Alone and Happiness

 


Sejak tahun lalu sebenarnya saya hampir tidak bisa membedakan happiness atau sadness. Kayaknya kalau bahagia itu ya itu rejeki dan biasa aja gitu juga saat kesedihan datang saya menganggapnya ya pas giliran aja dapet musibah. Karena orang lain juga pasti dapat kesedihan cuma caranya aja yang berbeda. Cuma yang terasa banget buat saya adalah dulu biasanya ada ayahnya anak-anak yang bisa dijadikan tempat cerita saat ini paling anak-anak yang udah abege. Tapi setelahnya ya biasa aja sih ga dipikir banget. Ga mau dipikiran banget sebenarnya.

Ke Kafe Sendirian



Nah salah satu yang berbeda banget saat ini adalah saya jadi terbiasa bepergian sendiri. Bahkan ke luar kota juga sendiri. Naik kereta sendirian. Mampir ke kafe juga sendiri sambil bawa kerjaan. Tadinya beneran ga punya nyali masuk kafe sendirian buat ngerjain kerjaan atau tugas kuliah. Padahal kalau di rumah itu kadang sumpeknya kerasa tapi mau ke kafe sebentar aja kok rasanya ga berani. Akhirnya saya coba pergi sendirian ke kafe buat ngerjain tugas kuliah. Kebetulan tempat yang saya datangi itu biasa saya kunjungi dan kalau siang sepi. Ya ampun ga nyangka bisa ngerjain 3 artikel dan satu makalah tugas kuliah plus ngedit tesis. Itu disambi ngetik dan riset literatur. Ya ampun bahagia banget. Ternyata bisa juga ya aku masuk kafe sendirian dan ngerjain kerjaan sampai beres sendirian. Hahaha. Ini beneran prestasi untuk orang yang sudah setua ini masuk kafe biasanya selalu bersama suami atau anak-anak atau teman-teman. Kalau dulu itu rasanya aneh liat orang sendirian di tengah keramaian. Setelah merasakan sendiri ternyata tidak seburuk itu rasanya. Inilah yang disebut terbiasa lewat jalur karma. Hahaha.

Sendirian di Tengah Keramaian



Saya ingat banget dulu pernah tersesat sendirian di Madinah lupa arah. Maklum ya, buka google maps aja bingung gitu lo apalagi saat internetnya ga bisa dibuka. Akhirnya saya duduk sendirian di depan sebuah kedai buku di dekat situ. Dan sendirian. Padahal semua orang pada rombongan. Rasanya asing banget. Tapi ada rasa berbeda gitu. Sampai kemudian saya menyadari mungkin besok kalau saya di padang mahsyar ya gini ini (bahkan lebih) rasanya sendirian meskipun banyak orang. Untungnya ga lama suami menemukan saya duduk dengan wajah bingung ngeliatin orang. Tetapi saat ini saya sudah terbiasa sendirian kemana-mana. Sejak ayahnya ga ada genap setahun ini memang jadi terbiasa kemana-mana sendiri. Dan ternyata ada semacam kebahagiaan bisa menaklukan rasa aneh karena pergi sendiri.



Sekarang saya sering bawa laptop dan duduk sendirian di perpustakaan bahkan sampai petugas perpusnya ninggalin kunci karena lagi nyari makan siang. Kebetulan perpustakaan pascasarjana dan doktoral di kampus itu lebih banyak sepinya daripada ada pengunjungnya. Dari pagi sampai sore. Atau melipir ke warung makan Bu Baha buat ngetik dan ngerjain tugas kuliah saat anak-anak lagi ngaji di sore hari. Dulu canggung banget rasanya. Sekarang, biasa aja bahkan bahagia karena sendirian dan ga perlu ada yang diajak ngobrol buat sekedar basa-basi. Hahaha. Beneran buat kerja. Atau sendirian di perpustakaan RBM Bantul buat ngetik kerjaan sambil bawa sangu caramel machiatto beli di Indomaret Point. Bahkan sekarang penjaga Indomaret Pointnya itu kalau saya masuk langsung nyeletuk “ Caramel Machiatto kak Salma”. Ya ampun ternyata saya sudah dihafalin sama mbaknya.

Ke toko buku sendirian 



Terus ke Gramedia buat jajan buku sendirian juga sudah biasa. Rasanya bahagia bisa ada di tengah-tengah tumpukan buku baru dan mencium aroma buku baru sendirian tanpa perlu ada yang diajak diskusi buku ini bagus atau enggak. Ternyata kita bisa se-mandiri itu dalam hidup. Hahaha. Keliling mall sendirian setelah belanja buku kayaknya udah prestasi banget. Kok ada rasa bahagia yang asing gitu di dalam hati sana. Dan kebahagiaan itu ternyata bisa dirasakan juga oleh anak-anak. Happiness is contagious. Meskipun karena sering kemana-mana sendirian saya jadi ga ada yang motoin. Ga punya foto candid sebagus dulu. Hahaha. Tetap butuh difoto dan memotret orang lain. Baru menyadari ternyata saya beneran bayi musim dingin, yeah, you know my star sign is sea goat. Hahaha

Sendirian di kafe sambil baca buku


Dan pekan depan saya akan melakukan penerbangan ke luar kota sendirian. Sudah tak persiapkan sih semuanya termasuk saat kebingungan nanti di bandara karena ga ada teman. Tapi insya Allah sudah siap. Kalau nanti kebingungan karena merasa sendirian tinggal buka hape atau baca buku. Sendirian itu ternyata ga sebegitu menyedihkan juga ternyata. Ternyata ada benarnya jika ada quotes yang bilang "Happiness is being alone with your own thoughts" 

Meskipun mulai bisa menikmati rasa sendiri ini. Selalu doa saya dan anak-anak kami panjatkan untuk ayahnya. Semoga beliau bisa segera berkumpul bersama kami lagi. 


Tidak ada komentar

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.