5 Hal Penting Yang Ingin Dilakukan Di 2019






Tahun 2019 tinggal beberapa hari lagi. Ga nyampe sebulan udah ganti tahun kita penduduka bumi ini. Entah kalau planet Pluto udah ganti tahun apa belum saya ga tahu. Ntar deh kapan-kapan ta gugling, halahg kurang kerjaan banget sih buuuk. Hahahaha. Setiap mau ganti tahun saya pasti rasanya nyesel banget soalnya ga mengisi tahun yang isinya 12 bulan itu dengan gitu-gitu aja. Tahun yang saya lewati rasanya bukan tahun yang saya isi dengan amalan terbaik. So-so aja gitu. Hiks. Astaghfirullah. Dan itu tiap tahun berulang. Istighfarnya tambah kenceng. Astaghfirullah.


Tetapi meskipun demikian saya selalu berusaha menentukan target yang ingin saya lakukan di tahun yang baru. Biasanya sih saya buat ketika tahun baru Islam. Nah, sekarang saya mau ulang nih ditulis di blog apa-apa yang ingin saya laukan di tahun 2019 ini. Seorang ulama besar Ibnu Hajar Astqolani penulis kitab Fathul Bari’ pernah mengatakan bahwa umur umat islam itu tidak sampai 1500 tahun. Sekarang aja kita udah di tahun 1439 H. Berarti ga lama lagi kan. Padahal rasanya apa-apa yang saya sampaikan ke anak-anak tentang islam belum ada apa-apanya. Masih gitu-gitu aja ga selesai-selesai. Duuuh ya Allah.

Nah tahun 2019 ini, mudah-mudahan Allah memberi saya umur panjang dan berkah. Aamiin. Saya ingin melakukan beberapa hal yang semoga menjadi penanda keberkahan usia saya.

     1.     Melanjutkan lagi kuliah bahasa Arab

Saya pernah tercatat sebagai mahasiswa di Ma’had Ali bin Abi Thalib Yogyakarta. Dan udah lama banget cuti ga dilanjutkan. Insya Allah, di tahun 2019 besok (semoga Allah memberi saya usia panjang dan berkah) saya ingin melanjutkan lagi kuliah bahasa Arab yang tertunda sangat lama. Jika ada hal yang saya sesali dalam hidup ini salah satunya adalah tidak melanjutkan kuliah bahasa Arab itu.

   2.     Mengunjungi satu atau lebih kota dan negara yang pernah menjadi jejak peradaban islam.

Harapannya di tahun 2019 besok daftar kota dan negara yang menjadi jejak peradaban islam yang saya kunjungi bertambah. Aamiin. Makanya sekarang duit hasil ngeblog saya tabung dan banyakin sedekah biar rejekinya lancar. Siapa tahu ada maskpai khilaf ngasih tiket murah untuk umroh dan penerbangan ke Eropa dengan harga terjangkau. Namanya rejeki kan ga akan kemana insya Allah. Yang penting diniati yang baik

     3.     Mulai menulis buku tentang pendidikan anak

Duuh ini neh resolusi saya bertahun-tahun lalu. Belum aja kesampaian. Sebenarnya saya udah punya draftnya banyak tentang tulisan ini. Bahkan ada beberapa rekan penerbit islam yang berniat membukukan tetapi sayanya yang masih maju mundur mau nerbitin buku.

      4.     Mengumpulkan hadist-hadist yang berkaitan dengan pendidikan anak
Ini salah satu tugas saya yang nati harus saya selesaikan sebagai bentuk tanda cinta terhadap pendidikan anak islam. Makanya kuliah bahasa Arabnya harus dilanjutkan agar proses pengumpulan hadist ini bisa lancar dan sukses.

      5.     Menabung untuk mengumrohkan ibu
Kebetulan ibu udah bikin paspor dan rencananya pengen banget umroh bareng ibu dan anak-anak. Jadi harus bener-bener kencangkan ikat pinggang dan rajin nabung dan juga memperbanyak doa dan usaha. Nulisnya harus tambah kenceng, doanya tambah kenceng. Hal-hal yang ga penting ditendang jauh-jauh.

Nah itu beberapa hal yang ingin saya lakukan di tahun 2019 besok insya Allah. Semoga Allah memberi saya kesehatan dan usia panjang yang berkah. Dan saya bisa mengisi waktu yang diberikan Allah dengan banyak kebajikan dan amal shalih. Aamiin ya Allah.

31 komentar

  1. Semoga keinginan-keinginannya tercapai ya Mbak.. Niat baik.. Insyaallah dimudahkan.. Aamiin..

    BalasHapus
  2. Impian-impian yang luar biasa. MAsyaallah. Semoga Allah mudahkan yaa, aamiin

    BalasHapus
  3. Semoga semua harapan dan keinginan bisa segera terwujud semua ya di tahun 2019. Kayaknya kok di awal paragraf aku masih menemukan typo atau salah ketik? Bener nggak sih, Mbak?

    BalasHapus
  4. Jngn ngencengin pinggang, say, ntar malah sakit... Kalau Allah berkehendak, niat baik berkunjung ke kota2 Islam, rezeki akan datang dengan tak terduga. Banyak berdo'a, berzijur, sayangi ibu. In Shaa Allah, Allah akan menjabah do'amu, sayang. Ok.

