Mengabadikan Parenting Photography Dengan ASUS Zenfone 9

 

dokumen pribadi

Inner child yang pengen banget saya miliki adalah ‘foto keluarga dan foto masa kecil’. Bisa dibilang saya tuh ga punya foto-foto masa kecil. Ada beberapa foto itu foto saat saya remaja. Padahal kami dulu itu memiliki kamera analog. Tetapi sepertinya orangtua saya bukan orang yang ‘gemati’ menyimpan suatu kenangan termasuk foto-foto. Rasanya sedih aja gitu saat melihat teman-teman lain memiliki foto keluarga. Hehehe.

Parenting Photography

momen pertama Miqdad menggunakan flying fox
(dokumen pribadi)


Itulah kenapa kemudian saat berkeluarga dan memiliki anak, saya terhitung rapi saat menyimpan foto-foto. Blog ini termasuk jurnal harian keluarga tempat saya menyimpan foto-foto keluarga. Dalam dunia fotografi ada istilah yang tidak terlalu popular tetapi sering digunakan hastagnya oleh teman-teman pegiat pendidikan alternative berbasis keluarga, yakni: #parentingphotography. Istilah parenting photography sering disematkan pada foto-foto tumbuh kembang anak. Dan kebanyakan adalah foto-foto yang bersifat natural.

dokumen pribadi



Model dan istilah pengasuhan sendiri berkembang luas seiring dengan perkembangan zaman. Istilah parenting sendiri adalah pekerjaan dan ketrampilan orangtua dalam mengasuh anak (Jerome Kagan dikutip dari Berns, 1997). Tetapi inti dari pengasuhan tetap sama yakni “mendidik dan mengasuh anak-anak dengan cinta kasih dan disesuaikan dengan masing-masing anak”. Dan parenting photography termasuk bagian dari perkembangan ilmu parenting. Menyimpan momen-momen penting tumbuh kembang anak dalam bentuk foto dan video. Saya yakin ada banyak momen yang pantas diabadikan dan kelak menjadi kenangan luar biasa bagi anak saat mereka dewasa. Dan catatan pengasuhan baik berupa artikel maupun foto sangat bermanfaat bagi orangtua lain dan ilmu pengetahuan khususnya dunia pendidikan. Dan mencatat tumbuh kembang anak dalam bentuk ‘foto’ termasuk precious lo. Karena apa:

1.   Golden moment. Golden moment adalah momen emas yang biasanya tidak akan terulang. Kita tidak mungkin mengulang langkah pertama si kecil kan? Memotret langkah pertama si kecil itu berharga sekali untuk tumbuh kembang anak.

2.   Keterbatasan memory manusia. Kita mungkin merasa cukup menyimpannya momen-momen penting mengandalkan ingatan. Tetapi apakah kita bisa mengulang kembali ‘kisah’ itu saat kita sudah berusia lanjut? Bahkan banyak kenangan-kenangan penting yang terlupa padahal kita masih berusia produktif.

3.   Menyimpan kenangan dalam foto tetap berbeda feel-nya dengan menyimpan momen dalam ‘cerita’. Kita mungkin bisa menulisnya tetapi tetap beda ‘rasanya’ saat kita menemukan foto tentang momen yang akan kita ceritakan.

Saat ini perkembangan dunia fotografi sangat memadai banget. Buat saya ini bagus sebenarnya dalam membantu pengasuhan kita terhadap si kecil. Akhir-akhir ini bermunculan device yang banyak membantu kita untuk mengabadikan momen tumbuh kembang si kecil. Tetapi untuk menangkap ‘golden moment’ agak sulit jika kita mengandalkan kamera. Kenapa? Karena kamera biasanya butuh setingan khusus. Kita tidak selalu memegang kamera kecuali di waktu-waktu tertentu. Sehari-hari kita lebih sering membawa handphone. Saya suka banget mengikuti beberapa akun instagram yang sering membagikan momen-momen emas tumbuh kembang anak. Hampir semua momen itu adalah momen emas dan diambil secara candid. Tanpa perlu mengatur anak harus begini atau begitu. Dan jelas kamera tidak bisa diandalkan untuk mengambil momen seperti itu.

