Film-film sepanjang tahun 2023 yang layak ditonton bersama keluarga


C:\Users\win\Pictures\miqdad\miqdad2.JPG

Mendidik hari ini memang harus sesuai aturan agama tetapi teknisnya tetap mengikuti perkembangan zaman. Makanya benar ucapan Ali Bin Thalib “didiklah anak mengikuti zamannya”. Dan saya menyadari banget saat punya anak yang range pendidikannya berbeda. Ada yang masih sekolah dasar ada yang sudah kuliah. Ada beberapa metode pengasuhan yang saya berikan untuk anak sulung tetapi sudah tidak relevan lagi untuk adik-adiknya. Misalnya: tentang gadget. Dulu Osama megang gadget saat SMP. Tetapi adiknya, Miqdad, sejak kelas 1 SD sudah familiar dengan gadget. 


Meskipun demikian, beberapa metode zaman abangnya dulu masih saya berlakukan sampai sekarang. Terutama untuk resource, semisal buku-buku bagus dan film-film inspiratif tetap saya jadikan bagian dari pembelajaran. Makanya ga heran sampai sekarang anak-anak saya izinkan menonton film-film yang menurut saya bagus. Film-film bagus itu bisa menjadi inspirasi anak untuk menemani tumbuh kembangnya. Bahkan ada beberapa film yang saya tonton sudah lama banget tapi masih saya ingat pelajaran yang bisa saya ambil. 

Nah, berikut beberapa film pendek yang bisa ditonton oleh anak nih. Film-film ini hanya sekitar 15 menit-an sampai 20-an menit. Bahkan beberapa diantaranya memenangkan awarding internasional. 

  1. Snack attack

C:\Users\win\Downloads\snack attack.jfif

film pendek ini bagus untuk mengajarkan ‘think before you act’. Dengan animasi yang manis dan cantik tentu saja film ini bakalan jadi favorit keluarga. Dengan durasi pendek juga mengurangi paparan anak dengan screen televisi.

  1. The snowman, film pendek ini mengajarkan pada anak-anak tentang pentingnya teamwork. Film ini juga animasinya manis banget. Layak ditonton bersama keluarga. Kita bisa juga sekalian mengajak anak-anak diskusi tentang pentingnya bekerjasama dan berkolaborasi. 


  1. Pip

C:\Users\win\Downloads\download (3).jfif



film pendek yang bahkan judulnya sudah sependek ini memang sangat affordable untuk untuk ditonton bersama anak-anak. Mengajarkan anak-anak untuk menjaga dan dan jangan menyerah. Mengajarkan anak tentang pentingnya ‘determination’. Animasinya cantik banget dan atraktif dengan durasi pendek amanlah ditonton oleh anak. 



  1. The joy story, judulnya sudah mewakili banget tentang ‘joy’. Dengan durasi pendek dan animasi yang cakep dan full color anak-anak bakal jatuh cinta dengan film ini. Mengajarkan pada anak tentang pentingnya ‘what goes around, comes around’. Film ini harus masuk list yang ditonton anak sebagai bagian pembelajaran hidup. 


  1. Caterpillar shoes, film pendek yang bercerita tentang ulat ini tentu saja bakalan menarik perhatian anak-anak. Mengajarkan pentingnya ‘self expression’. Anak-anak diberi kebebasan untuk mengemukakan pendapatnya itu penting dalam milestone mereka. 


  1. The present, film pendek ini bagus banget untuk mengajarkan anak tentang pentingnya ‘acceptance’. Saya selalu mengajarkan anak-anak untuk bersemangat mengejar mimpi dan cita-cita. Tetapi juga ada yang namanya kepasrahan terhadap ketetapan Allah. Ada pengasuhan yang harus diajarkan kepada anak tentang bahwa kita ini adalah makhluk yang lemah. Segala usaha itu tetap saja takdirnya di tangan Allah. 


  1. Windup

C:\Users\win\Downloads\download (2).jfif


film pendek ini antara bikin air mata basah tetapi juga tentang semangat dan harapan yang tak putus. Animasinya cakep banget dan dan minim dialog. Cocok banget untuk anak-anak dan ditonton bersama keluarga. Mengajarkan tentang ‘believe and hope’ dan juga kasih sayang dengan anggota keluarga. Film pendek ini juga meraih award lo dan memang pantes sih dapat penghargaan.



