8 Hadiah Bagi Anak Yang Berpuasa Full Selama Ramadhan



Biasanya bulan Syawal seperti sekarang adalah kegembiraan bagi anak-anak yang bisa berpuasa di bulan ramadhan lalu. Karena banyak keluarga muslim menjanjikan hadiah untuk anak-anak yang mampu berpuasa penuh. Atau minimal bisa berpuasa dengan baik dari subuh sampai maghrib meskipun tidak full karena terkadang ada beberapa hari yang terpaksa terlewatkan karena kondisi anak sedang tidak fit. Keluarga kami sendiri menjanjikan hadiah tertentu untuk anak-anak yang mampu berpuasa penuh selama ramadhan.


Secara kaidah syar’i tidak ada larangan memberikan hadiah tertentu untuk anak-anak yang mampu menjalankan syariat yang dikhususkan untuk seorang muslim yang mukallaf. Anak-anak memang tidak boleh dipaksa untuk berpuasa tetapi sebagai orangtua kita diminta untuk membiasakan anak-anak dengan aturan agama. Agar ketika nanti syariat itu wajib baginya, si anak insya Allah sudah siap. Alhamdulillah. Masya Allah begitu lembutnya aturan islam. 



Nah, ada beberapa hadiah yang bisa diberikan untuk anak-anak yang mampu berpuasa penuh. Anjuran agama sebenarnya mudah. Berilah sesuatu yang berkah atau ziyadatul khair yakni menambah kebaikan pada anak. Bukan barang mewah yang khawatirnya nanti membuat anak terbiasa gaya hidup tabdzir atau berlebih-lebihan. Disesuaikan dengan kebutuhan anak. Biasanya anak-anak usia TK sampai SD kelas 1 dan 2 yang biasanya mulai belajar berpuasa penuh. Seperti di rumah kami, Miqdad terhitung sedang belajar puasa di usianya yang tahun ke-6 ini. Berikut beberapa hadiah yang bisa jadi pilihan.

  1. Sepeda. Sepeda adalah hadiah paling populer bagi anak-anak yang bisa berpuasa penuh. Bahkan tahun ini Miqdad mendapat hadiah sepeda. Alhamdulillah. Karena kami sudah menjanjikannya jauh dari sebelum puasa datang. 

  2. Permainan edukatif premium. Semisal lego atau hot wheels dan kereta dengan baterai. Ini termasuk hadiah permainan premium karena harganya gak murah.

  3. Set buku anak yang biasanya dijual per-set. Semisal komik Muhammad Al-Fatih. Harga komiknya tidaklah murah. Buat anak-anak saya komik ini termasuk mahal jadi mendapat hadiah ini tentu saja sebuah hadiah yang luar biasa.

  4. Peralatan dan perlengkapan olahraga. Ini seperti anak teman saya mendapat set alat panah lengkap. Harga alat memanah tidak murah loh. Dan bisa dijadikan pilihan untuk anak-anak yang menyukai dunia memanah. Bisa juga alat olahraga yang disukai anak. Seperti Usamah dulu pernah kami hadiahi bola basket premium. Atau sepatu roda dan sepatu olahraga yang biasanya harganya tidak murah.

  5. Perangkat dan komponen robotik. Komponen kelas robotik itu gak ada yang murah. Mau gak mau memang ini bisa jadi pilihan untuk anak. 

  6. Perhiasan emas untuk anak perempuan. Untuk anak perempuan perhiasan emas bisa jadi pilihan. Seperti sebuah cincin emas dengan bentuk cantik bisa jadi pilihan. Atau anting dan kalung emas kecil. 

  7. Gadget bagi anak-anak yang terbiasa mengikuti kelas-kelas online khusus seperti coding, desain grafis, dll. Jadi bukan gadget untuk bermain game dan sejenisnya. Karena hadiah seperti ini tidak tepat untuk anak. Jika anak hendak diberikan hiburan dengan bermain game sesekali maka pinjamkanlah milik orangtua sehingga anak-anak tahu bahwa games hanyalah sesekali.

  8. Tiket permainan ke sebuah tempat hiburan keluarga. Ini hadiah yang terhitung mahal bagi beberapa keluarga. Misalnya berkunjung ke Museum Angkut di Malang bagi anak-anak pecinta alat transportasi tentu saja sesuatu yang sangat luar biasa. Atau berkunjung ke Jatim Park, dsb.



