Bangunan Heritage Ga Populer Tapi Cantik Di Jogja





Siapa yang suka foto tempat-tempat heritage? Saya termasuk suka mengunjungi bangunan-bangunan tua dan cantik. Untungnya tinggal di Jogja itu banyak banget bangunan heritage yang layak buat difoto. Bahkan tempatnya tuh mudah dijangkau dan seringnya masuknya ga pake bayar. Oh surga.



Nah buat yang suka moto-moto bangunan cantik bisa nih main ke Jogja. Ada banyak pilihan tempat yang bisa dikunjungi kalau ke Jogja. Paling gampang sih setelah titip ransel atau koper di hotel kita tinggal keliling Jogja buat pepotoan. Paling enak lagi kalau kita rental mobil aja. Jadi nyewa mobil buat seharian keliling Jogja buat poto-poto.
Berikut beberapa tempat yang layak buat pepotoan dengan nuansa bangunan heritage di Jogja.

1.                 Kawasan Kota Gedhe


Saya pernah nulis tentang blusukan di Kota Gedhe. Tetapi rasanya tetap saja kurang puas menuliskannya. Ada banyak spot bangunan cantik dan kuno di Kota Gedhe. Mulai dari Pasar Legi sampai Masjid Mataram Kuno. Semuanya layak masuk instagram.

Kalau ke Kota Gedhe biasanya orang mainnya ke masjid Mataram. Nah, coba sesekali masuklah ke kampung-kampungnya. Mainlah ke pasarnya. Di dalam kampungnya banyak sekali bangunan tua yang masih terawat dan dihuni oleh penduduk asli Kota Gedhe. 

2.                 Situs Warung Boto





Saya suka banget pepotoan di Situs Warung Boto ini. Sekarang aja tempatnya masih terlihat cantik banget. Apalagi ratusan tahun lalu. Dulunya ini adalah tempat pemandian keluarga raja. Bisa dibayangkan kan gimana cantiknya tempat ini dulunya.


Tapi sayangnya tempat ini masih dikelola secara sederhana. Oia sekarang tempat ini mulai ramai buat prewed. Jadi banyak fotografer dan selebgram mapir ke sini

3.                 Masjid Perak Kota Gedhe


Ini masjid termasuk deretan masjid tertua di Yogyakarta. Yang paling terkenal dari masjid Perak adalah tangga menuju lantai dua yang cantik. Diapit oleh daun jendela khas bangunan dulu.



Kalau mau ke sini sih pilih pas pagi hari. Soalnya masjid ini ada di kawasan sebuah SMA Muhammadiyah. Bisa dibayangkan kalau mau pepotoan siang hari. Anak-anak sekolah lalu lalang. Oia poto-poto di sini ga pake tiket masuk. Tapi please ya hormati tempat ibadah kaum muslimin ini. Lepas sepatu dan jangan pakai topi. Buat yang perempuan hendaklah tidak menggunakan pakaian terbuka.

4.                 Masjid Baitul Qohhar


Masjid ini ada di jalan Tegal Gendu. Kebetulan banyak restoran cantik dan kelas atas di kawasan ini. Tepat di samping restoran Omah Dhuwur yang terkenal itu lo.
Sama seperti masjid Perak masjid ini juga ga pake tiket masuk. Tinggal pepotoan aja. Tetapi masjid ini juga ada di kawasan sebuah sekolah SD Muhammadiyah. Jadi sebaiknya pepotoannya pada pagi banget atau sore hari setelah salat ashar.




Nah itu beberapa tempat dengan bangunan cantik khas zaman dulu yang bisa buat hunting foto. Jangan khawatir bakalan susah nyari lokasinya ya. Semuanya mudah dijangkau. Apalagi kalau kita nyewa mobil. 


