Cek Gejala Pikun Dengan Aplikasi EMS

 Festival Digital Bulan Alzheimer Sedunia



Di rumah saya dan suami sering ledek-ledekkan kalau ada yang lupa naruh kunci kendaraan langsung dijuluki “ Pikun” hahaha. Sepertinya istilah pikun ini menjadi lumrah di masyarakat kita. Padahal pikun adalah suatu penyakit yang bisa mengurangi kinerja masyarakat lo. Nah saya menyempatkan diri hadir di Seminar Kesehatan “ Festival Digital Bulan Alzheimer Sedunia” yang mengangkat hastag #ObatiPikun.


Sebagai informasi penderita alzheimer tahun 2013: 1 juta dan akan meningkat 2x lipat tahun 2030. Demensia atau penurunan kemampuan mengingat yang terjadi pada usia produktif. Jadi mulai terjadi di masyarakat kita terjadi demensia dini pada orang dengan usia produktif. 



Perdosi dan EISAI  mengangkat isu “ Obati Pikun” untuk mengurangi jumlah penderita Demensia alzheimer. Membuat aplikasi EMS ( E-Momory Screening) yang bisa didonlot secara gratis di playstore. Penting sekali deteksi dini demensia alzheimer pada usia produktif. Karena akan mengurangi kinerja para pekerja di usia produktif dan juga mengganggu kinerja negara saat masyarakat produktifnya terkena demensia alzheimer.



EMS (E-Memory Screening) adalah aplikasi dibuat oleh anak bangsa dan harapannya membantu penapisan gejala Demensia sejak dini dengan fitur yang mudah diterapkan. Kemudian juga ada fitur ‘Dementory dokter’. Yang akan dibantu oleh para dokter spesialis syaraf dan pakar demensia alzheimer. 



Harapannya informasi yang dikelola secara baik dengan teknologi IT dapat merubah paradigma masyarakat. Karena terdapat paradigma di masyarakat bahwa pikun itu normal. Masyarakat butuh edukasi terpercaya dari ahli, deteksi dini berbasis aplikasi gadget dan direktori rujukan terpercaya.

Ada tiga fitur: AD8- INA Skrining Tes skrining pikun yang terpercaya, 2. kumpulan artikel demensia sebagai edukasi informasi terpercaya. 3. direktori rujukan ahli terpercaya yang bahkan menggunakan GPS sehingga bisa segera mengakses rujukan terdekat.

Tujuan Utama EMS

  1. EMS sebagai alat Edukasi. EMS digunakan sebagai alat edukasi untuk masyarakat umum untuk mengetahui tentang penyakit demesia

  2. EMS sebagai alat Skrining Demensia. EMS digunakan sebagai alat skrining untuk deteksi dini demensia. Tersedia direktori daftar RS yang mempunyai klimik memori dan dokter spesialis neurologis yang praktek.

Keunggulan Apliksi EMS ini adalah

  1. User friendly

  2. Fiturnya lengkap dan mudah diakses

  3. Satu akun bisa digunakan oleh banyak user yang ingin melakukan skrining demensia dini.

  4. Gratis bisa diakses di Playstore. 


     Bulan Alzheimer Sedunia Dan #ObatiPikun

Ibu Siti Khalimah yang merupakan direktur Keswa kemenkes RI yang mengajak masyarakat untuk mulai hidup sehat dan memberi otak kita yang berharga dengan informasi yang bersifat positif. Dan mengajak masyarakat untuk mendoro para lansia hidup sehat, aktif, produktif dan mandiri. Masya Allah. Semoga nanti jika usia saya panjang dan saat menjadi lansia saya bisa hidup sehat, aktif, produktif dan mandiri ini. Aamiin Ya Allah. 


Harapannya dengan diadakannya Festival Digital Bulan Alzheimer Sedunia ini masyarakat lebih aware dan teredukasi dengan gejala-gejala demensia. Dan dapat melakukan deteksi dini demensia di masyarakat dan bisa segera mengambil tindakan medis. Sehingga tidak terjadi kelambatan penanganan terhadap pasien demensia. 

LA-LI-LE-LO

Oia ada 10 tanda-tanda gejalan demensia menurut dr Pukovisa Prawiroharjo. Disingkat La-Li-Le-Lo. Lupa mudah lupa, Linglung sering lupa sejenak, lemot, lambat berpikir, Logika yakni logikanya kadang ga masuk akal. Nah beberapa aktivitas positif yang bersifat berulang membantu mengurangi gejala demensia lo. Masya Allah. Jadi membiasakan salat 5 waktu, baca dzikir pagi-petang, membaca quran, menulis atau aktif blogging bisa mengurangi gejala demensia lo. Semoga kebiasaan saya selama ini termasuk mengurangi gejala demensia. Ayo teman-teman tetap produktif ya biar jauh dari demensia dini. 

Apakah pengobatan Demensia dijamin oleh BPJS

Pengobatan demensia bisa dilakukan di seluruh Rumah Sakit di Indonesia yang menyediakan dokter spesialis neurologi dan klinik syaraf. Dan skrining gejala-gejala demensia dijamin oleh BPJS. Tetapi pengobatan yang bersifat progressif tidak semuanya dijamin oleh BPJS. Jadi untuk pengobatan anti demensia masih ditanggung oleh BPJS nih. Untuk pengobatan lebih lanjut memang membutuhkan obat khusus yang lebih tinggi baik dosis maupun spesifikasinya. 


Tidak ada komentar

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.