Tips Menata Rumah Bersama Dyah Savitri




Hari ini saya hadir di event bincang-bincang tentang Home Decor besama BJ Home. Bertempat di Atrium Ambarukmo Plaza. Event ini disponsosri oleh toko perlengkapan rumah tangga BJ Home yang berlokasi di jalan Janti. Awalnya hanya menyediakan perlengkapan bangunan dan rumah kata bu Listy kemudian berkembang ke furniture dan dekorasi rumah. BJ home akan mengembangkan produk BJ ke arah peralatan dapur seperti piring, sendok dll. Saat ini BJ Home berganti nama menjadi QHomeMart.  





Bincang-bincang tentang home decor ini digawangi oleh mbak Rila sebagai moderator dan mbak Dyah Savitri Yuniar sebagai pembicara. Mbak Dy adalah seorang dosen desain interior dan juga founder Fabulous Women Photography (FAB). Dan akun instagramnya saat ini memang kebanyakan berisi konten tentang home decor. Kalau liat instagram nya bu-dos (demikian saya memanggil beliau)  langsung berhasrat ingin beberes rumah. Hahahaha. Mampir ya di akun instagram nya di @dysavitri 



Oia mb Dy ini menyukai desain yang modern. Biasanya desain yang berkaitan dengan bentuk-bentuk geometris. Wah bisa nih jadi inspirasi buat kita. 

Home decor adalah Seni Menata furnitur pada ruangan sesuai fungsinya dan mempercantik dengan dekorasi agar tercipta kenyamanan bagi penghuninya. 

Apa aja nih yang perlu diperhatikan agar kita ga salah langkah dalam menata rumah. Niatnya mau menata rumah eh yang ada malah bikin rumah tambah sumpek. 


  1. Perhatikan Luas Ruangan
Kadang luas ruangan membuat kita terbatas dalam menata rumah. Mb Dy memberikan tips:  pilih furniture compact, perbanyak storage, pilih desain simple, rumah rapi(barang sesuai tempatnya), tidak terkesan berat (misalnya, jangan pilih sofa yang penuh sampai bawah, pilih kakinya ramping) 
Pilih warna cat yang pastel atau tone putih atau soft. 


      2. Tema
Saat ini ada banyak pilihan tema yang  bisa kita pilih. Ada tema shaby, bohemian, Skandinavia, junglow, tropical, industrial, dll. 
Kalau saya sendiri menyukai rumah yang lapang dan terang. Maklum ya punya anak banyak dan ada yang masih balita pula. Jadi sementara ini menahan hasrat memajang pernak-pernik lucu. 
Suatu saat sih pengen memiliki rumah bertema industrial. Yang dinding nya bata ekspose atau semen tanpa dicat, ranjangnya simpel dari besi cor, ya kayak gitulah. Hahahaha. Bermimpi boleh kan ya. 

      3. Budget
Nah budget memang jadi salah satu penentu saat kita akan menata rumah. Yang sebenarnya bisa disesuaikan dengan keinginan kita dan juga budget yang tersedia. Beberapa tipsnya nih dari mb Dy. Beli dekorasi sesuai budget, make over  furniture lama, hunting barang preloved, DIY. 

Kursi lama yang di makeover jadi baru

Saya sendiri baru-baru ini memilih me make over kursi lama kami. Diantar ke tukang mebel dan minta ganti kain dan busanya aja. Ternyata ga mahal banget. Apalagi besi kursinya masih bagus. 
Untuk hiasan dinding suami mendesain sendiri kemudian diberi bingkai dan dijadikan pajangan di ruang tamu dan ruang makan. 

Elemen dalam ruang yang didekor

Pict by pixabay

  1. Lantai
Banyak pilihan lantai, keramik, granit, tegel. Dekorasinya seperti karpet/rug
  2. Dinding
sebagai penyekat ruangan dan Zoning. Meliputi pemilihan material, dinding, plester, warna cat, tembok, tekstur dinding, wall appreciate, moulding, bata ekspos dan batu alam. Dekorasi tambahan:  piring keramik, pigura, dll
    3. Plafon
           Sekarang ada banyak pilihan plafon. Ada   yang dari gipsum, bahkan ada yang anyaman bambu juga lo. 
Kalau rumah kami sendiri plafon hanya standar dari triplek yang dicat. Sementara belum ada rencana mengganti plafon. 

