5 Asuransi Syariah Yang Bisa Dipilih Keluarga Muslim



Ada yang pernah ketinggalan pesawat? Suami saya pernah. Waktu itu ia hendak bertugas ke Bima, NTB saat Bima dilanda banjir bandang. Si bapak bertugas menyalurkan bantuan ke sana. Demi alasan efisiensi si bapak mengambil penerbangan paling pagi. Kebetulan sata itu ia bertugas berdua bersama seorang kawan. Saat check in si kawan belum sampai di bandara. Sampai panggilan terakhir si kawan ini belum jua muncul. Dan akhirnya rombongan suami ditinggal oleh pesawat. Akhirnya membeli tiket baru untuk keberangkatan berikutnya yang harganya sungguh aduhai.


Sering dalam hidup kita mengalami hal-hal tidak terduga. Tahun 2006 di bulan Mei Jogja mengalami gempa yang membuat Jogja lumpuh beberapa bulan. Termasuk rumah yang kami tempati ambruk. Kami terpaksa menginap di tenda darurat yang dibuat dari terpal seadanya. Padahal saat itu saya memiliki bayi berusia 9 bulan.  Dalam kondisi seperti ini kita merasa perlunya sikap berjaga-jaga. Memang segala sesuatunya adalah taqdir Allah. Tetapi sikap tawakal itu harus ada usaha/ ihtiar di dalamnya. Itulah kenapa setiap bepergian ke luar negeri kami membeli asuransi perjalanan.

Sebagai keluarga muslim tentu saja kami berhati-hati dengan produk keuangan. Berusaha betul agar tidak terjerat riba. Sehingga untuk transaksi keuangan selalu mengusahakan berurusan dengan lembaga keuangan syariah.  Termasuk diantaranya memilih asuransi syariah sebagai bentuk perlindungan keluarga.

asuransi syariah
asuransi pendidikan syariah bisa jadi pilihan lo

Nah ada beberapa asuransi syariah yang bisa dicoba diintip informasinya oleh para keluarga muslim Indonesia. Sebelumnya, pengertian Asuransi Syariah sendiri adalah usaha kerjasama untuk saling melindungi dan tolong menolong diantara sejumlah orang dalam menghadapi terjadinya musibah atau bencana melalui perjanjian yang disepakati bersama. 

Perjanjian yang digunakan merupakan akad takafuli (tolong-menolong) bukan akad tadabuli (jual-beli). Jadi akad yang digunakan dalam Asuransi Syariah bersifat tolong menolong (ta'awun) dengan menggunakan prinsip dasar Tabarru' dan dalam pengelolaan dana (investasi) menggunakan prinsip Mudharabah melalui instrumen investasi syariah.
 
jika traveling diusahakan membeli asuransi perjalanan
Akad takafuli yaitu perjanjian sekelompok orang yang disebut peserta yang secara timbal balik saling menanggung atau menanggung bersama risiko diantara peserta atas dasar saling tolong menolong dalam kebaikan dan takwa.

Konsep Asuransi Syariah adalah konsep tolong menolong dalam kebaikan dan ketakwaan. Ini berarti dalam Asuransi Syariah semua peserta merupakan satu keluarga besar akan saling melindungi dan bersama-sama akan menanggung risiko keuangan dari musibah yang mungkin terjadi. Konsep Asuransi Syariah ini dilakukan melalui mekanisme perjanjian (akad).

Akad dalam asuransi syariah harus sesuai dengan syariah Islam yakni Akad yang tidak mengandung Gharar (ketidak pastian), Maysir (perjudian), Riba (bunga), barang haram dan maksiat yang dilarang dalam akad-akad keuangan islami.
Berikut beberapa lembaga asuransi yang menyediakan asuransi syariah dalam transaksinya.
      1.     Takaful
Takaful menjadi pelopor asuransi syariah pertama di Indonesia. Menyediakan berbagai unit asuransi yang semuanya berbasis syariah. Di kalangan masyarakat muslim Indonesia bisa dibilang Takaful ini termasuk asuransi paling popular.

      2.     Salam Card Adira Finance
Adira Finance memiliki unit link penyedia asuransi syariah. Dikenal dengan nama Salam Card Adira.  Salaam Card merupakan produk asuransi syariah Adira Insurance yang memberikan manfaat berupa Santunan Asuransi apabila Peserta Asuransi mengalami kecelakaan yang menyebabkan Kematian atau Cacat Tetap Total dan juga memberikan manfaat penggantian biaya pengobatan akibat kecelakaan.