18 komentar

  1. Waaah Situs Warung Boto boleh nih masuk list, soon kalo saya ke Jogja. Cantik banget bangunannya...��

    BalasHapus
  2. Jogjaaaaaaa.....!!
    Aku ngga pernah puas buat explore Jogja mbaaa
    Selalu ada spot yang menariiikk
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  3. Saya pernah berkunjung ke Yogya dan mengakui bahwa di sana banyak bangunan artistik yang cantik, khas Yogya, bagi saya. Soalnya ada kesan masih zadul.
    Lihat foto-foto di atas jadi pengen kukurilingan ke Yohga.

    BalasHapus
  4. Wah jogja ternyata masih banyak ya bangunan heritage seperti ini, saya belom pernah ke sini deh kayaknya, tempat spt ini favoritnya para turis mba :)

    BalasHapus
  5. Aku baru berkunjung ke Kota Gedhe Aja mbak. Di sana memang banyak banget lokasi yg bagus untuk berfoto <3

    BalasHapus
  6. Tangga jadi favorit foto foto banget nih mbak hehe.. tapi memang semua sudut bangunan ini sangat sayang untuk dilewatkan untuk diambil gambarnya ya.. dan enaknya tuh ngga terlalu rame.. jadi kalo buat foto juga bagus alias ngga bocor

    BalasHapus
  7. Jogja kota romantis sejuta kenangan, gak pernah habis setiap sudut daerahnya kalau kita jelajahi memang. Buat kota gedhe sendiri aku belum pernah berkunjung nih, mungkin lain kesempatan akan datang 😄

    BalasHapus
  8. Aku justru jarang dan ga terlalu suka sama bangunan heritage mba wkwkwk btw baru tahu nih tempat-tempat ini di Yogya, akhirnya yah dimanfaatkan buat foto-foto prawed emang bagus kalau buat moment foto prawed y mba

    BalasHapus
  9. Banyak tempat cakep yang ternyata deket ya. Huhuhu, belum pernah kesana pun, padahal buat foto foto indah banget. Wah cus ah sama anak anak hunting tempat foto cakep juga.

    BalasHapus
  10. Sama kayak aku nih mba suka datang ke bangunan heritage dan senang juga tentang sejarah-sjarah. Sedihnya pas ke Yogyakarta aku nggak ke tempat-tempat ini

    BalasHapus
  11. Q kadang suka sedih kalau ad situs bersejarah yang kurang populer apalagi kurang terawat kyk krng menghargai aja, tp mdh2an tempat2 sprti ini walau gk populer ttp terjaga dgn aman

    BalasHapus
  12. Rata-rata kalau bangunan lama gitu kok kesannya agak gimana ya mak. Bagus sih biasanya interior dan perabotannya, makanya bagus banget untuk pepotoan.

    Belum pernah blusukan ke Kota Gede. Kapan-kapan kalau pas dolan Jogja ajakin aku ke sana yo.

    BalasHapus
  13. Masya Allah cakep ya ternyata bangunanya suka sama hiasan tempoknya itu. Semoga tempat ini banyak dikanal juga ya sayang kan tempat sejarah kaya gini sepi.

    BalasHapus
  14. Saya Mak,suka banget foto-foto di kawasan heritage. Apalagi nuansanya vintage gitu. Tambah syahdu.

    BalasHapus
  15. Sudah lama enggak main ke Yogya, kota dengan berbagai wisata mbak. Aku senang dengan bangunan-bangunan yang menjadi cagar budaya di Yogyakarta.

    BalasHapus
  16. Jogja penuh dengan banyak situs dan kawasan heritage ya Mba
    demikian juga Pekalongan di seputaran Kota. Tiap melihat berasa sedang menyaksikan tempo dulu.

    BalasHapus
  17. Sudah pernah 3 kali ke jogja tp blm pernah mampir ke tempat2 yg mba tulis di sini huhu. Moga nanti bisa wisata ke sana jg sembari safari masjid :)

    BalasHapus
  18. Mak Irul next time ke Jogja aku diajak keliling - keliling yaaah.. cakep - cakeep ini tempatnya

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.