SeON Solusi Untuk sekolah Online

 


Sepekan yang lalu saya antri di suatu bank syariah. Buat mengurus payment spp si anak sulung. Seharusnya sistemnya online melalui sebuah aplikasi payment online. Tapi ternyata setiap saya transfer duitnya kembali lagi ke rekening. Sudah dicoba beberapa kali tetap aja balik lagi. Akhirnya saya putuskan bayar langsung ke banknya. Dan ternyata itupun masih ada errornya. Alias ga semua pembayaran saya langsung terkonfirmasi aplikasinya ini. Duh ribetlah pokoknya. Padahal pembayaran SPP itu menjadi syarat untuk mengikuti PAS atau ujian semester. Tambah panik emaknya ini. Jadi saya harus konfirm ke bank, ke sekolah, ke bagian TU, dll. Ya ampun. Padahal seharusnya semua urusan berlangsung online. Pihak sekolah sendiri mengakui bahwa mereka juga masih mencari cara yang efektif untuk menyelsaikan semua urusan manajemen sekolah dengan cara online ini.



Nah, kemarin dapat informasi tentang aplikasi pembelajaran online plus manajemen sekolah online yang berbasis website. Namanya SeON yang dirancang khusus untuk menyelesaikan urusan manajemen sekolah berbasis online. Dengan banyak fitur yang didesain memudahkan pihak sekolah mengelola sistem manajemen dengan cara online. SeON ini berbeda dengan aplikasi belajar online ya. Tetapi dikhususkan membantu manajemen sekolah. Jadi dengan adanya SeOn ini pihak sekolah bisa mengelola segala urusan yang berkaitan dengan sekolah online. Sehingga sistem pembelajaran secara daring yang saat ini diterapkan di seluruh sekolah di Indonesia menjadi lebih rapi.




Ada banyak fitur yang tersedia di SeOn ini. Semuanya bisa dilakukan dalam satu sistem aplikasi yang tak banyak butuh data dan kuota. Cukup satu aplikasi saja. Antara lain

LIVE Meeting

Fitur ini menyediakan ruang untuk pembelajaran secara live antara guru dan siswa. Masing-masing guru bisa memiliki fitur ini dalam satu sistem yang dimiliki sekolah. Masing-masing guru juga bisa memiliki beberapa kelas mereka sendiri tanpa perlu menambah aplikasi baru.

Ujian Online

Fitur ini menyediakan ruang untuk ujian secara online sekaligus rekap penilaian secara otomatis. Fitur ini memudahkan banget nih untuk para guru agar lebih ringkas merekap nilai siswa.

Presensi

Tersedia presensi secara online, untuk guru dan siswa setiap hari dan permapel. Jadi guru tidak perlu membuat presensi baru setiap hari.

Bank Soal

Para gurur bisa menginput soal di bank soal ini. Sehingga bisa digunakan kapan saja.

Dapodik

Fitur ini khusus sebagai database yang sesuai dengan sistem dapodik kemendikbud.

Statistik

Mencakup rangkuman statistik siswa dan sekolah. Lengkap dengan grafik dan catatan kaki.

E-Raport

Menyediakan format raport dan hasil pembelajaran setiap siswa. Sangat memudahkan para guru untuk merekap nilai anak. Dan ini nantinya bisa diakses oleh orangtua juga lo.

PR

Fitur khusus tugas  online plus penilaian secara online juga. Bisa dicek oleh orantua juga sehingga orangtua bisa mengecek apakah anaknya mengumpulkan tugas atau tidak.

Virtual konseling

Menyediakan layanan konseling online via chat ataupun live video. Bisa antara guru dengan siswa ataupun guru dan orangtua. Sehingga tidak perlu menjapri secara pribadi.

Peminjaman aset

Fitur ini khusus untuk tugas dan penilaian langsung di aplikasi

Angket dan survey

Dikhususkan untuk mengupload dan mendownload dokumen, audio dan video.

e-modul

fitur ini memudahkan para guru mengaupload dan mendownload modul pembelajaran. Baik berbentuk dokumen, audio maupun video.

Multi user

Aplikasi ini digunakan oleh pihak sekolah, guru, siswa dan juga orangtua siswa.

Permohonan izin

Fitur ini memudahkan para siswa atau orangtua memintakan izin anaknya saat tidak bisa mengikuti pelajaran. Berserta kemudahan mengaupload bukti berupa surat dokter, dll.

Perpustakaan

Fitur ini menyediakan materi pembelajaran baik berupa dokumen, audio dan video. Bisa diupload maupun didownload.

Parental

Fitur ini khusus para orangtua untuk memantau perkembangan dan proses pendidikan putra-putrinya.

