Mendampingi Si Kecil Belajar Robotic Dan Coding Dengan Modem HKMXLSatuLiteUnlimited

 


Memiliki anak-anak yang memilih metode homeschooling tentu saja saya jadi terbiasa dengan pilihan anak-anak terhadap minat yang mereka sukai. Preferensi anak-anak homeschooling yang beragam membuat saya tidak kaget saat ada anak yang tertarik dengan sesuatu yang saya sendiri tidak berminat sama sekali pada bidang tersebut. Termasuk saat Zoe memilih robotic coding untuk pelajaran tambahannya di luar materi sekolah. Sejujurnya semakin ke sini saya tidak paham sama sekali apa yang diutak-atik Zoe saat dia les robot.



Sudah hampir tiga tahun ini Zoe menekuni robotic dari tingkat pemula Dan sekarang sudah menggunakan program coding. Saat ini Zoe sudah menggunakan arduino untuk menyusun perangkat lunak robotnya. Arduino sendiri adalah pengendali mikro dengan papan tunggal yang berfungsi dalam proyek perangkat lunak sumber terbuka. Fungsi utama dari Arduino untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang. Arduino memiliki perangkat keras yang menggunakan prosesor Atmel AVR. Dimana saat merangkai codingnya membutuhkan laptop dan sambungan internet yang stabil.

Zoe sejauh ini menggunakan laptop dan sambungan wifi saat menyusun rangkaian perangkat lunaknya. Dibantu oleh seorang tutor ia bersama kawannya tekun mempelajari rangkaian perangkat lunak ini. Meskipun Zoe masih usia Sekolah dasar Alhamdulillah bisa mengikuti dan menyelesaikan rangkaian robot yang diatur melalui perangkat lunak ini. Yang membuktikan bahwa saat ini anak-anak bisa mempelajari banyak hal termasuk teknologi informasi selagi fasilitasnya memadai. Termasuk adanya jaringan internet yang stabil.

Sejauh ini penggunaan wifi memang paling memungkinkan untuk laptop saat digunakan untuk kelas robotnya si Zoe. Wifi dengan jaringan provider yang stabil memang membantu banget untuk programing dan coding perangkat lunak. Untuk menghindari error di tengah-tengah pengerjaan.

Modem HKMXLSatuLiteUnlimited 

Yuuk kenalan dengan perangkat modem HKM  HKMXLSatuLiteUnlimited yang bundling dengan provider XL yang menawarkan jaringan internet stabil yang ditopang oleh jaringan XL di seluruh Indonesia. Saat ini ada dua varian modem produk yaitu modem HKM N401 & modem HKM N601.

modem HKNM N601


HKM N601, adalah Internet Rumah Super Cepat FUP hingga 300GB Unlimited Untuk Sekeluarga. Saat kita membeli modem ini terdiri atas: Unit N601 XL Satu AC Adapter, LAN Cable, Warranty Card, Welcome Guide Card 12345, 3x XL SIM Card.

Dengan modem ini kita mendapatkan  XL SATU Lite Modem Nirkabel di Jaringan XL 4G LTE, memberikan akses Internet Rumah Super Cepat Unlimited untuk memenuhi kebutuhan kita. Dengan teknologi High Speed LTE Cat 6 yang Dengan teknologi LTE Category 6 menunjang kecepatan Download hingga 300MBps dan Upload sampai dengan 150MBps.

Selain itu juga dilengkapi Chipset ASR1806 ASR1806 adalah chipset 4G yang mampu mengintegrasikan teknologi pita ber-basis Radio Frekuensi dengan memori flash, Sehingga menghasilkan chipset low-cost dan booting lebih cepat. Chipset ini sudah disertifikasi secara global oleh operator besar di Asia, Afrika, Eropa dan sudah dikapalkan sebanyak lebih dari 20 juta unit untuk kebutuhan berbagai solusi IoT.



Oia modem ini bisa digunakan hingga 64 perangkat secara bersamaan, cocok di gunakan di rumah, kantor, atau toko. Dilengkapi dengan 4x Ethernet LAN Port. Mampu mentransmit data dengan kecepatan hingga 100MBps. Dilengkapi 2x slot antena eksternal, untuk memperkuat sinyal wifi secara menyeluruh dan menjadikan koneksi lebih stabil.

