Yuk Buat Kegiatan Anak Yang Menyenangkan Bersama Buku Islamic Montessori Inspired Activity





Kemarin ada yang nanya sama saya " Punya referensi ga untuk aktivitas harian anak". Selama ini saya sih menyusun sendiri kegiatan harian anak-anak di rumah. Termasuk kegiatan tambahan apa yang perlu diambil oleh anak-anak yang sudah disepakati juga oleh anak-anak. Kalau untuk jadwal harian karena ritme udah terbentuk kami jadi lebih santai. Yang perlu disusun adalah kegiatan apa yang harus dikerjakan. 


Nah, kebetulan saya punya buku bagus nih yang bisa jadi referensi teman-teman para mama muda yang ingin menyusun kegiatan harian anak di rumah. Agar aktivitas mereka terarah dan bersifat edukatif juga. Buku terbitan Bentang ini berjudul " Islamic Montessori Inspired Activity " Buku yang berisi tentang pengenalan nilai-nilai Islam dengan cara menyenangkan ini ditulis oleh Zahra Zahira. Zahra Zahira sendiri adalah founder of Indonesia Islamic Montessori Community. Yang menggeluti metode Montessori dan buku ini mengulik Montessori yang disesuaikan dengan kehidupan muslim. 

Isinya Bergizi




Buku ini bagus dan termasuk buku yang saya rekomendasikan untuk menjadi buku panduan kegiatan harian keluarga muslim. Berisi tentang rencana pelajaran yang akan diberikan juga beserta contoh kegiatan hariannya. Jadi kita bisa dipandu oleh lesson plan oleh buku ini yang bisa disesuaikan juga dengan kebutuhan keluarga. Bab dalam buku juga sudah diurutkan sesuai kebutuhan anak dalam belajar. Misalnya ada bab pengenalan atau belajar sensor di bab Sensorial.


Dan asyiknya dari buku ini kegiatan per-bab itu bisa dikerjakan di rumah dengan bahan sederhana tapi stimulasi yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan anak muslim. Sebenarnya ga cuma untuk keluarga muslim aja sih. Karena Islam kan Universal ya jadi kegiatan nya banyak yang bisa dicoba oleh semua golongan.


Buku ini udah beredar di toko buku dan ada juga yang bisa dibeli secara online. Jujur saya suka banget sama buku ini. Dan sekarang buku ini udah lumayan lecek karena sering dipake hahahaha. Buat keluarga homeschooling mandiri jelasbuku bermanfaat banget buat kami. Keanekaragaman pake banget. Kegiatan harian anak banyak yang saya ambil dari contoh di buku ini.


Dan satu lagi nih yang menyenangkan dari buku ini. Aktivitas yang dicontohkan oleh buku ini bisa lo dikerjakan sendiri oleh anak-anak usia SD. Jadi kita tinggal memandu aja. Biar anak-anak yang menyiapkan bahan dan mengerjakannya. Membantu banget untuk kemandirian anak. Oia sebenarnya buku ini ditujukan untuk anak usia 2-6 tahun. Tapi tetap asyik sih jika dikerjakan oleh anak SD jadi mereka mengajari adiknya yang TK

Mampir juga ya di 


22 komentar

  1. Menarik nih bukunya. Anak-anak jadi punya banyak pilihan kegiatan bergizi. Jadi kangen saat anak-anak masih mau diajakin beraktivitas begini. Wkwkwk. Skrg udah punya kesenangan sendiri, emaknya manut wae. Meski kadang gemes pengin nyodorin sesuatu yg beda untuk mereka coba. Haha

    BalasHapus
  2. Aktivitas home-schooling jadi kayak ada kurikulumnya dan makin terarah ya Mbaaa
    Aku sakjane ya puingiiin meng-HS-kan anakku, karena K2013 ini rentan bikin rambut rontookk tapi nyaris ngga ada faedahnya (menurut aku)
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  3. Duhh kok aku tertarik banget untuk memiliki buku ini ya mbak
    Isinya bisa buat panduan pembelajaran anak before sekolah nih ya hheee
    Makasih sharingnya ya mbak

    BalasHapus
  4. Wah, dengan adanya buku ini, ibu-ibu nggak perlu bingung lagi ya menyusun kegiatan harian anak di rumah. Bagian dalam buku ini ternyata warna warni juga ya, full atau sebagian aja? kelihatan menarik.

    BalasHapus
  5. wow. ada ya buku kayak gini...anak2 jadi asik belajar sambil bermain nih klo ada buku ini.. coba cari ah..

    BalasHapus
  6. Sayangnya saya udah gak punya anak kecil. Tapi, bisa nih saya jadiin kado buat kerabat atau teman yang masih punya anak kecil. Bukunya kelihatan bagus

    BalasHapus
  7. Aku belum punya buku ini dan baca ini jadi tertarik sekali, asik banget ini bisa beli online ya mbak. Coba ah aku cek, biar bisa langsung main dirumah sama anakku.

    BalasHapus
  8. buku Islamic Montessori menyediakan kegiatan per-bab yang bisa dikerjakan di rumah menggunakan bahan sederhanam trus asyiknya stimulasi yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan anak muslim. Masyaa Allah

    BalasHapus
  9. Bukunya bisa juga untuk anak yang belajar di sekolah umum kah mbak? Untuk belajar atau berkreasi, seperti layaknya anak yang homeschooling

    BalasHapus
  10. Wah cocok nih buat Sara dan Najla. Harganya berapa ya Mak? Tebel kayaknya bukunya

    BalasHapus
  11. Boleh juga rekomendasi buku bergiinya mak irul, langsung cari ah buat panduan di rumah nih supaya bisa belajar lebih menyenangkan lagi

    BalasHapus
  12. Penting nih buat aku yang kadang bingung bikin kegiatan apa ya dengan bocah pas mereka di rumah dan bosan hehe

    BalasHapus
  13. Kok ya telat ya aku taunya soal buku ini, anakku udah jauh di atas 6 tahun semua jeee...
    Asyik ya padahal kalau bisa mengerjakan berbagai aktivitas yang ada dicontohkan di buku ini.

    BalasHapus
  14. Aku tahunya tentang sekolah Montessori.
    Ternyata, malah ada buku Islamic Montessori ya.
    Jadi bertambah lagi nih referensi

    BalasHapus
  15. Yeay dapat referensi buku parenting lagi, catat nih, bekal buat anak insya Allah ��

    BalasHapus
  16. Fix, tertarik! Aku lg nyari banget panduan Islamic Montessori. Langsung cari di online-an ah.

    BalasHapus
  17. aku belum begitu paham dengan konsep belajar ini Mba siti, tapi kayaknya boleh juga diterapkan dan dicobakan ke anak2 di rumah.mana tahu metode belajarini bisa masuk ke mereka

    BalasHapus
  18. Jadi bnyak ide dan kreativitas ya bermain sama anak2 karena Ada contohnya juga,, mau kubeki buat hadiah keponakan

    BalasHapus
  19. Bolehjuga ini bukunya bisa jadi rekomendasi buku buat bacaan kedepan.. Dan isinya pun bermanfaat

    BalasHapus
  20. Udah lama penasaran dan pengen menerapkan Montessori buat anak². Thx rekomen ya mbak. Semoga besok ada di toko buku terdekat 😊

    BalasHapus
  21. Wah bagus, insya Allah tar cari utk bontot, memang kudengan montessori islamic bagus, sekolahnya jg ada ya

    BalasHapus
  22. Walaupun anakku ndak HS, buku ini sangat penting sebagai panduan orang tuanya di rumah.. ndak sabar mau punya bukunya...

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.