Potongan rambut untuk anak lelaki muslim




Saat ini tiga anak lelaki di rumah ini rambutnya pada gondrong. Iya beneran. Bahkan beberapa kali rambut si Zoe itu dikucir biar enak kalau dia lagi beraktivitas.  Selain emaknya belum sempat nganter anak-anak ke tukang cukur rambut saya pikir ga papa lah anak-anak sementara gondrong dulu. Toh sebenarnya tidak ada larangan dalam Islam anak laki-laki berambut panjang. Selain itu bisa juga sebagai sindiran nih " Kemana aja para sodaranya kok bisa saat anak-anak lelakinya bahkan ada yang belum cukur rambut bahkan belum dikhitan" hehehe.


Back to topick, dalam Islam kalau kita merujuk ke kitab? Karyanya syeikh Munawar Chalil ada tiga jenis potongan rambut Rasulullah lo. Dan itu bisa2 jadi rujukan nih saat ingin memotong rambut anak lelaki di rumah.


1. Wafrah. Wafrah ini merujuk kepada potongan rambut pendek di atas telinga.

2. Limmah. Sedangkan potongan rambut ala Limmah adalah potongan rambut lelaki yang panjangnya mencapai sedikit di bawah telinga. 

3. Jummah. Nah sedangkan Jummah adalah potongan rambut lelaki yang merujuk pada rambut yang panjangnya mencapai bahu.  Dan kayaknya sekarang lagi trend ya ini. Hahaha. Langsung inget rambutnya Suga, ampuuun. Hahaha.

Oia ada potongan rambut yang dilarang untuk lelaki lo. Yakni potongan Qozha. Atau memotong rambut sebagian dan membiarkan sebagian yang lain. Jadwal sebenarnya ini merujuk kepada rambut yang dikerok sebagian dan menyisakan pada bagian lain. Ini potongan rambut yang dilarang di dalam Islam lo.

Semoga sedikit ini bisa mencerahkan ya buat para orang tua muslim. 








1 komentar

  1. Maa syaa Allah bener bgt bun setuju. Kecuali kalau anak kita sekolah diluar pasti ada aturan lain lagi yg mengharuskan cukur rambut agar terlihat lebih rapi dan seragam.

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.