Pentingnya Anak-Anak Terlibat Dalam Olahraga

 


Olahraga menjadi salah satu portofolio yang biasanya dimiliki anak-anak homeschooling. Bahkan berdasarkan hasil penelitian di sebuah jurnal disebutkan bahwa anak-anak yang terbiasa berolahraga dan aktif dalam kegiatan olahraga biasanya lebih mudah beradaptasi saat dewasa. Dan saat ini sendiri sudah banyak kampus ternama dunia yang membuka jalur penerimaan khusus bagi atlet remaja berprestasi. Karena memang olahraga termasuk bagian dari kecerdasan majemuk yang diakui oleh masyarakat dunia.



Berminat dengan olahraga buka berarti anak-anak kita harus menjadi atlet atau harus terlibat aktif dalam berbagai turnamen. Tetapi saya lebih memilih bahwa anak-anak bisa belajar banyak berbagai prinsip-prinsip penting dalam dunia olahraga. Berikut beberapa hal penting yang bisa dipelajari anak-anak saat mereka aktif dalam dunia olahraga

1.     Terbiasa berlatih rutin dan disiplin. Remaja yang sejak kecil bergabung dengan komunitas olahraga biasanya berlatih  rutin dan disiplin dengan waktu. 

2.     Belajar untuk sportif. Anak-anak sangat emnghargai peraturan dan juga berkompetisi dengan jujur dan bertanggung jawab.

3.     Belajar beradaptasi dengan dunia baru. Mudah bagi remaja beradaptasi dengan hal baru jika mereka sudah aktif di dunia olahraga sejak kecil.

4.     Belajar mengambil keputusan dengan cepat dan tepat. Karena dalam olahraga banyak keputusan penting diambil dalam hitungan detik maka remaja yang terbiasa aktif berolahraga biasanya terbiasa mengambil keputusan tepat dengan cepat.

5.     Terbiasa bekerja keras. Anak-anak akan terbiasa bekerja keras dan berlatih. termasuk dalam banyak hal.

6.     Terlatih berpikir kritis. Mereka biasanya berpikir kritis. apalagi jika ada hal-hal yang perlu ditanggapi secara kritis dan bertanggung jawab.

Osama, putra sulung saya pernah aktif menjadi atlet pencak silat dan bergabung di Pembinaan Atlet DIY. Bahkan Osama sudah bergabung di KONI DIY sejak kelas 6 SD sebagai binaan atlet Pencak Silat. Dan saya melihat banyak sekali sisi positif dia aktif di olah raga. Terutama untuk pertumbuhan badannya. Sekarang anaknya badannya bongsor banget. Dia terbiasa berlatih lari untuk melatih fisiknya. Sampai sekarang saat dia sudah masuk boarding school Osama tetap aktif berlari setiap sore selama 30menit sampai satu jam. Dan tubuhnya cepat sekali meninggi.

Salin itu Osama juga terlatih mengambil keputusan dengan cepat dan tepat. Dia lebih dewasa dan bersikap bijak juga dalam melihat situasi. Itu bagus untuk melatih mental para remaja.

Atlet COSMO Gabung Di TIMNAS



Makanya tak heran saya ikut senang dengan kabar bahwa atlet binaan COSMO JNE FC ikut bergabung dalam Timnas Futsal Indonesia. Ada empat atlet COSMO JNE FC yang ditarik menjadi atlet timnas Indonesia. Mereka akan turun dalam ajang AFF Futsal Thailand 2022 di Thailand. Event yang berlangsung dari tanggal 2-10 April 2022. Empat atlet yang bergabung ke timnas adalah M. Rizki Xavier, Dewa Rizki, Firman Adriansyah, dan M. Iksan Rahadian. Selain itu 2 official pun diboyong, Ade Lesmana selaku pelatih kiper dan Amril Daulay selaku asisten pelatih untuk membela Timnas Futsal Indonesia yang akan bertanding di Piala AFF Futsal Championship Thailand pada 2-10 April 2022.