Broadcast

Fitur ini menyediakan format untuk mengirimkan informasi kepada seluruh siswa, guru dan orangtua secara bersamaan.

Grup

Dikhususkan untuk para orangtua untuk memantau proses pendidikan putra-putrinya.

Reward

Tersedia reward bagi pengguna aktif. Fitur ini juga mengajak seluruh pihak baik siswa, guru dan orangtua terlibat aktif dalam proses pendidikan.

Payment Gateway

Fitur ini dikhususkan untuk sistem pembayaran, tagihan dan rekap biaya pendidikan.



Ada 20 fitur yang disediakan oleh SeON ini yang semuanya user friendly alias mudah digunakan dan diterapkan. Bisa saja fitur-fitur akan bertambah seiring perkembangan. Saya melihat fitur yang tersedia sangat memadai untuk memudahkan sekolah mengelola sistem pembelajaran secara online.

Keunggulan SeON

Selain itu ada beberapa nih keunggulan SeOn yang membuat aplikasi ini layak digunakan oleh sekolah-sekolah di Indonesia

Gratis

Aplikasi ini tersedia secara gratis. Fitur-fitur regulernya dapat diakses tanpa biaya apapun.

Multi User

Aplikasi SeON ini dapat diakses bersamaan oleh pihak sekolah, siswa, dan juga orangtua siswa. Termasuk pengurus eskul sekolah.

Easy dan Simple

Buat saya aplikasi ini terhitung simple dibandingkan beberapa platform sejenis. Karena memang platform ini didesain seperti penggunaan social media. Jadi lebih familiar penggunaannya.

Multi akses

Dapat digunakan di smartphone, dekstop, maupun laptop

One stop Solution

Menjawab semua kebutuhan untuk mendukung KBM dan sistem informasi sekolah dalam satu aplikasi mudah.

Parental supervision

Tersedia akun khusus untuk para orangtua untuk memantau perkembangan dan proses pendidikan putra-putrinya.

Up to date

Fitur-fiturnya akan terus berkembang dan ditambahkan seiring dengan perkembangan dan kebutuhan.

High security

Pihak SeON menjamin keamanan data dan sistem sekolah. Selain itu data akan dibeckup secara periodik.

Anti down

Kapasitas servernya disesuaikan dengan jumalah user/pengguna masing-masing sekolah.

Cara Daftar SeOn

Saya sangat menyarankan pihak sekolah untuk mengakses aplikasi ini. Karena memudahkan sekolah untuk mengelola sistem manajemen dan pembelajaran secara daring. Jujur saya ikutan pusing dengan sistem sekolah online ini. Terlihat sekali banyak sekolah yang belum siap. Dan para guru juga terlihat keteteran dengan sistem ini. Harus ada yang membantu mereka dalam mengelola sistem pembelajaran daring ini dengan profesional. Untuk mendaftarkan sekolahnya pihak sekolah dapat mencari informasi melalui web https://seonindonesia.com/

Sekolah hanya perlu mengirimkan daftar nama siswa, NISN dan dan daftar nama guru di sekolah tersebut. Selanjutnya tim SeON yang akan menindaklanjuti proses set-up sehingga SeON bisa digunakan. Dibutuhkan 3-7 hari kerja untuk proses ini.

Pihak SeOn juga akan mendampingi pihak sekolah dalam pengenalan fitur-fiturnya sehingga pihak sekolah dapat menggunakan SeON seoptimal mungkin. Langsung saja kontak ke

Head Office:

Setiabudi Regency Bandung

Jl. Zamrud 1 no. 193i Bandung, Jawa Barat

Telpon: 022-42826546

Email: info@seonindonesia.com

21 komentar

  1. Semoga pihak sekolah segera menggunakan Seon ini, untuk kelancaran proses pembelajaran daring ya Mak. Lumayan, biar drama PJJ agak berkurang. Fitur2nya lengkap banget, free pulaa..

    BalasHapus
  2. Ribet ya kalau harus bolak-balik begitu. Belum lagi saat PJJ beda-beda platformnya. Gimana gurunya aja. Makanya bagus nih kalau sekolah membranding konsep digital dengan platform yang ditawarkan Seon

    BalasHapus
  3. Kalau semua tersedia dalam satu aplikasi seperti ini, sungguh memudahkan banget buat guru, siswa, dan wali murid juga bersyukur dgn semua fasilitas ini.
    SeOn produksi anak bangsa, wajib banget untuk kita pakai dgn BANGGA!

    BalasHapus
  4. seon ini sekarang bisa jadi salah satu solusi ya mbak buat PJJ, selain fiturnya yang lengkap juga mudah di gunakan

    BalasHapus
  5. Fiturnya SEON beragam ya mbak. Melengkapi kebutuhan peserta didik dalam pembelajaran daring. Sekolah wajib tahu nih..

