Menyiapkan Bekal Anak Dengan Bahagia



Saya termasuk ibu konvensional. Jadi ga heran hampir tiap hari saya masak buat keluarga. Biasanya saya masak dua kali dalam sehari. Masak buat sarapan dan nanti siang masak buat siang dan malam. Apalagi anak-anak saya doyan banget makan dan ngemil. Di dapur harus sedia makanan. Biar ga kebanyakan jajan. Kalaupun jajan biasanya saya pemilih banget. Alasan utamanya sih biar aman untuk anak-anak. Bisa diintip nih menu harian keluarga saya di instagram @dapur_simak.


Nah, karena si sulung saya atlet kadang kalau berangkat latihan dia bawa bekal dari rumah. Setiap hari latihan mulai jam 4 sore sampai maghrib. Nanti istirahat sebentar di pusat pelatihan atlet DIY terus baru pulang. Nah daripada makan malamnya telat biasanya saya bawain bekal. Biar ga jajan sembarangan di jalan. Kalau ga bawa nasi dan lauk lengkap biasanya saya bawain cemilan dan susu.


Untungnya anak-anak saya ga pemilih sih. Apa yang disediakan emaknya dilahap aja ga pakai protes. Mungkin khawatir juga kalau protes ntar malah ga dikasih makan. Hahahahaha. Padahal sih anak-anak saya perbolehkan jajan dengan beberapa syarat tentunya.

1.     Harus halal
Biasanya anak-anak sejak kecil saya ajari gambar logo Halal Majelis Ulama Indonesia. Karena logo Halal lebih mudah dihafal. Alhamdulillah metode ini membantu banget.
2.     Sebisa mungkin pilih makanan sehat
Misalnya dengan memilih jajanan tradisional yang minim zat tambahan. Atau memilih buah sebagai cemilan.
3.     Bersih
Jika itu makanan olahan pilih yang bersih dengan kemasan tertutup rapat dan aman.
4.     Harganya wajar dan sesuai dengan uang sakunya
Agar anak-anak juga belajar bahwa jajan itu buka kebutuhan pokok. Dan mereka terbiasa tidak berlebih-lebihan dalam hidup.
5.     Bukan sebagai pengganti makanan utama
Jadi mereka boleh makan cemilan setelah makan utamanya selesai. Jadi jajan tidak mengganggu waktu makan utama. Khawatirnya kalau mereka makan jajan duluan mereka ga mau makan makanan utama lagi. Dan itu menggangu asupan gizi yang mereka butuhkan.

Nah, membuat bekal itu membantu untuk menjaga mereka untuk tertib terhadap jadwal makan utama mereka. Dan cemilan yang kita sediakan sendiri itu membantu banget jadwal makan utama lo. Karena anak-anak ga bebas beli cemilan sendiri.
Apa sih isi bekal yang cocok untuk Anak-anak
1.     Nasi atau pengganti nasi
Kalau tidak ada nasi bisa diganti kentang, mie, roti atau ubi sebagai sumber karbohidrat.
2.     Lauk bisa protein hewani atau nabati
Bisa daging merah, daging unggas, ikan, telur atau tempe-tahu. Karena anak saya atlet biasanya saya pilih yang tinggi protein.
3.     Sayuran
Bisa berupa raw food yang sudah dicuci dengan bersih atau sayuran yang diolah tidak terlalu lama. Sehingga kadar gizinya tidak berkurang banyak. Biasanya sih saya hanya merebus sebentar sayuran yang akan dijadikan bekal. Atau saya buatkan acar sayur dan buah.
4.     Buah
Kalau saya prefer buah lokal karena gampang ditemukan dan sesuai musim jadi harganya lebih murah. Dan biasanya buah lokal juga aman dari paparan pestisida karena ditanam secara organik oleh petani.

5.     Cemilan
Biasanya saya membuat puding, roti atau biskuit. Kalau biskuit saya seleksi ada label halalnya tidak. Yang pasti anak-anak harus suka. Kebetulan anak-anak pecinta coklat. Jadi suka banget dengan biskuit coklat. Nah pilihan favorit itu Julie’s Chocomore. Buat putra sulung saya makan biskuit coklat ini membantu banget dia menambah tenaga disela-sela latihan. Soalnya mudah dikunyah dan jadi tenaga. Latihan ga cepat lemes. Cadangan gulanya cukup.
6.     Minuman
Seringnya sih susu dan air putih. Karena atlet biasanya berkeringat jadi air putih harus bawa banyak. Minimal bawa botol isi 1 liter. Itupun biasanya nambah isi ulang di dispenser di pusat latihan.

