Pentingnya Foto Produk Bagi Pegiat UMKM





Kemarin Kamis, 14 Februari 2019 saya menyempatkan diri mampir di PLUT DIY Yogyakarta. Ada bazar UMKM dan juga beberapa event pendukung yang diadakan oleh Pusat Layanan Usaha Terpadu/PLUT KUMKM DI Yogyakarta yang merupakan layanan bisnis bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah. Saya tertarik banget dengan dunia entrepreneur sebenarnya. Jadi saya berusaha hadir di event EXPO UKM Istimewa  yang disponsori oleh Dinas Koperasi UKM DI Yogyakarta 


Nah, kemarin saya menyengajakan diri mengikuti workshop “Product Photography” yang diisi oleh mbak Minni Gunawan dari Fuji Girls Squad Jogja. Kebetulan saya pernah bertemu cik Minni beberapa kali dalam event fotografi. Dan saya butuh banget nih materinya cik Minni.

Bertempat di aula PLUT Jogja workshop berlangsung gayeng. Dan saya setuju banget ketika Cik Minni mengatakan di pembukaan bahwa foto produk yang bagus mampu meningkatkan value pada produk yang kita jual.
Ada beberapa hal yang penting yang bisa saya ambil tentang fungsi Product Photography bagi para entrepreneur UMKM antara lain
1.     Sebagai perwakilan awal produk UMKM
2.     Menjadi bagian dari Brand Image si entrepreneur dan juga unit usahanya
3.     Meyakinkan konsumen akan nilai produk
4.     Sarana utama media promosi (baik online maupun offline).

Dan saya seneng banget kemarin pas workshop itu banyak pelaku UMKM yang hadir dan bersemangat mempelajari Product Photography ini. Para entrepreneur keren yang bersemangat belajar. Dua jempol untuk teman-teman UMKM. Namun harapannya semangat entrepreneurnya tidak berhenti pada semangat menghasilkan produk terbaik saja. Tetapi juga berusaha untuk menambah nilai/value produk sehingga kita mampu meyakinkan para konsumen untuk membeli produk kita. Sehingga kita berani menyematkan jargon " Menjadi Entrepreneur Itu Keren " pada diri kita sebagai pengusaha. 


peserta workshop antusias bertanya

Pada sesi Tanya jawab Cik Minni mengorek teman-teman UMKM dan apa saja produknya. Ada pengusaha bakso, ada pengusaha bakery, ada juga tas kulit, aksesoris bahkan bantal nama. Wah, ternyata pegiat UMKM Jogja banyak juga ya.

Dasar fotografi

Cik Minni berbagi sedikit ilmu dasar dari fotografi. Sehingga nantinya teman-teman pegiat UMKM bisa mengembangkan sendiri foto produk sesuai keinginan mereka dan kebutuhan masing-masing pengusaha.
1.     Cahaya
            Sumbernya, kekuatannya dan juga arah datang cahaya.
2.     Ketajaman
Alat yang digunakan bisa kamera maupun handphone
3.     Angle
Sudut pengambilan foto. Bisa dari atas, samping atau dari depan.
4.     Komposisi
Property yang digunakan, alas foto, letak dan juga komposisi warna.

Tips Foto Produk Dari Cik Minni

Dan cik Minni memberi banyak tips penting untuk teman-teman UMKM. Diantaranya penggunaan handphone dan kamera yang benar. Antara lain memanfaatkan cahaya alami matahari jadi kita ga perlu bikin studio. Atau penggunaan alas poto yang menunjang produk. Misalnya untuk produk asesoris sebaiknya gunakan kaca riben sebagai alas. Untuk produk yang lain bisa menggunakan alas poto yang dijual online atau papan kayu. Manfaatkan aplikasi editing gratis.

Kata cik Minni “ Jangan takut bermain warna”. Semakin kita sering mencoba maka keterampilan kita akan semakin terasah dan berkembang dengan baik. Gear atau alat yang digunakan hanya sebagai pendukung saja.

Foto produk bisa meningkatkan value suatu produk UMKM

Kemarin cik Minni menunjukkan betapa pentingnya foto produk bagi teman-teman UMKM. Cik Minni mengambil sampel 2 produk dari 2 tenant yang mengikuti Bazar UMKM di PLUT DIY. Yakni kain lurik dan juga brownies salak. Dua-duanya sangat bernilai kearifan lokal. Meskipun lokal tetapi memilik daya jual tinggi dengan syarat kita bisa menampilkan value lebih. Foto before-after milik cik Minni Gunawan.
Foto dari UMKMnya

Hasil setelah produk difoto ulang

Nah, cik Minni menampilkan foto hasil UMKM-nya sendiri dan juga foto hasil jepretan cik Minni. Dan foto before-after ini bisa memberi banyak insight bagi teman-teman pelaku UMKM untuk melihat betapa pentingnya Product Photography bagi usaha mereka.