Saya setuju sekali dengan pernyataan pak M. Feriadi Soeprapto, selaku Presiden Direktur JNE, “Mewakili keluarga besar JNE, kami merasa bangga, Cosmo JNE FC menjadi penyumbang pemain terbanyak untuk timnas futsal Indonesia yaitu  4 pemain dan 2 official dipanggil untuk membela Timnas Futsal Indonesia yang akan berlaga di Thailand nanti dan kini ada di peringkat 2 Liga Futsal Professional Indonesia 2021, sehingga tim ini membawa harum nama JNE di lapangan, ungkap Feriadi saat memberikan sambutan pada acara ‘Meet and Great Cosmo JNE FC with Director’, di JNE Tomang 11, Jakarta Barat Senin lalu.

Beliau juga berharap, agar Cosmo JNE FC selain berprestasi di lapangan, juga bisa memperkenalkan nilai-nilai dan budaya positif perusahaan JNE ke masyarakat luas, di mana JNE suka berbagi, memberi dan menyantuni, sehingga tagline “connecting happiness” dapat terwujud untuk selalu memberikan manfaat seluas-luasnya untuk seluruh masyarakat  Indonesia  dan Cosmo JNE FC menjadi berbeda dengan tim futsal lainnya. “Terus bekerja keras, terus berjuang dan terus bertanding, semoga di Thailand dan pada putaran ke-2 nanti target juara bisa diraih,” ujar M. Feriadi.

Selamat bertanding timnas Indonesia di AFF Futsal Championship Thailand. Semoga mendapat hasil yang terbaik. Tetap semangat berlatih.

23 komentar

  1. Olahraga memang banyak manfaatnya ya. Selain bisa membuat badan lebih bugar dan sehat, juga melatih kedisiplinan, sportifitas, mental dll. Iya banyak sekolah atau kampus yang memberikan beasiswa buat anak-anak yang berprestasi di bidang olahraga.

    BalasHapus
  2. Banyak sekali manfaat dari olahraga, tahun ini rencanaya mau masukin Aqla ke olahraga Taekwondo. Wah, selamat untuk COSMO JNE FC, selamat bertanding

    BalasHapus
  3. Pepatah mengatakan alah bisa karena biasa. Terbiasa berolah raga sejak kecil akan terbawa terus sampai dewasa. Begitu pun berolah raga sejak kecil, jika memiliki bakat akan langsung kelihatan, jadi bisa dapat pembinaan yang layak dari institusi seperti atlet binaan COSMO JNE FC yang telah ikut bergabung dalam Timnas Futsal Indonesia. Semoga mereka sukses

    BalasHapus
  4. Wah emang kalau olahraga tuh banyak banget manfaatnya selain buat kesehatan. Bisa ngajarin anak2 belajar sportif. Ini penting banget sih. Keren nih COSMO JNE FC ikut bergabung dalam Timnas Futsal Indonesia. Selamat!

    BalasHapus
  5. semangat bertanding buat cosmo jne fc... moga sukses dan berjaya. andai anaku ada yg suka olahraga, semua pilih jalan yang lain :D

    BalasHapus
  6. Aku jarang mengikuti berita olahraga. Padahal suka ikut bangga kalau atlet nasional berlaga di even regional/internasional lalu menang hehehr. Trakhir baca berita ttg futsal adl pas timnas putri batal diberangkatkan ke sea games. Jujur aku baru tau kalau JNE mendukung tim futsal :D. Semoga tim futsal indonesia mrmbawa pulang hasil memuaskan dr AFF futsal

    BalasHapus
  7. Tulisannya jadi sentilan aku banget nih, kadang olahraga aku masih sendiri aja ngga ajak ajak keluarga apalagi anak anak huhu ya karena anak anakku lebih seneng mager dirumah huhu.. tapi memang harus terus dikuatkan ya.. mungkin bisa mulai dari olahraga futsal dan nanti jadi tim futsal aff deh yang didukung JNE

    BalasHapus
  8. Memang kentara banget mbaa, anak2 dan remaja yg hobi olahraga karakternya lebih tangguh dan percaya diri gitu.
    bismillah, semoga ALLAH mudahkan generasi muda makin semangat olahraga dan menjadi jundi Allah yg makin baik plus berkualitas prima!