Dengan XL SATU Lite, kita dapat menyesuaikan biaya untuk internet sesuai yang kita butuhkan dan tanpa kontrak ber-langganan.

modem HKM N401


HKM N401 adalah modem Modem Nirkabel di Jaringan XL 4G LTE Internet Rumah Super Cepat FUP hingga 120GB Unlimited dan Untuk Sekeluarga 50GB kuota bersama, memberikan akses Internet Rumah Super Cepat Unlimited di rumah kita. Saat membeli unit N401 XL kita akan mendapatkan: Satu AC Adapter, LAN Cable, Warranty Card, Welcome Guide Card 12345, 3x XL SIM Card.

Selain dengan teknologi High Speed LTE Cat 4 dan Chipset ASR1806 ASR1806  juga dilengkapi dengan 2x Ethernet LAN Port. Mampu mentransmit data dengan kecepatan hingga 100MBps. Oia modem ini bisa digunakan hingga 32 perangkat.modem , HKM



secara bersamaan, cocok di gunakan di rumah, kantor, atau toko. Dan Dengan XL SATU Lite, kita dapat menyesuaikan biaya untuk internet sesuai yang kita butuhkan dan tanpa kontrak ber-langganan.

Whuaa, ini bakalan jadi perangkat modem favorit kami di rumah. Karena penggunaanya bias lebih banyak. Cukup untuk satu keluarga.

 

 

 

 

 

 

23 komentar

  1. Makin semangat deh si kecil belajarnya karena didukung sama modem andal. Sama nih, dulu jagoanku juga belajar robotik via online.

    BalasHapus
  2. Iyahlah mak, kita gak bisa maksain atau menjadi acuan anak kita dalam belajar, dunia mereka berbeda dengan kita. Sebaiknya meski ada hal-hal tidak kita minati tetapi anak suka, kita lihat, dampingi dan coba juga cari tahu yah, paling gak saat ngobrol sama anak gak melongo, boleh juga kok minta diberitahu atau diajarin sama anak

    BalasHapus
  3. Wah ternyata sekarang XL sudah punya modem, jaringan yang selalu stabil dimanapun kita berada, support unytuk kegiatan anak - anak yang sekarang ini banyak dihabiskan di dunia maya.

    BalasHapus
  4. Heabat banget deh Zoe, usia SD sudah bisa mengenbangkan minatnya sendiri terhadap robotic. Itu kan ilmu yang memerlukan mindset digital banget ya Mbak, termasuk dalam merangkai robot. Aku pun terkadang terkagu-kagum pada anak zaman sekarang. Mereka tumbuh mengikuti logika masa dan bergelimang di sana guna mengasah keahlian. Dengan modem rumah yang stabil, semoga Zoe terus berkarya dan mengasah keahliannya Mbak. Amin

    BalasHapus
  5. Asyik ya Zoe suka robotic. Masya Allah keren nakk. Dan ini modemnya yg bikin gampil cari informasi di inet yaa, hua bisa 64 orang.. cukup banget sekeluarga mah inii

    BalasHapus
  6. Keren amat Zoe, semoga kemampuan robotiknya cepat berkembang ya mbaak. Asik kalau bisa ikut kelas di manapun berada dan didukung oleh modem yang bagus kayak gini, bisa belajar tanpa kenal tempat dan waktu deh ya dia

    BalasHapus
  7. Keren banget Zoe..kecil kecil sudah belajar bikin robot, sekarang udah mulai belajar coding juga buat robotnya. Emang kalo belajar online gini butuh banget internet yang lancar ya mbk, biar belajarnya lancar nggak ada hambatan.
    Sukses ya Zoeee sama kelas roboticnya

    BalasHapus
  8. Wah udah mulai belajar robotic ya keren ih..moga2 suatu hari nanti.lahir karya2 yg amazing dr anak2 ya mak. Btw emang klo belajar robotic butuh bgt wifi yg kenceng ya.jd belajarnya pun ga tersendat

    BalasHapus
  9. KL Zoe sang putra pinter dah pastilah emaknya ikut jadi pinter....eh...md2an gak kebalik. Bunda mah suka puyeng liat kode2 sekalipun cuma deretan beberapa huruf. Jd mau disuruh ajalah sang cucu yg memang lagi bljarnya Home Schooling biar nge-klil link ini. Makasih sharingnya.

