Mumpung Ramadhan, Saatnya Perempuan Mempersiapkan Hal Berikut

 


Dalam hidup itu selalu ada hal-hal di luar prediksi kita. Kalau kata Lara Jane dalam trilogi To All The Boys “Hidup itu tidak pernah seperti yang kau inginkan” ya namanya juga hidup selalu dikelilingi masalah. Kalau dikelilingi wijen itu onde-onde son. Hahaha. Saya ingat banget ramadhan 2020 itu keluarga kami masih utuh. Eh di tahun 2021 kami kehilangan kepala keluarga dengan jalan yang tidak disangka-sangka. Seorang istri menjadi single parent di usia belum genap 40 tahun. Mendadak banget-lah pokoknya. Masya Allah.



Ramadhan tahun ini adalah ramadhan ke-2 kami sekeluarga tanpa ayahnya anak-anak. Masih kikuk rasanya tanpa ayahnya anak-anak di rumah. Yang tadinya biasanya saat sahur ada yang dibuatkan teh tubruk panas sekarang orangnya sudah ga ada di rumah. Huhuhu. Meskipun akhirnya saya tetap bikin teh panas yang ta minum sendirian. Meskipun menghirup teh panas itu dengan sedikit mewek.

Yang namanya musibah itu memang selalu datangnya tak disangka-sangka. Tetapi sebagai orang-orang beriman selalu menguatkan hati bahwa setiap ujian dalam hidup adalah jalan bagi kita menjadi lebih baik. Alhamdulillah meskipun bukan orang kaya ala sultan kami sendiri sudah berusaha mempersiapkan jika hal-hal terduga datang. Salah satunya mempersiapkan tabungan pendidikan anak-anak dan juga sedikit dana darurat.

 

Nah sedikit saya sharing apa-apa yang sebaiknya kita persiapkan sebelum hal-hal tidak terduga datang. Baik itu kehilangan kepala keluarga, sakit, kehilangan pekerjaan atau musibah lainnya. Mumpung bulan Ramadhan, bulan yang baik untuk memulai kebiasaan baik. Mumpung kita masih di bulan penuh rahmat ini menjadi awal bagi kita para perempuan memulai tradisi baik.

1. Selalu menguatkan ketergantungan kita kepada Allah. Bahwa segala sesuatunya sudah tercatat dengan rapi di lauhul mahfudz. Setiap ketentuan allah yang datang pada kita insya Allah ada jalan keluarnya dari Allah. Jangan pernah berputus asa dari rahmat Allah.

2.  Persiapkan dana darurat. Sejak pandemi lalu saya sangat menyadari pentingnya kita memiliki dana darurat.

3.     Memiliki tabungan. Kebetulan kami terbiasa menabung emas untuk tabungan pendidikan anak-anak. Selain itu saya juga menabung untuk kuliah pascasarjana saya sendiri yang kebetulan saat ini sudah hampir selesai. Insya Allah tahun ini wisuda. Aamiin.

4. Pentingnya memiliki keahlian khusus dan juga portofolio yang baik. Alhamdulillah keahlian saya sebagai blogger dan juga content writing sangat membantu saya saat ini. Bahkan banyak sekali kawan yang menawarkan pekerjaan berkaitan dengan keahlian ini di saat banyak orang kesulitan mencari pekerjaan. Alhamdulillah. Reputasi yang dijaga dengan baik itu membantu sekali saat ini.

5.  Berinvestasi pada makanan sehat. Ini penting banget. Karena sesungguhnya makanan sehat itu investasi jangka panjang. Alhamdulillah saya sendiri ga rewel untuk urusan makanan. Anak-anak di rumah juga. Kami terbiasa memasak makanan sendiri. Sehingga saya bisa mengontrol asupan anak-anak di rumah.

6.   Menjaga hubungan baik dengan kerabat dan sahabat. Intinya jangan mencari musuh. Karena mau tidak mau memang kerabat dan sahabat yang biasanya mendukung kita saat kita terpuruk. Alhamdulillah dukungan kerabat dan sahabat sangat berarti buat saya. Terima kasih tak terhingga atas dukungan kalian untuk saya dan keluarga.

Saat ini bisa dibilang sayalah tulang punggung keluarga. Dan kesehatan saya menjadi investasi keluarga kami. Saya sendiri selalu memotivasi diri dan mengafirmasi diri bahwa ‘saya harus sehat’. Ada enam anak yang harus saya besarkan belum termasuk dua ekor kucing kami (si Milo dan Owy). Saya berusaha betul menjaga kesehatan tubuh saya sendiri. Bahkan beberapa kali saya memberi rewards untuk diri sendiri dengan membeli makanan sehat. Dan mengurangi makanan junkfood. Dan yang penting lagi adalah menyadari bahwa salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh single parents adalah memiliki asuransi kesehatan.