Jatuh cinta dengan ASUS Zenfone 9



Sejujurnya saya suka banget dengan fitur yang disisipkan pada ASUS Zenfone 9. Dan menurut saya ini sangat memuaskan hasrat kita dalam menyimpan momen emas tumbuh kembang anak. Dan menyimpan hasilnya di blog maupun media lain.

  1.     Big on Photography.
pict by ASUS


a.  Teknlogi kamera 50 MP Sony IMX766. Siapa bilang orangtua cukup memiliki hape kentang dengan kamera buram seadanya. Berapa banyak para orangtua bisa menghasilkan foto-foto dan video berkualitas tajam dengan device memadai. Bahkan catatan pengasuhannya memberi manfaat luas untuk para orangtua lain. ASUS Zenfone 9 ini membawa teknologi kamera 50 MP Sony IMX766. Dengan kamera ini para orangtua, mom blogger, parenting blogger  dan guru serta teman-teman peneliti dan aktivis pendidikan mampu mengabadikan objek di minim cahaya bahkan di malam hari dengan hasil memuaskan. Kamera tajam yang mampu objek bergerak dengan smooth tanpa distraksi yang merusak hasil gambar.

b. Stabilisasi gimbal hibrid 6 sumbu, menjaga kamera tetap steady bahkan saat digunakan dengan satu tangan dan tangan lain menggendong anak, misalnya. Ini teknologi keren banget menurut saya. Gambar dan video yang dihasilkan bebas dari blur dan goyangan. Dengan teknologi gimbal ini kita bisa mengabadikan momen emas saat ia melangkah pertama kali, misalnya, dengan tangkapan tajan dan real time. Objek yang atraktif  dan tidak terduga ini bisa direkam dengan jelas. Whoa, daebak!. Jujur ini yang saya butuhkan dalam #parentingphotography

c.  Audio HDR dan wind noise reduction. Tangkapan video bersuara dengan audio mendekati asli tentu saja menyenangkan. Tawa si kecil saat langkah pertamanya terabadikan tentu saja priceless. ASUS Zenfone 9 juga mampu mereduksi suara bising yang tidak diinginkan dan mengurangi noise yang mengganggu.

d.    One handed to the Max. Ukurannya hanya 5,9 inchi. Ringan dan compact dan pas dalam satu genggaman. Mengingat kita ini orang Asia dengan telapak tangan yang tidak terlalu besar. Tentu saja ASUS Zenfone 9 ini pas banget untuk emak-emak Asia seperti saya hahaha. Bisa mengoperasikan semua fitur dengan satu tangan itu. Bahkan fitur-fitur khusus dapat diakses melalui ketukan dua kali. Kita cukup mengetuk dua kali bagian belakang saat ingin melakukan screenshoot, membuka kamera, mengatur cahaya kamera, mengaktifkan menu perekam, membuka google assistant, mengontrol media pemutar lagu dan video bahkan untuk meng-zoom in dan zoom out saat akan mengambil gambar/video.

            2.      Smart Connecx Asesories

pict by ASUS


    Smartphone pertama yang dilengkapi smart connex asesories beragam fungsi yang ditempelkan pada bagian belakang handphone. Apa saja itu? Antara lain: stand untuk penyangga smartphone. Menariknya saat penyangga dibuka kita bisa langsung mengakses aplikasi atau game yang kita pilih. Selain itu bisa juga sebagai connexcard holder untuk penyimpanan kartu nama.

pict by ASUS


Ya ampun ASUS Zenfone 9 ini memenuhi semua ekspektasi saya untuk parenting photography yang memorable. Bukankah setiap anak istimewa dan kehidupannya layak dirayakan dan diabadikan. Even if you're not perfect but you're limited edition Kids!. Dan saat ini saya sedang menyelesaikan riset tentang pengasuhan anak untuk memenuhi tugas thesis dalam menyelesaikan kuliah pasca sarjana saya. Dan butuh banget device seperti ini. Buat kalian yang mau beli Zenfone 9 udah bisa kalian dapatkan melalui partner dan channel pembelian resmi produk ASUS antara lain: Erafone, Tokopedia, ASUS Exclusive Store, ASUS Online Store. 

Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS Zenfone 9 Blog Writing Competition di Blog Widyanti Yuliandari” 

 

23 komentar

  1. kalau aku foto masa kecil sebenarnya ada, sayangnya ketika ibu meninggal dan rumah dijual kenangan itu hilang semuanya :( dan sekarang aku lebih rapi lagi ga hanya simpan di gphoto dan memori HP tapi aku terbiasa cetak foto lalu tempel di album foto heheh.. btw asus cakep ya speknya kameranya mantap

    BalasHapus
  2. Saya juga tertarikk banget dengan Asus Zenfone 9 ini Mak Irul .... kebayang kalau pake ini, hasil foto kita bareng anak2 keren2 ya.

    BalasHapus
  3. Iya mendokumentasikan perkembangan anak lewat foto itu bakal menjadi kenangan indah buat kita selaku orang tua maupun bagi anak. Anak pertama dan kedua saya selisih 1 tahun. Anak pertama banyak sekali fotonya pas bayi, sementara anak kedua sedikit. Sekarang si nomor 2 ini sering protes kalau kami lagi lihat foto-foto masa kecil mereka.

    Hehehe... biasanya saya jawab aja, "mama repot ngasuh kalian 2 bocah, jadi nggak sempat foto-foto"

    BalasHapus
  4. Zenfone 9 ini idamaaann bgt, kayakanya hampir perfect sebagai HP pendatang baru sekelas flagship, aku naksir bnget kamera sm fitur gimbalnya, bikin video makin keren +gampang bgt pastinya

    BalasHapus
  5. yang terakhir tuh menarik banget ya, ada smart connex accessoriesnya yang bikin akses menu atau game jadi mudah.

    btw, aku juga tipe orangtua yang suka banget foto-fotoin anak niiih, sampai aku rutin mencetak dan bikin album foto, ihihi. supaya bisa dilihat dalam bentuk cetak juga :D

    BalasHapus
  6. Semoga lancar ya studinya mba, dan terwujud punya device kayak si ASUS Zenfone 9 ini yang cakeeep bgt speknya... masa kecil dan foto-foto dulu rapi jali di album kenangan. Mamah suka cetak foto dan masih sampe sekarang ada di rumahnya, lucu2 beneeer. Oia itu bagus fotonya mba^^ so sweet

    BalasHapus
  7. Aku juga termasuk yang minim banget koleksi foto waktu masa kecil.
    Mungkin karena zaman aku kecil, kamera masih termasuk barang mewah.

    Well,
    Dari 4 pilihan warna Asus Zenfone 9, sepertinya Sunset Red akan jadi pilihan!

    BalasHapus
  8. Kamera di HP bersifat praktis ya Mak. Kalau lagi jalan sama bocah, lebih mudah jepretnya, atau pas momen dadakan, biasanya kita auto ngeluarin hape. Dari foto-foto kamera hape juga bisa menghasilkan karya dan cuan,

    BalasHapus
  9. Sama mak..aku juga minim foto2 masa kecil. Sebenarnya ada beberapa, tapi rusak dimakan usia. Kemarin2 pas foto itu masih lumayan bagus, tidak semuanya sempat aku foto/scan. mengsedih... Sekarang, foto anak-anak baru aku simpan di drive dalam bentuk mentah. Duuh, kayaknya harus meluangkan waktu untuk diedit deh, entah jd semacam scrapbook atau yg lain. Btw, zenfone sembilan ini emang bikin mupeng yaaa...kecil2 cabe rawit.