  1. Umbrella. Film pendek ini animasinya cakep banget. Anak-anak bakalan betah menonton film dengan durasi pendek ini. Selain animasinya yang cantik film ini juga mengajarkan tentang ‘kindness’. Bahkan berkali-kali saya selalu menekankan pada anak “whatever happen, please choose kindness”. Karena yang namanya kebaikan itu akan melahirkan kebaikan lain. 


Film-film layak tonton seperti ini memang harus dimasukkan list sebagai tontonan keluarga. Nah, untuk bias menontonnya di rumah bersama keluarga sebaiknya para orangtua juga selektif saat memilih tayangan di rumah. Para orangtua bisa nih berlangganan Nex Parabola. Nex Parabola adalah layanan Siaran TV Digital dan Satelit yang dilengkapi 1 receiver.

Banyak promo yang ditawarkan di Nex Parabola. Teman-teman dapat memilih paket yang ditawarkan disesuaikan dengan kebutuhan keluarga di rumah. Sebagai TV Satelit berlangganan teman-teman bisa menyesuaikan juga kebutuhan tayangan yang ingin ditonton dengan budget yang tersedia. Sehingga bisa kita masukkan dalam pengeluaran bulanan. Menghitungnya juga jadi lebih mudah. Mengingat saat ini tayangan bagus juga bagian dari edukasi untuk anak mau tidak mau kita harus selektif dan berlangganan siaran TV Digital dan satelit.

Yuk dicek dulu layanan apa saja yang tersedia di Nex Parabola. Mumpung ada banyak promo juga di bulan Agustus ini. Bahkan promo tersedia mulai 50 ribuan perbulan lo. Wah kalau ini saya juga mau. 


25 komentar

  1. Wow, makasih mak udah berbagi beberapa judul film pendek yang family friendly :D Aku lupa2 ingat yang mana yang belum sempat ditonton hihihihi :D Film Pipi bikin anak2 makin semangat melakukan hal2 baik sampai selesai dan berfaedah, jangan mneyerah.

    BalasHapus
  2. Wah asik nih dapat rekomendasi beberapa film yang bisa ditonton bersama keluarga di rumah. Ada beberapa yang belum aku tonton soalnya, pas banget minggu ini ada long weekend karena anakku libur sekolah.

    BalasHapus
  3. Makasih mba, aku jadi mau nonton sama anak2 nih dan cucok ya film pendek. Si adik paling kecil blm bisa lamaaa nontonnya.

    BalasHapus
  4. asik ... dapat rekomendasi film dari Mak Irul. Aku ingin ajak anak nonton film tapi di rumah aja, rempong kalau ke bioskop. Lebih irit juga, hahaha
    Film pendek gini nih ga bikin capek karena durasi singkat tapi biasanya makna lebih mendalam.

    BalasHapus
  5. Wah terima kasih rekomendasi filmnya mak... Kalau sudah ada rekomendasinya begini kan jadi enggak lama diskusi mau nonton, hehehe...

    BalasHapus
  6. Wah, makasih banyak rekomendasi film pendeknya, Mak. Pas banget ya buat anak-anak karena durasinya pendek. Trus pesan-pesannya pasti bagus-bagus nih, karena udah diseleksi sama mak Irul. Hihihi. Cari, ah... :)

    BalasHapus
  7. Nah ini yang saya cari, teknik mengajarkan sesuatu pada anak melalui tayangan, apalagi anak saya tipenya visual. Durasi film yang pendek, namun ada pembelajaran yang bisa diambil setelah menontonnya.

    BalasHapus
  8. hmm..boleh juga nih... lumayan kalo pas butuh nonton film seru-seru ..Apalagi bisa ditonton bareng keluarga jadi makin menyenangkan deh nontonnya

    BalasHapus
  9. suamiku nih yang rajin ngelist film2 yang bagus buat anak2 dan keluarga. makasih nih mak contekannya nanti aku info suamik. karena memang anak2 gak kami kasih nonton film dewasa dan merekanya jg protes klo nonton bareng tp filmny gak genre mrk

    BalasHapus
  10. thanks rekomendasi filmnya mak. biarpun udah gede, molly msh sering nonton film kartun loh. nanti molly tonton semua deh filmnya.

