Pentingnya Edukasi Kebersihan Menstruasi Pada Anak Perempuan

 




Saya memiliki anak perempuan remaja dan sudah mengalami haid/menstruasi. Dan pernah saya tuliskan beberapa hal yang saya ajrkan pada putri saya tentang pentingnya menjaga kebersihan area kewanitaan dan juga beberapa hal penting tentang menstruasinya. Kebetulan sekali kemarin tanggal 28 Mei 2021 saya mengikuti webinar ‘Sehat dan Bersih Saat Menstruasi’ yang kebetulan juga diperingati sebagai hari Hari Kebersihan Menstruasi sedunia.


Webinar ini sendiri diikuti lebih dari 400 perempuan Indonesia yang peduli dengan kebersihan menstruasi. Saya sendiri termasuk blogger parenting yang concern dalam pendidikan anak dan remaja tentu saja sangat terbantu dengan informasi yang saya dapat dari webinar ini. Hari Kebersihan Menstruasi sendiri diperingati setiap tanggal 28 Mei untuk meningkatkan kesadaran perempuan akan pentingnya MKM, serta mematahkan stigma dan norma sosial negatif terkait menstruasi yang masih dianggap tabu di masyarakat. Harapannya peringatan ini menjadi sebuah aksi nyata tahunan yang melibatkan pemerintah, organisasi, pihak swasta dan masyarakat luas.

Kepala Bidang Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, dr.Dwi Oktavia Handayani, M.epid



“menstruasi merupakan proses biologis dan alamiah yang dialami setiap perempuan normal. Setiap erempuan idealnya  mendapat pengetahuan tentang menstruasi sebelum mengalami menarke (menstruasi untuk pertama kalinya). Pengetahuan ini sangat penting agar remaja perempuan dapat menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim kewanitaannya selama masa menstruasi serta tetap dapat beraktivitas dengan nyaman. Untuk itu Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta terus melakukan edukasi mengenai MKM salah satunya menyasar anak usia sekolah dan remaja.



Data menunjukkan bahwa hanya 5 dari 10 anak perempuan yang tahu apa yang harus dilakukan pada saat menarke (menstruasi). Hanya 6 dari 10 anak yang bertanya mengenai menstruasi kepada ibunya. Semoga anak perempuan saya termasuk golongan 6 orang ini. Karena Alhamdulillah selama ini bertanya beberapa hal berkaitan menstruasi pada saya. Hanya 5 dari 10 anak perempuan yang mengganti pembalut setiap 4-8 jam dan sisanya mengganti pembalut 2 kali sehari dan hanya 5 dari 10 anak perempuan yang mencuci tangannya sebelum dan sesudah mengganti pembalut. Waduh. Agak miris dengan data ini.

Anggota Pengurus Besar Perkumpulan Obstetri Dan Ginekologi Indonesia (POGI), Prof. DR. dr. Dwiana Ocviyanti, Sp.OG (K) MPH menjelaskan “ Pada saat menstruasi, resiko infeksi meningkat karena bertambahnya jumlah bakteri buruk vagina. Oleh karena itu penting sekali menerapkan MKM pada setiap anak perempuan. Diantaranya membersihkan vagina dengan benar, teliti dan berkala. Menggunakan air bersih mengalir dengan cairan pembersih antiseptik kewanitaan yang sesuai dengan PH vagina dan aman digunakan saat menstruasi. Juga menggunakan pembalut bersih yang dapat menyerap darah dengan baik serta mengganti pembalut secara berkala setiap 4 jam sekali.

Ketua Ikatan Psikologi Klinis  (IPK) Indonesia wilayah Jakarta , Anna Surti Ariani S.Psi M.Si, Psi menjelaskan “ Anak perempuan yang tidak pernah melakukan pembicaraan tentang menstruasi cenderung takut, malu dan bingung saat menarke. Inilah pentingnya peran ibu untuk meluangkan waktu melakukan pembicaraan dari hati ke hati dengan anak perempuannya. Saya sendiri sudah melakukan pembicaraan tentang haid pada anak perempuan jauh sebelum dia mengalami menarke. Bahkan saya ajari dia fiqih haid. Karena ini penting banget untuk bekal dia menjaga kebersihan diri terutama area kewanitaan. Karena dalam islam sendiri penting banget memahami fiqih haid bagi perempuan termasuk juga anak laki-laki diberi sedikit gambaran tentang kaidah ini.



Mundipharma Indonesia melalui BETADINE® Feminine Care melakukan kampanye edukatif #YangIdeal untuk mengajak perempuan Indonesia mengetahui dan mengerti cara yang ideal dan tepat menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim kewanitaan, salah satunya dengan menggunakan pembersih khusus area kewanitaan yang ideal dan sesuai dengan kebutuhan sehari–hari, saat menstruasi, dan saat terjadi infeksi di organ kewanitaan

 

BETADINE® Feminine Care

Dalam hal ini BETADINE® Feminine Care menyediakan rangkaian produk area kewanitaan yang lengkap dan berkualitas tinggi, mulai dari pembersih kewanitaan sehari–hari dengan prebiotik; pembersih kewanitaan dengan kandungan daun sirih dan prebiotik; pembersih antiseptik kewanitaan khusus untuk mengatasi infeksi area kewanitaan dan antiseptik kewanitaan yang dilengkapi dengan aplikator; hingga tisu basah pembersih kewanitaan dengan prebiotik yang 100% biodegradable atau flushable.

Harapannya BETADINE® Feminine Care menjadi solusi bagi masyarakat dalam menjaga kebersihan menstruasi pada perempuan Indonesia. Termasuk edukasi pada anak perempuan sehingga terwujud perempuan yang sehat di masa depan.

Oia untuk informasi pembelian bisa langsung berkunjung ke

shopee:  https://shopee.co.id/betadineofficial

tokopedia: https://www.tokopedia.com/betadineofficial


Shopee di shopsee.coi

Tidak ada komentar

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.