    BalasHapus
  5. MasyaALLAH aku banyak terinspirasi sama blog mba lho, aku juga pengen banget belajar bahasa arab dan mengunjungi tempat sejarah peradaban Islam seperti turki, maroko, spanyol, mesir, yordania, palestina dll semoga Allah dengar tulisan ini sebagai doa ya

    BalasHapus
  6. Aamiin. Semoga terwujud Mbak untuk doa-doanya. Menantikan juga buku pendidikan anak kalau benar jadi mau diterbitkan. Semangat ya Mbak Irul.

    BalasHapus
  7. AMIN. Semoga terkabulkan semua do’a nya di 2019 nanti. Btw negara pertama yang ingin dikunjungi apa mba?

    BalasHapus
  8. Bahasa Arab ini cukup sulit buat saya. Waktu SD kan sekolah anak-anak saya dapat pelajaran bahasa Arab. Lumayan pusing juga saya ngajarinnya hahaha

    BalasHapus
  9. Mudah2an apa yang dicita-citakan terwujud yah kak,
    Saya juga kepengen banget mengumrohkan kedua orang tua dan mengunjungi tempat2 bersejarah

    BalasHapus
  10. semoga tercapai semua ya mba apalagi yang menumrohkan ibu semoga dilancarkanNya aamiin

    BalasHapus
  11. Semoga terwujud semua yg ingin dilakukan di 2019 ya mba.. Aamiin..

    BalasHapus
  12. wah gilak! sukak banget sama wishlistnya..
    semoga kesampaian ya mbak, hwaiting!

    BalasHapus
  13. Ikut mengaminkan doa2nya Mbak. Aku juga ingin belajar Bahasa asing. Kalau Arab, blm ada kursusnya sih. Tapi dulu pas sekolah lumayan lah

    BalasHapus
  14. Semoga terwujud semua ya mba terutama yang no. 5. Rasanya kalau terwujud, hati pasti senang karena sudah bisa membahagiakan orangtua.

    BalasHapus
  15. Semoga terwujud niat-niat Mbak yang baik ini di 2019 ya Mbaak, saya jug sedang merenungkan prioritas apa saja yang mau saya kerjakan di tahun depan. Semoga kita mendapat kemudahan dan kelancaran dalam menggapainya ya Mbak.... Aamiin....

    BalasHapus
  16. Amin amin semoga terlaksana di tahun depan ya kak dan lancar juga tanpa hambatan.

    BalasHapus
  17. Amiin mbak semoga impian di tahun 2019 dikabulkan ya mbak..aku pun pengin banget umroh bareng suami dan kedua orangtua ku, semoga kita diberi kesehatan untuk mendapatkan rezeki kesana ya.

    BalasHapus
  18. Aamin ya Allah smoga diwujudkan ya. Aku juga pengen mengunjungi negara yang mengajarkan jejak peradaban islam mba

    BalasHapus
  19. Bismillah semoga keinginannya tergenapi dan diijabah oleh Allah ya Mba, demikian saya juga berkeinginan hal yang sama. Semoga kita semua dimudahkan dalam pencapaian segalanya, pengen umroh sama ibuk juga saya.

    BalasHapus
  20. Barakallahu fiik, mba...
    Semoga Allah mudahkan langkahnya.

    Aku setuju banget buat belajar Bahasa Arab.
    Karena selama ini, Bahasa Arab selalu dianggap tidak mudah.
    Padahal kalau belajar, aku yakin...gak ada kata "Susah".

    BalasHapus
  21. Asyik aku bisa tanya bahasa Arab sama Mak Irul dong. AKu Aamiinin semua doa dan harapannya bisa terwujud di 2019

    BalasHapus
  22. Mbak Irul, aku mengaminkan doa-doa mu yang keren. Semoga menular ke aku semangatnya, aamiin ya rabbal'alamiin

    BalasHapus
  23. Ikut mengaminkan semoga semua harapan dan target2 utk tahun 2019nya tercapai mbak.
    Wah aku pun ingin banget belajar Bahasa, gak cuma Arab tapi pengen Korea atau Jepang atau Cina gtu hehe :D

    BalasHapus
  24. aku menanti poin 4 terealisasi, mau banget punya hadist lengkap buat anak-anakku :)

    BalasHapus
  25. Udah bikin resolusi aja, Maklog. Aku beluuum tapi udah kebayang sih mau ngapain aja di tahun depan, dan mudah2an aku bisa konsisten.

    BalasHapus
  26. MasyaAllah semoga dimudahkan ya mba. Untuk impiannya

    BalasHapus
  27. Aaaamiiin YRA mbaaa..aku berharap semuanya bias terpenuhi. Lanjut kuliahbahasa Arab itu ngga gampang ya mba..dan semoga jejak Isalm di belantara dunia lain bisa dinikmati segera mba. Alhambra menanti mbaaa

    BalasHapus
  28. Semoga semua harapannya terwujud ya Mba. Dan tetapp semangat :)

    BalasHapus
  29. Resolusiku th 2019,benerin atap rumaaah, dan jualan online, pingin jd importir

    BalasHapus
  30. aamiin mba semoga 5 hal ini bisa tercapai di tahun 2019. Yang menjejakkan kaki ke negeri lain itu juga bagus biar kita wawasannya tentang islam makin luas

    BalasHapus
  31. Amin amin amin, semoga terwujud segala cita-citanya ya mba... Kalau aku saat ini pengen bisa fokus mendidik anak-anak dengan sebaik-baiknya :)

    BalasHapus