Gerakan #AyoTunjukTangan Sukses Berkat Kolaborasi SGM Eksplor dan Mitra

 


Sejak pandemi covid-19 ini melanda dunia, mau tidak mau memang kehidupan masyarakat global termasuk kita di Indonesia ikut berubah. Miqdad yang berusia 6 tahun saja sekarang familiar dengan zoom. Padahal tadinya anak ini ngertinya kalau pegang hape itu ya cuma nonton youtube dan main games. Tetapi sejak pandemi dan terjadi pembatasan aktivitas mau ga mau dia ikut belajar di rumah. Jadi familiar dengan beberapa tools aplikasi untuk sekolah online. Bahkan sekarang bisa mencari informasi di internet dengan bantuan saya tentunya dan tetap dalam pengawasan. Alhamdulillah anak-anak tetap bisa belajar.

Kolaborasi semua pihak
mensukseskan Gerakan #AyoTunjukTangan


Kita tetap harus bersyukur jika kehidupan kita tidak begitu berubah banyak sejak pandemi covid ini. Karena di luar sana banyak keluarga yang terdampak. Bahkan anak-anak mengalami kesulitan untuk mengakses edukasi dan nutrisi yang layak. Menurut data yang dirilis 9 dari 10 anak Indonesia mengalami kesulitan mengakses nutrisi dan edukasi. Duuh ya Allah, ikutan sedih. Padahal dua hal tersebut berperan penting dalam tumbuh kembang anak.

Meskipun demikian rasanya bangga saat Wrap-up  Gerakan #AyoTunjukTangan kemarin bersama SGM Eksplor, Cakap dan Telkomsel. Di tengah kesulitan karena pandemi tetap terjalin kolaborasi yang kuat, SGM Eksplor bersama mitra telah berhasil memberikan akses pendidikan dan nutrisi untuk mendukung kemajuan anak-anak Indonesia tumbuh jadi generasi maju.

Pemerintah Berupaya Untuk Menjaga Kesinambungan proses belajar-mengajar

Saat mengikuti webinar Gerakan Nasional Ayo Tunjuk Tangan bersama SGM Eksplor kemarin rasanya bangga banget karena telah ikut menjadi bagian yang mensuport gerakan keren Ayo Tunjuk Tangan ini. Seperti kata bapak Jumeri, S.TP., M. Si Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek). Bahwa Upaya mencerdaskan bangsa tidak akan berhenti hanya dalam 1-2 periode pemerintahan, tetapi berlangsung terus menerus. Meskipun pandemi kegiatan belajar mengajar seharusnya tetap berjalan dengan teknis yang lebih aman dan bisa disesuaikan. Tetapi keterbatasan sarana dan prasarana pendidikan di tiap daerah berbeda. Mau tidak mau kita sebagai bagian dari elemen masyarakat memang harus turut terlibat. Anak-anak Indonesia akan menjadi salah satu bagian dari penggerak pembangunan di masa depan. Agar bisa menghasilkan manusia produktif dan memiliki kemampuan optimal kita harus berinvestasi dari sekarang. Pemerintah sangat mengapresiasi setiap inisiatif dan praktik baik dari pihak swasta yang ingin ikut berkontribusi bersama dengan pemerintah untuk mendukung pendidikan anak-anak Indonesia guna mewujudkan Merdeka Belajar demi kemajuan generasi mendatang.

Pentingnya Suport Sistem



Suatu program itu tidak akan sukses jika tidak ada kolaborasi yang bagus antara semua elemen. Inilah pentingnya suport sistem dan kolaborasi yang apik. Daisy Indira Yasmine, S.Sos., M.Soc. Sci. Menjelaskan bahwa dalam upaya untuk menciptakan generasi maju harus dimulai dari pengembangan kualitas hidup seorang anak sejak dini dan didukung oleh lingkungan sosial sekitar secara kolektif dan masif.  Untuk itu, kesadaran masyarakat akan pemenuhan nutrisi dan pendidikan adalah hal yang penting sebagai langkah awal untuk mengembangkan potensi anak. Selain itu, kolaborasi antara pemerintah dan pihak swasta juga akan membentuk support system yang positif.

