pohon pinussss, apalagi hutan pinus Imogiri ini ternyata ada beberapa kawasan ya, kayaknya kalau ke Jogja mampir sih kesini soalnya kalau ke Jogja demennya ke pantai lagi dan lagi hehe

    BalasHapus
  7. Masyallah, aku seneng banget deh kalau jalan ke hutan,,wisata ke hutan, salah satunya hutan pinus di Jogja. Semoga hutan kita selalu terjaga dengan baik ya

    BalasHapus
  8. Saat ini hutan pinus pun semakin berkurang ya. Di tempat saya pinus udah banyak ditebang. Tapi tanpa dilakukan penanaman kembali. Malah dipakai masyarakat nanam kopi, atau tanaman palawija. Jadi hutannya hilang sudah

    BalasHapus
  9. Kalo hutan konservasi kayak ini , in sy Allah akan tetp terjaga kecuali ada mungkin keselahan yang fatal. Tapi kalo yang hutan Indonesia yang luas di luran sana itu, agak susah emnag dilakukan pengawasan, potensi untuk rusaknya besar.

    BalasHapus
  10. Setuju banget, wisata alam di Jogja itu melimpah banget. Dulu tuh aku pernah wisata di Jogja yang naik keatas pohon untuk bisa melihat betapa indahnya Jogjakarta itu saja bikin pengin balik. Duh, aku lupa lagi nama tempatnya. Nanti kalau pas cek folder foto deh.

    BalasHapus
  11. Di daerahku juga ada beberapa hutan pinus. Kebanyakan jadi wisata juga, tapi masih terjaga. Gak kebayang sih kalau hutan pada gundul. Kudu bener-bener di rawat untuk tetap menjaga bumi

    BalasHapus
  12. Jogja memang surganya tempat pariwisata ya mba, saya juga betah kalo sdh tandang ke jogja, tapi sayang euy belum pernah ke hutan pinus, oasti nyaman banget ya, mba plus punya keharuman khas pinus. Alhamdulillah juga masih terjaga dengan baik ya mba.

    BalasHapus
  13. Alhamdulilllah, senang banget ya punya rumah dekat dengan hutan pinus. Asri banget ya mbak dan fotonya juga bagus-bagus, jadi pengen ke sana deh.

    BalasHapus
  14. Hutan pinus dijadikan hutan wisata, ini pengunjungnya harus tau juga ya cara menjaga hutan saat berkunjung ke sana jangan sampai merusak apalagi peran hutan juga bermanfaat untuk keasrian lingkungan

    BalasHapus
  15. Seindah itu berada di hutan pinus Jogja yaa..
    Aku ngebayanginnya kaya di lukisan gitu.. Apalagi saat sunset.
    Jadi keingetan scene di Twilight yaa..

    BalasHapus
  16. Hutan pinus imogiri memang bagus banget sih. Aku pernah libur lebaran ke sini macet abis bo. Hehe. Padahal asli jogja tapi baru bisa ke hutan imogiri pas lebaran. Semoga tetap terjaga keasliannya

    BalasHapus
  17. Adem banget ke hutan pinus ini ya. Aku pun pengen jalan-jalan lagi ke hutan, meski ga bisa pulang malam-malam karena gelap. Semoga hutan-hutan di Indonesia tetap terjaga.

    BalasHapus
  18. Fokus sama sunsetnya bagus banget ya mba masyaAllah... Keneradaan hutan sangat bermafaat untuk kelangsungan mahluk hidup .. patut banget menjaganya jadi tanggung jawab kita bersama

    BalasHapus
  19. Wah asrinya hutan pinus IMogiri ini. Bikin kangen main ke hutan pinus lagi. Kudu banyak nih hutan begini ya. Biar bumi bisa selalu aman dan nyaman sebagai tempat hidup.

    BalasHapus
  20. Wah asrinya hutan pinus IMogiri ini. Bikin kangen main ke hutan pinus lagi. Kudu banyak nih hutan begini ya. Biar bumi bisa selalu aman dan nyaman sebagai tempat hidup.

    BalasHapus
  21. MasyaAllah, enak banget emang di sini ya mak. Aku pernah ke sana sekali sama anak-anak, tapi belum ada jalan yang ada pegangannya itu, jadi masih agak licin tanahnya. Duh, jadi pengen ke sana lagi deeh, adem dan asri kelihatannya :D

    BalasHapus
  22. Hutan Pinus Imogiri memang bagus. Dengan dijadikan tempat wisata, bisa menjadi ajang edukasi buat masyarakat untuk peduli lingkunga, menjaga hutan, dan memanfaatkannya dengan baik.

    BalasHapus
  23. Ya Allah pengen banget ngajak anak-anak ke hutan pinus yg di Imogiri 🥺
    Rasanya menyenangkan melihat kawasan adem gitu

    BalasHapus
  24. Aku pernah makrab di sini dan bener2 asriii banget suasananya. Membekas banget rasanya

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.