program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’

 



Meskipun belum bisa dibilang hidup eco-green, saya berusaha betul mengurangi sampah akhir-akhir ini. Bukan akhir-akhir ini sih tetapi beberapa tahun terakhir. Bahkan sejak 2018 saya memutuskan berehneti menggunakan pembalut sekali pakai dan beralih ke menstrual cup sampai sekarang. Itu salah satu keputusan yang worth it banget untuk dilakukan. Selain itu saya juga mengurangi penggunaan sheet mask (bahkan dalam setahun terakhir hamper ga pake sheet mask sama sekali). Karena memang ingin hidup lebih ramah.


Saat ini memang mau tidak mau kita hidup berdampingan dengan penggunaan kemasan berbahan plastik dimana-mana. Terutama makanan kemasan, obat-obatan dan skin care. Sejujurnya sampai bingung ini botol-botol skin care harus dibuang kemana? Karena kalau dibuang dalam keadaan bersih dan rapi khawatirnya disalahgunakan sebagai kemasan daur ulang untuk skin care palsu. Huhuhu. Sayangnya banyak produsen skin care tidak menyediakan konter untuk menerima kemasan bekas produk mereka.

Harusnya sih gaya hidup eco-green ini sistemnya dari semua lini. Baik pengguna, produsen dan penjual. Makanya angkat topi deh untuk produsen yang concern dengan bekas kemasan produk mereka.

 

program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’



Nah saya salut banget untuk Blackmores nih. PT. Kalbe Blackmores Nutrition (“Blackmores Indonesia”) melalui produk unggulannya Blackmores Odourless Fish Oil yang berkomitmen untuk mewujudkan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan, khususnya ekosistem laut melalui program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’. Melalui program ini, Blackmores Indonesia telah berhasil mengajak masyarakat mengumpulkan 3.783 botol plastik bekas vitamin yang nantinya akan dikelola atau didaur ulang sehingga tidak menambah angka sampah plastik yang mengotori laut.

 

Sampah plastik, termasuk botol plastik masih menjadi isu penting sekaligus tantangan bagi Indonesia dan perlu menjadi prioritas semua pihak, sebab dapat berdampak luas terhadap ekosistem laut dan kesehatan manusia. Dari 10 juta metrik ton sampah yang terhanyut ke laut, 10 persennya berasal dari daratan.  Padahal, jika diolah dengan baik, sampah plastik daur ulang dapat menghasilkan keuntungan sebesar Rp16.379.472 per bulan dari produksi 48 ton sampah plastik.  Untuk itu, dibutuhkan kolaborasi serta komitmen dari semua pihak untuk mengatasi permasalah sampah plastik agar bisa dikelola atau didaur ulang baik.



Secara global, selama lebih dari 90 tahun Blackmores terus berkomitmen untuk memberikan nutrisi terbaik dari alam dan juga pada kualitas dan keberlanjutan lingkungan. Untuk itu, sebagai produk suplemen yang bersumber dari minyak ikan laut dengan manfaat untuk membantu menjaga kesehatan harian tubuh, Blackmores Odourless Fish Oil terus berkomitmen menjaga kualitas produk dan lingkungan secara beriringan mulai dari memastikan kualitas sumber minyak ikan terpilih, pengemasan yang modern hingga permasalahan sampah produk yang juga harus diperhatikan. Maka dari itu, Blackmores terus mendukung berbagai upaya yang dapat mendorong penurunan atau pencemaran sampah plastik di laut.

Melalui program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’ yang berlangsung sejak 1 September hingga akhir tahun 2022, Blackmores Indonesia telah berhasil mengumpulkan 3.783 botol plastik bekas vitamin. Selanjutnya, botol-botol plastik yang telah terkumpul tersebut akan dikelola dan didaur ulang oleh eRecycle (organisasi pengelolaan daur ulang sampah plastik), guna mencegah sampah botol plastik mencemari laut. Ya ampun, asli ini gerakan yang keren banget lo. Yuk, yang punya botol Blackmores segera dituker ya gerai yang tersedia ya. Semoga gerakan kecil ini bisa menjadi bagian dari gerakan menjaga bumi.

16 komentar

  1. Oh masih lanjut yah program tukar botol Blackmores. Kupikir hanya sampai 2022. Ini bisa untuk segala merek botol vitamin?
    langkah kecil mengurangi sampah rumah tangga dapat dilakukan dengan ikut program ini, nih.