Sebagai ibu tentu saja saya sangat terbantu dengan dukungan para ibu lain. Mendidik anak itu tidak hanya di dalam keluarga tetapi mereka juga didik oleh lingkungan. Kolaborasi para ibu dalam meningkatkan kualitas pendidikan bagi anak itu pengarushnya besar lo. Berdasarkan UUSPN pasal 54 ayat 2 menyatakan bahwa peran serta masyarakat dalam pendidikan meliputi peran serta perorangan, kelompok, keluarga, organisasi profesi, pengusaha, dan organisasi kemasyarakatan dalam penyelenggaraan dan pengendalian mutu pelayanan pendidikan.

Senangnya menjadi bagian dari kolaborasi gerakan
#AyoTunjukTangan bersama bunda-bunda Indonesia

Dan senang banget saat bu Astri Prasetyo, Marketing Manager SGM Eksplor mengatakan bahwa “Gerakan sosial “#AyoTunjukTangan” merupakan salah satu komitmen dan upaya SGM Eksplor berkolaborasi dengan banyak partner yang memiliki tujuan sama untuk bersama-sama tunjuk tangan, berinisiatif untuk mendukung kemajuan anak Indonesia.” SGM Eksplor mempunyai tanggung jawab moral untuk menjadi bagian dari berjalannya proses pendidikan di Indonesia dan menciptakan Generasi Maju.

Pada tahun 2021 ini, melalui gerakan sosial #AyoTunjukTangan, SGM Eksplor tak hanya berkolaborasi dengan masyarakat tetapi juga berkolaborasi dengan pemerintah melalui Kemendikbudristek dan pelaku industri lainnya yang memiliki komitmen sama untuk mewujudkan kemajuan anak Indonesia, diantaranya dengan Telkomsel dan CAKAP.

Bapak Andry P Santoso,General Manager Corporate Social Responsibility Telkomsel, mengatakan bahwa “Sangat senang dapat ikut terlibat dan berkontribusi dalam gerakan sosial #AyoTunjukTangan guna mendukung akses pendidikan bagi anak Indonesia dengan menjalankan peran kami sebagai connectivity enabler melalui penyediaan akses konektivitas yang sangat krusial untuk memastikan terselenggaranya pembelajaran daring dengan baik” demi keamanan dan keselamatan proses pengajaran memang berlangsung secara daring dan Telkomsel terlibat dalam bantuan pengadaan kuota internet untuk anak-anak Indonesia.

Tak hanya Telkomsel, platform pembelajaran online CAKAP mendukung kolaborasi bersama SGM Eksplor dalam gerakan sosial #AyoTunjukTangan. “Dengan visi meningkatkan kehidupan dan daya saing sumber daya manusia di Indonesia, CAKAP sebagai pelopor platform pembelajaran online di Indonesia, bangga dapat terlibat berkontribusi dalam inisiatif gerakan sosial #AyoTunjukTangan. CAKAP telah memberi program belajar Bahasa Inggris gratis selama 1 tahun kepada ribuan siswa-siswi di Indonesia” ujar Senior Business Development Manager CAKAP, Siti Messyana Putri. Wah keren banget kan kolaborasi SGM Eksplor dan mitranya dalam gerakan sosial #AyoTunjukTangan ini.

Suksesnya Gerakan #AyoTunjukTangan Berkat Kolaborasi 

Dan di akhir bu Astrid menyampaikan bahwa dengan semangat gotong royong dan kolaborasi, SGM Eksplor percaya bahwa bersama kita dapat mewujudkan generasi maju Indonesia. “Rangkaian inisiatif yang dilakukan melalui gerakan sosial #AyoTunjukTangan merupakan bentuk dukungan dan komitmen SGM Eksplor untuk terus bersama-sama memperkuat pendidikan dan kualitas hidup masyarakat di masa depan, tidak terkecuali anak-anak yang saat ini memiliki tantangan kesulitan akses. Inisiatif ini diharapkan dapat ikut mendorong terciptanya generasi maju yang berkualitas dan berprestasi untuk kemajuan Indonesia di masa depan,

