Full of Joy

 


Akhir-akhir ini saya sering ngobrol tentang masa depan dengan anak-anak abege yang saat ini berada di pondok dan boarding school. Karena mereka ada jatah penelponan dan video call. Biasanya obrolan kami random selain bertanya tentang kabar dan kesehatan. Dan karena mereka sudah di penghujung masa SMA obrolan kami tentu saja mengerucut kepada pilihan jurusan kuliah dan masa depan.


Saya yakin anak-anak juga pasti memiliki impian dan cita-cita mereka sendiri. Dan saya berulang kali meminta maaf jika sebagai orangtua belum bisa memberikan yang terbaik dalam upaya mewujudkan impian mereka tersebut. Rasanya sedih banget jika banyak impian anak tentang masa depan terutama yang berkaitan dengan minat dan bakat mereka tidak bisa diwujudkan karena usaha saya sebagai orangtua yang kurang gigih.

Saat sulung saya agak ragu memasukkan berkas untuk pendaftaran kuliah jalur prestasi ke FSRD ITB karena “Nanti biayanya pasti mahal ya Mi”. emaknya rasanya nyesek banget. Karena, kebetulan ITB mulai tahun ini membuka pendaftaran via jalur prestasi. Dan anak saya ragu memasukkan berkas ke sana karena dia piker akan memberatkan saya sebagai ibu tunggal saat ini. Duuh Nak, ibu mu merasa bersalah banget. Tapi saya semangati dia dengan kata-kata “ Oke, kita coba dulu, urusan biaya akan umi usahakan sebaik mungkin ya Nak”.

Saya beri dia gambaran jika dia beneran kuliah di jurusan impiannya di DKV apa saja yang bakal dia kerjakan, hal-hal menyenangkan apa saja yang akan dia hadapi di dunia kerja di masa depan. Kesempatan apa saja yang bakal dia dapat jika dia memanfaatkan keahliannya itu. Dan banyak lagi. Dan lega rasanya saat ada nada optimis dalam suaranya. I cried but it was because I was so happy to ‘see’ his smile (by phone). He was surrounded by good people and know his life is full of joy, Insha Allah.

Meskipun kehidupan kami saat ini 'babak belur' tapi saya yakin selalu ada kesempatan terbaik yang bisa diraih oleh anak-anak saya. Aamiin. 

1 komentar

  1. MasyaAllah, semoga Allah mudahkan urusan kaum muslimin. Aamiin.

    Jazakillahu khaiir sharing homeschooling nya juga.

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.