Pilihan Jurusan Kuliah Untuk Mengembangkan Karir Di Dunia Digital

 


Beberapa waktu lalu ada perbincangan di kalangan wali santri MBS Muhammadiyah Jogja, yakni, usulan agar ada semacam kelas khusus yang diberikan pada anak kelas XI untuk memandu minat dan bakat mereka dalam memilih jurusan ketika kuliah nanti. Sebenarnya perbincangan tentang jurusan kuliah sudah saya obrolkan sejak lama dengan duo bujang saya yang duduk di bangku SMA. Apalagi mengingat mereka berdua memiliki minat yang berbeda. Dan saya yakin setiap anak butuh panduan khusus dari orang tuanya saat akan memilih jurusan. Sebenarnya lebih ke tukar pikiran sih daripada memandu. Karena anak-anak sudah punya kecendrungan terhadap suatu jurusan.



Khusus untuk Osama, sulung saya, kami berdiskusi agak lama. Osama memiliki ketertarikan khusus dengan dunia komputer dan gadget. Beberapa kali perbincangan kami mengerucut pilihan jurusan pada Teknologi Informasi (IT). Sambil saya jelaskan sebenarnya ada banyak jurusan bagus yang bisa dipilih untuk minat dengan Teknologi Informasi ini. Antara lain

1.     Desain grafis

Kebetulan Osama bisa mengoperasikan corel dan sedikit photoshop. Harus diakui ini turunan sih. Akrena ayahnya menguasai dunia gambar menggambar dengan baik termasuk penggunaan tools pada perangkat komputer dengan sama baiknya saat menggunakan tangan biasa. Jurusan desain grafis sangat menjanjikan di masa depan.

2.     Artificial Intelligent

Ini pernah jadi perbincangan kami. Mengingat anak-anak remaja hari ini sangat tertarik dengan teknologi satu ini. Apalagi perkembangan dunia AI sangat pesat akhir-akhir ini.

3.     Teknologi informasi

Termasuk di dalamnya pengembangan software dan hardware dunia komputer.

4.     Social media networking

Hari ini banyak perusahaan besar membutuhkan social media specialist. Apalagi perkembangan dunia digital yang sangat pesat membuat banyak perusahaan menjadikan sosial media sebagai salah satu lahan basah untuk marketing mereka.

5.     Marketing digital

Nah ini, sekarang dunia marketing melejit banget di dunia digital. Hampir semua brand hari ini menyebar jaring iklannya di dunia digital. Kita hari ini dengan mudah menemukan fanspage maupun instagram suatu brand hanya dengan mengetikkan namanya di internet. Bahkan beberapa perusahaan BUMN dan departemen pemerintah kita sangat aktif di sosial media.

6.     Blogger, youtuber dan vlogger

Beruntunglah anak-anak yang lahir di era milenial. Dimana profesi blogger, vlogger dan youtuber dihargai dan dianggap ada.

7.     Ilustrator

Saat ini teman-teman ilustrator mau tidak mau harus mahir menggunakan perangkata digital untuk menggambar karena meluasnya dunia ilustrator hari ini. Banyak website, e-book, dan masih banyak lagi yang membutuhkan gambar-gambar indah dan dinamis untuk mempercantik tampilan layar gadget mereka. Anak-anak saya di rumah penikmat buku-buku digital baik dari Gramedia digital, pusnas, lets read, dll. Dan gambar-gambar yang disajikan sangat interaktif dan memanjakan mata.

Dan harus diakui semua pilihan jurusan itu membutuhkan perangkat laptop mobile workstation yang mumpuni dan maksimal. Salah satu pertimbangan memilih laptop mobile workstation sebagai laptop desain terbaik untuk menunjang kebutuhan perangkat untuk mobilitas tinggi. Pilihan jatuh pada jenis laptop yang sudah dibekali standar Intel EVO Certified, sehingga mumpuni untuk melakukan pekerjaan yang menuntut untuk pindah dari satu tempat ke tempat lain.

Laptop ZBook Create dari HP

Pekerjaan tersebut mau tidak mau membutuhkan perangkat yang ringan untuk dibawa kemanapun, memiliki daya tahan baterai awet dan tahan lama, serta mampu bangkit dari mode sleep dalam waktu yang sangat cepat.

Sertifikat Software

Saya sendiri mengobrol pada sulung saya tentang pentingnya keamanan  software pendukung untuk memastikan kelayakan laptop workstation. Karena laptop jenis ini digunakan untuk kebutuhan yang lebih spesifik,  Adobe Photoshop, AutoCAD, dan software pendukung kerja lainnya merupakan salah satu standar uji yang biasa ditemui berupa ISV-certified dan telah menguji banyak laptop untuk bisa menjalankan beberapa software dengan fungsi luas.  Penting sekali mengajarkan para remaja untuk mengetahui kode etik dan larangan penggunaan software bajakan.

Obrolan kami juga mengerucut pada HP Z Turbo yang revolusioner sehingga mampu menyimpan data super cepat sebagai solusi penyimpanan SSD berbasis PCIe yang inovatif agar sistem lebih responsif, waktu boot, dan respon grafik yang cepat meskipun dengan video ukuran 4K.

 

Dunia Warna Para Pekerja Digital



Dan mau ga mau harus diakui tampilan HP DreamColor Technology menampilkan detail yang menawan. Memiliki palet lebih dari satu milyar warna, HP DreamColor Technology memberikan pengalaman pencarian warna yang tepat dan akurat yang akan membantu kinerja penggunanya.

 

Tidak ada komentar

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.