    BalasHapus
  10. bagus sekali mba hasil fotonya, jernih dan warnanya itu loh kaya, keluar banget, cakep dah pokoknya

    BalasHapus
  11. Wah iya, perjalanan parenting itu patut diabadikan ya mbak
    Menjadi portofolio anak juga
    Selain itu bisa mengabadikan kenangan
    Apalagi kalau difotonya pakai ASUS Zenfone 9 ini

    BalasHapus
  12. Aaah.... Sebagus itu ya hasil foto ASUS Zenfone 9. Huhuhu, buat aku yang suka banget fotoin aktivitas anak anak kayanya kepake banget ya. Hasil foto yang cakep bikin makin happy bikin jurnal perjalanan tumbuh kembang anak anakku

    BalasHapus
  13. baguuus nih HPnya ma Irul.. jadi bisa banyak memori yang disimpan di HP keren ini dan ngga ada yang ketinggalan deh momennya

    BalasHapus
  14. Wah beneran deh kalo ASUS Zenfone 9 yang pertamax ada smart Connect Accessories. Karena aku baru tahunya juga hape ini. Mantap fitur nya keren banget sih.

    BalasHapus
  15. Fotografi pakai HP Asus Zenfone 9 ini emang keren abis hasilnya Ya jadi pengen juga punya apalagi fiturnya lengkap

    BalasHapus
  16. Aku termasuk yang gak punya foto masa kecil sama keluarga. Dulu ada kang foto keliling, tapi ya meski udah dicetak, ternyata emang kurang gemati. Nanti kalau ada anak, gak mau kaya gitu. Sekarang ada ponsel kan. Punya Zenfone 9 ini pasti nambah oke buat ambil gambar

    BalasHapus
  17. Hp zenfone 9 bikin mupeng sangatbsetuju perjalanan parenting diabadikan buat cerita anak2 nanti dewasa apalagi kalau di buat video2nya makk (gusti yeni)

    BalasHapus
  18. Aku berarti menjalankan parenting photography yaa, isi album foto di HP ya foto video anak-anak. Seneng gitu lihat koleksi foto dari zaman bayi sampai sekarang. Menunjukkan ke anak pun jadi kesempatan istimewa. Apalagi shootnya pakai ASUS Zenfone 9. Wow!

    BalasHapus
  19. Kameranya keren banget yaa.. Dan aku dari dulu gak pernah kecewa dengan kamera SONY. Kini dengan menggunakan produk ASUS Zenfone 9 namun memiliki kemampuan dan spek terbaik.

    BalasHapus
  20. Aku dulu rajin bgt motret tumbuh kembang anak, dan anaknya kubikinkan sosmed untuk posting foto dan videonya. Eh, sekarang malah jarang posting meski tetep sih masih suka àku potret.
    Dan ini kalau pakai Zenfone 9, pasti gambarnya bakalan bagus bgt ya Mak ☺

    BalasHapus
  21. Termasuk beruntung nih aku punya kenangan masa kecil mak, foto2ku sejak bayi lumayan lah, satu dua ada. Dulu bapakku punya kamera analog dan hobi jeprat jepret. Kalau sekarang lebih praktis ya pake hape aja, apalagi dengan kualitas seperti Zenfone 9 ini. Hasil foto jernih dan tajam warnanya.

    BalasHapus
  22. Aku juga jatuh cinta sama hape ini, tapi harganya bikin mikir dulu xixi. Spesifikasinya udah pasti mantap banget. Cocok deh untuk mengabadikan setiap momen.

    BalasHapus
  23. Wah ternyata ada namanya ya Parenting Photography. Bener juga menyimpan kenangan berbentuk tulisan beda dengan foto ya. Pakai asus Zenfone 9 kebayang hasilnya pasti lebih keren

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.