5 Ide Pancuran Dari Pipa Air Untuk Bermain Anak

 


Alhamdulillah selama 9 bulanan ini kami tertib ga kemana-mana kecuali urusan mendesak seperti belanja kebutuhan dan sempat periksa gigi ke RS. Sisanya ya ngadem aja di rumah. Harusnya sih selama 9 bulan di rumah ada sesuatu yang dihasilkan selama hibernasi ini. Lah ibu hamil aja Cuma 9 bulan 10 hari bisa dapat bayi, eh hahaha. Kita masa ga dapat apa-apa ya. Paling tidak kan ada ilmu baru yang didapat. Ada insight tentang kehidupan yang bisa kita raih. Ibadah yang harusnya semakin khusyuk. Atau mungkin hubungan kita dengan anggota keluarga yang semakin membaik karena pertemuan yang lebih intens. Harusnya sih gitu.


Alhamdulillah hubungan antar keluarga di rumah kami baik-baik saja jikapun ada sedikit crush itu bisa dikondisikan. Anak-anak termasuk menikmati banget main di rumah dan sekitar rumah. Akhir-akhir ini kami beberapa kali menyempatkan berenang ke kolam renang milik tetangga di dekat sawah sana. Kebetulan pengunjungnya hampir ga ada sama sekali kecuali kami. Dan kalau males keluar ya main airnya di rumah saja. Nah, kebetulan saya sering nih cuci mata di pinterest. Kepikiran pengen bikin pancuran air buat anak-anak mainan air. Alatnya juga sederhana mengandalkan pipa air saja. Dan ini tuh sistemnya bisa dirakit sendiri bahkan oleh anak-anak. Berikut beberapa ide pancuran air dari pipa air yang bisa nih ditiru para emak untuk dicoba bikin di rumah. Oia gambar-gambar saya ambil dari pinterest ya.

  1.  Pancuran Tipe 1 Pipa. ini tipe sederhana. Mudah dirakit dan tidak butuh banyak pipa air. 

   2. Pancuran air dengan tipe pipa tengah


 3. Tipe pipa pancuran berkabut. Ini pipanya dimodifikasi sedikit sehingga pancuran air yang dihasilkan sangat kecil menyerupai kabut. 






 4. Tipe pipa pancuran segi empatempat.  Ini segi empat biasa tetapi dengan modifikasi di bagian tengah. 






 5. Tipe pipa pancuran dengan ember timba. Ini mungkin agak sedikit rumit untuk pemasangan timba airnya. 


Hampir semua pancuran tersebut mudah dirakit. Dengan bahan utama pipa air beserta penyambungnya. Kebetulan beberapa kali kami membuat pipa pancuran sederhana untuk anak-anak. Yang paling utama sih pemilihan pipa air yang kuat tetapi lentur dan awet karena ini nantinya akan sering digunakan oleh anak-anak. Pilihan paling mudah sih jatuh ke pipa air Rucika plus sambungan pipanya. Kalau untuk pancuran air pilih saja pipa PVC-Rucika standard.



Rucika standard sendiri adalah pipa PVC untuk jaringan sistem perpipaan air bersih. Terbuat dari bahan uPVC ( Unplastized Polyvinil Chloride) yang lebih baik daripada material polimer lainnya. Selain itu bahan ini mengandung Calcium Zink yang bebas timbal, tahan terhadap korosif, lebih kuat, lebih ringan dan mudah dalam perakitannya. Selain bahan ini terkenal awet dan mudah dalam pemeliharaannya.

Rucika standard ini juga ada banyak pilihan ukuran bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita. Kalau untuk pancuran bermain anak-anak saya pilih ukuran ¾ inch (22mm). Pas digenggaman emak-emak jadi mudahlah dirakit sendiri di rumah. Hahahaha. Maklum ya standart telapak tangan saya Asia banget jadi ga butuh pipa yang besar. Selain membutuhkan pipa air kita juga butuh fitting/ sambungan dan juga lem PVC yang semuanya disediakan oleh Rucika.  Bisa dicek langsung di websitenya di www.rucika.co.id

Harganya terjangkaulah. Dibandingkan bikin arena bermain. Ga lebih mahal daripada tas Abekani emaknya, buahaha.