Hasil foto dari UMKM

Hasil setelah produk difoto ulang


Di akhir workshop diadakan praktek bersama para peserta workshop yang memang kebanyakan adalah pelaku UMKM. Ada yang membawa kamera professional baik DSLR maupun Mirorrless dan ada yang menggunakan handphone. Dan para peserta terlihat antusias banget dengan sesi foto-foto ini.

Para peserta workshop praktek foto produk 




Selesai workshop saya menyempatkan diri berkeliling venue. Dan merasa bahwa apa yang dikatakan oleh Cik Minni tadi sangat bermanfaat sekali seandainya banyak pegiat UMKM yang mau melakukan usaha sedikit lebih keras yakni dengan menambah value produk melalu foto-foto produk yang glowing dan keren.


Saya berfoto di venue
Eco Printing
(whoa cantik semua produknya)

Jangan sampai makanan yang sebenarnya enak banget setelah difoto seadanya jadi ‘begitu-begitu’ doang setelah dipajang di media online.


Beberapa Peserta Bazar UMKM EXPO










Nah buat teman-teman UMKM ayo tambah semangat lagi usahanya. Ada banyak hal yang bisa diperbaiki dalam bisnis kita untuk meningkatkan value produk dan juga penjualan produk. Tetap semangat ya. Entrepreneur itu keren lo. Salam entrepreneur.

32 komentar

  1. Aku sampai bingung mb, mb ikut workshop yang mana...semua bagus2...😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku malah sibuk jajan pas di sana kemarin hahahahaha

      Hapus
  2. Aku pengin ikut ini juga sebenarnya. Tapi berhubung wes panik daftar SNMPTN nggak bisa akhirnya lupa daftar ini soalnya malamnya nggak tidur, ngeloni laptop di karpet wkwkkw. Ini materinya bagus & prakteknya jelas. Yg Jumat kurang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemarin bagus materinya MakLus. Soalnya banyak tips berharga menurutku hehehehe

      Hapus
  3. Aku mau banget ikutan nih kalau ada event kay agini mak Irul sayang banget jauh ya. Kapan-kapan aku ke Jogja diajarin ya

    BalasHapus
  4. Di foto ulang makin kece, contohnya bolu tadi makin pengen makannya. Kalau luriknya pengen beli huhuhu. Mesti belajar fotografi lagi nih, siap2 ganti kamera hehe

    BalasHapus
  5. Wah aku ga liat yg bagian lurik2 itu, jadi beli ga mak? Sering2 bikin acara ya PLUT 😍😍

    BalasHapus
  6. foto memang penting banget bagi penjual yaa, Mba. karena foto yang cantik menjadi penarik konsumen untuk membeli produk yang dijual :)

    BalasHapus
  7. sepertinya bukan hanya pegiat UMKM nih yang mesti belajar teknik fotografi, kita sebagai blogger juga wajib agar foto-foto yang dipajang di blog lebih menarik :)

    BalasHapus
  8. Tertarik juga dengan dunia entrepreneur. Jadi excited sekali klu ada event yang seperti ini. Krn bisa nambah ilmu juga dari para pegiat UMKM. Btw thanks for sharingnya ya mbak. Jadi tahu manfaatnya foto produk hasil UMKM untuk kelancaran bisnis.

    BalasHapus
  9. Pentingnya belajar ilmu fotografi buat foto produk yang cetar membahana dan menarik.😊

    BalasHapus
  10. Menarik banget bisa dapat ilmu fotografi pas ada bazar UMKM. Bisa langsung praktik hunting gitu ya, Maaaaakruullll.

    BalasHapus
  11. Ujame juga pernah ikutan workshop product photography yang sejenis. Ternyata emang gak sembarangan foto ya, bund. Ada teknik-teknik tertentu supaya eye catching hasil fotonya.
    Jadi pengen ikutan lagi... hehe

    BalasHapus
  12. Foto olahannya cakeep cakeep ya mak iruuul... seneng deh liatnya. Jadi makin semangaaat pembelinya nih

    BalasHapus
  13. Aku juga PR nih buat foto2 yang kece kaya gini. Paling banter ya poto2 saat ada matahari karena gratis kan. Mau cari/buat alas yang bagus agar foto juga keliatan oke

    BalasHapus
  14. Wah jadi pengen ikutan belajar foto produk nih..siapa tahu bisa jadi modal utk bantu UMKM sekitar..hehe..

