Memupuk Semangat Kuliah Di Masa Pandemi




Bagaimana rasanya kuliah lagi di usia segini? Ya biasa aja sih sebenarnya. Kemarin pas lagi ngisi kulwap ada yang minta saran, dia ditawarin kuliah lagi dan sebenarnya kesempatan untuk dapat beasiswa besar tapii dia ngerasa anaknya butuh dia sebagai seorang ibu. Bahkan dia juga ngerasa kalau suaminya terlalu memaksakan dia untuk lanjut kuliah. Dan Jawaban saya sederhana aja " Sebenarnya menuntut ilmu itu wajib, dan jangan jadikan anak sebagai alasan untuk tidak tholabul ilmi' itu ga adil buat anak. Jujur nih harus diakui dulu saya ga lanjut kuliah itu karena pake alasan "Anak-anak lebih butuh saya". Padahal sebenarnya sayanya aja yang ga siap dengan tekanan "beratnya belajar". Karena yang namanya menuntut ilmu itu pasti berat. Kata dosen saya " Menuntut ilmu yang paling utama itu adalah istiqomah " Lah iya beneran. 
Kemarin saya rasan-rasan sama si bapak " Duh pengen cuti deh selama kuliah online ini berat banget rasanya " Tapi kemudian si bapak ngasih nasihat " Njuk arep keadaan sing koyo opo meneh ben tetep istiqomah le sinau. Dulu umi ga lanjut kuliah bahasa Arab karena anak-anak masih kecil. Sekarang anak-anak wes iso temandang dewe. Alasan itu selalu ada dan bisa dibuat untuk melemahkan ". Hooh yo. Kok diriku selemah itu.
Akhirnya sekarang mulai semangat lagi. Meskipun kemarin nyadar banget nilai UASnya terutama matkul yang ada bahasan Nahwu nya jelek banget. Huhuhu. Tapi aku janji sih sama diri sendiri. Akan belajar sampai bener-bener bisa bahasa Arab. Sampai baca Quran ga perlu lagi buka terjemahan. Seperti dulu janjiku di Tanah Haram. Bismillah

Tidak ada komentar

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.