16 komentar

  1. wah iya ya, kenapa g kepikiran buat pancuran air di rumah seeprti ini
    anak anak kan suka banget main air, pasti hepi klo dibuatin kayak gini
    cus beli pipa rucika ah

    BalasHapus
  2. asikk ya orang dewasa juga seneng tuh maen air *Inner childku meradang* hehe

    BalasHapus
  3. Rucika memang pipa andalan ya. Untuk dibentuk sekreatif mungkin tetep bisa. Aku demen nih liat pancuran yang no.4. Kesannya tuh simpel dan menyenangkan.

    BalasHapus
  4. Hahaha closingnya nendang mbaa..
    Eh keidean ya pake pipaaa, renang di kolam2an drmh aja susah berhenti, ditambah pake pipa gini bisa main air terus .. favorit mereka dan betah drmh

    BalasHapus
  5. Boleh juga nih ide bikin pancuran pake pipa ya mak. Mau lah nyontek tapi untuk keperluan yang lain. Anak-anakku udah ga ada yang demen main pancuran soalnya. :))

    BalasHapus
  6. Waduh, jadi ingat ngidam tas Abekani belum kebeli juga sampai udah mau 2021, huahahaha. Btw, kalau punya lahan sih emangs eru bikin pancuran air kayak gini. Aku juga pengin banget. Tapi susah kalau di perumahan kayak aku.

    BalasHapus
  7. Seru juga ya bikin pancuran DIY kaya gitu dirumah. Aku sendiri rela nabung beli kolam renang portabel mba hehehe

    BalasHapus
  8. Dengan merakit sendiri menggunakan pipa terbaik Rucika, main air jadi lebih hemat dan seru yaa...
    Seneng banget dapet ide bermain bersama anak dirumahaja kaya gini.
    Haturnuhun, kak.

    BalasHapus
  9. wah ini pipanya harus yang oke punya baik secara kualitasnya ataupun saat membuatnya, supaya anak berasa kayak di air mancur gitu

    BalasHapus
  10. Sebenerny idenya sih simple ya, tapi cukup powerfull bikin anak² happy :)
    Ahh anak² mah apa aja yg berhub sama air pasti happy ya :))

    BalasHapus
  11. waaah...kalo dibikinin gini anak2ku bisa ga mau brenti maen aer mbak ;)
    lha wong pake selang dr kran aja harus diminta buat stop.
    btw kalo nyebut pipa saya teringatnya ya langsung rucika. brandnya uda nempel di kepala haha

    BalasHapus
  12. wah iyaaaa, aku ga kepikiran nih bikin giniaaan.. lucu banget ya mak buat anak anak. happy banget juga nih pasti anak anak mainan dibawah pancuran air dari pipa iniii.. hehe

    BalasHapus
  13. Tipe pipa pancuran berkabut itu keren banget, tapi bagaimana cara buatnya, ya? Penasaran ih pengin tahu modifikasinya, biar bisa bikin di rumah untuk si kecil. Pasti seru banget nanti (haha, udah ngebayangin).

    BalasHapus
  14. Anak2 dan air, tuh, menyatuu bangettt ya, Bun. Kreatif bangett pipa untuk mainan aiir. Hahaha

    BalasHapus
  15. Ish gemesss banget idenyaa... kalo bermain air tuh hampir semua anak suka yaaa jadi ide ini menurut aku sangat layak banget untuk dicoba... apalagi masa liburan seperti ini yaaa... harus kreatif dengan ide bermain dengan anak

    BalasHapus
  16. boleh juga idenya ini mbak, apalagi kalau punya halaman luas mah anak-anak bisa main air pancuran sepuasnya. kalau saat ini seringnya disemprot selang hihi

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.