Berbahagialah

sudut bahagia saya di rumah :)

Begitu terus setiap hari selama anak saya latihan. Latihannya enam kali dalam seminggu berarti saya juga harus menyiapkan bekal enam kali dalam seminggu. Padahal juga harus menyiapkan makanan untuk orang rumah. Belum lagi urusan domestik ditambah lagi menjadi blogger. Apalagi kalau ada liputan dan dikejar detlen. Kalau badan ga sehat bisa bubar semua.

salah satu keping bahagia saya :)

Tapi saya punya satu tips nih biar fit. Bahagialah. Kalau lagi sedih ga usah ribut. Karena kalau ribut tambah sedihnya. Hahahaha. Kalau banyak kerjaan selesaikanlah ga pake ribut. Kalau capek istirahat. Minum es teh sambil ngemil Julie’s Chocomore sambil nonton film di laptop. Pilih film-film yang menggugah semangat bukan drama Korea. Nonton Drama Koreanya diganti dulu sementara. Biasanya saya milih film-film fantasi semacam Harry Potter atau Lord Of The Ring. Atau baca buku yang inspiratif. Biasanya milih buku-buku yang base on true story. Saya minum kopi kalau lagi kerja kalau pengen santai biasanya minum teh yang dicemplungin daun mint. 

Dan satu yang penting dekatkan diri pada Allah. Kata orang bijak “ Bagaimana mungkin kamu mendapat kebahagiaan kalau kamu menjauh dari pemiliknya”. Tuuh kan. Kalau mau bahagia yang dekatilah sang pemilik kebahagiaan. Oke deh. Selamat menjadi ibu dan segala printilannya ya emak-emak. Selamat berbahagia.

Oia biar bikin bekalnya tambah semangat coba deh ikutan Lomba Bikin Bekal yang
Yang diadakan oleh Julies Biskuit. Bikin bekal sekreatif mungkin jangan lupa ada penampakan biskuit Julies dan beri hastag #BekalCintaJulies keterangan lengkap bisa dilihat di http://bit.ly/BekalCintaJulies 
Hadiahnya keren badai loh ya. Jangan sampai ketinggalan. Bikin bekal dan dapat hadiah itu bikin bahagianya naik berkali-kali lipat lo. 

44 komentar

  1. Aku termasuk team pejuang bekal xixixi... suami sering minta dibawain bekal maksi,kalau Aqla setiap terapi pasti aku bawain bekal,mulai nasi,susu sampai roti atau biskuit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku sampai pernah keceplosan sama suami. Hidup untuk bikin bekal anak2 huahahaha

      Hapus
  2. Jadi keinget waktu masih sekolah tiap harus harus bawa bekal masakan ibukku. Btw, salam kenal ya mbak.

    BalasHapus
  3. Aku udah niat, kalau Yasmin sekolah nanti mau bawain bekal buat dia. Semoga aku bisa bahagia terus nanti, Mak Ruul. Menjaga mood juga biar bisa bawain bekal teruusss. :D

    BalasHapus
  4. bekalnya cakeeep deh. Kalau aku selang seling Mba, bisa bekal dan juga beli makanan di sekolah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayangnya di tempat pelatihan anakku ga ada yang jual makanan sehat mama Bo adanya cuman gerobak dorong gitu

      Hapus
  5. Anakku suka juga sama biskuit cokelat Mbaaa.... Jadi penasaran ni sama Julie’s Chocomore.... :)

    BalasHapus
  6. bekalnya bikin lapar Mbak, maauu juga doong, heheh..

    BalasHapus
  7. Mamak superr, sehari dua kali masak, keren mbk. Btw itu coklat julie's nya mantab ya mbk, kayaknya asyik nih buat temen ngeblog. Kpn2 beli ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar irit mbak. Anaknya banyak soalnya

      Hapus
  8. tos mak, sayapun meski sederhana, teo memberilan bekal buat anak sekolah. Ada dua bekel, makanan ringan utk bekal pertama dan makanan berat buat istirahat ke dua. Bekal dr rumah, salah satu solusi loh mak, supaya anak ndak jajan yg sembarangan, ikhtiarnya bu ibu kan, mau dong keping bahagianya satu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seneng malahan ya mbak Astin kalau bikin bekal

