Tips Hemat Bulanan Rumah Tangga Untuk Keluarga Kecil




Bagi para pasangan suami istri yang baru memiliki anak, pengeluaran bulanan tentu saja akan bertambah. Namun, sering kali bertambahnya kebutuhan tidak selaras dengan besaran pendapatan yang masih sama seperti sebelum memiliki anak. Sehingga kemungkinan adanya kekurangan budget sangat mungkin terjadi. Untuk mengatur uang bulanan agar tidak boros atau bahkan merasa kekurangan, anda harus menerapkan beberapa tips hemat bulanan untuk keluarga kecil. Berikut akan kami berikan informasinya seperti yang berikut ini.


Buat Daftar Belanja Bulanan


Anda tentu memiliki kebutuhan wajib yang pasti selalu dibutuhkan setiap bulannya. Tips hemat bulanan yang pertama dan harus anda lakukan adalah membuat daftar belanja bulanan. Hal ini penting untuk merencanakan perkiraan pengeluaran, seperti kebutuhan makanan, barang-barang grocery, pulsa listrik dan biaya air, internet, dan lain sebagainya.

Jika anda sudah mengetahui besaran biaya belanja bulanan wajib ini, maka anda akan lebih berhati-hati mengaloasikan sisa penghasilan untuk kebutuhan yang tak terlalu penting. Misalnya saja seperti beli barang fashion, gadget terbaru, dan masih banyak lagi.

Jangan Tergiur Kredit Tak Perlu



Anak yang hadir di tengah keluarga kecil biasanya membuat semangat orang tuanya. Mereka pun terkadang kebablasan membelikan semua kebutuhan bayi, meskipun barang itu belum dibutuhkan atau bahkan tak dibutuhkan sama sekali. Harga barang-barang kebutuhan bayi yang mahal terkadang tak menjadi halangan untuk dibeli, apalagi jika anda memiliki kartu kredit. Nah, ini lah yang harus diwaspadai.
Memiliki kartu kredit untuk mencukupi kebutuhan rumah tangga membutuhkan rasa bijak yang ekstra. Anda tentu tak mau jika tagihan kartu kredit akan membengkak karena anda lupa diri saat berbelanja secara kredit. Sebagai tips hemat bulanan, pertimbangkan secara cermat apakah anda benar-benar membutuhkan sebuah barang tersebut, serta bagaimana besaran bunga dan masa tenor kredit. Jangan sampai terjadi kredit macet, ya.

Catat Pengeluaran dan Simpan Struk Belanja


Hal sepele yang bisa dilakukan lainnya sebagai tips hemat bulanan adalah dengan mencatat semua pengeluaran secara detil. Simpan lah semua struk belanja secara sistematis dan masukkan ke pembukuan keuangan bulanan. Dari sini, anda akan semakin tahu berapa banyak uang yang dihabiskan untuk keperluan yang dirasa kurang perlu, dan mana yang termasuk kategori prioritas.
Siapkan Dana Darurat
Selain fokus pada besaran pengeluaran bulanan, anda juga harus memikirkan besaran uang yang bisa ditabung sebagai cicilan dana darurat. Dana darurat berfungsi sebagai dana yang bisa dipakai saat ada kebutuhan mendesak yang tak terduga. Yakni misalnya jika tulang punggung keluarga terkena PHK, atau ada anggota keluarga yang jatuh sakit maupun kecelakaan dan harus membayar tagihan rumah sakit yang mahal.

Sisakan Dana Untuk Investasi
Selain tabungan dan dana darurat, anda juga harus menyisihkan sebagian sisa dana penghasilan bulanan untuk investasi. Investasi sangat penting guna meningkatkan nilai harta yang dimiliki. Besaran dana investasi tentu saja lebih sedikit dibanding alokasi untuk dana darurat. Tak usah khawatir, sebab investasi seperti saham dan reksa dana bisa anda mulai dengan harga Rp 100 ribu saja kok.

Mamanfaatkan Pekarangan Rumah
Tips hemat bulanan lainnya adalah dengan memanfaatkan pekarangan rumah sebagai kebun pribadi yang bisa ditanami beberapa tumbuhan bahan dan bumbu makanan. Bisa saja, hal ini membuat anda mengurangi pengeluaran di bagian kebutuhan makanan. Selain itu, pekarangan rumah juga bisa dipakai sebagai tempat usaha untuk mendapatkan penghasilan tambahan.
Selain beberapa hal di atas, ada pula tips hemat bulanan lainnya yang bisa anda baca di artikel dengan link di bawah ini nih. Yuk, baca lebih lanjut!