    BalasHapus
  9. Piala AFF Futsal Championship Thailand digelar tgl. 2-10 April 2022. Berarti sekarang udah selesai ya. Gimana hasil pertandingannya, mbak? Apakah tim futsal Indonesia menang?

    BalasHapus
  10. Dennise Sihombing30/4/22

    Berlatih olahraga sejak kecil saya rasakan manfaatnya pada Putri saya Glory. Dimana dia ikut basket, sering bertanding dan menang beberapa kali. Hal ini yang membuatnya sekarang tumbuh menjadi anak bertanggungjawab, disiplin dan kritis

    BalasHapus
  11. Turut mendoakan yang terbaik untuk kesuksesan dan keberhasilan dari timnas Indonesia di AFF Futsal Championship Thailand.
    Semoga banyak pelajaran dan pengalaman yang akan diperoleh untuk menjelajah dunia futsal INternasional, kelak.

    BalasHapus
  12. Semangat untuk terus berlatih hingga membawa nama harum bangsa nantinya. Aamiin... Sakit dengan JNE yang selalu begitu peduli dengan berbagai kondisi dan komunitas di negara kita ini

    BalasHapus
  13. Ini setuju sih. Olahraga kan bermanfaat untuk kesehatan. Apalagi sampai bisa berprestasi. Salut untuk tim cosmo jne fc

    BalasHapus
  14. Keren ya JNE, punya tim futsal. Mana berprestasi pula di liga futsal. Selamat JNE, semoga bisa menang di tahap selanjutnya.

    BalasHapus
  15. Keren ya JNE. Punya tim futsal. Mana berprestasi pula. Semoga bisa menang di pertandingan berikutnya. Selamat JNE.

    BalasHapus
  16. Iya, Maak. Biasanya menjadi nilai tambahan kalau punya prestasi dari jalur olahraga, yaa.

    BalasHapus
  17. Keren ya Osama walaupun ngga jadi atlet lagi tetap disiplin berolahraga setiap hari, anakku pengen gabung klub bulutangkis aku baru cari info nih Mak..keren banget nih JNE bisa meloloskan anggotanya mewakili Indonesia

    BalasHapus
  18. Olahraga itu sehat
    Makanya anak anak perlu aktif terlibat dalam kegiatan olahraga ya mbak
    Nggak hanya bikin sehat, tapi juga bisa jadi sarana meraih prestasi

    BalasHapus
  19. Membiasakan anak sejak kecil tentang kebiasaan positif memang perlu ya, apalagi soal olahraga nih biar anak tahu gaya hidup sehat

    BalasHapus
  20. Setuju sayaaa..Berminat dengan olahraga bukan berarti anak-anak kita harus menjadi atlet atau harus terlibat aktif dalam berbagai turnamen. Banyak manfaat yang didapat dari nilai-nilai yang ditanamkan olahraga terutama buat remaja

    BalasHapus
  21. Aih iya ya.. pengen banget bisa tahu potensi anak-anak tuh di olahraga apa. Biar bisa diarahkan untuk fokus pada olahraga yang mereka sukai. Sejauh ini sih, si sulung tuh bisanya di hulahoop. Nah gak tahu nih, itu masuk olahraga apa. Sementara adiknya, di usianya yang 4 tahun ini, demen bener balap pakai mobil-mobilannya, ngedrift gitu.. hahahah.. sama ini nih, doyan lompat terus ngechallenge dirinya sendiri untuk lebih jauh terus jarak lompatannya.

    BalasHapus
  22. Olah raga banyak banget manfaatnya emang. Aku baru tau ternnyata berprestasi di olah raga bisa masuk PTN. Anak temenku masuk IPB soalnya juara taekwondo.

    BalasHapus
  23. Setuju banget nih. Klo dari kecil sudah dibiasakan dengan olahraga, jiwa sportivitasnya bakal ada dan terus dilatih sejak dini. Plus teamwork dan manajemen emosi pas menang kalah hehe.

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.