    BalasHapus
  10. Sejak pandemik, kebutuhan akan jaringan internet di rumah meningkat ya. Apalagi buat kelg yg punya anak2 usia sekolah. Dengan dukungan jaringan ok, anak bisa mempelajari hal yg jd minatnya & anggota melg lain jg bisa mwnggunakan sesuai kebutuhan masing2

    BalasHapus
  11. Punya modem seperti ini tuh enak banget, karena bisa dibawa-bawa. Apalagi kalau harus keluar kota dan membutuhkan wifi, biar gak pakai wifi publik pakai ini saja deh.

    BalasHapus
  12. waah...keren Zoe..sudah ngerti bikin robot dan coding. Btw, aku pakai XLhome tapi kayaknya bukan paket yang ini sih. hwuaaahahah, semua urusan modem dihandle suami, mulai dari pasang hingga pembayaran bulanan, aku tinggal pakai. dan kok ya nggak pernah nanyak2 gitu yaa hihihi.

    BalasHapus
  13. XL SATU Lite yang 599rb sudah cukup banget nih untuk keluargaku. Koneksinya cepat banget, internetan lancar jaya baik untuk pekerjaan menggunakan laptopt, smartphone maupun untuk menonton di TV. Kelebihannya XL SATU Lite bisa terkoneksi sampai ke 32 perangkat. Suka banget :)

    BalasHapus
  14. Anakku saat ini sekolah di SD yang khusus teknologi. Jadi ya belajarnya coding, scratch, rapid typing, paint, dll sama ekskulnya pilih robotik.
    Beneran butuh jaringan yang stabil sih apalagi pas pandemi dulu itu full di rumah kan.
    Karena semua materi (termasuk mapel umum kaya agama islam, Al Qur'an, b. Indo, b. Inggris, dll) kita ambilnya dari portal web. Jadilah setiap dia ada kelas atau ujian daring, harus mastiin jaringan aman dan lancar.
    Akibl sendiri pakai XL di rumah tapi bukan modem sih. Kayaknya bisa juga dicoba nih pakai XL satu Lite.

    BalasHapus
  15. Modem HKMXL Satu Lite Unlimited ini membantu aktivitas belajar anak terutama untuk mendalami beberapa skill yang akan bermanfaat untuknya di masa depan ya

    BalasHapus
  16. Asiik niih, pinter banget Zoe, ajarin ate donk. Wah, makin anteng mainnya nih kalo jaringannya kenceng dan stabil.
    Btw modemnya boleh juga tuh Mak, kebenaran di rumah lagi lemot aja Wifi-nya. Menarik nih XL SATU Lite, dapat menyesuaikan biaya untuk internet sesuai yang kita butuhkan dan tanpa kontrak ber-langganan.

    BalasHapus
  17. Wah iya, kalau belajar coding butuh akses internet yang cepat
    Modem XL satu lite bisa jadi pilihan

    BalasHapus
  18. Selamat dan semangat belajar robotic coding buat Zoe. Aku pas dulu dah karena emang gak ngerti, belum tertarik sama hal kaya gini. Anak sekarang ya, makin bervariasi minatnya

    BalasHapus
  19. Yayat29/7/23

    Jaringan cepet bikin proses pembelajaran anak gak tertunda yaaaaaa dan anak jadi semangat.. keren banget minat anaknya tuh mak

    BalasHapus
  20. Ini belajar robotiknya offline ya mbak?
    Seru yaaa.
    Apalagi udah ada mrogram2nya gitu. Emang kalau udah main koding kudu punya jaringan internet yang lancar dan stabil ya. Mantul nih speknya model XL terbaru bisa buat ramean juga yaa.

    BalasHapus
  21. Asik yaa.. belajar ditemenin sama wifi dari modem yang jaringannya kuat plus kuota tanpa batas. Rasanya aktivitas Belajar Robotic Dan Coding bisa jadi makin bikin semangat anak-anak untuk terus menggali rasa penasarannya.

    BalasHapus
  22. wah keren anaknya, mbak. kalau boleh tahu untuk kelas roboticnya ini kursus atau gimana, mbak? aku pernah nyoba trial kelas coding buat anak di kotaku sih sebulannya 400 ribu kalau nggak salah

    BalasHapus
  23. wah baru tahu sekarang XL ada modemnya juga yaa. Pastilah sekelas XL mah sudah terbukti paling kenceng ya sinyalnya. aku dari dulu pakai Xl untuk SIM 1 karena emang segitu bagusnya jaringannya, ga pernah kecewa

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.