17 komentar

  1. Makasih tipsnya, mak. Aku mencatat di buku arus kas, hahahaha. Tapi banyak lain2nya krn seminggu sekali nyatet banyak yg lupa hahahahaha

    BalasHapus
  2. Tipsnya berguna bgt ni..
    Jadi ibu memang harus pintar atur anggaran keluarga ya

    BalasHapus
  3. Aku sudah mulai memanfaatkan pekarangan rumah nih mba, ada beberapa sayuran yang aku tanam. Seperti kale, kailan, pokcoy, dan selada. Lumayan bikin hemat.

    BalasHapus
  4. Yang memanfaatkan pekarangan rumah menarik tuh.. Biar ga perlu belanja sayur lagi dan bikin seger rumah. Tfs mb..

    BalasHapus
  5. kalau simpan struk sih enggak, Mak. sebab udah saya catat beli apa saja. dulu pernah simpan malah jd nyampah sih. numpuk banyak banget di lemari

    BalasHapus
  6. Sayangnya saya nggak punya pekarangan rumah. Jadi terpikir memanfaatkan teras atas untuk menanam, tapi masih maju mundur karena punya bayi kecil.

    Soal kartu kredit, iya banget sih Mba. Perlu bijaaaakkk banget dalam pemakaiannya.

    BalasHapus
  7. Uda beberapa bulan ini tidak melakukan pencatatan pengeluaran :(
    Aku juga sering banget kumpulin bon atau struk. Kadang suami suka marah karena banyak banget kertas yang harusnya dibuang hahaha

    BalasHapus
  8. Tentang nyimpen struk belanja, ngga pernah kepikiran nih. Hahahah. Iya juga sih ya, bisa ditotal pengeluaran berapa kalau struk struk belanja itu tersimpan rapi.

    BalasHapus
  9. Setuju mbak, catat pengeluaran dan simpan struknya, serta tidak belanja yang tidak perlu

    BalasHapus
  10. HIhi...kalo uda akhir bulan memang langsung stop sendiri yaa..
    Belanja jadi yaah...untuk kebutuhan harian aja.
    Tapi memang mencatat pengeluaran ini kunci siih ya...jadi tau bocor alusnya dimana...

    BalasHapus
  11. Pencatatan pengeluaran dan simpan struk belanja...huhuhu, kadang masih belum tertib akuuu. Makasih sudah diingatkan tips hemat bulanan rumah tangga, Mbak:)

    BalasHapus
  12. Aku suka simpan struk belanja Mba, karena ada aplikasi yang upload struk terus dapat poin yang bisa ditukar hadiah lagi. Hehe. Makasi tips nya mba Siti.

    BalasHapus
  13. Mencatat seluruh pengeluaran kadang tuh yg bikin aku lupa berap banyak hedonisme yang aku keluarkan, hihi cari tambahan tuh perlu buat nutupin lobang kecil sampe gede

    BalasHapus
  14. beberapa sudah kujalani dan beberapa belum kayak manfaatin pekarangan rumah. padahal pengen nih punya pekarangan yang cantik kayak tetangga tapi nggak kegarap juga. heu

    BalasHapus
  15. Aku banget simpan struk trus dicatet pengeluaran ku mulai dari belanja baju online, makan di luar sampai belanja bulanan. Sebelum menikah ga pernah sama sekali hahaha

    BalasHapus
  16. Yap, bener banget jangan tergiur yang tidak perlu. Aku sekarang kalau ada barang yang mau dibeli juga dipikir-pikir dulu. Butuh apa cuman pengen aja hehehe

    BalasHapus
  17. Tipsnya lengkap dan bisa dicoba nih biar keuangan rumah tangga setiap bulan tak kedodoran. Paling sering sih belanjanya malah yang diinginkan dan bukan yang dibutuhkan, makanya sepertinya perlu bikin daftar belanjaan aja sebelum pergi belanja dan komitmen yang dibeli cuma yang di daftar.

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.