    BalasHapus
  6. Dulu aku pernah kerja di SD sebagai enaga TU. Duh ampun capenya luar biasa. Apalagi kalau udah urusannya UTS< UAS, data murid dan inventaris sekolah. Ku pengen nangis aja. Guru-guru banyak yang gaptek pula.
    Kalau difasilitasi aplikasi gini bakal lebih mudah ya. Semoga semakin banyak sistem manajemen sekolah (terutama di SD) yang terbantu. Karena setahuku di SD itu tenaga TU-nya rata-rata cuma satu dan harus serba bisa *mulai curhat*

    BalasHapus
  7. wih, fiturnya lengkap banget ternyata.. ini sih jadi memudahkan guru, murid dan juga orang tua nya yaa.. semoga semua sekolah mulai menggunakan SEON ya..

    BalasHapus
  8. oh keren banget nih kalau sampai bisa mengajukan ijin anak sekolah dengan adanya Seon ini mba. Membantu ya. Dan pas untuk kondisi terkini

    BalasHapus
  9. Ini keren sih, jadi semua proses kegiatan ada di satu aplikasi ya. Mirip zoom tp untuk sistem sekolah ya

    BalasHapus
  10. kalau semua sekolah sudah mennggunakan SEON ini, pasti praktis banget ya.
    semua pihak bisa bekerja sama dengan lebih mudah baik untuk urusan belajar mengajar maupun pembayaran uang sekolah, gak perlu lagi ya ada drama ngantri di bank segala untuk bayar uang sekolah jika pembayaran onlinenya bermasalah.

    BalasHapus
  11. Wah...SeOn ada di Bandung loo...
    Fiturnya lengkap dan ini yang sangat dibutuhkan guru dan orangtua. Agar selalu merasa mudah saat sedang pembelajaran jarak jauh dimulai.

    BalasHapus
  12. nah ada bank soal tuh membantu bangeeet ya mak biar anak - anak bisa terus latihan soal yang mereka biasa lakukan di sekolah

    BalasHapus
  13. Aku mau ngabarin soal SEON ini ah ke kepsek atau wakakurikulum sekolah tempat aku ngajar. Biar pakai SEON aja. Kayaknya membantu dan memudahkan banget nih ya mbak utk para pendidik dan juga sekolah. Fitur fitur yang tersedia didalamnya juga oke punya. Makasih infonya ya mbak iruuullll

    BalasHapus
  14. MasyaAllah SEON ini gratis keren banget sih Mbak. Aku rekomendasikan ke emaknya keponakan2 ah biar pada ngakses ini. Buat pendidikan pasti penting banget apalagi jaman pandemi gini semua serba daring

    BalasHapus
  15. Sukak banget sih sama aplikasi ini sebagai solusi untuk sekolah online. Pastinya bakal bisa sustainable dan menjaga bumi sekalian karena pengurangan penggunaan kertas aka being paperless.

    BalasHapus
  16. Tuh kan, kalau pake sistem yang terintegarasi gini anak-anak bakalan lebih mudah untuk mengikuti pembelajaran. Orangtua pun bisa memantau secara melekat atas perkembangan anak di sekolah meskipun belum bisa tatap muka.

    BalasHapus
  17. Eh kupikir semua anakmu tu HS mbak :D
    Iya ya SPP syarat bisa ikut PAS hehe. Rempong jg ya sekolah alau sistem manajemen sekolahnya masih pakai manual, mestinya memanfaatkan aplikasi kyk Seon ini jd guru jg gak merasa kerjaannya nambah bebannya ya mbak.
    Fitur2nya seon lengkap yaaa

    BalasHapus
  18. Aplikasi seperti ini bisa jadi solusi untuk pembrlajaran online ya mak. Saya emang belum terlibat dengan drama PJJ karena blm ada anak usia sekolah tapi baca-baca status dan keluhan teman buibu jadi merasa simpati juga.

    BalasHapus
  19. Harusnya disosialisasikan ke sekolah-sekolah ya jadi lebih praktis bisa absen, ada tugas dan juga metode pembelajaran jadi lebih interaktif, sebagai ortu aku sih happy banget ada SeOn ini

    BalasHapus
  20. Bagus yaa ini SeOn, boleh juga nih dicoba buat anakku belajar ekstra diluar waktu belajarnya dari sekolah yaaa, kalo memudahkan aku mau rekomen ah ke guru-gurunya

    BalasHapus
  21. Aplikasi yang keren. Mengingat gratisnya itu, semoga bisa banyak yang memanfaatkannya ya. Sayang sekali aplikasi bagus berfitur lengkap begini jika tidak dimanfaatkan. Terutama untuk sekolah negeri.

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.