      3.     Allianz
Allianz adalah perusahaan asuransi yang terkenal di Indonesia. Dan mereka memiliki unit link syariah. Diantaranya adalah Allianz Tasbih dan Allisya Maxi Fund Plus.

     4.     AXA Maestro Syariah
AXA asuransi memiliki unit link syariah yang dikenal dengan nama Maestro Syariah. Unit link syariah milik AXA ini menawarkan asuransi jiwa berbasis prinsip-prinsip syariah. Sebagai perusahaan asuranasi yang populer di Indonesia bisa dicoba nih unit link syariahnya AXA.

     5.     BRI Syariah
BRI Syariah menyediakan unit Tabungan Berjangka dengan premi asuransi jiwa secara gratis. Jadi produknya adalah tabungan berjangka atau deposito di BRI Syariah tetapi berbonus asuransi jiwa.
Nah, itulah beberapa unit link maupun asuransi yang berbasis syariah yang bisa dilirik oleh keluarga muslim Indonesia. Untuk informasi asuransi yang lebih lengkap bisa mampir di  Lifepal 



16 komentar

  1. Aku awalnya cuma tau Takaful aja nih kalau asuransi syariah yang paling dikenal di sini.
    Konsepnya itu tolong menolong ya gak kaya asuransi konvensional lainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kalo asuransi syariah berbasis ta'awun bukan jual beli

      Hapus
  2. menarik menyimak tentang asuransi yang syariah...Penting banget ya biar kitanya juga lebih tenang berasuransi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, semoga tulisan ini bisa jadi referensi teman-teman yang mencari asuransi syariah

      Hapus
  3. subhanallaaah, dengan asuransi syariah jadi terjaga ya mak Irul. Dengan konsep tolong menolong jadi berbeda konsep dengan yang general asuransi.

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah sekarang lebih banyak lagi ya asuransi syariah buat keluarga muslim jadi lebih tenang dan tentram kalau sesuai syariah

    BalasHapus
  5. Sejauh ini asuransi yang aku ikuti hanya asuransi pendidikan buat anak aja mba hehehe

    BalasHapus
  6. Takaful ini melekat banget di aku soalnya dulu selalu lewat depan kantor pusatnya, hihi. Dulu ngehits banget lho Mak, belum banyak asuransi syariah soalnya. Sekarang udah banyak ya, alhamdulillah keluarga muslim jadi semakin banyak pilihan.

    BalasHapus
  7. Senangnya ya sekarang ada banyak pilihan asuransi syariah, seperti Allianz dan yang lainnya. Jadi bikin hati tenang gitu ya

    BalasHapus
  8. Belum lama ini aku ikutan acara yang berisi tentang asuransi syariah Mak Irul, tapi aku nggak paham sama sekali atas penjelasan pembicaranya 😅. Beruntung mak Irul menuliskannya disini, sekarang aku jadi ada gambaran tentang asuransi syariah. 😊

    BalasHapus
  9. Wow asuransi syariah ternyata banyak ya, baru tahu ada sebanyak ini. Kalau saya asuransi perlu buat kesehatan, jadi buat jaga-jaga. Kalau begini, enak ya bisa berasuransi tapi nyaman, karena sebagai muslim harus nyari yang sesuai syariah

    BalasHapus
  10. Oke mba...ternyata banyak juga ya asuransi yang syariah..aku juga berasa lebih aman setelah kesehatan+ pendidikan anak2 diasuransiin.. tp memang blm ikut yang syariah.. masih manut kantornya pak suami :-)

    BalasHapus
  11. Aku masih awam banget soal perekonomian syariah begini mak. Kayanya perlu kursus privat dengan dirimu ya. Btw ini membantu banget artikelnya mak

    BalasHapus
  12. Sekarang udah banyak ya mak asuransi yg mengusung prinsip syariah. Dulu aku prnah ikutan asuransi tp udah kucabut krn kuatir akan hukumnya.

    BalasHapus
  13. Makasih sharingnya mbak, saya baru tahu kalau adira dan allianz ada unit link syariahnya setelah baca postingan ini

    BalasHapus
  14. Sebanarnya asuransi Syariah tidak terbatas hanya untuk keluarga muslim tetapi siapapun boleh memiliki nya, termasuk keluarga yang non muslim sekalipun.

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.