Jujur saya sendiri kaget kalau ternyata banyak orangtua memberikan hadiah puasa untuk anak berupa top-up games Free Fire atau ep-ep. Hehehe. Saya benar-benar ketinggalan zaman nih. Tapi di rumah kami tidak ada hadiah top-up FF. Prinsip saya hadiah apapun yang kita berikan harus barokah atau sesuatu yang ziyadatul khair (menambah kebaikan). Dan sementara ini saya belum melihat sisi ziyadatul khair-nya si FF ini. Hehehe. Maaf ya Moms, kita mungkin berseberangan pendapat dalam hal ini. 

Nah untuk hadiahnya bisa berupa Sodexo Gift Pass nih ibu-ibu. Yang nantinya bisa dibelanjakan anak dengan barang yang sudah dijanjikan. Anak-anak bisa memilih hadiah impiannya di merchant-merchant yang bekerja sama dengan Sodexo. Bahkan saya sendiri menyukai berbelanja di merchant-merchant tersebut. Karena barang yang dijual adalah premium. 

Ada beberapa keuntungan yang bisa kita peroleh memberikan Sodexo Gift Pass sebagai hadiah. Antara lain: Kebebasan memilih hadiah di dalam jaringan merchant Sodexo, proses penggunaannya yang mudah sebagaimana penggunaan uang tunai, pilihan kategorinya juga luas mulai dari makanan, supermarket, fesyen, hingga tour and travel. 

Nah, itu ya moms beberapa saran hadiah bagi anak-anak yang bisa berpuasa full di bulan ramadhan. Semoga hadiahnya berkah dan mampu menjadikan anak-anak kita anak yang taat pada aturan agama. Jadi anak shalih-shalihah dan qurrota a’yun bagi kedua orangtuanya. Aamiin. 


21 komentar

  1. hadiah buat anak yang full berupasa juga aku terapkan nih mba ke anakku, tujuannya untuk memacu semangat dia dan menghargai usahanya untuk puasa full selama bulan ramadan kemarin

    BalasHapus
  2. Memberikan reward untuk si kecil itu memang perlu banget menurutku, karena bisa memacu dia untuk lebih bertanggung jawab sih. Kemarin ini karena anakku masih kecil jadi pas bisa full puasanya kita juga kasih hadiah mainan.

    BalasHapus
  3. Aku mau dikasih sodexo kok mbaa hihi
    iyayah ep ep ituuu anak lanang ponakan2 aku suka main itu, tapi bukan jadi hadiah selesai puasa.
    Anak2 tahun ini kado puasanya jam tangan si anak nomor 2 krna udah mau belajar puasa walau belum full. Klo kakak1 udah nggak pake hadiah lagi alhamdulillah smoga istiqomah berpuasa karena taat kpd Allah
    btw sodexo ini banyak tempat belanjanya jadi sukaaaaa.. cakep sekali untuk kado. Bermanfaat

    BalasHapus
  4. Kalau aku, paling hadiahin Bocah sama barang simpel, kaya jilbab atau makanan kesukaannya. Duitnya pas-pasan, hahaha. Tapi pas lagi ada duit lebih atau voucher kaya Sodexo ini, boleh lah dikasih lebih

    BalasHapus
  5. Dudududuuuuu ngasih hadiah voucher game yaaaa
    aku sih no, kalo upgrade yang berkaitan dengan kebutuhan sekolah atau fisik, aku yes!

    Sodexo nih bagus, bisa buat jajan sehat! Seringnya anak anak jajan di fast food juga

    BalasHapus
  6. Setuju, hadiah bagi anak berpuasa full selama Ramadhan sebaiknya yang barokah. Beberapa hadiah di list pernah kukasih ke anak nih.
    Inspiratif nih kasih Sodexo Gift Pass, lagi mau kasih hadiah anak karena nilai rapornya bagus rapor-an kali ini

    BalasHapus
  7. Maaf ya Moms, kita mungkin berseberangan pendapat dalam hal ini.

    Waaaah...ini mak hairul rendah hati bangeeet. Aku sebagai emak yang anaknya bocil FF justru merasa maluuu baca ini. Malu karena aku tidak setabah itu untuk menahan anakku ga main game online. :D

    BalasHapus
  8. Kalau anak-anakku minta jalan-jalan ke taman safari sebagai hadiah bisa puasa penuh sebulan ramadhan kemarin. Tapi sampai sekarang belum direalisasikan, masih belum berani ke tempat-tempat wisata. Alhamdulillah anak-anak ngerti dan saat ditawari ganti aja hadiahnya, mereka nggak mau. Pilih nunggu aja.