Bangga banget selama tahun 2021 ini ikut terlibat bersama bunda-bunda di seluruh Indonesia dalam gerakan #AyoTunjukTangan ini bahkan dengan semangat gotong royong dan kolaborasi, melalui gerakan sosial #AyoTunjukTangan ini, SGM Eksplor telah berhasil menyalurkan dukungan akses edukasi dan nutrisi yaitu berupa, 75.000 dukungan produk susu pertumbuhan untuk anak di atas usia 1 tahun dalam upaya mendukung nutrisi anak Indonesia, dukungan gawai dan beasiswa pendidikan online bagi 1.500 siswa Sekolah Dasar, serta rehabilitasi 10 sekolah di 41 kota dan 15 provinsi di Indonesia.



Dan kata bu Astrid, gerakan #AyoTunjukTangan ini akan tetap berlanjut lagi di tahun depan dengan program yang lebih baik lagi tentunya. Ayo bunda-bunda Indonesia tetap menjadi bagian dari kolaborasi terbaik untuk kemajuan anak Indonesia maju ya. Tetap menjadi bunda hebat untuk anak-anak Indonesia yang sehat dan mengoptimalkan lima potensi prestasi si kecil.

#GenerasiMaju  #SGMEksplor



28 komentar

  1. SAlut akan gerakan sosial #AyoTunjukTangan SGM Eksplor yang berhasil menyalurkan dukungan akses edukasi dan nutrisi, berupa dukungan produk susu pertumbuhan untuk anak di atas usia 1 tahun, dukungan gawai dan beasiswa pendidikan online, serta rehabilitasi 10 sekolah. Keren SGM Eksplor!!

    BalasHapus
  2. Dukungan yang sangat hebat dari SGM melalui Gerakan sosial “#AyoTunjukTangan”. Salut! Semoga harapan dan cita-cita menciptakan Generasi Maju dapat tercapai. Dan semoga kolaborasi SGM Eksplor dengan masyarakat dan pemerintah juga dapat terus berlanjut. Sinergi seperti ini sangat diperlukan untuk kepentingan masyarakat.

    BalasHapus
  3. Bener mba. Dalam meningkatkan kualitas hidup harus dimulai dari anak sejak dini. Dimulai dari pemberian nutrisi yang baik, dapat pendidikan yang baik pula dari rumah dan lingkungan. Jadi semuanya saling bekerja sama ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kolaborasi yang hebat beberapa lembaga di indo

      Hapus
  4. Sedih begitu kubaca ternyata 9 dari 10 anak Indonesia terbatasi dalam pemenuhan nutrisi & edukasi. Semoga dg tersolusikan ya. Aamiin.

    BalasHapus
  5. Pandemi memang memaksa kita untuk melakkan banyak adaptasi ya mak. Kita memang menghadapi tantangan baru, terutama dalam menjaga tumbuh kembang anak, tapi ada hikmahnya juga jadi muncul kesadaran kolektif buat kerjasama meningklatkan kualitas anak bangsa dengan gerakan seperti ini. Salut buat SGM yang punya inisiatif untuk menginisiasi gerakan sosial ini

    BalasHapus
  6. Keren ya SGM ga hanya fokus di kebutuhan nutrisi anak2 Indonesia tapi juga gwrakan sosial yg kece gini. Moga2 anak Indonesia tumbuh sehat dan tercapai semua cita2nya

    BalasHapus
  7. Senang sekali kalau pemerintah serius menyikapi persoalan generasi muda ini, karena masa depan negara ada di tangan anak-anak hebat ini. Dan benar support system ini memegang peran penting sebagai dukungan kita. Dan semoga anak-anak ini tumbuh di lingkubgan yang positif, aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suport sistem ini memang menjadi bagian dari pendidikan nasional ya mba ada UUnya juga