    BalasHapus
  11. Makasih rekomendasi film pendeknya Mba, asyik nih ditonton bareng keluarga dan anak saat weekend. Kalau film indo saya pengennya sih nonton Petualangan Sherina yang terbaru

    BalasHapus
  12. Mbak..kenapa di gadgetku tampilan tulisannya banyak terpotong ya? Kayak film no 4-6 itu cuma judul dan sepotong kalimat yg ngga selesai gitu munculnya. Padahal menyenangkan skali nih rekomendasi filmnya. Jelas sudah diseleksi buat anak2.

    BalasHapus
  13. Saya ada Nex Parabola tapi semua film itu malah belum tahu sama sekali. Hahaha... secara tv itu dikuasai anak dan suami yg gila olahraga.

    BalasHapus
  14. Gayung bersambut, pas banget lagi butuh rekomendasi film pendek yang bisa ditonton bareng keluarga. Udah lama banget nggak nge-list film yang bisa ditonton sama anak terutama. Thank you Mak rekomendasinya ~

    BalasHapus
  15. Wah baru denger nih Nex parabola. Mantul banget nih banyak tayangan buat anak2 ya khususnya film2 pendek. Ya emang sebaiknya gtu sih ketimbang anak nonton tayangan tipi lokal atau malah YT yang agak2 gak tersaring. Thanks infonya.

    BalasHapus
  16. Film pendeknya lucu-lucu banget..
    Anak-anak pasti suka yaa... Karena pelajaran yang bisa diambil dari fim ini selain bisa dijadikan bahan diskusi juga terekam lebih lama di otak anak.

    BalasHapus
  17. Pengin cek2 juga nih paket apa yang menarik di Nex Parabola untukku. Udah ga ada anak2 kecil di rumah sih, makanya nyari yang hiburan aja untuk emak2 penyuka film gini hehehee..

    BalasHapus
  18. Aku sama anak-anakku suka nonton film bareng, bolehlah mbak ketiga film ini masuk di list tontonan kami

    BalasHapus
  19. boleh nih aku jadi mau pasang juga Nex Parabola layanan Siaran TV Digital dan Satelit apalagi kalau banyak film dramannya yg oke2...

    BalasHapus
  20. Anakku lagi suka nonton film dirumah. Kadang nonton bareng kalo weekend. Rekomendasi film yang ramah anak penting banget nih. Supaya ga zonk dan berujung banyak diskusi pencegahan hehehe.

    BalasHapus
  21. Wah terimakasih rekomendasi film pendekatan mom.. ini bisa jadi referensi pas akhir pekan nanti sm anak2. Terimakasih yaa

    BalasHapus
  22. pengen ngajak nonton anak-anak rekomendasi filmnya tapi baru ingat udah lama tv di rumah rusak nih. Padahal ini musti langganan tv digital ya

    BalasHapus
  23. Aku belum nonton semuanya mak. Nanti mau qrekomendasikan ah ke anak2 supaya mereka mau nonton.cari dulu filmnya ya

    BalasHapus
  24. Wah wah, boleh-boleh nih rekomendasinya mak. Anak-anak aku bakalan suka nih film-film begini. Nyari aaaah, kayaknya seru-seru.

    BalasHapus
  25. Memang cuma ada di Nex parbol ya film2nya.. tadi coba cari dari aplikasi film kain, tapi ga Nemu. Bagus2 sepertinya, apalagi ada film pendek pula. Anakku tipe yg ga betah kalo nonton film panjang mba. Makanya selama ini kalo mau nonton bersama, pasti yg aju cari film pendek. Trus selesai nonton, aku ajakin ngobrol filmnya ttg apa, ceritanya gimana. Biar melatih dia juga utk mengekspresikan cerita dan paham poin apa yg didapat.

    Tx rekomendasinya mba, semoga suami mau nih langganan Nex parbol, soalnya di rumah udh pakai yg lain. Tapi sbnrnya Nex parabola ini bgsnya Krn ada liga inggris 😄👍.dan suamiku rutin nonton kalo ada pertandingan liga inggris.

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.