    BalasHapus
  15. Wahhh foto produk ini nggak hanya untuk UMKM ya. Aku pun juga mau belajar agar hasil foto produk dari brand juga cetar hasilnya. Kayak pencahayaan itu emang bagus yang alami, lebih cerah

    BalasHapus
  16. Saya termasuk konsumen yang mudah tergoda secara visual. Ada produk yang packagingnya cakep, tertarik untuk beli. Begitupun kalau fotonya cakep, juga tertarik beli. Apalagi sekarang zaman digital. Kalau beli online, memang bagusnya punya foto produk yang cakep

    BalasHapus
  17. Aaaah bermanfaat sekali ini ilmunyaaa. Aku seneng banget kalau ikutan workshop footgrafi begini. Biarpun aku bukan pelaku UMKM, setidaknya ilmunya masih berguna buatku karena suka dapet job review product. :)

    BalasHapus
  18. Betul juga yah mba, before after itu malah bikin kita tertarik untuk membelinya setidaknya menoleh dan mencari tahu jualan apa.
    Bukan hanya pelaku UMKM saja yang patut belajar tenta fotografi ini kadang sebagai IRT yang kerja di media editingpun harus belajar fotografi yah mba..

    BalasHapus
  19. Aahh, aku mupeng kain2 batiknya ituloh..
    Emang ya poto ruh penunjang banget, layak dan profesionalnya keliatan dari poto produk pada umkm.
    Aah,,semangaat ..
    Aku seneng ngomporin dan dampingi manteman yg mo usaha, giliran ako usaha jualan ora isooo..

    BalasHapus
  20. Makasih toh mbak ilmunya memang pentingnbanget yaa foto produk. itu salah satu menggaet konsumen juga. saya pribadi juga suka kalau ada produk yang bagus fotonya

    BalasHapus
  21. Beneeer.. foto itu pegang peranan penting banget dalam promosi bisnis, bisnis apapun, apalagi produk. Jadi pemilik bisnis ya mau gak mau harus melek fotografi, paling nggak tau cara menata produk dan angle yg baik :)

    BalasHapus
  22. Wuih, setelah difoto ulang jadi greget banget ya produknya. Bener banget deh, foto yang bagus juga menunjang banget untuk jualan. Paling tidak kan calon pembeli udah tertarik duluan. Mau juga niiih belajar dari Cik Minni. Mbok kapan gitu ya bikin pelatihan di Semarang.

    BalasHapus
  23. Wah memang benar nih, produk bisa dinual dengan baik kalau punya kualitas foto yang oke, apalagi jaman sekarang semua serba dijual online

    BalasHapus
  24. Cantiiknyaa...
    Setelah di foto ulang, keren banget.

    Prop nya inilooh yang mesti kumpul-kumpulin sedikit demi sedikit.

    BalasHapus
  25. Ya betul banget saat ini dj era digital para pelaku UMKM kudu bisa belajar foto produk biar jualan mereka lebih menarik dan menggoda pelanggan.

    BalasHapus
  26. Memang foto produk ini penting bangey Mba, buat ukm hehehhe soalnya jualan olnine juga penting foto yang memikat. Makasih mbaaa udah membagikan ilmunya

    BalasHapus
  27. selalu suka dengan program atau event yang membantu para UKM untuk lebih maju.. bagaimanapun juga para UKM ini butuh pendampingan untuk bisa meningkatkan penjualannya.. untuk meningkatkan penjualan juga butuh skill yang banyak salah satunya foto produk seperti ini.. semoga UKM kita semakin maju dan go internasional.. aamiin

    BalasHapus
  28. Menurutku penting banget. Iya biar pembeli tertarik ya mbak. Setuju krn menambah value produk. Misalnya produk makanan kalau tanpilan di foto promonya bagus ya tentu aja akan lbh menarik minat utk mencoba dan membeli.

    BalasHapus
  29. Sebagai pengusaha pemula penting banget menhetahui trik trik foto produk biar klu pasarin di sosmed menarik perhatian 😊

    BalasHapus
  30. wih, hasil foto ulangnya kece badai. So different than before. Emang nih, produk yg fotonya bagus terlihat lebih menggoda. Dan untuk mendapatkan foto yg bagus lagi2 butuh jam terbang euy.

    BalasHapus

Terima kasih untuk kunjungannya. Semoga bermanfaat. Harap meninggalkan komentar yang positif ya. Kata-kata yang baik menjadi ladang sedekah untuk kita semua.