      Hapus
  8. Peogyyang sangat menginspirasi tidak aneh kalau semacam Telkomsel, CAKAP dll sangat mendukung kolaborasi bersama SGM Eksplor dalam gerakan sosial #AyoTunjukTangan ini. Semoga terus bisa membantu anak Indonesia baik dalam memenuhi kebutuhan nutrisi maupun biaya pendidikan sekolah

    BalasHapus
  9. Dukungan agar anak bisa tumbuh kembang baik sehingga generasi ke depan makin maju butuh kerjasama dari kita semua ya mba. Bagus kampanye SGM ini. Aku dukung

    BalasHapus
  10. Pandemi ini bikin banyak hal berubah ya mak, tentunya sekarang makin banyak yang melek akan teknologi digital, bagus sih. jadinya ada program oke dari SGM ini jg ya. Semoga tahun depan juga akan sukses seperti tahun ini

    BalasHapus
  11. Untuk membuat anak-anak Indonesia ini mendapatkan kesempatan dan fasilitas yang sama, harus merata segala kebutuhan dasar anak, yakni nutrisi kesehatan dan pendidikan.
    Alhamdulillah melalui Gerakan sosial “#AyoTunjukTangan , kita semua bisa ikut berpartisipasi menciptakan support system dan mewujudkan mimpi besar anak Indonesia Generasi Emas.

    BalasHapus
  12. Program yang baik ya ini
    emang klo ingin anak Indonesia tumbuh menjadi generasi maju ya harus didukung oleh akses pendidikan dan nutrisi terbaik ya mbak

    BalasHapus
  13. semoga tahun depan gerakan ayo tangan makin banyak membantu anak-anak dan guru dalam memberikan pendidikan dan nutrisi terbaik di seluruh Indonesia

    BalasHapus
  14. Alhamdulillah aku udah daftar gerakan tunjuk tangan. Semoga dengan hal kecil ini bisa membantu anak-anak Indonesia yang butuh nutrisi lebih dan pendidikan yang bagus

    BalasHapus
  15. hayo tunjuk ttangan
    kayaknya masaku dulu sgm ini deh ya hahahah
    pengen daftar juga biar makin banyak cukup gizi anak2

    BalasHapus
  16. Dari dulu SGM selalu mensupport anak-anak dari berbagai sisi. Kini program #AyoTunjukTangan pun sukses dengan kolaborasi dari berbagai pihak.

    BalasHapus
  17. Kolaborasi gerakan #AyoTunjukTangan terus berkembang bahkan melibatkan lembaga-lembaga kompeten ya. Ke depannya dengan partisipasi dari berbagai pihak semoga semakin memberikan manfaat bagi anak Indonesia. Jadi penasaran kalau tahun depan programnya apa ya.

    BalasHapus
  18. keren banget untuk SGM Eksplor semoga terus kontinyu memberikan support terbaiknya dengan gerakan #Ayotunjuktangan demi anak-anak Indonesia ya mba

    BalasHapus
  19. Nutrisi dan edukasi memang penting banget ya Mbak untuk dapat mewujudkan generasi maju yg akan datang. Keren banget inisiasi SGM Eksplor ini. Gak heran pemerintah juga menyambut baik programnya :)

    BalasHapus
  20. Salut dengan komitmen SGM Eksplor untuk terus memperhatikan kecukupan nutrisi dan pendidikan bagi anak-anak Indonesia, apalagi tahun ini berkolaborasi dengan telkomsel dan CAKAP. Semakin banyak anak Indonesia yang terbantu dengan program AyoTunjukTangan ini

    BalasHapus
  21. Bangga dan salut dengan kepedulian dan komitmen SGM Ekspor dalam mendukung dan memenuhi gizi dan nutrisi bagi anak-anak yang membutuhkan dan program lainnya seperti AyoTunjukTangan

    BalasHapus
  22. keren juga ya dukungan SGM Eksplor ini dengan memenuhi kebutuhan nutrisi anak dan kegiatannya juga banyak untuk pendidikan anak Indonesia

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.