       4. Pencahayaan
Pencahayaan utama, task lighting, accent lighting.
Bisa dipilih nih berbagai macam lampu yang ditawarkan. Tapi memang sebaiknya yang ramah lingkungan dan hemat listrik. Misalnya bisa nih jendela yang besar dari lantai sampai langit-langit. Wah ini impian saya banget nih. Jadi inget dulu rumah masa kecil saya itu jendelanya besar banget. Dan asyik banget buat duduk-duduk kalau sore. 


Sedikit tips untuk Dapur 


Untuk dapur diusahakan dinding dan lantainya mudah dibersihkan. Terutama dinding tempat memasak. 
Bisa ditambahkan elemen dekorasi seperti: Backsplash, kap lampu, wall decor, perkakas dapur, dll. 

Tips sederhana untuk menata rumah dengan budget terbatas antara lain penambahan dekorasi seperti ambalan kayu yang melayang, indoor plant, wall decor, sarung bantal lucu, atau juga piring keramik aneka motif. 

Tips Menata Rumah Bagi Keluarga Dengan Anak Kecil. 

Untuk tips dinding rumah keluarga yang memiliki anak. Bisa dibuatkan space dinding khusus yang bisa dicoretin. Bisa juga menggunakan cat khusus yang bisa dihapus. Dan tadi saya selesai acara langsung nyari standar yang menyediakan cat yang dimaksud. Ternyata udah banyak pilihan nih cat yang bisa dibersihkan ini.
Perbanyak storage untuk penyimpanan barang-barang. 

12 komentar

  1. Saluuutt banget dengan hobi ibu-ibu tentang dekor, kalau saya jarang sih, lebih suka yang simple, karena banyak debu hahahaha.

    Mungkin kalau anak-anak udah gede, baru makin serius dekor-dekor, selain waktunya insha Allah lebih luang, pun anak-anak udah lebih ngerti lagi :)

    BalasHapus
  2. Mba Dyah Savitri taste desainya ulala bangeettt ya Mba
    Aku jadi pengin renov pernak/i rumah jugaaa
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  3. Baru mikir nih mau reparasi kursi pemeberian mertua biar kelihatan cling udang lama bgt nggak brangkat2 nyari tukang. Heheee

    BalasHapus
  4. Iya nih masih punya anak-anak kecil masih ngempet punya barang-barang dekorasi yang lucu-lucu. Hehe. Trus dinding juga gampang kotor kena coret-coretan. Huhu. Pengen juga sih kalo anak-anak sudah besar semua, mau nata rumah yang enak dipandang dan nyaman ditempati. Insyaa Allah.. aamiin..

    BalasHapus
  5. Tips tentang perbanyak storage ini bener banget. Aku masih ada PR nih mau bikin storage belum jadi juga, banyak barang milik kerjaan suami yang butuh storage di gudang

    BalasHapus
  6. Kalau aku punya kesempatan decor rumah, pengen decor dapur dulu supaya adem ke dapur dan rajin ke dapur hahaha, habis itu decor kamar trus bru deh ruang tamu ��

    BalasHapus
  7. Aduh, bikin ngelihat rumah sendiri jadinya. Rumahku luas, belom banyak penataan yang berarti. Yang sesuai tema atau apalah. Aku beli perabot masih yang berdasarkan fungsi dan suka. Kepengen sih berdasarkan tema tertentu. Masih kepentok budget nih. :D

    BalasHapus
  8. aku juga lagi pengen ngedekorasi kamar nih, mba..

    BalasHapus
  9. Jujur saja aku lebih suka rumah yang minimalis dan minim barang karena terlihat lebih lega aja terus jendela pun harus banyak hehe. Btw jadi bagus ya kursinya .

    BalasHapus
  10. Mbah Dyah sangat bermanfaat banget nih infonya dan salah satu yang salfok sama kursi yang di make over jadi cantik banget.

    BalasHapus
  11. Pengin banget punya rumah yang ruangannya lucu tapi tetep simple.
    Mulai sekarang, kami biasakan pesan furniture, agar sesuai dengan interior di rumah kami.
    Jatuhnya lebih murah...alhamdulillah~

    BalasHapus
  12. Noted bgt tips yg trakhir Mba, udah jd cita2 skrg hehe. nanti punya dinding yg gampang dilap klo kotor buat dapur n ramah anak :)

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.