      Hapus
  9. Sesama pejuang bekal ternyata kita maak.. nyiapin bekal, nyiapin buat yg di rumah juga, kelar kasih sarapan, buru2 masak makan siang, selesai maksi, bingung mikir bikin cemilan apa buat sore, terus balik dapur lagi buat makan malam, gitu aja terus ora uwis uwis huahahahaa :)))

    *nyomot julie’s nya ya mak, biar ikut bahagia :)

    BalasHapus
  10. Kalo saya biasanya menyediakan camilan sehat untuk keluarga. Julie's keknya bisa jadi salah satu camilan buat keluarga juga ya

    BalasHapus
  11. Menyiapkan bekal anak tuh menurutku harus yang bergizi dan memenuhi keingianan anak juga. Cemilan biskuit ini enak banget mba. Aku sukaaa

    BalasHapus
  12. Toss duluuuu! Anak-anak saya udah pada SMP. Sampai sekarang mereka maunya bawa bekal ke sekolah. Jadi saya masih bikin bekal sampai sekarang meskipun ngantuk hahaha. Btw, Juli'es ini biskuitnya memang enak bangeeeet

    BalasHapus
  13. Biskuit Julie's ini enak bangetttt aku sampai ketagihan

    BalasHapus
  14. Aku team bekal. Selain krn di sekolah anak memang disarankan bawa bekal, palagi masih TK B, suami juga tiap hari saya bawakan bekal. Selain nasi, boleh juga biskuit ini untuk camilan tambahan.

    BalasHapus
  15. Wah seger bgt liat bekalnya ��

    BalasHapus
  16. Saya juga pejuang yang masak 2x sehari mba. Sarapan dan untuk makan berat.
    Tapi kalau buru-buru sarapan saya ganbti biskuit dan teh. Julie's ini bisa jadi pilihan kali ya

    BalasHapus
  17. Kalau bekal nya di tata se cantik ini, aku janji ga akan jajan jajan di luaran lgi deh mba heheh... ini biskuit sandwich favorit ku

    BalasHapus
  18. Aku ga konsisten nih bikin bekal anak, kadang kecapekan bagun kesiangan. Moga next bisa bikin yang enak dan bernutrisi

    BalasHapus
  19. Wah enak banget kalo anak gak pilih-pilih makanan. Kitanya juga lebih mudah memberikan variasi menu ya, apalagi kalo ada julies nya

    BalasHapus
  20. Kayaknya enak nih julie's nyaaa.... Juli makan biskuit Julie's, enak kali yak....hehe.

    BalasHapus
  21. Senang baca cerita mbak Siti menyiapkan bekal untuk anak anaknya, lengkap pula isi bekalnya. Plus ada cemilannya. Siaplah, saya jadi pengen ikutan lombanya juga biar semangat hehe

    BalasHapus
  22. Aku juga suka ngemil biscuit coklat gini mba

    BalasHapus
  23. Iya nih aku termasuk emak2 menyiapkan bekal anak. Anakku suka roti Julies ini loh, ada rasa coklat dan kacang ya. Si sulung suka banget, jadi kangan karena sulung sekarang di pondok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. puk-puk, sabar ya mak Naqi. Insya Allah menuntut ilmu berkah

      Hapus
  24. Aduh, buka pagi-pagi jadi bikin pengen ngemil nih Mak, hahahha
    biskuitnya buat sarapan aku aja Mak, paketin ke Comal sini wkwkwk

    BalasHapus
  25. Aku emang suka stalking soal dunia perbekalan dr sekarang karena pengen banget anak suami makan masakanku everywhere wkwkwk. Makasih ya mba tips rekomendasi bekal anaknya.

    BalasHapus
  26. Meja kerjanya rapih banget, mba..
    Dan iya yaa..ditemenin Julie's jadi makin semangat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahahaha, kalo lagi dikejar detlen itu meja udah kayak pabrik. segala macam ada :D

      Hapus
  27. jadi pengen ikutan, eh tapi beneran ini biscuit juara bun, saya juga doyan hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak ini biskuitnya. krimnya juga nyoklat banget kok

      Hapus
  28. Rajin banget sih Mbak sehari sampai dua kali masak. Tapi demi anak-anak yang doyan makan dan ngemil ya . Aku jadi sedih kebanyakan jajan.

    BalasHapus
  29. informasinya berguna sekali loh mbak terimakasih


    perolehan medali asian games

    BalasHapus

Beautynesiablog

beautynesia blogbeautynesia