Replacement Habit Pada Bulan Ramadhan



Hal baik berkaitan dengan investasi kesehatan pada bulan ramadhan untuk perempuan adalah dengan memulai menyiapkan dana untuk asuransi kesehatan. Bulan Ramadhan itu bisa dibilang saat yang tepat bagi kita untuk memulai suatu kebiasaan baik. Ada hikmah kenapa berpuasa dilakukan selama tiga puluh hari. Banyak penelitian mengatakan sesuatu yang sama dilakukan selama sebulan penuh itu biasanya bertahan lama. Selain berpuasa kita bisa memulai Replacement Habit

Kita mulai pada hari pertama puasa dengan menyisihkan uang minimal 20.000/hari. Nanti pada akhir Ramadhan terkumpul 600.000. dan kebiasaan mengumpulkan 20.00/hari ini insya Allah bisa konsisten karena kita melakukannya selama tiga puluh hari. Dan bulan berikutnya biasanya lebih mudah. Karena kita merasa ‘ ada yang kurang’ jika kita belum menyisihkan uang senilai 20.000. Uang yang terkumpul itu, misalnya di sini adalah 600 ribu bisa kita gunakan untuk pembayaran premi asuransi kesehatan. Ini yang disebut dengan practice makes perfect.

Berkenalan dengan Asuransi Astra Garda Healthtech



Saat ini sudah banyak provider asuransi yang menawarkan asuransi kesehatan dengan banyak fasilitas. Salah satu yang saya notice adalah gardaoto.com.  Gardaoto sendiri adalah perusahaan asuransi Astra yang telah terdaftar dan diawasi OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Salah satu produk asuransinya adalah Asuransi Astra Garda Healthtech. Dan kelebihan Asuransi Astra Garda Healthtech adalah memiliki polis  asuransi kesehatan rawat jalan yang bekerjasama dengan Halodoc sehingga memudahkan nasabah untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara online melalui aplikasi Halodoc.

Mengapa harus Garda Healthtech?



Kenapa sih Garda Healthtech jadi pilihan? Berikut beberapa kemudahan menggunakan Garda Helathtech :

1. Proses pendaftaran mudah

Pendaftaran dan pembelian dilakukan secara online melalui gawai.

2. All around protection

Setiap nasabah mendapatkan jaminan konsultasi online dan lalu bisa melakukan dengan tatap muka.

3. Harga terjangkau

Preminya terjangkau mulai dari 500.000/tahun lo. Ini terhitung murah sih untuk perempuan single parents.

4. Asuransi rawat jalan cashless

Dimana kita tidak perlu repot mempersiapkan uang tunai, cukup membayar menggunakan transfer antar bank melalui smartphone saja.

 

Langkah mudah pembelian di www.gardaoto.com

Dan langkah pembeliannya juga sangat gampang dan user friendly lo. Berikut beberapa cara pembeliannya:

1. Masuk melalui website https://www.gardaoto.com/garda-healthtech/product-info2. klik button Beli Sekarang.

2. Isi informasi data diri

3. PIlih paket perlindungan

- Pilih paket Garda Healthtech sesuai kebutuhan

- Pilih paket Fit, Classy atau Ultima

4. Pilih pembayaran

Tersedia beberapa pilihan pembayaran, mulai dari AstraPay, Kartu Kredit, Bank Transfer dan ATM Bersama.

5. Polis berhasil diaktifkan

E-polish akan otomatis dikirimkan melalui email. Setelah itu kita bisa klaim melalui aplikasi.

Nah itu sedikit sharing saya tentang beberapa hal pentingnya untuk seorang single parents mempersiapkan diri dari hal-hal tidak terduga. Jangan lupa selalu meminta pertolongan Allah agar dimudahkan segala urusan, diberikan kesehatan, perlindungan, keselamatan dan  dijauhkan dari segala marabahaya. Aamiin. Semangat ya untuk para ibu dan perempuan yang menjadi tulang punggung keluarga. Insya Allah lelah kita menjadi lillah dan berbuah pahala. Saya ingin bilang ke diri saya sendiri “Thank you for being kind to yourself”.

1 komentar

  1. Semangat selalu ya Mak... Btw, asuransi garda Oto ini terjangkau nya Mak.m

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.