    BalasHapus
  2. Keren! Ribuan botol bisa dikumpulkan, demi mengurangi pencemaran di laut dan lainnya ini sangat bagus programnya.
    Aksi dari Blackmores patut diapresiasi dan semoga banyak diikuti pihak lain ya

    BalasHapus
  3. Bener banget mba, jarang banget si produk skincare yang concern terhadap pengumpulan kemasan bekasnya. Karenanya salut banget sama Blackmores, setahuku juga gak cuma botol produk blackmores saja, botol vitamin apa saja juga bisa.

    BalasHapus
  4. Setuju banget sama gerakan Blackmores mengumpulkan botol bekas kemasannya ini, sangat membantu sekali untuk mengurangi pemanasan global yang efeknya bukan main - main. Semoga saja setelah ini bukan hanya Blackmores yang mempunyai program seperti ini, harusnya industri lain yang menggunakan kemasan juga memikirkan bagaimana pengolahan limbah kemasan yang sudah mereka buat.

    BalasHapus
  5. Menarik banget ini programnya Blackmores ya mak, dengan begini mereka juga bisa membuat para konsumennya untuk tidak membuang langsung sampah botolnya ketika sudah habis. Karena kayak aku aja deh, biasanya kalau vitamin sudah habis langsung buang aja, jarang mau ngumpulin dulu karena suka beda-beda masa habisnya.

    BalasHapus
  6. wah makin acungin jempol sama Blackmores yg memperdulikan lingkungan dan ngadain gerakan atau program tukar botol ini, semoga sukses dan awareness ke para customer makin menguat dan bisa memberikan perubahan positif kepada lingkungan

    BalasHapus
  7. Bener banget nih Mbak botol skin Care pungaku juga udah banyakan,, aku juga bintang.. coba semua peduli kayak blackmores ya. Kita jadi nggak kepikiran mau mengirim botol-botol vitamin itu ke mana

    BalasHapus
  8. Paling salut dan angkat topi banget sama perusahaan yang bukan cuma OMDO, OMong DOang, tapi langsung beraksi memberikan program yang mengedukasi konsumen dan masyarakat umum.

    Semoga ikhtiar peduli bumi, program Blackmores Peduli Tukar Botol juga diadopsi atau menyelenggarakan program serupa, oleh perusahaan terutama yang menggunakan kemasan-kemasan.

    BalasHapus
  9. Bagus gerakan produsen Blackmore ini harus ditiru oleh perusahaan lain sebagai langkah awal mengurangi sampah plastik yang meresahkan dan mengotori lingkungan ini semoga jadi tumbuh kesadaran untuk diet plastik ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ampuuunn, program Blackmores ini baguuuss bgt
      Bener2 peduli lingkungan.
      Yuk, kita dukung 😍🙏

      Hapus
  10. Sepakat eco green ini emang nggak cuma dari sisi konsumen aja sebaiknya, tapi juga dari sisi produsen dan distributor juga.
    Salut dengan Blackmores yang punya program peduli tukar botol, jadi konsumen nggak bingung lagi kemana mau "membuang" botol bekas vitaminnya

    BalasHapus
  11. Blackmores ini kalo bikin program selalu menarik dan bermanfaat banget, apalagi program Blackmores peduli tukar botol ini, keren deh!

    BalasHapus
  12. Bener banget ya Mba, kalau sampah ini jadi masalah Kita bersama. Senang sekali dengan program Blackmores Peduli Tukar Botol, setidaknya bisa berperan dalam menjaga kelestarian lingkungan

    BalasHapus
  13. Saya baru tau kampanye ini. Bakal berlanjut gak ya di 2023? Mamah saya konsumsi Blackmores, nih. Bagus banget kampanyenya

    BalasHapus
  14. Keren banget progam dari Blackmores ini
    Upaya konkret untuk ikut serta mengurangi sampah plastik ya mbak

    BalasHapus
  15. Masya Allah terkumpul 3.783 botol bekas suplemen Blackmore selama nyaris setahun ya mbak. Sebuah program peduli lingkungan yang semestinya dilakukan oleh lebih banyak lagi perusahaan nasional. Jadi kan sampah plastik bisa didaur ulang, apalagi kalo bisa dapat keuntungan sebesar 16 jutaan tiap bulannya sepanjang ada kerjasama dari berbagai pihak

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.