    Kalau sodexo gift pass mah yang seneng emaknya, anak-anak belum tahu gimana membelanjakannya hehehe

    BalasHapus
  9. Waduh saya termasuk nyaris ngak pernah ngasih reward setelah anak-anak berpuasa nih...entahlah anak-anak juga ngak pernah minta bahkan THR pun ngak minta kalau ngak saya dan ayahnya yang beri. Alhamdullilah sejak kecil anak-anak mau belajar berpuasa. Biasanya kalau ayahnya dapat bonus baru anak-anak kami belikan sesuatu sesuai keinginan mereka dan kalaupun keinginan mereka banyak, saya suruh bikin list prioritas. Seperti bonus tahun lalu dalam bentuk Sodexo Gift Pass, kami pakai buat makan bersama anak-anak ditempat yang mereka inginkan...Alhamdullilah.

    BalasHapus
  10. aaah hadiahnya asyik banget nih mak Irul.. aku juga sering pakai. Kalau kasih voucher memng enak jadi leluasa yaa mau dipakai buat apa nantinya. Hebaaat puasanya full semuaaa

    BalasHapus
  11. Anak jaman now, terutama generasi Z sekarang ini mah suka pastinya dikasih Sodexo Gift Pass ... tentunya dalam pemantauan emaknya pemakaiannya. :D

    BalasHapus
  12. Memang klo memberi hadiah, bikin anak anak hepi ya mbak
    apalagi klo hpnya terkait dgn hobi mereka
    belinya pakai voucher Sodexo

    BalasHapus
  13. Banyak banget rekomendasi nya Mak. Hepi deh nggak bingung lagi mau kasih kado apa. Sodexo sih yang paling keren banyak pilihan mau dituker apa

    BalasHapus
  14. Alhamdulillah semua hadiah itu sudah pernah kai berikan kecuali yang robotik belum pernah kami berikan kepada anak, tapi bukan karena puasa full, hehehe. Kalo puasa full tidak ada hadiah, kecuali THR :)

    BalasHapus
  15. Wah, nggak sabar ngajarin puasa ke Julio dan nanti kalau berhasil ikut tantangan puasa full, bisa ku beliin barang yang berguna buat dia. Apalagi belinya pake Sodexo Gift Pass, mantap sudah.

    BalasHapus
  16. Sejatinya hadiah ini memang memberikan kebahagiaan dan kenangan yang baik terhadap anak yaa..
    Semoga ingatan ini akan dibawa hingga mereka dewasa kelak dan menjadikannya semakin cinta menjalankan kewajiban dan cinta dalam kebaikan.

    BalasHapus
  17. Waktu anakku masih baru belajar puasa juga aku kasih hadiah..yang jelas hadiahnya harus bermanfaat.. dan kukasih bantal Frozen waktu itu lagi musim..seneng banget bocah..

    BalasHapus
  18. Ahahaha ku jg gak akan kasi anak e-ep, hadeuh yg lain aja deh :D
    Anak2 pasti hepi banget nih bisa puasa full dan dapat hadiah pula ya? Apalagi kalau berupa voucher sodexo trus dianterin ortunya membeli hadiah impian selama ini pakai vouchernya.

    BalasHapus
  19. Anakku mainan FF tapi aku ga pernah tuh bayarin sesuatu terkait top up. mainannya ya untuk pengisi waktu aja sih, walapun kadang ya kebablasan juga waktunya hehehe..

    BalasHapus
  20. Reward macam begini memang bagus ya buat anak-anak, supaya mereka jadi lebih semangat ke depannya. Aku ngerasain banget deh yang begini. Dulu waktu kecil. Dan sekarang juga ke anak-anak berusaha untuk berbuat hal yang sama. Walau pun sederhana. Btw, duh, aku kangen deh punya voucher Sodexo. Dulu sering punya dari hadiah. Enaknya itu merchant-nya banyak. Jadinya enak, bisa belanja di mana-mana.

    BalasHapus
  21. anak-anak pasti senang banget kalau dikasih sodexo secara vouchernya bisa dipakai di banyak merchant ya mbak. Alhamdulillah anak saya yang kemrin puasa full saya belikan tablet sesuai kebutuhan dia. Tapi ya gitu uangnya hasil nabung dia sendiri dan saya nambahin kekurangannya. Setuju banget kalau kasih hadiah ke anak harus yang bermanfaat dunia akhirat ya ^_^

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.